Category Finlandia

serba serbi finlandia: parenting habits of ’em finns

Haloooo…kembali lagi dalam serial Serba-serbi Finlandia. Topik kali ini tentunya bakal mengena di hati kita ebo-ebo sekalian. Apalagi kalo bukan tentang pengasuhan anak. Sebenernya sih,…tulisan ini dipersembahkan untuk website mamarantau, website yang lagi naik daun itu, loh. Tadinya ada wacana untuk membuat tulisan Kerava 101 untuk mamarantau, seperti banyak tulisan lain yang ada di sana: […]

Kaaaaaii…Samiii…Ayo main!

Sekarang ini Kai dan Sami punya temen main baru. Anak-anak gedung sebelah. Sebut saja dua anak namanya Samir dan Sabina, dua anak Afganishtan yang kebetulan satu päiväkoti bareng Kai dan Sami. Setiap sore sampai menjelang malam Samir dan Sabina selalu main-main di halaman gedung mereka bareng anak-anak lain dari Turki, Afrika, dan entah dari mana lagi. […]

serba-serbi finlandia: tetap hangat di musim dingin

Sudah mulai masuk musim dingin. Beberapa blog yang gue kunjungi udah mulai menulis serba-serbi musim dingin di negara tempat tinggalnya masing-masing. Jadi ikut membandingkan dengan keadaan di sini, di negara kulkas tercinta. Biarpun tahun ini musim dingin tampaknya datang terlambat (udah Desember begini suhu baru minus 2 dan salju tumben-tumbenan belum turun), tapi pada umumnya […]

serba-serbi finlandia

Berbeda dengan pengalaman sebelumnya, selama tinggal di Finlandia ini gue tertarik sekali mendegar tentang hal-hal yang katanya sih “finlandia banget”. Kayanya keinginan untuk belajar budaya lokal dan berasimilasi sangat menggebu-gebu di dada ini. Walaupun,…kok yaaa…demennya ngumpul sama orang Indonesia melulu? Setahunan belajar bahasa sini yang keluar tetep bahasa tubuh.  Kalo diajak ngomong sama penduduk lokal […]

to (go to) uni or not (to go) to uni? that is the question

Beberapa hari lalu bu guru mengatur posisi duduk murid-murid di kelas dan gue kebagian duduk di sebelah anak baru. Sebut  saja namanya Steven (emang nama sebenernya *lhaaa?*), remaja 17 tahunan dari Estonia. Steven ini sebenernya murid kelas 1 tapi karena kemampuan bahasanya berkembang sangat cepat  maka dia dinaikkan ke kelas dua. Selain bahasa Suominya yang […]

päiväkoti, rumah anak di siang hari

Kalo baca cerita ibu-ibu yang lagi repot cari sekolahan anaknya perasaan gue suka campur-campur. Satu sisi gue ikut kram perut bayangin ribetnya harus survey sana-sini, belum lagi kepala pening mikirin biayanya. Langsung kebayang kalo kami jadi hijrah ke  Indonesia gue harus repot begitu juga. Sisi lain, pastinya legaaa…karena di sini, kalo ikut daycare/TK negri milik […]

after the storm

Musim dingin kali ini alhamdulillah gak terlalu sangar. Suhu pernah turun sampai -20an celcius selama beberapa hari, tapi sisanya masih wajar di minus satu digit. Saljunya pun gak parah-parah amat. Sekali-sekali ujan salju atau bahkan badai kecil, tapi untungnya gak setiap hari. Sisanya jalanan terlapisi es keras yang masih lumayan buat dipake dorong stroller. Palingan […]