jalan-jalan pacaran

Agustus kemarin gue dan Mikko sempet jalan-jalan ke Roma berduaan aja. Gue ulangi: BERDUAAN AJA. Rruaar biasa sekali ini, ya. Sejak punya anak kami merindukan banget saatnya bisa jalan-jalan tanpa harus dorong stroller, liburan yang bebas lepas bisa masuk mana saja, makan di mana saja dan balik ke hotel jam berapa saja tanpa mikirin selera anak atau jam tidurnya. Terimakasih sama mertua yang udah mau dititipin Kai dan Sami selama tiga malam.

Rencananya kan acara jalan-jalan ini gue persembahkan sebagai hadiah ulang tahun untuk suami tercinta. Udah lama gue nabung biar bisa beli tiket dan hotel untuk berdua. Pengennya sih ke Paris karena gue ingin beromantis-romantisan di Montmartre sama Mikko. Apa daya yah, abis pulang dari Barcelona bulan Mei kemaren kami bangkrut parah dan tabungan gue dialihkan buat bayar-bayar tagihan. Untungnya abis lebaran kami kembali on-track dengan rencana liburan ulang tahun suami. Kali ini posisi gue bergeser dari penyandang dana menjadi sekedar pencetus ide karena akhirnya Mikko juga yang bayar-bayar semuanya. Ulang tahun sendiri, kasih hadiah sendiri juga. Kasian amat sih suamiku ini.

Rencana ke Paris juga batal karena Mikko katanya ingiiiiiiin sekali ke Roma melihat Colosseum. Sejak dari umur 6 tahun. Gak tau juga kenapa Mikko yang termasuk sering jalan-jalan itu belum pernah menyentuh Roma. Gue sendiri udah pernah dua kali ke Roma. Dua-duanya kunjungan singkat selama dua malam. Pergi sama Mikko kali ini juga cuma tiga malam sih, tapi seperti biasa, pergi sama Mikko pasti pengalamannya beda. Jadi mau berapakali pun ke tempat yang sama gak masalah buat gue.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

No hot guys, no fire men, no male models, they have instead the good looking priests on their calendar in Italy.

20140824_110349

20140824_104223

Pantheon

Pantheon

pintu besar gereja pantheon

pintu besar gereja pantheon

Trevi yang ternyata lagi direnovasi!

Trevi yang ternyata lagi direnovasi!

pengamen cantik di plaza depan pantheon

pengamen cantik di plaza depan pantheon

Di luar dugaan gue Mikko gak gitu semangat liat-liat museum jadi kami pun memutuskan untuk gak mengunjungi vatican museum. Buat ke museum butuh waktu seharian sementara kami di sana cuma tiga malam. Mending nanti-nanti aja ke museumnya kalo kami berkunjung lagi ke Roma lebih lamaan.

Yang Mikko suka kalau lagi jalan-jalan tentunya mencari pengalaman yang sebisa mungkin “lokal”. Makan di tempat-tempat favoritnya orang lokal, menyusuri gang-gang kecil dan jalan kaki sampe kaki gempor tanpa ada arah sekedar melihat-lihat suasana kota.

20140824_121930

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sebenernya selama di sana kami cuma jalan-jalan di daerah turistiknya aja. Sekitaran Colosseum, Forum, Vatican, Pantheon dan sebangsanya. Gak ada tempat yang bener-bener lokal di sana. Tapi tetep ketemu kok restoran yang tamunya kebanyakan orang lokal atau gang-gang busuk yang jelas bukan atraksi turis

“Smell the alley. A mix of moisture and…a certain smell. Reminds me of Indonesia.”

“Trash maksudnya? Gangnya bau? Emang sih di Jakarta suka bau comberan”

“Bukan! Maksudnya bau kota besar yang banyak orang. Gak kaya di Finlandia”

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

20140823_223852

Gang kecil dengan atap daun anggur. Cantik, sendu, romantis.

Selama di Roma setiap hari kami makan enak. Gue udah beberapa kali ke Italia waktu masih mahasiswa. Berhubung gak  punya duit jadi makannya MacDonald’s terus, burger satu euroan. Baru sekarang sama Mikko gue merasakan berpetualang menikmati makanan Italia. Masih kebayang-bayang deh makanan enak yang gue cicipin selama di sana.

Kalo selama di Finlandia dan Jakarta gue terbiasa makan pizza yang rame toppingnya, pizza di italia ternyata sangat sederhana. Isinya paling saos tomat ama keju, saos tomat sama jamur, keju ama rucola, dsb. Jarang banget nemuin pizza yang isinya lebih dari dua topping. Begitu juga pastanya. Sederhana banget. Anehnya, biarpun baca menunya suka bikin kurang selera, makanan yang terkesan sederhana tersebut rasanya sungguh endang estaurina bambang yudhoyono. Mikko pesen pasta saos tomat pake keju sama basil doang tapi makannya sampe jilet-jilet sendok.

Selain sederhana porsi makan di itali juga piyik-piyik sekali. Awalnya kami bingung, baru setelah baca menu baik-baik kami mengerti kalo orang sono terbiasa makan beberapa course. Mulai dari antipasti, first course, second course sama pencuci mulut. Cuma sekali aja kami nyobain makan menu komplit macam ini. Mahal soalnya, jek.

20140823_204051

20140824_124746

ini dia pasta keju dan basil yang juga luar biasa enak. Katanya sih kunci enaknya di kesegaran bahan-bahannya.

yang ini nih...ikan lupa namanya tapi masya allaaah enaknyaaa

yang ini nih…ikan lupa namanya tapi masya allaaah enaknyaaa

Ini juga! Cuma daging dikecrotin basalmico trus tabur rucola kok enaknya bisa bikin merem melek

Ini juga! Cuma daging dikecrotin basalmico trus tabur rucola kok enaknya bisa bikin merem melek

Chick pea puree dibungkus grilled eggplant. SEDAAAAAAAAP

Chick pea puree dibungkus grilled eggplant. SEDAAAAAAAAP

Yang gak sesuai rencana ternyata soal kondisi tubuh yang sudah semakin loyo. Niatnya sih mumpung gak bawa anak mau jalan-jalan sampe malem kalo perlu party-party sampe menjelang pagi. Rupanya jam enam sore kaki kami udah menjerit minta istirahat. Kami pun balik ke hotel dan kemudian tidur. Zzzzzzz….apa bedanya sama jalan bareng bocah? Untungnya sih jam 9an kami bisa keluar lagi sebentar buat cari makan sambil nongkrong-nongkrong. Untung banget kami pilih hotel yang tepat di tengah kota.

Ada alasannya kenapa kami cepet capek selama di Roma. Agustus itu lagi panas-panasnya. Namanya pun musim panas ya, mataharinya beranak pinak. Panas banget lah jek pokonya. Dan justru di hari yang paling panas kami punya jadwal mengunjungi Colosseum, Forum dan Palatine. Ampun dijeee…ini kan isinya reruntuhan semua, dimana ane bisa berteduh nanti?

20140825_140737

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

view from the underground

20140825_133124

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

the flavians amphitheatre

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Di colosseum kami ikut guided tour supaya bisa dapet akses masuk ke underground dan tingkat teratasnya colosseum. Selama di sana Mikko khusyuk dengerin cerita guidenya tanpa menggubris keinginan gue buat foto-foto berdua sama doi. Suami gue ini kenapa ya alergi banget ama kamera?

Pindah ke Forum hasrat foto-foto gue masih juga dicuekin sama Mikko. Masalah miskom sih sebenernya di sini. Selama di Forum Mikko pilih jalan-jalan sendiri supaya gue bisa puas foto-foto tanpa merasa ditungguin. Masalahnya kan kita orang juga bosen kaleeee foto gedung mulu, puing-puing mulu, patung melulu….foto diri sendiri manaaaaaaaa? Aku jadi kezeeeel.

Pindah ke Palatine ceritanya masih sama. Tiap gue pegang kamera Mikko tetap melaju gak pake nyadar kalo gue kan kepengen ditungguin. Gue jadi berasa ditinggal terus. Padahal di Palatine banyak lokasi yang bagus-bagus buat foto berduaan tapi mau foto sama siapa kalo misuanya kabur melulu? Mau foto diri sendiri aja susye bener #gakpunyatongsis

Udah gue bilang belum kalau di Roma itu lagi panas banget? Udah kayanya ya? Baiklah. Gue ulangi lagi ya…hari tu PUANAS BUANGET. Panas ampun-ampunan sampe masuk ke hati dan ujungnya gue tantrum. Dari yang awalnya diem sampe akhirnya nangis-nangis.

Suami gimana sih istri ditinggal melulu? Emangnya enak lari-larian ngejer suami lagi panas begini? Capek tauuu. Iya emang aku jalannya pelan. Gak suka ya sama yang lemah-lemah kaya aku? Gak suka banget ya aku foto-foto sampe ditinggal begitu? Kenapa sih benci banget sama kamera? Foto-foto itu kan penting buat aku. Pentiiiiiiiing. Kalo istrinya mau difoto tolong dong baek-baek diladenin. Diambilin fotonya biar aku seneng. Fotonya pake niat jangan baru sekali jepret langsung melengos pergi. Tapi emang suami mah gak suka bikin istrinya seneng. Iya kan…iya kan? Hah? Haaaaaah?????????

Jalannya sih pelan tapi kalo merepet ferarri kalah ya, mbak?

Moral of the story: jangan ke Italia di musim panas.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

20140825_151314

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Ladang bunga cantik di Palatine. Sayangnya kurang ketangkep cantiknya di foto ini. Aslinya jauh lebih indah.

niat hati mau difoto dengan latar belakang ladang bunga cantik di Palatine. Tapi karena lagi kzl bukan kepalang senyumnya jadi susah mengembang. Kurang ragi.

niat hati mau difoto dengan latar belakang ladang bunga cantik di Palatine. Tapi karena lagi kzl bukan kepalang senyumnya jadi susah mengembang. Kurang ragi.

cupids

cupids

Supaya ngambeknya makin dramatis gue pun bilang ke Mikko kalo gue mau balik aja ke hotel sendirian. Biar Mikko bisa makin khusyuk merenungi puing-puing kesayangannya. Bhaaaaay. Segera gue ambil langkah berderap meninggalkan Palatine. Untungnya Mikko baik dan mau ikut pulang juga ke hotel bareng gue. Soalnya….sebenernya gue gak tau jalan balik ke hotel.

Begitu sampai hotel langsung deh mandi pake air dingin. Kepala adem berhasil bikin hati ikut adem juga, maaf-maafan deh sama si suami. Positifnya, abis kejadian ini Mikko jadi lebih manut memfoto gue ataupun buat diambil fotonya. Tapi senyumnya mah tetep diirit-irit.

Sekali lagi ya. Jangan ke Italia di musim panas. Jangan!

Yang juga menyenangkan dari jalan-jalan ke Roma kemarin adalah tour ala-ala Angels and Demons yang dilakukan antara niat gak niat tapi cukup bikin hati riang. Angels and Demons salah satu novel kesukaan gue jadinya seneng banget kalo bisa liat langsung ke lokasi-lokasi yang ada di bukunya. Berdasarkan info-info dari internet gue niat buat tour mandiri berkunjung ke situs-situs yang jadi poin penting dalam ceritanya. Tapi tour seadanya, selewatnya aja. Gak semua situs berhasil gue kunjungi dan kunjungannya pun gak berurutan mengikuti jalan ceritanya. Ada pula situsnya yang di renovasi. Tapi tetep loh…gue seneng banget.

20140823_160751

Chigi chapel di gereja Santa Maria del Popolo. Eyalaaah…kok ya apes lagi direnovasi. Cuma bisa ngintip sedikit altar berbentuk segitiga yang katanya lambang illuminati itu.

20140824_165310

Air mancur di St. Peter’s square. Second altar of science. Coba liat ke blognya Erlia deh, fotonya lebih bagus. Lha foto gue kok jelek begini ya

20140824_115521

Piazza Navona yang asli ruaaaameee banget. Seperti kata Erlia di blognya: gimana mungkin di tempat serame ini ada yang berhasil buang mayat ke kolam tanpa diliat banyak orang?????

20140824_133443

Castel de Angelo, sarangnya illuminati. Tapi gue cuma lewat, gak sempet masuk setelah liat antriannya yang bermeter-meter

Yang gak kesampean selama di Roma kemarin itu adalah rencana syoping-syopingnya. Mau berangkat aja gue udah cemberut liat Mikko keluarin koper kecil buat kami berdua. Biar bisa masuk kabin katanya. Cuma tiga malam di Roma jangan buang-buang waktu untuk nunggu bagasi. Yah…nanti belanjaan aku taro mana? Kaya punya duit aja, jawab Mikko.

Ternyata memang kagak sempet belanja selama di sana. Sibuk jalan terus gak sempet ngeliat toko. Kayanya ini bedanya kalo jalan sama Mikko, radar belanja jadi melemah. Perasaan waktu dulu-dulu ke Roma kerjanya keluar masuk benetton dan toko-toko lainnya. Sekarang kok pada gak keliatan tokonya?

Setelah tiga malam di Roma akhirnya harus balik juga ke Kerava. Balik ke pelukan Kai dan Sami. Anak-anak dikasih hadiah murahan pulpen yang bisa jadi senter dibeli dari pedagang Bangladesh di colosseum. Barangnya sih murahan tapi bayarnya lumayan juga, 12 euro. Di Blok M mungkin dijual dua puluh ribuan. Tapi waktu itu Mikko terbujuk sama curhatannya si abang penjual yang hidupnya susah dan dagangannya gak laku-lak. Tepu-tepu abangnya aja sih ini. Sekarang pulpennya tinggal kenangan. Udah brodol dimainin anak-anak.

Biarpun murahan Kai dan Sami seneng banget sama oleh-olehnya.Tapi mereka lebih senang lagi ngeliat isi dan äiti pulang. Bahagia deh. Udah kangen banget ternyata ya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

tacky. kata Mikko.

tacky. kata Mikko.

20140823_173234

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Dua minggu kemudian hampir tiap hari Mikko ngomongin Roma, Roma, Roma dan Roma melulu. Katanya dia jatuh cinta sama kota satu itu. Untuk memperpanjang suasana yang ke Roma-Romaan kami nonton filmnya Audrey Hepburn, The Roman Holiday. Secara filmnya produksi 1953 jelas situasinya beda banget sama sekarang. Roma masih sepiiiii. Mobil masih bisa lewat depan the spanish steps. Beda banget sama sekarang yang mau cari ruang duduk aja susah bener.

“Tourism ruins everything. Imagine how great Rome would be without all the tourists” kata Mikko. Lupa kalo sendirinya juga turis yang ikut rame-ramein Roma.

spanish stairs sekarang

spanish steps sekarang

spanish steps di roman holiday

Semua tentang Roma keren banget menurut Mikko. Kotanya yang hidup, sejarahnya yang luar biasa, gang-gang kecil-nya yang sedikit bau pesing dan so pasti makanannya.

Temen-temen gue (orang Indonesia) gak banyak yang terpukau dengan Roma. Kebanyakan bilang kalo Roma terlihat agak kumuh dan kotor untuk  ukuran kota Eropa. Dan gue setuju sama pendapat mereka ini. Memang Roma gak cantik dan terawat seperti Paris atau Praha. Tapi kalau melihat Roma dari kacamata Mikko mau gak mau gue juga ikut jatuh cinta sama Roma. Apalagi yaaaaaaaaa….emang di Roma urusan makan-makan gak ada matinya. Akika jatuh cintanya lewat perut sik.

Sejak kembali ke Kerava Mikko udah punya ancang-ancang untuk kembali berkunjung ke Roma di liburan-liburan kami selanjutnya. Atau…liburan kita seterusnya ke Italia aja, semua negara lain coret dari daftar, from now on Italy is our only destination. Sicily next?

Ya…ya…yaaa….Mikko masih kesengsem berat sama Roma. Coba liat nanti tahun depan kami liburan kemana. Gue sih gak neko-neko kalo milih lokasi liburan selama makanannya enak-enak (yang diurusin kok perut melulu ya?)

wefie yang tidak pernah sukses karena suaminya cemberut melulu. huuuh

wefie yang tidak pernah sukses karena suaminya cemberut melulu. huuuh

20140824_164946(0)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Misa di St. Peter's Basilica

Misa di St. Peter’s Basilica

Ada yang tau maknanya menyentuh kotak kecil di bawah salib ini?

Ada yang tau maknanya menyentuh kotak kecil di bawah salib ini?

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

the apostles

20140824_154959

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

aufwiedersehen instead of goodbye, Rome. We will come back!

aufwiedersehen instead of goodbye, Rome. We will come back!

Advertisements

47 comments

  1. rikaaa, lu beli kalendernya enggak?
    aduduuuh itu ganteng-ganteng amat ya pendetanya.
    Fotonya erlia bolehlah lebih ciamik, tapi cerita lu kan lebih emosionil rik.
    Gw kebayang kalo mikko suami gw, udah gw lemparin sendal kali saking kzlnya 😀

    1. Gak beliii…dan sekarang nyesel 😀 Unik banget ya padahal.

  2. kalo diperhatiin, mostly kalo kita lagi jalan2 berdua doang ama suami, pasti ada bumbu2 berantemnya, tapi akhirannya baikan lagi,,hihihi seruu
    gue puun…seringnya gitu kalo jalan2 berdua doang ama suami.. 😀

    kaosnya Miko yang ijo … lucuu Rik tulisannya … 😀

    1. Burungku sayang, burung kusayang? Which one nih? 😛

      1. mau gue ganti jadi istriku sayang….halah…D

        1. Buruan ganti… Hahahaha…

    2. Salahkan panasnya desiii…aku khilaf marah2 karena kepanasan kayanya. Hihihihihii
      Itu salah satu kaos kesayangan Mikko beli di distro di Bintaro dan merknya Racun Cinta

  3. lo naek keatasnya katedral di vatikan itu ya? gue pas naek berasa mau mati, hahaha.. abisan tangganya sempit banget, one way out, dan climbingnya sambil gendong Nadine! untung si Keira gak minta gendong juga, bisa langsung ubanan gue pas nyampe atas :))

    1. iyaaa…gue naik…jagad gila lo naik sambil gedong nadine. Jagoan neon raniiiii. Stress banget gak sih naiknya itu? Kecil, sempit, gelap, trus gue selalu berasa diburu2 sama orang di bawah gue jadinya gak berani ambil istirahat.

  4. cihuy….ke Medan 🙂

    1. masih belum pasti niiiih, non. Tapi udah kebayang makan2 enaknya

  5. Penasaran banget sama rasa makanan yang sederhana tapi endeus banget itu. Kalo makan pasta di sini ka ya gitu aja ya. Penasaran juga ama gang-gang belakangnya yang sedikit bau pesing itu. Pasti suasananya khas bikin kangen.

    1. iya, beda banget sama pizza hut atau domino pizza yang makin banyak toppingnya makin sip. Tapi mau yg sederhana atau yang rame topping aku suka dua2nya sih

      1. Rika.. ntar pas mudik cobain resto pizza yang ada di Bintaro Entertainment Center (BEC) di depan Carrefour n Giant Bintaro, namanya Signora Pasta, rasanya ng-Itali banget deh.. enaaakkk.. #kalokatagwloh…

        1. beneran? pastanya gimana? harus gue coba nih.
          kalo di jakarta biasanya gue suka makan pasta di spageddies. Enyaaak. tapi pizzanya belon pernah coba.

  6. Rikaaaaa… ngilerrrrrr… jadi pengen hanimun berdua sama suamiiii huhuhu…

    Kayaknya kalo sampe lu bilang panas banget itu pasti ga kira2 panasnya… btw… abis mandi air dingin… terus maaf2an… terus ngapain? Hwhahahahah…

    1. Ayo leeeeee…tunggu abby bentaran dikit biar lebih enak ditinggal. Tapi inget ya…kalo ke itali jangan pas musim panas

      abis maaf-maafan terus….eeenggg…selfie-selfie-an, hahahahhaha

  7. asik bgt jalan2 pacarannya… ceritanya jalan2 emosional bgt tapi lucu he he he, fotonya juga bagus kok..

    1. ini sepertinya karena penulisna juga emosional, hahahahahaha

  8. Setujuuu.. Jangan jangan jangan ke Roma pas musim panas. Terlalu banyak turis dan suhunya ampuuun.. Jalan bentar aja rasanya udah kayak mo pingsan. Kaki diseret-seret.
    Kalo makan di Itali aku diajarin suami, jangan makan di tempat yang banyak turis. Coba agak mlipir2 keluar, cari resto kecil nan cozy. Biasanya mereka menyediakan menu yang lebih rumahan dan harganya ramah di kantong.
    Aku pas sampe di itali juga bingung mbak kok ini isi makanannya minimalis semua. Padahal udah ngebayangin piring meriah kayak nasi padang :p terus diajarin mertua, emang disini gitu makanannya. Semakin minimalis semakin enak. Kayak aglio olio pasta. Udah gt bawang putih sm cabe plus olive oil doang. Dasar lidahku aneh, tetep aja kutambahin paha ayam goreng Hwehehehe

    1. Anggiiii…gimana caranya kamu bertahan di itali kalo lagi summer? ngecrong banget mataharinya.

      Mikko juga kalo cari restoran biasanya keluar dulu dari jalan utama yang rame turis, trus liat2 pengunjungnya banyakan turis atau lokal, makin banyak lokalnya makin menarik. Dari menunya juga keliatan, kalo menunya ditranslate ke banyak bahasa biasanya restoran turis banget.

      1. Same question to you mbak, gimana bisa bertahan di Finlandia pas winter? Ngebayangin aja tulagku ngilu kedinginan hehehe

        Alhamdulillah tempatku nggak sepanas di Roma. Panas max sih bisa 34 tapi angin dr laut kenceng. Mayan laah. Kalau di Roma tuh ya ampoon panasnya.

        Iyaa klo ada menu bhs inggrisnya biasanya tempat turis. Makin pinggiran tempatnya biasanya mkn ok makanannya. 🙂

          1. hohohoho, iya yaaa…sama-sama negara yang cuacanya ekstrem. Italia ekstrem panasnya, Finlandia ekstrem dinginnya.
            Anggiiii…tulis2 resep masakan italia dong, yang kamu udah coba sendiri dan berhasil (dan gampang)
  9. hahaha ngakak gue baca nya rika! LOL. bener banget ya bok jangan deh ke Italy pas summer gue pernah ke Milan & Verona pas banget pas peak summer. Jari kaki gue mlonyoh kakakkk. Sampe sampe gue ma temen gue sesiangan ngerendem kaki di aer mancur di Verona. Ga bo’ ong. Betchul sekali pasta di itali minimalis tp mbah nya enak! 😀 Btw rik, kenapa ya laki suka ngloyor gitu gue jg suka BETE banget kalo jalan2x pasti gue ketinggalan. Sumpah ini ngeselin abissshh!

    1. Kaki juga hampir mlonyoooh oppieeee…tapi ternyata emosi gue yang duluan pecah..pecaaaaaaah.
      Ini laki lo kayanya satu perguruan ya ama laki gue. Barusan aja gue tatar laki gue kalo orang indonesia tuh gak suka banget ditinggal-tinggal, harus berdampingan terus. Hahahahah

      1. bener rika laki kita emang musti ditatar 🙂 nasib kaki pendek dibandingkan kaki mereka yang panjang2 itu, kita kalo jalan lelet :p

  10. Seru seru mbak ceritanya… Ditunggu liburan ke Medannya… Semoga jadi ya… (pssttt… jangan melanglang ke Bali lagi…) 🙂

    1. ta…ta…tapi aku suka Bali 😀
      Kalo ke Medan pasti harus wiskul ya secara medan terkenal punya banyak makanan enak

      1. Yups…. Surganya makanan… Daun ubi aja bisa jadi begitu enaknya… Apalagi ikan kalo diarsik… Menggelepar plus menggelinjang deh makannya…. Dijamin…

        Suka pedas? Lidah pun dibuat bergetar plus menari minta nambo… Yuk mari ke Medan.

        1. eh, makanan apa yang pedes2 di medan? gue sukaaaa banget makanan pedes

        2. Banyak!!!! Bertaburan kali mbak…..pernah merasakan Sambel tuk tuk yang pake andaliman? Wuiihhhh dijamin nagih…

          Sate Padang yang pedes ada juga di Pasar Sambas. Ada lagi rumah makan Sabang Merauke yang emang udah terkenal makanannya enak, tapi mahalnya ya masuk akal sih. Soalnya kita pesan dia baru masak. Makanan khas Indonesia kok ini mbak. Tapi quality control nya dah terjamin… Yang datang ke sini pasti balik lagi…

          Ada lagi rumah makan Padang. Perlu sebut merek gak ya? Kebanyakan yang direkomend ya Gumarang, Garuda, koto gadang, ACC yang top dengan ayam popnya.

          Ada lagi satu Spot makan di jalan wajir yang tiap malam, selalu penuh bangkunya. Ajaib deh pokoknya. Kalo suka Mie, Medan pun banyak inovasi mbak. Coba deh ke makanmana.net… Ini situs rekomendasikan anak Medan soalnya… Suka bakso, ada bakso Mataram yang di samping lembur kuring yang satu grup sama Kalasan. Wah tiga tiganya enak tak tertahankan… Hahahaha… Udah ah… Kok jadi marketingnya Kuliner ini ya? Suka lontong? Ayo gabung ke Medan. Nasi lemak, wah jangan ditanya. Pecal yang enak, terkenalnya di dekat jalan Adam Malik. Sop, soto? Ada soto sinar pagi yang jadi biang macet kalo jam jam makan siang. Hmmm… Apalagi ya? Datang aja deh mbak dan buktikan. 😉

        3. Pecaaaaaaaah….
          langsung ileran deh bacanya

          Aku suka banget mie. Dan untungnya di keluargaku kalo lebaran ada tante yang suka masak mie medan…nyaammmm.
          Makasih banget ya rekomendasi tempat makannya ini. Bakalan berguna.

  11. temenku ngerayain taun baruan ama suaminya di colloseum 😀 cantik liatnya
    iya ya pizza ama pasta italy minimalis,,, pas di masakin ama temen italy bengong liatnya..trus pizzanya tipiss tapi enak,,XD
    betewe pas jalan2 berdua lebih banyak yak foto2nya..ini kalo ga pake acara ditinggal suami pasti lebih banyak hihi
    dan belilah tongsis, tongsis itu membantu sekali buat foto2, ato mampir ke korea dulu beli tongsisnya? di korea lebih murah daripada jakarta hehhe

    1. aiiiiiiiiiiih…taun baruan di colosseum? aku baru tau. Bisa ya? Pasti cantik banget. Colosseum kalo malem emang cakeps.
      Beli tongsisnya sih gampang tapi Mikko gak suka banget liat tongsis. Malu katanya foto2 pake tongsis. Kalo aku foto pake tongsis katanya Mikko pilih pura2 gak kenal 😀 😀 😀

      1. kalo liat foto2nya pas taun baru di colloseum ada fireworksnya gtu, jadi pasti ada dong perayaannya,,,:D
        ah Miko kok gtu, mungkin harus dikasih tau manfaat tongsis buat solo traveler ato buat foto rame2..hihi 😀

  12. di Roma itu kalo musim panas emang panas banget mbak rika, panasnya poool sama kayak di indonesia 🙂

    1. beneeeeeeerrrr…makanya kapok ke sana pas summer. panasnya lebih menyengat pula daripada di indonesia

  13. Aku pernah juga dapat “drama” gak penting soal foto dengan si M suamiku.. Mirip lah kasusnya sama kamu.. Tapi sekarang sih udah jauh lebih pengertian..hehehe

    1. toss dulu emmyyy…aku menunggu saatnya mikko pun jadi lebih bersahabat sama kamera

  14. senangnya udah ada cerita lagi dari Mba Rika 😀

    1. kebetulan lagi ada waktu buat nulis2 di sini

  15. Wuih…sepertinya seru ya mba jalan2 ke Roma…. trus…yang swiss army-nya itu… cakep2 kok bajunya itu lhoooo. Aku sih kepengen banget bisa ikut misa di vatikan… yah sekali seumur hidup lah kalo bisa… hihihi…

    1. itu juga yang aku pikirin. Kasian amat sih ini cakep2 bajunya kaya badut, hihihihi.
      Misa di vatikan buat orang katolik pasti impian banget ya? Mungkin mirip naik haji buat muslim. Udah baca blognya erlia belum? Dia dapet tiket buat ikutan misa di vatikan malah sempet ketem Pope segala.

      1. Hueeeee…sampe ketemu pope… hebat sih ya…
        Iya bener…kira2 sama lah antara misa di Vatikan sama naik haji. Sama2 tujuannya buat ibadah… apalagi pas Natal ato Paskah… trus bonusnya kalo bisa ketemu pope…
        Tu swiss army nya siapa sih fashion designernya?

  16. “jangan ke Italy di musim panas”—- noted, Rik! Semoga Desember nanti bisa ketemu yg semodel December priest, hyahahaha… *sampai di Roma lsng dipakein kacamata kuda ama Baim*

    1. Ainiiiiiii….mau ke Roma yaaaaaaa? Desember ini atau tahun depan? Masukin gue ke kopermu dooong. Gue pas di Roma malah gak sempet ngeliat cowo cakep, matanya sibuk liatin tempat makan mulu.
      Gue pernah ke Roma bulan Desember, enaaaaak banget udaranya. Kalo siang masih bisa pake sweater tebel doang walopun di tas tetep bawa jaket.

  17. Ada rencana ke Medan nih pertengahan Januari. nyontek list kuliner dari komen di atas ya 😀
    Btw kalendernya oke amat mbaaa.. Susah khusyu ya kayanya kalau misa sama mereka 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: