suamiku beda bangsa

#1
Lagi main sama dua bocah tapi kok ada bau-bau gak enak?

“Ih, Sami bauuu. Sami bau pupuuu” Kai teriak sambil tutup idung
“Sami kentut, ya?” gue bertanya
“Onggak. Aku onggak kontut”
“Sami mau pupu?”
“Onggak. Aku onggak mau pupu”
“Sami sakit perut gak? Kapan Sami terakhir pupu?”
“Kemarin. Aku udah pupu kemarin”

Tring…tring…tring….barulah gue mengerti. Kemarin Sami pupunya sambil dibantu Mikko.

Langsung deh gue bawa anaknya ke kamar mandi, buka celananya dan gosok pantatnya dengan air segambreng. Sambil nyebokin tentu saja mulut gue ngomel-ngomel

“Dasar buleeeeee. Udah dibilang kalo nyebokin anak harus pake air masih aja maunya pake tisu doang. Pantat anaknya masih kotor iniii. Kezeeeeeel”

#2

“Kalo di Indonesia tuh, tiap libur lebaran pasti deh di TV ada film Warkop, trus nontonnya rame-rame sekeluarga. Seru deh” Gue cerita ke Mikko.

“Aku gak ngerti Warkop itu lucunya dimana. Menurut aku mereka sama sekali gak lucu”

Trus aku mutung seharian!

Nonton warkop itu kan udah sebagian dari iman….eh, maxutnya, udah jadi bagian dari identitas kita sebagai warga negara Indonesia, terutama untuk generasi 70-90an.

Belon lagi kalo ngomongin AADC. Mana lah suamiku ngerti gimana semangatnya orang-orang generasi gue menyambut AADC2. Hu-uh…pecahin gelas nih ya. Biar gaduh.

#3

“Danau apa yang lucu?”
“Danau Kasinau Indrau”

“Kentang apa yang dingin?”
“Kentangkuban perahu malem-malem”

“Pohon apa yang munculnya kalo lagi lebaran`”
“Pohon maaf lahir dan batin”

Ini tebakan garing dengan pakem plesetan yang sering muncul di radio Indonesia. Becandaan kaya gini bisa bikin gue ketawa terngakak-ngakak, apalagi kalo dengerinnya sama si Remi. Bused dah, itu ketawanya bisa dari BSD sampe Bintaro. Sementara yang disebelah gue mukanya tetep  datar tanpa ekspresi.

#4

Suatu hari ketika gue lagi males mandi, si suami kasih anceman gak mau tidur sekamar kalo gue belum mandi juga. Ya gak papaaa…aku malah lega bobo sendiriaaaan.

“I am the head of the family and you have to obey me” kata suami nyuruh gue ke kamar mandi.

“HUAPAAAA? Ngomong sekali lagi kalo berani!”

“I AM THE HEAD OF THE FAMILY AND YOU HAVE TO OBEY ME” suami pura-pura berteriak.

Jadi begini…

sebagaimana umumnya warga Finlandia, Mikko tidak mengakui adanya posisi “pemimpin” dalam keluarga. Terlebih lagi dia menolak kalau laki-laki ditapuk sebagai pemimpin keluarga. Di Finlandia sendiri memang tidak ada istilah kepala keluarga, apalagi buat laki-laki, karena kalimat tersebut memberi kesan posisi lelaki lebih tinggi dari perempuan – laki-laki pemimpin, perempuan pengikut. Buat orang sini, peran suami dan istri itu sama, sejajar, tanggung jawab dipikul bersama dan menempuh kehidupan dengan saling membimbing satu sama lain, bukannya yang satu memimpin dan yang satu mengikuti.

“If you really want to be the head of the family then you have to give me some money. Uang belanja. Ayo kasih aku yang banyak”

“Udah. You always take it even without asking me first”

“Oiya, ya”

Untungnya kalo soal fulus dese mau, ya, (er….terpaksa) ikut cara endonesah, suami jadi provider utama secara estri masih pengangguran begini.

“Istri nih. Maunya ambil yang enak-enak aja dari Indonesia sama Finlandia”

 

 

 

 

13 comments

  1. hahahaha
    selalu suka baca ceritanya mba Rika 😀

  2. Yang paling bener soal cuci pantat. Aku tuh ya paling ga bisa kalo cuma pake tissue…

  3. ahahaha, pukpuk Sami.. dituduh pupu dan kentut 😛

  4. hahaha. buleee gak kenal cebok pakai air ya mb???

  5. Koccaaakkkkkk Mba Rikaaaa 😀

  6. Entah knapa bule bisa yaaa cebok ga pake aer.. apa ga bauk gt pantatnya wkwkwkw.. gw kalo ke sg aja mau pup selalu cari wet toilet, perna sekali uda kebeleet sangat eh cari wet toilet ga nemuuu. Terpaksa dehhh pake tisu, abis itu seharian gw berasa ga nyaaamann serasa masi ada ee nempel ewwwhh 😓 *maap komen jorok hahahah…

  7. Hahhaa onggak 😄. Aku jg benci bgt kalau gak cebok gitu soalnya baunya kan lengket ya haha

  8. hahahaha “Udah. You always take it even without asking me first”
    yang gini nih yang enak banget 😛

  9. hahahahaha iyaa kenapa yaa org2 bule demen bgt cuman pkek tisu,aku kemanapun apalagi kalau ke mall dan mau pee pee ataupun puppup pasti pake tisu basah segambreng 😀

  10. elephanti · · Reply

    hrs makan kentang ma keju dulu br cebok pake tisu … kl msh nasi ya lengket

    btw zus rika di kerava brp derajat? ini di pasila kl malem 1-2 C … dingin bingitt

  11. warkop dki, cuma orang indonesiah yang ngerti xixixixix…

  12. Kontut..anakku sama persis ngomongnya..Bri ga pup, cuma kontut 😅
    Oh, ga bayangin cebok tanpa air..

  13. hahahahha…ngakak baca postingan ini. Kebayang KZLnya kalo Warkop dibilang kagak lucu ya mbak

Leave a Reply

