Waktu äiti gak di rumah rupanya cowok-cowok ngobrolin äiti. Kata Kai: “Isi nyadar gak sih kalo äiti keliatan lebih muda daripada umur aslinya? Kaya lebih muda 20 tahun gitu. Seriusaaaan.” Kata Sami: “Gak, ah. Cuma lebih muda 6 tahunan aja.” Sami nih gak mau banget bikin äitinya ge- er. Advertisements

Sama temen-temen dekat kalian biasanya ngapain sih? Kalo gue dan geng gue di sini biasa lah,… kalo ngumpul kita pasti MAKAN dan ngomongin macem-macem. Mulai dari ngomongin orang, ngomongin temen sendiri, ngomongin artis, keluh kesah soal suami, tebak-tebakan garing, sama yang paling banyak sih; bikin rencana-rencana yang gak pernah terwujud dan khayalan-khayalan yang terlalu aneh. […]

Kembali dalam suatu sesi peluk-pelukan dengan Sami, gue tanyakan ke Sami “Sami suka gak sih kalo äiti kerja? Lebih suka mana äiti kerja atau di rumah aja kaya dulu?” “Lebih suka äiti tidak kerja” “Kenapa?” “Soalnya aku bisa lebih banyak sama kamu” “Iya yah, rindu banget ya kita gak banyak ketemu. Jadi sedih, yaaa…” “Gak […]

Hari ini hati gue tersentuh oleh satu artikel dari Magdalene: Sebaiknya dibaca dulu artikel di atas sebelum lanjut baca tulisan gue. Artikelnya bagus banget dan rada mengharukan. Ada satu bagian yang bikin artikel tersebut terasa dekat di hati: Saya mencintai keluarga saya, terutama Ibu yang saya ajak bicara mengenai semua hal. Tetapi ketika sudah menyangkut […]

Suatu malam ketika Sami masuk ke kamar äiti “Sami gosok gigi yah. Udah jam 9. Udah harus bobo” “Tidak” “Loh? Jadi mau tidur gak pake gosok gigi? Ya, udaaaah, giginya bolong gak papa ya?” “Tidak” “Jadi maunya apa dong?” “Mau poluk” “Ohhh…mau peluuuk. Rindu ya? Äiti sekarang kerja kita jadi sedikit ketemu, ya. Jarang peluk-peluk, […]

Minggu lalu gue nari Bajidor Kahot di Kamppi. Narinya sendirian aja karena pasangan narinya tiba-tiba batal pentas ada jadwal sekolah. Bweeew, deg-degan abis. Selesai nari, Kai langsung datang kasih pelukan. “Äiti kok pinter bangeeeet?” serunya. Ih, gue jadi malu-malu seneng. Padahal mah gue tau gue narinya gak bagus-bagus amat. Terus Sami juga gak kalah mau […]

Mudik tahun ini kurang dari lima minggu durasinya. Sebentar banget buat gue yang pengennya mudik setahun sekalian. Mudiknya pun setelah lebaran karena bentrok sama jadwal kerja gue dan Mikko yang baru bisa libur akhir Juni. Jadilah kami puasa full satu bulan di Finlandia. Wedewww, dah lama banget kami gak puasa di sini. Musim panas pula […]

Waktu di Loksado kami bermalam di bungalow yang letaknya menjorok ke belakang area penginapan. Penginapannya pun sepi dan gelap. Tapi malam itu gue butuh banget cuci baju jadi gue keluar kamar buat cari mesin cuci. “Jangan äiti, jangan äiti, di luar kan gelap” anak-anak protes liat gue mau pergi Waktu gue balik ke kamar, gue […]

Sebelum memulai cerita-cerita soal mudik kemarin, ada satu hal yang paling bikin gemes dan rasanya harus gue tuliskan di sini. Jadi waktu mudik kemarin itu gue ngeliat beberapa kejadian dimana temen gue dipaksa untuk menerima pendapat seseorang tanpa banyak cingcong karena “Di agama kan gitu” Padahal mah pendapatnya diragukan kebenarannya. Atau kebenarannya dipaksakan dengan dukungan […]

Waktu itu äiti pulang malem abis kelayapan. Belum juga copot sepatu, Sami udah dateng peluk-peluk erat sekali. “Aaaaw, rindu banget, ya, sama äiti?” “Onggak” “Terus kenapa ini peluk-peluk?” “Cinta aja”

Suatu hari waktu lagi menyuruh anak beberes rumah, Kai berkata: “Äiti tau gak? Dulu di islamintunti (pelajaran agama islam) ope (guru) bilang ada tempat yang baguuus banget dan bersiiiih banget gak ada sampahnya. Namanya Paris.” “Oh iya, Paris memang bagus. Tapi ada juga sampah di situ.” “Gak, äiti. Ini Parisnya bersiiiih banget. Kita gak harus […]

Apa kabar dunia? Kembali lagi bersama seri Serba Serbi Finlandia. Dalam episode kali ini mari kita bahas soal kemerdekaan anak. Ide ini sudah lama muncul di kepala tapi males aja nulisnya. Eniwei, pada suatu hari gue membaca artikel tentang kemerdekaan anak di Finlandia. Rada bingung juga baca judulnya. Apa yang dimaksud dengan kemerdekaan untuk anak? […]