Nasehat Kai untuk ibunya

Waktu itu kami baru aja selesai nonton konser pianonya Kai dan selesai konser, gue malah berantem kecil sama Mikko. Lupa alasannya kenapa tapi kalo kesel sama suami sih hampir tiap hari emang ada aja, ihik.

Lagi kesel begitu, gue minta supaya kami mampir ke Prisma dulu sambil jalan pulang. Eh, si suami nolak aja dong. Gue disuruh pergi sendiri karena dia malas dan lapar jadi mau cepet-cepet pulang. Hiiish, mampir ke Prisma kan cuma nambah waktu 5-10 menit aja. Kok gak mau sih temenin istri? Makin-makin deh gue ngambek, nangis ngembeng dan kelepasan marah-marah di depan Kai dan Sami.

Dengan langkah menghentak-hentak gue meninggalkan Mikko menuju Prisma. Muka dipasang dingin tanpa ekspresi, dagu diangkat buat naikin harga diri padahal mah hati tersayat-sayat.

“Äiti…äiti…aku ikut. Biar aku aja yang temenin äiti.” Taunya Kai berlari menyusul gue. Si anak baik yang paling gak tega liat orang sedih.

“Äiti kenapa sih suka barentem sama isi?” Kai bertanya sambil menggandeng tangan gue.

“Abisnya sih Isi bikin salah, bikin äiti kesel” ini ego gue yang jawab. Bukan gue sebagai ibunya Kai.

“Äiti juga pasti salah dong.”

“Äiti salah apa memangnya?”

“Ya,… pasti äiti juga ada salahnya. Orang berantem kan gak bisa sendirian. Kalo ada dua orang berantem pasti karena dua-duanya punya salah.”

Gue jadi terdiam.

“Kok Kai bisa ngomong begitu sih? Denger darimana?”

“Dari ibunya Lauri. Waktu itu aku lagi di rumah Lauri terus aku dengar Lauri cerita sama ibunya kalo dia berantem sama Osku. Ibunya bilang Lauri pasti punya salah juga karena gak mungkin Osku berantem sendirian. Lauri harus minta maaf ke Osku. Aiti gitu juga dong. Nanti äiti harus minta maaf ke isi soalnya kan äiti salah tadi ngomong marah-marah ke isi”

Kalau kata orang anak adalah guru yang terbaik, ini adalah salah satu contohnya.

Terimakasih juga untuk ibunya Lauri yang sudah mengajarkan pemahaman berharga buat Kai dan buat ibunya Kai.

Advertisements

20 comments

  1. Jleb banget mba. Apalagi aku juga barusan ribut kecil, kesel sama pak suami via WA 😀

    1. Dinasehatin anak sendiri. Super jlebnya

  2. Pinter banget Kai 😍😍 jadi pelajaran buat saya juga ini 😊

    1. Sama. Pelajaran buat aku juga

  3. Mbak Rika, aku selalu baca omongan2 Kai dan semuanya selalu ngena. Kai bijaksana & dewasa sekaliii, kagum sama Kai dan ortunya ❤

    1. Efek dari hatinya yang sensitif dan peka banget sama perasaan orang lain. Ortunya mah masih suka salah-salah gini.

  4. Kai dewasa sekali mbak Rika..dan bijak 😀

    1. Satu sisi Kai bisa dewasa banget tapi di hal lain banyak juga dia masih anak2 banget dan ketinggalan dari peer groupnya

  5. Kai…aku ngefans sama kepolosan hati km. Kai bijaksana banget sih ini anak.

    1. Aku juga kagum dia inget omongan orang trus disampaikan ke aku di saat yang pas banget juga

  6. Ya ampun Kai, nyesss banget sih denger kata-katanya, Mbak.:)

    1. Apalagi aku yang dinasehatin. Nyessss

  7. Ortu spt kita kadang2 kalau lelah dan merajuk bisa diingatin anak2 sendiri ya mba. Dan dihibur. Pintar Kai.

    1. Malu banget sebenernya nih ketauan merajuk di depan anak-anak

  8. berniat mengscreencap sebagian dr nasehat kai. kirim ke suami, hahaha.

  9. Kaiiiiiiiiii … duh! tante jadi malu sendiri, sama kayak aiti, yang salah kan selalu pihak sana ya hehehe .. rik, you’re truly one blessed mamam punya kai sama samiun 🙂

  10. Gue berasa belajar hal baru mbaaaa… Terharu sama Kai….. 😊

  11. mbak rika…aku maraton baca blog mbak sebulan ini. tiap hari intip ada yg baru ga ya di bloknya mbak. seru2 soalnya. apalagi kai dan sami. aku beneran d ngefans sm mereka. pas baca tulisan ini, kayaknya hrs ninggalin jejak d. terharu bgt mbak…i’m your fans kai.

  12. Ya ampun mb rika, kai bijaksana bangett. Huhuu kalo punya anak pengen deh kayak gitu. Salut dengan mb rika dan suami

  13. Huaaaa… Diri ini pun tertemplak bacanya :’) Makasih udah sharing disini ya mba 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: