Monthly Archives: March 2021

mau bohong gak berani, mau ngaku gengsi

Hari ini jadwal anak-anak rada padet karena Kai ada latihan sepak bola sampai malam dan terus langsung lanjut sesi ngaji. Taunya Kai kehujanan dan kedinginan jadi anaknya mau mandi air hangat dulu. Gue suruh lah Sami buat setor muka duluan ke Abi ngajinya. Sambil nunggu zoomnya terbuka Sami panggil-panggil gue dengan panik. “Kenapa? Ada apa?”“Äiti…gimana […]

hafalan dalam bahasa Indonesia dan kesalahan dalam ber-OPOL

Kai dan Sami lagi hafalin rukun islam dan rukun iman. Ternyata lumayan susah buat mereka karena hafalannya pakai bahasa Indonesia sementara mereka ngomong Indonesia kan cuma sama äiti yang bahasanya gak baku dan selalu dalam bentuk paling simple. “Membaka syahadat”“Membaca….itu artinya baca”“Merejakan sholat”“Mengerjakan. Mengerjakan sholat”“Me&#”@(€kan puasa”“Melaksanakan. Me-lak-sa-na-kan” Besoknya pas diuji Abi ngajinya: “Grmblgrmbl SYAHADAAAT”“Grmblgrmbl SHOLAAAT”“Grmblgrmbl […]

di hari perempuan sedunia ini

Gue malah dengerin cuap-cuapnya seorang influencer yang ngomong kalo perempuan jangan males jaga badan biar gak bikin suaminya ilfil. Awalnya dia ngomong kalo perselingkuhan terjadi karena kesalahan dua pihak, yang mungkin ada benarnya, tapi begitu perselingkuhan udah terjadi, kesalahan sepenuhnya pada pihak yang berselingkuh. Nyuruh yang diselingkuhi buat instropeksi cuma melanggengkan budaya victim blaming aja, […]