cerita klenik seputar naik gunung

Kemarin gue dan Fina saling cerita soal pengalaman kami masa muda dulu yang pernah ngikut pacar naik gunung. Keren banget lah rasanya dulu itu. Pake jaket, pake celana kargo, bawa ransel (dulu itu disebutnya carrier), dan cowok-cowok biasanya pakai scarf motif batik yang trus dilipat dan diikatkan ke kepala. Anak gunung banget nih, gaes.

Naik gunung di Indonesia pasti aja ada cerita-cerita kleniknya. Yang digangguin “penunggu” lah, yang kesurupan lah, yang gak boleh liat gagak hitam lah, yang harus sering-sering bilang “permisi” lah. Napas udah senin kamis buat nanjak, ditambah pula pake ditakut-takuti.

Pas banget, pengalaman pertama gue naik gunung lumayan bikin trauma. Waktu itu gue mendaki gunung Lawu bareng pacar, adek gue si Remi, dan teman-teman lainnya. Total rombongan kami ada 6 orang ditambah Mas Pras, sodaranya pacar yang katanya bisa jadi pemandu kami. Mas Pras naik gunung Lawu cuma pakai tas cangklong kecil dan celana jeans. Gayanya kek pemuda mau malem mingguan, bukan mau naik gunung.

Waktu sampai di pos kedua kami dapat kabar dari rombongan lain kalau di atas ada kejadian. Ada pendaki yang meninggal dan sekarang jenazahnya lagi dibawa turun. Jadi nanti kami harus hati-hati waktu mendaki. Kalau bertemu sama rombongan jenazah, harap kasih jalan.

Jangan ditanya gimana stressnya gue waktu itu. Ngebayangin bakal ketemu jenazah di tengah gunung bikin gue pengen balik aja ke kota Solo. Tapi yang lainnya masih keukeuh mau naik ke puncak. Banyak-banyak baca doa aja, begitu saran mereka.

Gue pun lanjut jalan sambal komat-kamit baca doa. Segala macem doa yang gue apal gue baca. Jantung gue udah kaya apa deh deg-degannya. Takut banget akutuh.

Eh bener aja, sekitar tengah malam kami bertemu dengan rombongan pembawa jenazah yang lagi jalan turun. Kami pun minggir biar mereka bisa lewat. Karena gak mau liat jenazahnya, gue ngumpet di balik badan pacar sambal gemeteran. Horor banget kan di tengah hutan gelap begitu ada jenazah lewat diiringi suara orang tahlilan. Diem-diem gue nangis saking takutnya.

Abis itu kami lanjut jalan lagi. Keadaan gue udah kacau banget waktu itu. Mata basah, gigi gemelutuk, napas sisaan doang dan otak berceceran bikin apalan doa gue hilang amblas. Akhirnya gue cuma mengulang-ulang doa pendek aja yang bisa gue inget. Eh ditambah kami sempet nyasar pula. Sempat keluar dari jalur resmi dan terbingung-bingung mencari jalan balik di keadaan gelap gulita. Gustiiii, bakal selamet gak nih gue? Nyesel banget deh ikut-ikut naik gunung ini. Mulut makin komat-kamit baca doa.

Untunglah setelah nyasar yang cowok-cowok menyerah juga untuk berhenti mendaki. Kami lantas gelar sleeping bag, masak-masak indomi dan terus tidur. Besoknya liat sun-rise sebentar, foto-foto, dan mulai turun gunung kembali ke kota.

Sore-sore waktu udah bersantai di rumah Solo, gue jadi kepikiran. Sepertinya kok ada yang salah ya? Kayanya tadi malem gue salah baca doa deh. Doa apa ya yang gue baca?

“Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar”

DOA SEBELUM MAKAN ZAENAAAAAAAB!

 

Advertisements

6 comments

  1. Lusi · · Reply

    Hahahaha mbak Rika seperti biasa selalu menghibur ceritanya ..
    Lanjutkan kebocorannya

  2. Lusi · · Reply

    *kebodorannya maksudnya

  3. hahahahhaha plot twistnya ngeselin 😀

  4. ya Allah mbak..aku sampe ngakak bgt baca ini id ktr :D:D…suka bgt sm blognya mbak rika…lucuu pisan..

  5. Hadehhh kirain ada cerita seremnya,ternyata…..lumayan menghibur disaat lapar lagi puasa.

  6. Hahahahahahaa kaaaaakkk ampooooonn daaah 🤣🤣🤣

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: