Sami lagi main kapal-kapalan di lantai ruang tamu, tiba-tiba dia bertanya pada Kai: Sami:  “Kai…apa sih makna kehidupan?” Kai:    “Makna kehidupaaan? Apa ya? Gak tau deh. Emang kamu tau?” Sami:   ……. (mikir lama) Sami:    “Gak tau juga” Trus Sami lanjut dorong-dorong kapalnya lagi   Catatan: percakapan aslinya dalam bahasa Finlandia   Advertisements

Tadi gue ke Prisma mau beli bayam eh tapi kok gak ada. Trus gue telepon suami biar dia cari bayam di supermarket deket kantornya, eh taunya doi dah pulang dan lagi di Prisma juga. Trus kita ketemuan. Trus gue girang bisa ketemu gak jajian begitu. Trus barusan Mikko bilang “It was my highlight of the […]

Kemarin gue dan Fina saling cerita soal pengalaman kami masa muda dulu yang pernah ngikut pacar naik gunung. Keren banget lah rasanya dulu itu. Pake jaket, pake celana kargo, bawa ransel (dulu itu disebutnya carrier), dan cowok-cowok biasanya pakai scarf motif batik yang trus dilipat dan diikatkan ke kepala. Anak gunung banget nih, gaes. Naik […]

Oke, lanjut lagi cerita-ceritanya: Pengalaman 5 malam di Istanbul bikin orang Finlandia terlihat bak malaikat di mata kami. Seperti kata Fina: Orang Finlandia itu sebenernya baik cuma mereka pendiem, dingin dan private banget jadi kesannya gak ramah padahal mah mereka sopan dan baik hati. Kalo orang sini (Istanbul) ebuset….jutek amat. Bagi kami pelayanan di Istanbul […]

Belum juga sampai di Amerika daftar tamu yang akan mengunjungi kami nanti sudah panjang. Mertua berencana mau datang musim panas tahun depan. Adik-adiknya Mikko pun katanya mau berkunjung. Tentunya keluarga gue juga sama; nyokap, adek, tante dan sepupu gue juga udah punya rencana mau ke tempat kami nanti.  April dan Irwan juga katanya kepingin banget […]

Jalan-jalan ke Istanbul kemarin menyenangkan sekali. Ada banyak cerita yang bisa ditulis tapi karena waktu nulisnya harus dicicil, jadi lebih enak kalo ceritanya pakai bullet point aja kali, ya? Biar gak repot mikirin alur dan apapun yang terlintas di kepala bisa langsung ditulis saat itu juga. Setelah drama balik ke rumah, manjat tangga darurat dan […]

Gue baru aja beberes lemari baju anak-anak dan terlintas pikiran kalau nanti mereka perlu banyak baju baru di Amerika. Masalahnya baju anak-anak gue jelek banget tapi gak begitu kentara di sini karena temen-temen mereka juga cara berpakaiannya mirip-mirip: santai, kusut-kusut, sedikti lusuh, kaos kaki gak sepasang, dan satu baju bisa dipakai beberapa hari. Cuma satu […]

Wuah! Udah lama banget kayanya gak nulis cerita jalan-jalan di sini padahal kalo lagi jalan banyak banget kejadian menarik yang ingin dikenang tapi saking banyaknya, menulisnya jadi malas. Zzzzzzz…. Hari ini gue akan ke Istanbul selama 5 malam bersama mantereman. Wacana Istanbul tercipta di sebuah sore di bulan Oktober waktu gue, Fina dan Rachma lagi […]

Seharian ini Sami baik sekali mau nemenin gue ke acara pengajian di KBRI dan terus lanjut liat-liat baju di Jumbo. Anaknya lagi super manis pastinya karena dijanjiin boleh beli kartu pokemon pakai uang tabungannya sendiri. Pada akhirnya gue bayarin aja kartu pokemonnya Sami. Gue bilang uangnya Sami terus ditabung aja. “Tapi aku gak mau säästä […]

Sebulanan ini suamiku bener-bener diberkahi banget. Dimulai dengan timnya yang dapet nominasi buat story of the year di Suuri Jusrnaliistipalkinto, semacam piala citra buat jurnalis di sini ((piala citra!)). Gak menang sih tapi dapet nominasi aja udah bikin seneng. Khusus untuk acara tersebut Mikko boleh membawa plus one. Ini luar biasa banget di Finlandia. Di […]

Tadi pagi gue anter Sami ke dokter gigi. Jadwalnya jam 8 pagi, Sami baru bangun menjelang setengah delapan. Kebayang deh buru-burunya. Di tengah jalan gue liat jaket Sami gak terkancing. “Rusaaaak” kata Sami padahal cuaca lumayan dingin. “Sami kedinginan?” Anaknya diem aja, masih sebel disuruh lari pagi-pagi. Selesai diperiksa giginya, gue liat lagi jaketnya Sami. […]

Dalam membesarkan anak pasti jadi pertanyaan sejauh apa kita ingin melindungi anak dari dunia luar dan sebaliknya sejauh apa kita harus menyiapkan anak untuk menghadapi dunia luar. Ini selalu jadi bahan galau gue terutama dalam membesarkan Kai yang saat ini sedang melalui masa-masa sulit. Anaknya lagi super sensi, selalu merasa diserang, penuh kemarahan, rendah diri […]