Kata-kata bijak

#KAI

“Äiti tau gak sana yang paling susah apa?”

“Sana? Kata? Kata yang paling susah?”

“Iya. Kata yang paling susah. Äiti tau gak apa?”

“Gak. Apa dong?”

“Anteeksi. Maaf. Maaf itu susah banget bilangnya. Ada orang yang udah buat salah tapi gak mau minta maaf. Apalagi kalo orangnya lagi marah jadi lebih susah bilang maaf. Makanya maaf itu kata yang paling susah”

“Oooh…kata yang paling susah diucapkan. Iya, benar. Ada orang yang suka susah minta maaf walaupun salah. Untungnya Kai gak begitu, ya? Kai mau minta maaf kalau udah buat salah. Iya, kan?”

“Kadang-kadang aku gak mau bilang maaf sama Sami”

“Iya, kadang-kadang begitu. Sami juga sama. Kalo lagi marah memang susah minta maaf. Tapi äiti sering liat, Kai kalau bikin salah cepat minta maafnya. Makasih ya, Kai”

Sambil ngomong sambil gue melirik judes ke arah Samiun, anakku yang gengsian dan paling ogah minta maaf.

 

#SAMI

Bangun tidur Sami langsung seger dan masuk kamar kami untuk ngajak babenya ngobrol

“Isi, tiedätkö mikä on elämässä tarkein vaan vain elää?”

Kalau diartikan kira-kira artinya: apakah yang paling penting dalam hidup daripada sekedar hidup? Atau keminggrisnya: what is the most important thing in life instead of just living it?

“Gak tau. Apa ya?”

“Mengejar mimpiii. Dalam hidup harus punya mimpi untuk dikejar”

“Waaah. Bagus sekali. Mimpi Sami apa?”

“Mau jadi pegulat hebat biar terus bisa masuk ke istana presiden”

Jadi ceritanya, dalam menyambut 100 tahun kemerdekaan Finlandia, selama tiga hari di bulan Mei ini istana presiden dibuka untuk umum. Siapa saja boleh masuk dan gratis. Pada suatu hari Sabtu kami pun berniat untuk tengok-tengok sedikit istana tersebut tapi pas kami datang panjang antriannya udah setengah kilo aja. Langsung deh kami bubar jalan.

Tapi Isi cerita ke anak-anak kalau setiap tahun di hari kemerdekaan Finlandia, Presiden bikin pesta di istananya. Orang-orang hebat dan pintar sering diundang ke acara pesta ini, misalnya saja atlit-atlit berprestasi. Maka itu lah Sami berniat mau jadi atlit gulat nomer wahid di Finlandia biar suatu hari nanti diundang presiden datang ke istananya.

Kebetulan Sami kan ikut les gulat dan dia suka sekali malah udah dua kali ikut turnamen. Kalah terus sih. Tapi kan Sami anaknya optimis dan isi äiti mendoakan supaya Sami bisa mencapai cita-citanya. Seperti kata Sami, apalah artinya hidup tanpa cita-cita.

Terimakasih juga gue ucapkan untuk Pikku Kakkonen. Katanya sih anak-anak dengar kata-kata bijak di atas dari Pikku Kakkonen. Ada juga hal baik yang didapat anak-anak dari nonton TV ya. Gak nyangka juga kok ternyata sampe bikin mereka kepikiran sampai harus didiskusikan dengan isi dan äiti.  Pinter amat sih sayang-sayangku.

Advertisements

6 comments

  1. Vina · · Reply

    So sweet nya…..Melted…..
    Jd pengen punya anak 😍
    Btw Mba Rika sy silent reader dr 2/3thn lalu
    Semua posting blog, sy baca khatam
    Bahkan ad bbrp yg baca bbrp x
    Hehehe
    Just want to tell you that your​ posted article has become one of my happiness during my tiredness of working life
    Keep writing
    And if I may suggest..
    Please consider to write a book
    You have a gift and very talented
    Gbu and your family always

  2. Wuih anak kecil udah ikutan gulat. Tp samiun wajahnya pegulat sih emang. #iyainajadeh

  3. Mba Rika seumur Sami & Kai aku sepertinya belum pernah berpikir filosofis gitu, nonton TV hanya sekedar nonton dan senang tanpa mikir ttg apapun di akhirnya. Bocah-bocahnya keren deh. Btw, Salaam Ramadhan

  4. ini anak – anak koq dalem ya pola pikirnya?! gw cuma mikir siapa yang bisa dititipin martabak dari jakarta hahaha

  5. dalem banget sih mbak Rika, bagus berarti ya Pikku Kakkonen itu penyampaiannya, sampai diingat sama Kai dan Sami..

  6. qonita · · Reply

    keren abis ini Sami ama Kai mbak..moga tercapai mimpinya Sami dan Kai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: