#rikakeamerika 1: wardrobe

Gue baru aja beberes lemari baju anak-anak dan terlintas pikiran kalau nanti mereka perlu banyak baju baru di Amerika. Masalahnya baju anak-anak gue jelek banget tapi gak begitu kentara di sini karena temen-temen mereka juga cara berpakaiannya mirip-mirip: santai, kusut-kusut, sedikti lusuh, kaos kaki gak sepasang, dan satu baju bisa dipakai beberapa hari. Cuma satu dua aja temen mereka yang keliatan rapih dan rada stylish. Secara umum anak perempuan berpakaian lebih baik daripada yang laki-laki. Ada yang bilang orang Finlandia emang paling unfashionable di Eropa. Awalnya bikin sakit mata tapi lama-lama jadi suka karena hidupku jadi shantaaaaay.

Gue juga bukan tipe ibu yang lebih suka belanja buat anak daripada buat diri sendiri. Kalo udah liat-liat baju yang kepikiran ya masih aja diri sendiri. Anak-anak dibeliin kalo ada barang diskon atau kalo udah butuh banget. Dan sebenarnya, gue rada bangga akan hal ini. Cukup gue aja yang boros kalo soal baju. Dikit-dikit mau beli baru. Bikin keluarga bangkrut. Gue senang Kai dan Sami lebih ngikut bapaknya yang irit dan gak materialistis dalam banyak hal.

Untuk soal bebajuan mereka gak pernah minta dibeliin baju baru, gak pernah ngerasa butuh, selalu puas dengan apa yang ada, gak malu dapet urunan atau beli baju di pasar loak.

Tapi katanya di Amerika orang-orang berpakaian dengan lebih rapih. Gue sampe ngescroll Instagram buat ngeliat gimana anak-anak Amerika berpakaian ke sekolah. Yang dipakai sih gak jauh beda: kaos, celana, sweater, jaket. Tapi lebih rapih karena di setrika.

Kalau memungkinkan kita ingin tinggal di daerah dengan school district yang bagus. Yang berarti daerah mahal. Yang berarti isinya orang-orang kaya. Yang berarti bajunya pasti bagus-bagus juga dong ya? Kai dan Sami dengan celana jogging bolong dan kaos lusuhnya bagaikan remah-remah gemblong aja. Tuh kan, belon apa-apa gue udah merasa tertekan.

Mikko pun udah berniat mau beli satu-dua setel jas baru. Sekarang ini dia cuma punya satu setel jas karena memang jarang-jarang sekali doi perlu pakai jas. Buat kerja pakai celana pendek dan sendalΒ  pun boleh.

Tapi kata doi, di Amerika wartawannya berpakaian dengan lebih rapih. Buat meliput pertandingan ice hockey aja wajib pakai jas. Apalagi nanti kalau harus meliput acara-acara pemilu. Dan terus Mikko mengucapkan kata-kata menakutkan itu:

“Sayang,….di Amerika nanti….we need to have an ironing board”

NOOOOOOOOOOOOOOOO!!!

Aku benci nyetrika.

Semoga ini cuma kekhawatiran yang gak akan terbukti. Mungkin gue melihat gambar-gambar yang salah di internet. Dunia instagram isinya kan memang yang indah-indah aja. Bisa jadi di Amerika sana cara berpakaian anak-anak mirip dengan di Finlandia sini. Semoga aja, yaaa….

 

 

11 comments

  1. Wah mau pindah kesini? Kemana? Ayo ayo kesiniiiii ☺️
    Btw ngga perlu ironing board kok.. kan ada dryer disini.. begitu selesai, langsung di gantung atau dilipat, ngga akan lecek 😘

    1. Rencananya mau ke NJ atau MD, kota tepatnya belum tau dimana. Mau nyampe sana aja dulu, trus ngider2 1-2 minggu ngeliat yang cocok dan pas di kantong.

      Aku juga pake dryer di sini tapi banyak baju yang gak bisa ditumble dry dan kemeja2 katun tetep butuh disetrika. Di sini sih kita cuek pake baju keriting-keriting , hahahahahhaa.

  2. Wah, ke east coast ya.. ngga terlalu kenal, soalnya Aku di west coast 😁
    Betul, cari rumah dengan sekolah yg bagus. Bisa liat di niche (berdasarkan rating) atau greatschool.com (berdasarkan review ortu).
    Kalo bisa, beli rumah. Karena bayar bulanan mortgage/rental kurang lebih sama, cuma beda 100-200 doang. Kalo beli rumah, pas pindah bisa di jual. Kalo sekolahnya bagus, rumahnya pasti laku dan dapet untung karena harga rumah belakangan ini selalu naik Kalo sekolahnya ratingnya bagus mulu..
    Trus jangan lupa catatan imunisasi dari bayi dibawa, itu jadi salah satu persyaratan masuk sekolah 😁
    Punya anak yg lahir setelah Agustus? Siap2 untuk di test. Karena disini batas umur sekolah Agustus 31 (mostly). Setelah agustus, masuk ke level dibawahnya kecuali lulus test.
    😁 pokoknya Kalo ada yg mau ditanyain silahkan ya.. mungkin Aku bisa bantu πŸ˜™

    1. Rencananya mau ngontrak aja karena cuma 2 tahun di USnya. Trus dari kantor juga dapetnya tunjangan kontrak. Gak sanggup juga sih beli rumah di east coast. Keselek liat harga-harga NJ dan MD.
      Aaaa, untung dikasih tau soal imunisasi. Gak kepikiran buat bawa ini. Nanti harus minta dari posyandu sini.
      Soal kelas, kayanya anak-anak sana mulai sekolah umur 6 tahun kan ya? Di sini mulai sekolahnya umur 7 tahun. Kebetulan pula mereka lahirnya bulan Desember dan September.
      Sekarang Kai dan Sami kelas 3 dan 1 SD. Jadi kayanya di sana tinggal nerusin jadi kelas 4 dan 2 SD. Satu kelas lebih rendah dari anak-anak seumurannya di Amerika tapi sesuai sama sistem sekolah di Finlandia.

  3. Eh menjawab soal pakaian, Kalo di Sammamish sini pakaiannya biasa2 aja kok. Sweat pants sama kaos oblong atau kaos bergambar. Kalo winter, anak2 cowo disini malah milih pake thermal pants trus pake short.. 😁 ngga tahu kalo di east coast ya.. apalagi MD kan state mahal, mungkin lebih bergaya Kalo disana 😬

  4. Trus celananya juga banyak yg bolong2 khususnya bagian lutut.. itu sudah biasa πŸ˜…

  5. Wah sampeyan kedukuren buk ndelok perbandingane, wkwkwkwk…. (monmab aku tak bs menerjemahkan)

    1. Aku gak ngertiiiii πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Google translate juga angkat tangan nih

  6. Rik, tenang aja. Anak2 di Amerika gak sestylish itu kok. Kalo pas dekil ya dekil aja hahaha. Don’t worry too much soal baju. Btw, beli bajunya di Amrik aja, ga usah bawa. Di sono lebih murah2, apalagi kl sale.

  7. Waahh kamu mau pindah kesiniii (padahal kalo ngintip di komen beda jauh state nya hehe aku di CA) btw setuju sama komen diatas, baju disini banyak murah2 apalagi sering sale, moga2 di kotamu ada Ross / Marshall / Tj Maxx… aman deh. Walmart sama Kmart juga murah2 dan lucu2 baju anak2 nya hehehe, sampe kadang2 suka kabita pengen beli lha tapi kan ga ada anak πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  8. kita survive kok di amerika tanpa setrika! πŸ˜›

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: