Category Uncategorized

anti seleb seleb klab

Seharian ini Sami baik sekali mau nemenin gue ke acara pengajian di KBRI dan terus lanjut liat-liat baju di Jumbo. Anaknya lagi super manis pastinya karena dijanjiin boleh beli kartu pokemon pakai uang tabungannya sendiri. Pada akhirnya gue bayarin aja kartu pokemonnya Sami. Gue bilang uangnya Sami terus ditabung aja. “Tapi aku gak mau säästä […]

suami kebanggaan

Sebulanan ini suamiku bener-bener diberkahi banget. Dimulai dengan timnya yang dapet nominasi buat story of the year di Suuri Jusrnaliistipalkinto, semacam piala citra buat jurnalis di sini ((piala citra!)). Gak menang sih tapi dapet nominasi aja udah bikin seneng. Khusus untuk acara tersebut Mikko boleh membawa plus one. Ini luar biasa banget di Finlandia. Di […]

katakan dengan pelukan

Tadi pagi gue anter Sami ke dokter gigi. Jadwalnya jam 8 pagi, Sami baru bangun menjelang setengah delapan. Kebayang deh buru-burunya. Di tengah jalan gue liat jaket Sami gak terkancing. “Rusaaaak” kata Sami padahal cuaca lumayan dingin. “Sami kedinginan?” Anaknya diem aja, masih sebel disuruh lari pagi-pagi. Selesai diperiksa giginya, gue liat lagi jaketnya Sami. […]

membesarkan anak sensitif

Dalam membesarkan anak pasti jadi pertanyaan sejauh apa kita ingin melindungi anak dari dunia luar dan sebaliknya sejauh apa kita harus menyiapkan anak untuk menghadapi dunia luar. Ini selalu jadi bahan galau gue terutama dalam membesarkan Kai yang saat ini sedang melalui masa-masa sulit. Anaknya lagi super sensi, selalu merasa diserang, penuh kemarahan, rendah diri […]

kepribadian

Hampir tiap hari Mikko dan Kai berantem. Anaknya terlalu sensitif, bapaknya terlalu keras. Tapi untunglah berantemnya selalu disusul dengan maaf-maafan. “Maaf ya Kai. Kai anakku sayang, meidän herkka poika (anakku yang hatinya sensitif)” “Kamu sensitif sekali tapi sebenernya itu kelebihan kamu. Isi yang harus belajar buat lebih sensitif. Kekurangan isi ya itu, gak sensitif sama […]

Pengajian IMMI dan diskusi singkat bersama Dr. Mulki Al-Sharmani

Jadi ada dua acara dalam sebulanan ini yang menyentuh banget buat hati dan otak gue. Yang pertama baru aja kejadian minggu lalu di KBRI, acara pengajian bulanan IMMI (Ikatan Masyarakat Musim Indonesia di Finlandia). Dari bertahun-tahun gue dateng IMMI baru kali ini gue suka banget sama ceramahnya. Buat gue pribadi, ceramah-ceramah di pengajian IMMI cenderung […]

Sami belajar soal delayed gratification

Jadi udah semingguan ini Sami lagi kepingin banget beli Pokemonkortti set baru. Dia punya sih satu kotak kartu pokemon yang gue juga lupa dia dapat darimana. Mungkin hadiah Natal tahun lalu. Dua mingguan ini Sami lagi keranjingan Pokemon dan setiap hari kartu-kartunya itu dimainin, diliat-liat bahkan sampai dibawa tidur. Tahun ini dia kembali minta Pokemonkortti […]

serba-serbi finlandia: fakta-fakta tak penting tapi menarik

Apa kabar dunia? Udah lama ya gak muncul edisi Serba Serbi Finlandia. Langsung aja kuy! Tingkat konsumsi kopi tertinggi di dunia. Orang itali terkenal sama budaya minum kopinya. Negara-negara afrika terkenal sebagai pemasok biji kopi. Tapi yang minum kopinya paling banyak ternyata orang Finlandia. Menurut International Coffee Asscociation, Finlandia mengkonsumsi kopi sebanyak 12 kg per […]

kalau äiti dibelah dua

Minggu lalu Sami lagi kolokan banget. Maunya gelendotan melulu kaya koala. Jadilah gue ngapa-ngapain sambil digelantungin Sami. Mulai dari masak, dandan, sholat, beres-beres, seringnya sambil dipeluk atau dipanjat-panjatin Sami. “Aku potong Äiti jadi dua” Kata Sami waktu gue lagi santai-santai di sofa. Tangannya pura-pura jadi gergaji yang membelah perut gue. “Jangan dooong. Nanti kan äiti […]

tidak mahal tapi sangat berharga

Kemarin gue nonton A Star is Born dan gue suka banget sama adegan Jack melamar Ally pakai cincin dadakan yang dibuat dari senar gitar. Gue memang selalu suka sama kisah-kisah cincin dadakan begitu. Senang liat spontanitasnya, kretivitasnya, luapan perasaan membuncah-buncahnya. Bisa jadi karena ini juga makanya gue gak punya cincin tunangan. Kejadian Mikko melamar gue […]

mood swings

Kemarin kan ada pengajian di KBRI. Tadinya mau dateng sama Mikko tapi last minute gue bilang ke suami kalo gue mau pergi bareng temen-temen aja. Udah tiga weekend gue lumutan di rumah ganti-gantian sakit antara gue, Kai dan Sami. Weekend kali ini gue mau begaol. Katanya sih Mikko kecewa soalnya kan udah lama gak pacaran […]

Doa untuk Isi

Isi kan lagi di Jerman buat Frankfurt Marathon, jadi udah dua malam ini gue tidur kruntelan bertiga sama anak-anak. Tadi subuh, belum juga jam 5 pagi, Sami terbangun terus ngomong sambil ngelindur. “Äiti, aku mau yang tangannya begini…apa itu…apa ituuuu….beginii…” katanya sambil menengadahkan dua tangan “Apaaa? Meditasi?” Emangnya Sami tau meditasi? “Itu…yang aku mau bilang […]