Jadi udah semingguan ini Sami lagi kepingin banget beli Pokemonkortti set baru. Dia punya sih satu kotak kartu pokemon yang gue juga lupa dia dapat darimana. Mungkin hadiah Natal tahun lalu. Dua mingguan ini Sami lagi keranjingan Pokemon dan setiap hari kartu-kartunya itu dimainin, diliat-liat bahkan sampai dibawa tidur. Tahun ini dia kembali minta Pokemonkortti […]

Apa kabar dunia? Udah lama ya gak muncul edisi Serba Serbi Finlandia. Langsung aja kuy! Tingkat konsumsi kopi tertinggi di dunia. Orang itali terkenal sama budaya minum kopinya. Negara-negara afrika terkenal sebagai pemasok biji kopi. Tapi yang minum kopinya paling banyak ternyata orang Finlandia. Menurut International Coffee Asscociation, Finlandia mengkonsumsi kopi sebanyak 12 kg per […]

Minggu lalu Sami lagi kolokan banget. Maunya gelendotan melulu kaya koala. Jadilah gue ngapa-ngapain sambil digelantungin Sami. Mulai dari masak, dandan, sholat, beres-beres, seringnya sambil dipeluk atau dipanjat-panjatin Sami. “Aku potong Äiti jadi dua” Kata Sami waktu gue lagi santai-santai di sofa. Tangannya pura-pura jadi gergaji yang membelah perut gue. “Jangan dooong. Nanti kan äiti […]

Kemarin gue nonton A Star is Born dan gue suka banget sama adegan Jack melamar Ally pakai cincin dadakan yang dibuat dari senar gitar. Gue memang selalu suka sama kisah-kisah cincin dadakan begitu. Senang liat spontanitasnya, kretivitasnya, luapan perasaan membuncah-buncahnya. Bisa jadi karena ini juga makanya gue gak punya cincin tunangan. Kejadian Mikko melamar gue […]

Kemarin kan ada pengajian di KBRI. Tadinya mau dateng sama Mikko tapi last minute gue bilang ke suami kalo gue mau pergi bareng temen-temen aja. Udah tiga weekend gue lumutan di rumah ganti-gantian sakit antara gue, Kai dan Sami. Weekend kali ini gue mau begaol. Katanya sih Mikko kecewa soalnya kan udah lama gak pacaran […]

Isi kan lagi di Jerman buat Frankfurt Marathon, jadi udah dua malam ini gue tidur kruntelan bertiga sama anak-anak. Tadi subuh, belum juga jam 5 pagi, Sami terbangun terus ngomong sambil ngelindur. “Äiti, aku mau yang tangannya begini…apa itu…apa ituuuu….beginii…” katanya sambil menengadahkan dua tangan “Apaaa? Meditasi?” Emangnya Sami tau meditasi? “Itu…yang aku mau bilang […]

Karena aku lagi sakit lagi pula bokek, jadi aku mau bikin wishlist aja biar nanti Mikko gak bingung kasih kado ulang tahunkyu yang sebentar lagi datang. Mau 40 tahun loooh iniii. Gede-gedean dong perayaannya. Gede dari Hong Kong Seperti biasa bokek tak berujung melanda keluarga kami. Halah, berita basi itu mah. Tapi tolong yah, suami. […]

Waktu äiti gak di rumah rupanya cowok-cowok ngobrolin äiti. Kata Kai: “Isi nyadar gak sih kalo äiti keliatan lebih muda daripada umur aslinya? Kaya lebih muda 20 tahun gitu. Seriusaaaan.” Kata Sami: “Gak, ah. Cuma lebih muda 6 tahunan aja.” Sami nih gak mau banget bikin äitinya ge- er.

Sama temen-temen dekat kalian biasanya ngapain sih? Kalo gue dan geng gue di sini biasa lah,… kalo ngumpul kita pasti MAKAN dan ngomongin macem-macem. Mulai dari ngomongin orang, ngomongin temen sendiri, ngomongin artis, keluh kesah soal suami, tebak-tebakan garing, sama yang paling banyak sih; bikin rencana-rencana yang gak pernah terwujud dan khayalan-khayalan yang terlalu aneh. […]

Kembali dalam suatu sesi peluk-pelukan dengan Sami, gue tanyakan ke Sami “Sami suka gak sih kalo äiti kerja? Lebih suka mana äiti kerja atau di rumah aja kaya dulu?” “Lebih suka äiti tidak kerja” “Kenapa?” “Soalnya aku bisa lebih banyak sama kamu” “Iya yah, rindu banget ya kita gak banyak ketemu. Jadi sedih, yaaa…” “Gak […]

Hari ini hati gue tersentuh oleh satu artikel dari Magdalene: Sebaiknya dibaca dulu artikel di atas sebelum lanjut baca tulisan gue. Artikelnya bagus banget dan rada mengharukan. Ada satu bagian yang bikin artikel tersebut terasa dekat di hati: Saya mencintai keluarga saya, terutama Ibu yang saya ajak bicara mengenai semua hal. Tetapi ketika sudah menyangkut […]

Suatu malam ketika Sami masuk ke kamar äiti “Sami gosok gigi yah. Udah jam 9. Udah harus bobo” “Tidak” “Loh? Jadi mau tidur gak pake gosok gigi? Ya, udaaaah, giginya bolong gak papa ya?” “Tidak” “Jadi maunya apa dong?” “Mau poluk” “Ohhh…mau peluuuk. Rindu ya? Äiti sekarang kerja kita jadi sedikit ketemu, ya. Jarang peluk-peluk, […]