tante rima dan om remi

Selama di BSD gak henti-hentinya Sami berucap “Aku sayang tante Hima”. Sami memang masih susah ngomong “R”. Kemanapun tante Rima pergi selalu ada dua anak yang mengintil, sampai mau tidur pun ada yang ikut menyelinap di balik selimut. Siapalagi kalau bukan Samiun. Sayang aja tante Rima kerjanya sibuk – pergi pagi pulang malam, bikin anak-anak jadi […]

jalan-jalan pacaran

Agustus kemarin gue dan Mikko sempet jalan-jalan ke Roma berduaan aja. Gue ulangi: BERDUAAN AJA. Rruaar biasa sekali ini, ya. Sejak punya anak kami merindukan banget saatnya bisa jalan-jalan tanpa harus dorong stroller, liburan yang bebas lepas bisa masuk mana saja, makan di mana saja dan balik ke hotel jam berapa saja tanpa mikirin selera anak […]

tanpa bermaksud jadi nazi bahasa….

Gue agak gemes kalo dapet tiga komen berikut: 1. Anaknya pinter, deh, Bahasa Indonesianya. Masih kecil sih,  yaaaa, coba nanti kalo udah sekolah….lupa deh pasti. Anak saya juga gitu, tuh. 2. Saya ngomong bahasa Indonesia, kok, sama anak tapi tetep, tuh, anaknya cuma bisa ngomong bahasa sini. 3. Saya juga ngomong bahasa Indonesia tapi anaknya […]

serba-serbi finlandia

Berbeda dengan pengalaman sebelumnya, selama tinggal di Finlandia ini gue tertarik sekali mendegar tentang hal-hal yang katanya sih “finlandia banget”. Kayanya keinginan untuk belajar budaya lokal dan berasimilasi sangat menggebu-gebu di dada ini. Walaupun,…kok yaaa…demennya ngumpul sama orang Indonesia melulu? Setahunan belajar bahasa sini yang keluar tetep bahasa tubuh.  Kalo diajak ngomong sama penduduk lokal […]

memultibahasakan kai – 2

Niat awalnya mau lanjut nulis cerita pulang kampung tapi ganti haluan dulu karena mau nulis cerita tentang Kai. Ceritanya mau pamer anak gituuuu…. Selama di Jakarta gue menuai banyaaaaak sekali pujian tentang betapa Kai sangat lancar berbahasa Indonesia. Lebih dipuji-puji lagi kalo jalan sama Mikko karena saat itu orang-orang dapat melihat gimana Kai sangat lancar […]

Kreta – Hari ke-9

Pagi-pagi sekali udah bangun dan jalan ke pelabuhan karena kapal berangkat jam 8.15 pagi. Cuaca yang masih adem bikin jalan kakinya jadi menyenangkan. Seperti biasa, tiap lewat pantai liat bapak-bapak berotot bak binaragawan yang mangkal di sebuah meja lengkap dengan pialanya. Entah piala apa itu yang dia pasang? Pernah ikut  kejuaraan pamer otot tingkat kelurahan, […]

tantangan multibahasa #1

Sekedar catatan kecil tentang proses belajar bahasa Kai (dan tentunya nanti adiknya Kai). Walaupun udah meng-aminin dengan khusyuk teori-teori OPOL yang diajarkan di kelas parenting, ternyata banyak juga benturan-benturan yang gue temui. Kesannya kecil dan sepele, tapi sebenernya kalo dibiarkan bisa fatal akibatnya. Masalah gue apalagi kalo bukan tentang kon-sis-ten-si. Ngomong tentang konsistensi memang gampang, […]

memultibahasakan kai

Jaman masih hamil dulu gue dan Mikko sempet ikutan semacam training parenting singkat yang khusus diadakan untuk pasangan beda bangsa macam kami. Salah satu bahasan penting di training itu tentunya tentang multibahasa. Tentang metode dan tips yang bisa diterapkan untuk mengajarkan multibahasa ke anak dan tentunya pembahasan tentang tantangan – tantangan yang akan dihadapi. Dilain […]