Gara-gara satu Helsinki mau bedol desa lebaran tahun ini (baca: orang Indonesia di sini banyak yang mau mudik), gue dan teman-teman membahas rencana jalan-jalan kami sesampainya di Indonesia nanti. Salah satu destinasi yang dibahas adalah Batu Karas dan Green Canyon-nya, tempat yang pernah gue kunjungi sekeluarga saat mudik 2015 lalu. Sekembalinya ke Kerava dari mudik tersebut, gue […]

Karena tau dompet lagi menipis, annivesary-an tahun ini kita gak kado-kadoan. Yah, emang dari tahun ke tahun memang gitu sih, tapi kan diam-diam gue mendambakan jaket Zara yang terbayang-bayang terus di otak dan lagi dipikirkan pula cara mintanya ke suami. Tadi pagi niatnya mau ngucapin happy anniversary dulu ke suami yang masih tidur sebelum gue pergi […]

Gue bingung bagaimana harus mengartikan ‘satu juttu’ ke dalam bahasa indonesia karena ini memang bahasa campur-campurnya Sami. Satu (bahasa indonesia) dan juttu (suomi, yang berarti hal atau perihal dalam bahasa kita). Secara harafiah satu juttu bisa diterjemahkan sebagai ‘satu hal’ tapiiii….pada kenyataannya ‘kan gue jarang banget memakai kata ‘hal’ dalam percakapan sehari-hari. Kok asa formal amat? Jadi […]

Ada gak yang kadang merasa kalo pasangannya suka gak bisa ngadepin anak sendiri? Apa? Gak ada ya? Gue doang ya? Iya loh, gue kadang suka ngerasa Mikko kurang sabar ngadepin Sami. Anakku yang satu itu ‘kan emang keras kepala banget. Makin diperintah semakin membangkang, selalu punya kemauan sendiri dan susah banget nurutin permintaan isi atau äiti. […]

Ceritanya kan gue daftarin Kai ikut pelajaran bahasa Indonesia di Helsinki. Kelasnya diadakan tiap hari Jumat jam 3 sore tapi kan rumahku jauh nian di ujung berung, guenya pun tiap Jumat ada sekolah sampai sore, jadinya Kai bolos tanpa akhir di kelas bahasa Indonesia tersebut. Di sebuah acara KBRI minggu lalu, gue ketemu sama bu […]

Biar ngerame-ramein 212, ya. Sekalian aja kita angkat topik anget hari ini walaupun kisahnya agak jauh dari Monas, berbelas ribu kilometer jauhnya karena gue mau cerita tentang tetangga gue di Kerava sini, ibunya Samir dan Sabina, yang dalam tulisan ini kita sebut aja namanya Bija. Bija ini udah sekitar 10 tahun hidup di Finlandia. Asalnya […]

Hari ini Kai ngobrol-ngobrol lagi sama Pavel di acara pengajian anak KBRI. P: “Seneng gak di sekolah?” K: “Seneng dong” P: “Belajar apa aja di sekolah?” K: “Hmm,…macem-macem.  Kemarin Jumat aku ada jam matematika sama agama islam. Kalo hari Rabu ada jam olah raga” P: “Kamu paling suka sama jam apa?” K: “Jam istirahat. Kalau kamu?” […]

Hari ini hari pertama syysloma alias libur musim gugur. Dari kemarin Kai udah punya rencana mau main bola sama temannya dan tadi pagi-pagi sekali anaknya udah bangun, udah mau siap-siap pakai baju bolanya. Baru juga jam 7 kalik, Kai. Jam 8 pagi anaknya udah sibuk telpon temen-temen tapi gak diangkat, kirim sms tapi gak dibalas, […]

Ini masih kelanjutan cerita seputar sekolahnya Kai. Mengamati Kai bersekolah selama 9 minggu ini, termasuk pengalaman gue sendiri yang juga ikut nyicipin sistem persekolahan di Finlandia, ada beberapa hal yang bikin gue jadi ingin berbagi info dan opini tentang hal-hal yang berhubungan dengan sistem sekolah di Finlandia sini. Ingat yah, tulisan ini didasari oleh observasi […]

Gak kerasa minggu depan udah autumn break. Kai udah melewati setengah semester di sekolahnya. Buat gue, menghadapi Kai di masa-masa baru masuk sekolah sukses bikin gue tambah ubanan. Gak di Indonesia, gak di Finlandia, jadi ibu anak sekolahan tuh sama-sama repot. Yang paling bikin repot adalah menghadapi Kai yang ternyata ceroboh amat. Ke sekolah pake jaket, […]

#1 Lagi main sama dua bocah tapi kok ada bau-bau gak enak? “Ih, Sami bauuu. Sami bau pupuuu” Kai teriak sambil tutup idung “Sami kentut, ya?” gue bertanya “Onggak. Aku onggak kontut” “Sami mau pupu?” “Onggak. Aku onggak mau pupu” “Sami sakit perut gak? Kapan Sami terakhir pupu?” “Kemarin. Aku udah pupu kemarin” Tring…tring…tring….barulah gue […]

Ceritanya Kai lagi marah sama Sami dan jadi tambah kesel karena ternyata isi dan äiti malah belain Sami. “Kalo begitu aku mau pindah aja dari rumah ini. Mau pergi yang jauh. Ke Australia!” “Hoooh. Aku juga mau tinggal di Australia!” Samiun, si biang kerok, malah ikut nyeletuk. “Isi juga mau banget loh pindah ke Australia.” babenya pun ikut nambah-nambahin […]