Monthly Archives: October 2016

obrolan anak SD

Hari ini Kai ngobrol-ngobrol lagi sama Pavel di acara pengajian anak KBRI. P: “Seneng gak di sekolah?” K: “Seneng dong” P: “Belajar apa aja di sekolah?” K: “Hmm,…macem-macem.  Kemarin Jumat aku ada jam matematika sama agama islam. Kalo hari Rabu ada jam olah raga” P: “Kamu paling suka sama jam apa?” K: “Jam istirahat. Kalau kamu?” […]

berani

Hari ini hari pertama syysloma alias libur musim gugur. Dari kemarin Kai udah punya rencana mau main bola sama temannya dan tadi pagi-pagi sekali anaknya udah bangun, udah mau siap-siap pakai baju bolanya. Baru juga jam 7 kalik, Kai. Jam 8 pagi anaknya udah sibuk telpon temen-temen tapi gak diangkat, kirim sms tapi gak dibalas, […]

serba serbi finlandia: tentang sekolah di finlandia

Ini masih kelanjutan cerita seputar sekolahnya Kai. Mengamati Kai bersekolah selama 9 minggu ini, termasuk pengalaman gue sendiri yang juga ikut nyicipin sistem persekolahan di Finlandia, ada beberapa hal yang bikin gue jadi ingin berbagi info dan opini tentang hal-hal yang berhubungan dengan sistem sekolah di Finlandia sini. Ingat yah, tulisan ini didasari oleh observasi […]

jadi ibu anak sekolahan

Gak kerasa minggu depan udah autumn break. Kai udah melewati setengah semester di sekolahnya. Buat gue, menghadapi Kai di masa-masa baru masuk sekolah sukses bikin gue tambah ubanan. Gak di Indonesia, gak di Finlandia, jadi ibu anak sekolahan tuh sama-sama repot. Yang paling bikin repot adalah menghadapi Kai yang ternyata ceroboh amat. Ke sekolah pake jaket, […]

suamiku beda bangsa

#1 Lagi main sama dua bocah tapi kok ada bau-bau gak enak? “Ih, Sami bauuu. Sami bau pupuuu” Kai teriak sambil tutup idung “Sami kentut, ya?” gue bertanya “Onggak. Aku onggak kontut” “Sami mau pupu?” “Onggak. Aku onggak mau pupu” “Sami sakit perut gak? Kapan Sami terakhir pupu?” “Kemarin. Aku udah pupu kemarin” Tring…tring…tring….barulah gue […]