serba-serbi finlandia: fakta-fakta tak penting tapi menarik

Apa kabar dunia? Udah lama ya gak muncul edisi Serba Serbi Finlandia. Langsung aja kuy!

Tingkat konsumsi kopi tertinggi di dunia.

Image result for coffee culture in finland

Orang itali terkenal sama budaya minum kopinya. Negara-negara afrika terkenal sebagai pemasok biji kopi. Tapi yang minum kopinya paling banyak ternyata orang Finlandia. Menurut International Coffee Asscociation, Finlandia mengkonsumsi kopi sebanyak 12 kg per tahun per kapita atau sekitar 10 gelas kopi setiap harinya untuk tiap orang. Negara tetangga di daerah Nordik juga pada masuk daftar 10 besar tingkat konsumsi paling tinggi. Kenapa ya orang utara sini suka sekali minum kopi? Pasti deh karena cuacanya yang dingin melulu bikin orang kepengen minuman hangat.

Gue dan Mikko gak termasuk dalam data statistik di atas karena kita berdua gak suka minum kopi. Ini rada aneh dalam budaya Finlandia dan kadang bikin repot karena kalau ada tamu kami gak bisa menyuguhkan kopi padahal selayaknya kopi dihidangkan dalam segala acara di Finlandia. Kami gak punya mesin kopi, mau bikin kopi manual tanpa mesin juga gak tau caranya. Pokonya mah kami buta soal kopi.

Tingkat konsumsi susu yang juga tertinggi di dunia

Image result for maito

Katanya sih, rata-rata orang Finlandia minum 1 liter susu per harinya. Pantes aja yak tiap hari gue beli susu muluk dari supermarket. Ini rada kontradiksi dengan kenyataan bahwa tingkat populasi orang yang lactose intolerant cukup tinggi di Finlandia, sekitar 17% dari total jumlah penduduk. Anakku Kai salah satunya. Buat Kai kami khusus beli susu low lactose atau lactose free sekalian. Masalah muncul kalau kami lagi mudik ke Indonesia karena di sana susah menemukan produk-produk lactose free.

Gue sendiri gak suka susu tapi baik Mikko dan anak-anak selalu bilang susu di Finlandia yang paling enak rasanya. Lebih segar. Entahlah bener ataukah merekanya aja yang nasionalis.

Harga susu juga gak mahal di sini. Seliternya gak sampai satu euro.  Satu euro lebih sedikit buat yang lactose free.

Internet sebagai hak asasi manusia

Image result for finland internet human right

Finlandia adalah negara pertama yang menyatakan bahwa broadband internet adalah hak asasi setiap penduduknya. Artinya penduduk berhak mendapatkan sambungan internet di manapun tempat tinggalnya. Seluruh area perumahan di Finlandia tentunya terjangku oleh jaringan internet tapi kali aja ada yang berniat untuk menetap permanen di tengah hutan atau di pulau terpencil, maka pemerintah kota wajib menyediakan jaringan internet untuk orang tersebut.

Khusus internet rumah kami pakai Elisa viihde yang paketnya seharga 19,90 euro perbulan untuk unlimited 4G internet, modem dan beberapa channel tivi kabel.

Tapi yang cukup juara di Finlandia adalah harga mobile datanya. Dibandingkan dengan banyak negara lain, harga paket mobile data termasuk murah di Finlandia. Saat ini hampir semua tawaran dari operator telepon sudah dalam bentuk 4G rajaton mobiilidata alias unlimited  mobile data untuk pelanggannya. Harga paketnya bermacam-macam tapi dengan biaya 27 euro perbulan gue udah bisa menikmati paket 600 detik telepon, 600 sms, unlimited 4G data (100Mbit/s) plus 10Gt 4G data di Eropa. Makanya orang sini jarang minta password wifi. Internetnya jalan terus wuss wuss wusss super kencang. Di rumah gue gak perlu mematikan mobile data untuk berganti ke wifi dan jalan-jalan seputar Eropa pun tetap bisa internetan gratis dari telepon.

Rak pengering di lemari dapur

Image result for finland kitchen

Katanya sih beberapa negara lain juga punya sistem yang sama di dapurnya (misalnya: Italia? Spanyol?) tapi banyak sekali orang asing yang kagum sama keunikan dapur Finlandia ini. Simple aja sebenernya, di tiap dapurnya orang sini pasti ada lemari pengering piring tepat di atas sink. Tujuannya apa? Ya biar abis cuci piring, peralatan yang masih basah bias langsung dilempar ke rak pengering. Terus air yang menetes akan langsung jatuh ke sink, gak perlu repot dilap dan gak perlu takut bikin kabinet dapur rusak karena tetesan air.

Kebanyakan orang asing suka sama konsep rak pengering built-in ini karena raknya berpintu dan jadi kesatuan sama kabinet dapur. Praktis sekaligus rapih.

Sebenernya sih hampir semua rumah di sini udah dilengkapi dengan dishwasher tapi masih banyak peralatan masak yang belum dishwasher friendly. Makanya keberadaan lemari pengering ini membantu banget.

Bidet sprayer alias semprotan air

Image result for finnish wc bidet

Temen gue pernah komentar  ”Gue jatuh cinta sama Finlandia setelah melihat semprotan air di WC bandara”

Emang orang Indonesia bakal bahagia deh di Finlandia untuk urusan cebok-cebokan. Gak afdol kan ya abis pipis atau pupi cuma lap-lap pakai tisu doang. Negara barat memang terkenal dengan WC keringnya yang tanpa fasilitas bidet apalagi ember air plus gayung di sebelah jamban. Tapi tenang, sahabat, di Finlandia kebanyakan WC ada semprotan airnya bikin pipis dan pupi jadi lebih nyaman.

Gak seperti di Indonesia yang bidetnya menyatu sama WC (jamban), bidet di Finlandia menyatunya sama wastafel. Jadi bidet baru bekerja kalau keran air wastafelnya dibuka. Umumnya sih jamban sama wastafel letaknya sebelah-sebelahan tapi ada juga yang suka aneh: jambannya dimana, wastafel dan bidetnya dimana. Kan gua bingung mau cebok.

Misalnya nih, ada aja yang bikin wastafel dan WC terpisah. Masuk WC ketemu wastafel trus harus masuk ruangan kecil satu lagi baru ketemu jamban. Kadang kan otomatis aja ya duduk di WC buat pipis. Lha, abis itu harus jalan ngangkang dulu buka pintu buat ambil bidet. Ampun dijeeee, hidup kok ribet amat.

Advertisements

11 comments

  1. Pengen banget punya dishwasher itu di indonesia. Huhu. Nunggu di ikea mudah-mudahan cepet nongol

  2. Disini paket data hengpon juga murah banget. Abonemenku yg sekarang 150kr (sekitar 20eur) termasuk data 15gb dan roaming hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pacar yg dulunya punya nomer Swedia mengeluh kalau di Swedia pedit kasih data.

    Rak pengering tuh asik banget! Inovatif

    1. Ya ampuuuuun gratis roaming di Indonesia jugaaaa? Mantap banget ini!

  3. Rak pengeringnta juara ya.

    Jamban dan wastafel…hahahahaha kebayang kalau lupa nyalain kran wastafel padahal jambannya terpisah

  4. Lisa Aviatun Nahar · · Reply

    Suka sekali konsep dishwasher itu.. 😍

    1. praktis banget ya
      dan sebenernya gak susah buat dibikin
      tukang kitchen set pasti bisa bikinnya

  5. nah aku telat nih soal konsep rak pengering menyatu di kabinet atas alias kitchen set. Jadinya tetep kudu beli bak pengering piring di Ikea hahaha. Pas liat konsep begini di apartemen tipe studio, jadi naksiirrr.

    Ngakak utk poin terakhir, ribet banget ya kalo ampe wastafel dan wc misah lol. Tapi kalau jarak jauh berarti bidetnya bisa dilepas kayak wireless phone gitu ya mba rika?

    1. Praktis banget memang rak pengering seperti ini. Sekaligus lebih cantik daripada rak pengering terpisah yang suka ditaro di samping sink ya. Kalo alas lemari di atas sink diganti jadi alas bolong-bolong buat rak gak bisa kah?

      Gaaaak. Blon nemu ada bidet wireless. Ada yang selangnya jadi panjang, tapi pernah juga nemu yang asliiii…itu bidet jadi kagak ada gunanya karena jauh banget dijeee di ujung berung. Trus ada juga yang dinding WCnya dibolongi biar bidetnya bisa diselipkan ke WC (kasus WC dan wastafel di ruangan terpisah/dibatasi dinding tapi terus masalahnya eike suka lupa nyalain keran dan kalo pun keran dinyalain pipis/pupi jadi gak tenang membayangkan air yang terbuang)

      1. Kok ribet bener ya jadinya 🤣 kenapa gak bidetnya samping wc aja ya 🤣🤣🤣

  6. Rak pengering is de bes, selain bidet tentunya. Ngomong-ngomong di Indonesia juga udah banyak yang jual rak pengering seperti ini, yang naksir bisa cari di market place. Ku juga tadinya pengen beli tapi berhubung sayang kalau harus ganti kabinet dapur kayu warisan yang super kokoh, akhirnya nggak jdi beli deh. Hiks hiks…

  7. bonnitakristanti · · Reply

    thank you for sharing!
    rak pengering itu lucu banget, kalau dibuat di indo bisa juga kali ya.. tapi jamuran ga ya soalnya disini humid sementara disana lebih dry ya?
    pengering manual kan ya, bukan didalamnya ada mesin pengering?
    maapkan kalau nanyanya ga berbobot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: