Author Archives: seerika

Berbicara soal depresi (6) – depresi bukan berarti…

Khususnya untuk depresi yang gue alami, yaitu depresi dengan level mild to moderate severe, depresi itu bukan berarti: Perasaan sedih terus menerus Banyak yang sangka kalau penderita depresi bakal sedih terus-terusan. Makanya banyak yang kaget pas mendengar si anu ternyata depresi karena “Padahal kayanya dia hepi-hepi aja “ Itu kan yang ditunjukkin ke dunia luar. […]

Berbicara soal depresi (5) – depresi dan manifestasinya

Disclaimer dulu bahwa sesungguhnya beberapa kecenderungan di bawah ini memang sudah ada dalam diri gue tapi depresi makin menguatkan kecenderungan tersebut sampai rasanya tidak tertahankan. Kira-kira beginilah manifestasi depresi dalam kehidupan gue. Perasaan terperangkap dan tidak berdaya Semua terasa salah. Pekerjaan (atau gak ada pekerjaan), minim pencapaian hidup, hubungan dengan suami, hubungan dengan anak, keuangan, […]

Berbicara soal depresi (4) – the ugly truth about seeking help

Bantuan profesional itu… MAHAL. Gak semua orang punya akses dan sumber daya untuk mendapat bantuan tenaga profesional. Bahkan ketika gue pernah punya akses gratisan di Finlandia pun tetep aja gak semuanya lancar jaya. Sistem kesehatan universal kayak di Finlandia memang murah dan accessible tapi juga berarti gak bisa dihambur-hamburkan. Pasien kadang terhimpit sama pilihan sumber […]

Berbicara soal depresi (3) – obat-obatan, apakah membantu?

Kalo gue bilang: IYA! Membantu sekali. Waktu kuliah psikologi dulu, gue punya sentimen soal anti-depressant dan obat-obatan kesehatan mental lainnya. Gak ngatasin akar masalah. Cari jalan cepet aja. Setelah sekarang punya pengalaman konsumsi obat antidepresi, persepsi gue soal obat-obatan jadi lebih positif. Memang ada benernya kalau dibilang obat-obatan cari jalan cepet, karena efek positif yang […]

Berbicara soal depresi (2) – kenapa depresi?

Andai gue tau jawabannya. Depresi itu kaya status facebook. It’s complicated. Ada memang depresi yang dipicu sama trauma besar seperti pemerkosaan, kematian di keluarga, perang, penyakit, perceraian, dll. Tapi banyak juga yang mengalami depresi tanpa melewati trauma-trauma besar seperti itu. Gue salah satunya. Gak ada penyebab utama depresi yang gue alami ini. Yang ada justru […]

Berbicara soal depresi (1)

Udah beberapa tahun ini gue mangalami depresi. Gue udah minta bantuan profesional kok. Udah ke perawat, ke dokter dan sekarang ke psikolog. Udah pernah juga makan obat anti-depresi. Beberapa kali isi kuesioner diagnosis di rumah sakit, level depresi gue naik turun antara mild ke moderate severe, tergantung keadaan hidup saat itu dan juga siklus menstruasi […]

terlalu sering terjadi

Percakapan di Amerika sini: “So, what’s your kid’s name?” “Sami” “Sammy?” “Sami. SA-MI” “Oh yes, Sammy” Iya aja dah biar cepet. Kenapa orang sini susah banget ngomong SA-MI? Agen rumah kita malah cerita kalo dia kenal orang Estonia yang namanya juga Sami tapi sekarang udah pasrah dipanggil Sammy. Ini kok kaya anakku yang di sekolah […]

gak bisa lopettaa

Sekarang ini Sami maunya tidur sambil dikelonin √§iti dulu. Sambil pelukan sering dia bilang: “Aku gak bisa lopettaa, aku gak bisa lopettaa….” “Gak bisa brenti apa?” “Gak bisa lopettaa poluk kamu soalnya aku cinta banyak banget sama kamu” *lopettaa = berhenti  

#rikadiamerika: lika-liku mendapatkan SIM New Jersey

Setelah melalu perjalanan (baca: antrian) panjang, akhirnya hari ini gue berhasil juga mendapatkan SIM New Jersey. Perjuangan untuk dapet SIM ini lumayan ribet karena totalnya, gue dan Mikko, harus ke kantor MVC (Motor vehicle commission) di Wayne sebanyak 4 kali. Pertama kali dateng niatnya cuma untuk nemenin Mikko bikin SIM karena toh doi yang bakal […]

habis jatah

Jadi ternyata jatah media storage untuk blog ini udah abis. Kalau mau nambah harus bayar mulai dari 4 dolar per bulan. Ya jelas dong aku ogah. WordPress juga sekarang kok berubah banyak ya? Sempet kepikiran bikin blog baru aja biar dapet jatah lagi. Biar mulai dari nol ya buk. Etapi kayanya sekarang WordPress gak menawarkan […]

semacam tulisan tandingan: ketika anak mengaku gay

Hari ini gue baca artikel di Mommies Daily dengan judul yang mirip. Untuk ukuran media parenting Indonesia, topiknya ini lumayan progresif. Ai like. Dan ada disclaimernya juga kalau artikel tersebut tidak membahas tentang benar salahnya homoseksualitas, yang memang penting untuk ditulis agar pembaca fokus sama isi artikelnya, bukannya sibuk berdebat tentang salah benarnya homoseksualitas. Menilik […]

Berburu rumah hantu

Halloween itu kan perayaan yang penting banget di Amerika. Katanya people go all-out dandan buat Halloween, ataupun menghias rumahnya biar jadi rumah hantu. Nah, Mikko punya ide untuk bikin liputan singkat soal ini. Gue diajak jadi kamen rider, eh…kameramen yang terus ternyata gagal total. Gue tanya kan ke Mikko, suami mau masuk kamera apa kagak? […]