halo, aku namanya Kai

Ceritanya kan gue daftarin Kai ikut pelajaran bahasa Indonesia di Helsinki. Kelasnya diadakan tiap hari Jumat jam 3 sore tapi kan rumahku jauh nian di ujung berung, guenya pun tiap Jumat ada sekolah sampai sore, jadinya Kai bolos tanpa akhir di kelas bahasa Indonesia tersebut.

Di sebuah acara KBRI minggu lalu, gue ketemu sama bu guru Bahasa Indonesia-nya. Oleh beliau gue dikasih beberapa lembar kertas materi buat bahan pelajaran Kai. Katanya sih lembarannya itu ditujukan buat anak kelas 1 SD di Indonesia, yang bisa jadi terlalu sulit buat standar anak kelas 1 SD di sini. Ya, maklum deh, anak sini membaca saja belum tentu bisa di usia segitu. Kalau terlalu susah nanti dicarikan tugas yang lebih mudah, janji Bu Guru.

Di rumah, Kai cukup semangat mengerjakan lembaran tugasnya. Bu guru mengingatkan untuk memperhatikan kata-kata dengan huruf J (karena dalam bahasa Finlandia huruf J dilafalkan sebagai huruf Y), huruf Y (di sini dilafalkan sebagai huruf UE), huruf gandeng NG dan NY yang memang tidak ada di bahasa Finlandia.

Bener kata Bu Guru, huruf-huruf tersebut memang lumayan sulit dibaca oleh Kai. Apalagi buat ditulis. Dan secara umum, kemampuan membaca Kai dalam bahasa Indonesia memang masih kurang terutama karena kurangnya kosa kata Kai. Ngomong sama gue sih lumayan lancar tapi  kan gue cenderung pakai kata yang sederhana kalo ngomong sama Kai.

Kalo gue ngomong “itu namanya…”, di buku adanya “itu bernama…”. Gue ngomong “punya”, di buku ditulis “memiliki”. Gue ngomong “mau”, di buku pakai kata “ingin”.  Gue ngomong “aku”, di buku malah pakai “saya”. Cukup bikin Kai bingung tapi gak melunturkan semangat doski buat mengerjakan lembaran LKSnya. Atuw tan jadi syenang.

Salah satu tugas di LKS kemarin itu adalah memperkenalkan diri. Gue cerita sama Kai kalau di Indonesia gak jarang murid diminta berdiri di depan kelas untuk memperkenalkan dirinya

Langsung aja Kai loncat dan berdiri dan kemudian berceloteh “Halo, aku namanya Kai. Aku orang Finlandia, tinggal di Kerava…..”

Ada banyak kata baru yang dia pelajari dalam sesi perkenalan itu seperti hobi dan cita-cita.  Tapi sesi belajar memperkenalkan dirinya termasuk lancar, saking lancarnya sampe gue suruh ulang lagi keesokan harinya biar bisa dibikin video. Biar nanti kita kirim buat Oma, begitu kata gue. Mau bikin si Oma seneng.

Seperti biasa, kalo pake direncanakan penampilan anaknya malah tersendat-sendat. Yang mogok ekting lah, yang males-malesan lah, yang salah-salah lah. Lha piye toh? Aku kan jadi gagal pamer.

Tapi hari ini gue tonton lagi videonya, lumayan menghibur dan malah bikin gue dan Kai ketawa.

Besok-besok jangan mogok lagi dong, bocah. Tolong dukung hasrat pamer ibunya.

Advertisements

14 comments

  1. Pinter Kai.. 👍🏻☺️ eh Iya, baru sadar kalo aku juga selalu ngomong pake bahasa sehari-hari ke anak2.. 😅 apakah harus ber-eyd dari sekarang? 😂 tapi Kai bahasanya Udah lancar banget Ini.. Keren! 👏🏻

    1. aku gak tahan pake EYD, jadi geli sendiri, euy….hahahahahahha

  2. Halo kai….namaku bayu trie,biasa dipanggil iie.aku tinggal di indonesia.cita citaku jadi ibu rumah tangga (tapi belum ke sampai an).hobiku tidur dan membaca buku. Senang berkenalan dengan mu Kai.nanti kapan kapan main ke rumahku ya 😄😄😄

  3. Indra Yuniarti · · Reply

    Kaii sumber air sudekatt….

    kai pintarrrr 😍

  4. Hahahhaa siniii Kai & Sami maen sama Malik biar bs slg tukeran bhs😁

  5. Halo Kai, kamu pintar sekali! Kapan-kapan saling kirim postcard dalam Bahasa Indonesia sama Nina, yuk!

    *btw aiti di video-1 cakep amattt!

    1. Aku pun merasa begitu, Lan. Kok muka kece amat bisa halus, mulus, kecang macam abis disetrika. Tapi pas ngaca keliatan lagi kusem dan bolong2nya. Begitulah tipuan kamera depan hengpong. Hehehehehe

  6. Luar biasa Kai & Rika, hebaaaat konsekuen ngomong bahasa indonesia, salut!

  7. Kai pinter! sekarang giliran aiti donk, kenali diri pake bahasa suomi 🙂
    jangan lupa pake kata mutiara sama pantun ya 🙂

  8. hahahahaha lucuuuuu, Rik.. Gemes deh dgr suara nya 😀

    Ehh iya itu aiti nya keceee amattt sihhh.. segerrrr

  9. SEMANGAT KAI!!!

    Kai beneran orang batak kalo dilihat dari logatnya..moga makin lancar bahasa indonesianyaa

    jadi kapan mbak Rika bikin video pake bahasa suomi XD

  10. naniadam · · Reply

    Berat juga hidupnya kai belajar 2 bahasa.
    Diindonesia juga berat mba, banyak bahasa daerah..
    Mba rika berhasil ngajarin kai bahasa ibu
    Yeeey….

  11. Good Job Kai….Kereeeennn!!!
    Proud of you Mba Rika yang berhasil ngajarin Kai berbahasa Indonesia 🙂

  12. Ah Kai lucu bangettt 🙂 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: