nonton LION

lion_2016_film

Masyaallah.

Air mata gak berhenti tumpah dari awal hingga akhir filmnya. Apalagi tokohnya anak 5 tahun yang tersesat jauh dari rumah dan terpaksa hidup di jalanan Calcutta, India.

5 tahun! Seumuran Sami.

Gimana mungkin hati gue gak kayak diperes-peres nontonnya?

Biarpun gak bakal bawa efek permanen tapi hari ini, paling nggak untuk hari ini, gue gak mau sirik dulu mandangin foto liburan temen-temen di luar negri, muka mulus seleb instagram, gambar rumah-rumah cantik a la majalah home and living, ataupun foto-foto pamer makanan oleh manusia langsing yang sepertinya gak pernah bisa gemuk.

Hari ini biarkan gue bersyukur bahwa dua anakku sehat dan ada di sini. Di sini bersama gue dan bapaknya. Mereka cukup makan, hidup aman, bisa sekolah dan insyaallah bahagia. Kami punya atap di atas kepala kami, terlindung dari panas dan dingin, tidur nyaman di atas kasur kami.

We are not rich. Probably will never be. Tapi seperti yang selalu dibilang oleh suamiku, we’re  a lot luckier than millions other people in this world.

Alhamdulillah! Alhamdulillah! Alhamdulillah!

25 comments

  1. 🖐Tos dulu mbak rikaa same here 😃

    1. udah nonton juga filmnya? bikin nangis banget yaaaa

    2. Udaah mbak, gw plg demen pilem soal anak gini, kisah nyata kaya Pursuit of Happyness bikin haru dan jd bersyukur ya betapa beruntungnya kita😢 trus nontonnya brg anak dan anaknya bosen🙈😂

      1. Oiya (note: tp anakku gak nonton pilem ini ya) cuma bagian awal2 doank disangkanya pilem anak2, untung doi bosen dan bs dialihkan ke pilem cartoon wkwkk..

  2. Tadi mau nonton ini juga tp dah kemaleman..krna baca sinopsisnya kok kayak terenyuh ya mereka terpisaj distasiun ya? Based on true story ga ini?

    1. iya, true story. bagian kepisah di stasiunnya beneran terjadi, bagian dia jadi pemulung di jalanan juga beneran. Gimana gak sedih bayangin anak 5 tahun hidupnya begini amat? Trus langsung teringat kalo ini true story dan ada ribuan anak lainnya di India dan negara-negara lain yang bernasib sama. Makin kremet-kremet hatinya

  3. Aku belon nonton, takut meweeek 😦 abis dulu nonton Slumdog Millionaire aja kebawa kebayang trs smp skrg

    1. aku nonton ini tanpa tau ceritanya dulu. cuma tau ini masuk nominasi oscar aja. pas nonton ya allaaah, kok gini amat. Kalo keburu tau sinopsisnya mungkin aku gak mau nonton. Sama kayak kamu, Marizka, takut kebayang2 terus

      1. Aku baca sinopsisnya karena penasaran Rika, aduh bener kan baru baca sinopsis aja udah sesenggukan sendiri

  4. Aku baru baca sinopsisnya dan nonton wawancara promo film, yg aku tonton wawancara Saru dan ibu Aussie yg benerannya. Si ibunya bilang dia tahu banget anaknya itu sebelum diadopsi sama dia tersesat dan terkatung-katung di Kalkuta (berdasarkan cerita anaknya). Tapi begitu lihat filmnya, dia tetep brebes mili katanya lihat adegan sebelum si anak ketemu dia..

    1. Ada juga wawancara sama ibu biologisnya Saroo, itu juga bikin nangis bacanya, Emy.
      Ibunya itu berpuluh tahun memang sengaja gak mau pindah ke daerah lain karena berharap anaknya pulang

  5. semoga dapet award deh film ini, asli bikin ga bisa move on banget nontonnya…

    1. Apalagi film ini juga punya program menolong anak-anak yang tersesat seperti Saroo. A movie with a cause. Harus dapet penghargaan banget.

  6. Beuhhh definitely not my cup of tea. Bs nangis berapa emberrrr akuuuu klo nonton film begini…. nonton Bambi aja gak berani (sedih bgt kan bo), apalagi film ini…

    1. Nangis pasti, kepikiran pasti, memang butuh menguatkan hati, mem, buat nontonnya. Tapi abis nonton gak bakal nyesel. malah langsung pengen nyumbang buat program-program yang ngurus anak terlantar. Membuka ladang pahala juga filmnya.

      1. Gitu yaaa…

  7. Ya ampun itu aku banget Mbak, sukanya ngenes sendiri liat foto-foto liburan temen2 ke luar negeri, muka mulus (yg ga tau deh editan apa bukan) dan foto makanan! Hahahah iya banget, bener harus rajin2 nonton film2 atau baca2 buku yg mengingatkan kita bahwa walaupun kita nggak se wah sebagian orang, tapi we’re waaay luckier than million others! Alhamdulillaah alhamdulillah

    1. Bener, ada bagusnya ya nonton film yang bikin kita napak di bumi. Biar gak ngawang-ngawang terus mengejar kehidupan ala instagram. Ciyeee…sok bijak amat nih aku 😀

  8. Ya ampuunnn sedih banget baca sinopsinya ajaaaaaaa… robek hati gw, sungguh dah.. Apalagi semua ibu ibu yang punya anak ya.. pasti linuu banget hatinya. Setuju movie with cause gini kudu di appreciate banget banget semoga aja jadi ningkatin awareness orang orang sama kasus gini. Ya Tuhaaaaaann jauhin hal gini sama semua orangtua-anak. Lindungilah anak anak kami.

    1. Apalagi buat kita yang dari Indonesia, ya. Kisah tentang anak jalanan dan anak hilang lumayan dekat sama kehidupan kita. Bikin tambah pilu nontonnya

  9. Aku baca sinopsisnya aja sedih mba, jakarta masih “coming soon” dah rencana mo nonton sejak dibilang kawan ini film bagus.

    1. di internet udah banyak dan tinggal streaming. Kualitas gambar juga udah bagus banget. Aku justru bersyukur gak nonton di bioskop abisan nangisnya sampe melolong-lolong sih

  10. Udah nonton mbak..bagus filmnya..tp yg bikin aku berkaca-kaca pas nonton wawancara org aslinya..
    Lebih bgs ini drpd lala land menurutku..hehe

    1. aku juga nangis2 nonton dan baca wawancara sama tokoh2 aslinya. Ibunya Saroo gak mau pindah dari desanya yang udah terlantar karena masih nungguin anaknya pulang. Ambyaaar….pecah deh air mata.
      Aku suka La La Land tapi Lion jadi bikin aku lebih berpikir dan in some way bikin jadi lebih humble dan bersyukur juga.

  11. wahh, semoga sami sama kai sehat selalu mbak..

Leave a Reply

