Pasti turun dari bapaknya

Kemarin waktu di kapal, dalam perjalanan pulang dari Tallinn, kami semua nongkrong di leikkihuone, alias playroom, biar anak-anak bisa main.

Kami naik kapal Eckerö yang ternyata punya playroom besaaaar buat anak-anak bebas jumpalitan. Crew kapalnya juga aktif bikin kegiatan, salah satunya bikin kuis pengetahuan buat anak-anak. Kami pun mendorong Kai untuk ikut serta, eh, taunya Samiun mau ikutan juga.

Peraturan kuisnya begini: mbak MC membacakan 10 pertanyaan dan anak-anak menulis jawabannya di lembar jawaban.

Kebetulan di musim panas tahun ini tau-tau aja Sami minta belajar baca. Dan seperti biasanya Samiun, anak ini sangat gigih, kekeuh dan fokues dalam mencapai keinginannya. Jadi sekarang Sami udah bisa sedikit membaca dan sedikit menulis.

Pertanyaan pertama: siapa nama keledai dalam cerita Winnie the Pooh?

Anak-anak gue gak akrab sama Pooh. Jarang banget nonton, gak pernah baca ceritanya juga. Jelas mereka gak tau jawabannya. Gue tau sih, tapi kan dalam kuis itu anak-anak harus bekerja sendiri tanpa dibantu.

“Gak papa, Kai. Gak usah dijawab kalo gak tau” kata isi menghibur Kai yang keliatan stress gak bisa jawab.

“Aaaah. Aku tau…aku karang sendiri aja namanya. Kalle!” kata Sami. Anaknya pun lantas menulis Kalle di atas kertasnya.

Pertanyaan berikutnya: dimana letak mesin turbo kapal? A) kiri B) kanan

Lagi-lagi Kai stress karena gak bisa menjawab

“Aku mau tebak. Kiri!” kata Sami dengan pedenya

“Iya, Kai. Gak papa kalau gak tau. Tebak aja udah cukup kok” kembali Mikko menghibur Kai.

Pertanyaan berikut: Apa nama ibu kota Finlandia?

Baik Kai dan Sami tertawa karena merasa pertanyaannya terlalu gampang

Lagi, pertanyaan berikutnya: bendera negara apa yang dikibarkan di kapal Eckerö?

Lagi-lagi Kai dan Sami bersorak girang karena mereka tau jawabannya

Tapi muncul pertanyaan-pertanyaan lain yang cukup sulit buat mereka.

“Siapa nama teman perempuan Donal Bebek?”

Nah, kembali anak-anak gue gak akrab sama Donal Bebek. Mereka sekedar tau tapi gak hafal sama nama-nama tokohnya.

“Aku tulis aja Kirsi” Sami menemukan solusi.

Eh, dateng lagi pertanyaan seputar Donal Bebek. Kali ini pertanyaannya: siapa nama anjingnya Mickey Mouse?

“Itu loh Kai…masa Kai gak tau? Yang seperti nama planet” gue gemeeesss pengen kasih tau Kai yang mukanya terlihat bingung.

“Aku mau jawab OSKU. Soalnya aku tau ada satu anjing yang namanya Osku” Sami menjawab dengan entengnya.

Masih ada pertanyaan-pertanyaan lainnya. Ada yang anak-anak bisa jawab, ada juga yang tidak. Tapi buat Sami sih gampang, kalau gak tau ya tinggal karang sendiri aja jawabannya.

Sami jadi anak terakhir yang mengumpulkan jawabannya. Bukan karena gak bisa jawab tapi karena Sami nulisnya pelan-pelan sekali. Namanya juga baru belajar nulis. Setelah mengumpulkan jawaban ke Mbak MC, Sami kembali dengan muka berseri-seri.

“Kayanya jawaban aku bener semua, deh” kata Sami.

Buset, maliiiih. Ini anak kok over PD amat sih?

Gak lama kemudian Mbak MC mengumumkan dua nama pemenang kuis. Pemenangnya adalaaah…..ya jelas bukan Sami. Bukan pula Kai. Tapi semua anak-anak tetap dapet hadiah sebutir permen dan mereka juga boleh mengambil kembali lembar jawabannya.

Kai dapet ponten 7 dari 10. Ada tiga salahnya. Langsung dia baca koreksi jawaban dari Mbak MC.

Sami dapet ponten 5/10 dan anaknya langsung bersorak “WUAAA, aku bener banyak banget!”

“Helsinki! Suomi! Kiri! Buaya!” Sami menyerukan jawaban-jawabannya yang benar dengan girang. Jawaban yang gak bener mah bukan masalah buat doi.

Sami…Sami….äiti dibagi dikit dong percaya dirinya.

31 comments

  1. Santai bgt yaaa si Sami 😄

    1. iyaaa, hahaahhaha…aku sampe iri

  2. Ahh nyenengin banget bacanya. Seneng ya rasanya ngeliat dia looking at the positive side. Semoga anakku juga tumbuh gede bisa seoptimis Sami hehehe. Happy and confident! 🙂

    1. anak pede seperti sami ini bawaannya anteng dan hati selalu senang. enak banget deh jadi sami

  3. hahaha bagus sami kita emang harus pede walau salah sekalipun 😀

    1. hahahahahaha, gue kaya Kai. Kalo salah jadi stress

  4. yani putri · · Reply

    Hahahaha jadi keinget waktu TK.
    dikasih pertanyaan tapi gatau jawabannya iya jawab ngawur aja hahahha 😀
    dari pada gak dijawab lol
    lagian nanti juga dikasih jajan kalau gak menang hahahha 😀

    1. bwauahahahahaha…modus ya kamuuuuu

  5. Aku td udah PD jawab GOOFY. Ternyata PLUTO, qiqiqiq. Sorry Goofy.

    1. Memtyk ini sebelas duabelas sama Sami 😀

      1. Stok PD agak berlebih gitu yaa, qiqiqiq.

  6. Hahah gemas banget sama sami ya, positif banget yg disebutin yg benernya bukan yg salah😁

    1. yang salah gak bikin doi down. asik aja anaknya 😀

  7. Menyenangkan sekaliiii Sami ituu.. Iya ya, kalau dipikir2 anak2 tuh bawa gen bapak ibunya banget. Anakku tipenya sepertinya sama kayak Kai mba Rik.. ngerjain soal, kalau nggak bisa langsung berkaca-kaca.. laaah emaknya banget dikit2 gampang nggembeng..

    1. ih sama, aku juga gitu. Dikit2 ngembeng, dikit2 kecewa, sensitif kaya tespek. Ngeliat Kai sifatnya juga sama aku jadi kasian. Orang sensi hidupnya susah

  8. Samiiiiii… kamu gemesin banget siiikk. Btw Rika lo dah liat trailer Pengabdi Setan ga? Iannya mirip banget sama Kai. Lucuuuu..

    1. gue gugel buat liat foto Ian (gak berani liat trailernya, hihihihi). Bener yaaa…rada mirip Sami. Senyum2 usilnya itu loh

  9. bemzkyyeye · · Reply

    wkwkwkwkwwkwk PD nya perlu diacungin jempol. Kudu PD dulu dong yah Sami, nti baru belajar hahahahaa

    1. PD dulu pasti bisa ya, hahhahaha

  10. gemeees sama samii..

    1. hihihh, aku pun gemes

  11. Hebat banget mbak, yang pas Sami nya malah bangga sama jawaban bebernya, gak menghiraukan yang salah, positif banget mah anaknya 😄😄😄

    1. asik ya, Sami. Hidupnya dibawa enteng aja. Gak ribet

  12. keren samiiiii….. apa rahasianya mbak? kok sami bisa sekeren itu?
    kai juga keren..

    1. aku pun tak tau karena aku bertolak belakang banget sifatnya. Sami lebih mirip bapaknya

  13. Sami the sanguin 😃
    Sami, aku mau juga dong dibagi sikap positifnya

    1. äiti juga udah antri minta dibagi

  14. Waa Kai ama Sami keren banget mbak..
    Apa rahasianya..bagindong hehe

  15. Sami kece banget deh…karena effort and pede itu penting ya Sami

  16. Sami happy go luck banget yaaa … dan Kai itu planner abis ya, rik
    ini kalo amazing race calon pemenang nih!!! kombinasi maut!!!!

  17. diahuha · · Reply

    SAMIII iya mirip yang maen jadi ian di pengabdi setan,wah sami bagi dong pedenya,aiti terus nulis yaahhh,suka kangen sama tulisan tentang keluarga kalian,salam kenal dr diahuha tangerang

Leave a Reply

