jauh di mata

Hari ini isi pulang balik ke Kerava sementara gue dan anak-anak masih di Tangerang sampai tiga minggu ke depan. Sekembalinya kami ke Kerava pun masih aja gak ketemu sama Mikko karena doi masih bistrip di Brazil meliput olimpiade 2016. Total kami bakal LDR-an selama 7 minggu.

Yang paling patah hati jelas Kai. Pisah sama Aubrey yang mau lebaran ke Bukit Tinggi sepuluh hari aja sampe nangis-nangis, apalagi sekarang pisah dari isinya.

Sambil melepas taxi isi yang mulai menjauh, Kai bilang ke gue: “Äiti, isi jauh di mata tapi dekat di hati.”

“Iya, Kai. Pinter banget kamu anak sayang.”

“Tapi aku maunya isi dekat dua-duanya. Dekat di mata dekat di hati juga soalnya aku sayang banget banget banget sama isi.” Dan terus anaknya nangis tersedu-sedu.

Katanya sih Kai tau istilan jauh di mata dekat di hati itu dari lagu. Lagu yang gue dengarkan untuknya tapi kok gue lupa lagunya apa.

Baru-baru ini aja gue kembali ingat lagu yang dia maksud. Ternyata lagunya RAN, lagu yang ngetop banget main di radio tahun lalu ketika gue juga lagi mudik ke Indonesia.

Ada masanya gue lagi homesick berat di Kerava sana dan gue mainkan lagu tersebut di youtube berulang-ulang. Dengerinnya bikin gue jadi terkenang lagi masa-masa mudik yang indah. Nyetir mobil keliling BSD, jalan-jalan sekeluarga ke Batu Karas, berduaan sama Mikko cari jajanan,  liat Kai dan Sami main sama Aubrey, Sami yang seneng banget pelukan sama Tante Rima dan bokap yang seneng banget nemenin cucu-cucu berenang.

Saking senengnya sama lagu ini gue ajak juga anak-anak ikut mendengarkan sambil gue jelaskan arti  “jauh di mata dekat di hati”. Gue bilang ke mereka kalau orang-orang seperti Oma, Ompung, Om Remi, Tante Rima, Tante Ica, Adek Aubrey dll-nya adalah orang-orang yang jauh di mata tapi selalu dekat di hati gue. Rupaya penjelasan gue itu terekam dengan baik di otak Kai dan hari ini dia gunakan kalimat “jauh di mata dekat di hati” untuk menjelaskan rasa rindunya buat isi dan buat Aubrey yang saat ini masih liburan di Bukit Tinggi. Iya loh, Kai sayang banget sama adek sepupunya itu.

Pulang kampung ke Indonesia udah pasti selalu menyenangkan buat gue tapi buat Kai dan Sami ada banyak proses adaptasi yang harus mereka jalani.  Mulai dari udara, cuaca, makanan, bahasa dan banyak lainnya. Bertemu banyak orang di Indonesia pastinya bikin seneng tapi ‘kan orang-orang tersebut gak setiap saat bisa diajak main. Mau main-main ke luar seperti yang Kai dan Sami lakukan tiap hari di Kerava agak susah karena di BSD gak banyak taman plus cuaca panas bikin males keluar rumah. Mau main di playground berbayar emak babenya tekor. Mau  main di rumah aja tapi mainan di rumah oma terbatas. Mau beli mainan lha kok mahal. Mau main sama anak-anak seumuran palingan ketemu kalau lagi ada acara aja, sisanya ya berduaan aja Kai dan Sami bikin mereka rindu berat sama teman-teman di Finlandia.

Selama di Indonesia anak-anakku kurus karena gak selera makan, badannya selalu pliket penuh keringat, jadi gampang cape dan jadi sering krenki karena bosan. Kalau ditanya senang gak di Indonesia, jawabannya selalu berubah sesuai mood – kadang senang kadang gak,  mau pulang ke Finlandia aja. Sementara äiti mah males bener mikirin pulang balik ke Kerava. Udah pewe banget di BSD nih.

Tapi gue juga tau, kalau nanti kami udah di Kerava lagi, pasti banyak juga hal-hal yang dikangenin oleh Kai dan Sami dari Indonesia. Kangen sama Oma dan Aubrey, kangen sama ayam gorengnya nenek, kangen naik mobil lewat jalan tol, kangen berenang di Ocean Park, kangen rame-ramean di rumah Oma dan kangen-kangen lainnya yang nanti akan muncul. Namanya juga jauh di mata dekat di hati, Indonesia selalu bikin kangen.

 

 

Advertisements

39 comments

  1. imavandam · · Reply

    Hi rika selamat lebaran ya…minal aidzin wal faidzin maaf lahir dan batin salam buat kai dan sami oh ea jaga kesehatan ya krn cuaca beda di indonesia puanas…minum teh lemon campur madu (1buah lemon/jeruk nipis + 1gelas air + madu secukupnya) minuman ini sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh 👍

    1. Makasih Ima. Selamat lebaran juga ya. Minum teh lemon dari kemarin udah niat tapiii…lupa mulu beli lemonnya

      1. imavandam · · Reply

        Macama rika 😉Hahaha biasanya jeruk nipis lbih gampang nyarinya sama aja kok…dibikin dingin/es teh atau teh hangat enak bngt loh

  2. Mb rika selamat idul fitri, akhirnya ada cerita dari kai dan sami lagi 😀 oiya mb, utk mainan teman ku pernah ngalamai kaya mb rika jg dan akhirnya mereka memilih buat sewa mainan selama pulang ke indonesia. Mungkin bisa jd alternatif mb. Salam buat kai dan sami, semoga sehat sehat

    1. aku baru tau loh ada penyewaan mainan. Makasih infonya. Mau coba tapi agak takut juga nih, anak2ku lumayan gragas kalo main dan suka ngerusakin barang

  3. Dessy · · Reply

    Taqaballahu waminna waminkum, Selamat idul Fitri Mba Rika dan keluarga. Aku selalu terkesan sama anak-anaknya Mba. Mereka selalu menginspirasi ya mba?…
    Kapan nih mbak mo pulang kampung ke Padang?. Sekarang banyak destinasi wisata yang keren lo Mba?.

    1. Terimakasih, Dessy. Selamat Idul Fitri juga. Mau bangeeeeeet ke Padang. Tapi sebelum ke Padang kata nyokap harus sowan dulu ke tanah leluhur di Medan sana.

  4. Masih syawal mba Rika Taqabbalallaahu Minna Wa Minkum. Kai pinter banget sudah paham jauh dimata dekat dihati

    1. Sama-sama ya Rangi. Maaf lahir batin.

  5. qonita · · Reply

    mbak Rika dan keluarga…Taqabbalallaahu Minna Wa Minkum Shiyamana wa Shiyamakum Taqabbal ya Kariim..moga amal ibadah kita di bulan ramadhan diterima Allah SWT,,Selamat Idul Fitri mohon maaf lahir batin 😀

    klo mainan, temenku yg tinggal di bsd suka sewa mbak soalnya keluarganya jg semi nomaden,,taun ini di brunei taun depan ntah dimana,
    trs klo buku bacaan ini ada perpus punyanya temenku namanya Nadabaca tp mereka di bandung tempatnya..blm tau bisa dipinjem dari luar bandung atay nggak,,,

    itu Kai pinter udah tau arti jauh di mata dekat di hati…salut,,
    tp emang ya anak2 lebuh susah adaptasinya..puk2 kai dan sami…

    aahh iri dehhh ama Miko yg ke Rio,,,moga sehat terus Miko selama di sana..
    ini jg ada wartawan jepang kesukaan ku ke Rio haha

    1. Sebenernya agak deket dari rumahku ada penyewaan buku namanya rumah buku. tapi kalo mau ke sana parkir susah, jalan jauh, naik motor ku tak bisa. Huhuhuhuhu sampe sekarang belon kesampean deh.
      Iya, anak-anak sekarang keliatan kurang gerak dan kurang main kalo lagi di Indonesia. Justru pas masih bayi-bayi malah gak pernah ada masalah.

      1. qonita · · Reply

        yg punya temen itu kayaknya bisa dipinjem online terus dianter mbak..tp bentar blm nanya nganternya sejauh mana…
        ini halaman fb nya https://www.facebook.com/Nadabaca-978718888914309/
        ini page nya http://nadabaca.libib.com/
        kalo aktiviti..tmeen ku pada ngajak anaknya berkebun di rumah haha klo lg malas…

        1. waw, berkebun! seneng amat ya punya ibu kreatif. kasian emang ini kai dan sami, ibunya gak kreatif dan pemales nomer wahid

  6. Selamat idul fitri mb. Rika. Mohon maaf lahir dan batin. Finally mb. Rika bikin tulisan aku sampat ketir ketir apa mungkin blgonya di tutup atau bagaimana si kok gak pernah nongol. Biasanya tiap bulan ada cerita entah satu atau dua. Hehehe
    Tulisannya nganenin mb. Cerita kai sami kehidupan di finlandia bikin kangen plus bikin iri (ups. Maaf kelepasan) hehe.
    Si Kai sama Sami kok kecil2 cabe rawit ya mb. Pintar berkata2. Bakal romantis kali ya si Kai besar nanti (hehehe)

    Salam hangat dari Kudus mb. Rika 😀

    1. emang blog ini udah mati suri, kadang pengen ditutup aja tapi kadang butuh juga nulis-nulis buat jadi ajang katarsis, hehehehehe. Baiknya sih memang jangan ditungguin tulisan barunya, yg nulisnya pemalas nomer wahid begini loh

  7. bemzkyyeye · · Reply

    Rika.. Maaf lahir batin yah 🙂

    Ishhh.. Kita blm jumpa nih, kopdar yuks hehhe

    1. yeyeeeeeee…yuk atuh, atur waktunya yuuuuk. gue siap. japri dong yah

  8. Selamat idul fitri ya mba Rika dan keluarga.
    Kai pinter banget sih udah ngerti cara pakai kalimat jauh di mata dekat di hati.

    Sebenernya di deket2 BSD banyak kan ya tempat yg menarik buat anak-anak,tapi emang banyakan bayar dan tempatnya panas 😀

    1. mau dong rekomendasinya. Yang aku tau cuma taman scientia park aja, itupun belon kesampean karena pas puasa aku lemah letih lesu terus dan sekarang lagi susah gerak gak ada mobil. Mau pake taksi kok jadi rasanya mau main aja mahal bener sih. Hihihihihi. Untung deket rumahku ada taman jadul namanya taman perdamaian. Suka juga bawa anak-anak ke situ. Digigitin nyamuk tapi anak-anak seneng

  9. ka, nasib merantau ya! duh gw aja yang tinggal ngesot tuh lagu si ran juga suka ikut muter kalo lagi suntuk apalagi dirimu! jauh di mata dekat di hati tapi berat di dompet ..

    kai sama sami masih lama sini deh ke singapur lagiiiii … banyak taman, bisa lari – lari, ayam goreng ntar tante jajanin di bawah rumah .. ada ayam penyet enak banget!!!

    isi pasti juga kangen sama krucil – krucil yaaa ..

    1. BERAT DI DOMPET!!!!
      OMG bener bangeeeeeet. Ngakak parah gue!
      Percaya gak, Gil. Kata Sami Singapur itu negara paling bagus sedunia. Anak-anak takjub banget sama playground di garden by the bay. Emang bagus banget ya bok. Trus kita juga ke plyaground i toa payoh yang menurut gue sih biasa aja tapi Sami suka banget.

      1. tuh kan samiun pasti ga nolak ke sini lagi! maen sama Gide ntar .. ntar kita puterin semua taman di sini .. tetep usaha!!! HAHAHAHA

        anak kecil tuh emang lucu yaaa, dia ga tau kadang gw bisa sutris tinggal di sini suruh untel-untelan sama onti2 kiasu hahaah .. padahal kita mau lari-larian di kerava .. amiiiinnn

  10. Selamat lebaran Mbak Rika & Keluarga. Asik, jauh di mata dekat di hati ya..pinter bgt Kai 😊

    1. Sama-sama, Pipit

  11. kai si lembut hati. love you nak ❤ …..

    1. huhuhu, bener. si lembut hati

  12. Aduh pas banget aku lagi denger lagu sendu, Tegami – Angel Aki yang jadi salah satu soundtrack film Jepang yang judulnya Have a Song on Your Lips (padahal belum pernah nonton filmnya :3) aku jadi sedih sendu baca cerita ini, tersentuh banget ya :’)
    Bahagia terus ya buat Mbak Rika dan Keluarga 🙂

    1. termakaciiih. kai memang masih sedih tapi tadi aku ajak main-main di playground seharian anaknya seneng banget

  13. Kok aku sedih ya pas Kai bilang jauh di mata deket di hati trus dia maunya deket di mata deket di hati. Rasanya jadi ikutan mellow.

    1. perpisahan anak sama orang tuanya emang bikin haru ya. walaupun cuma utk sementara aja

  14. sri sundari · · Reply

    untuk mbak Rika dan keluarga…Taqabbalallaahu Minna Wa Minkum Shiyamana wa Shiyamakum Taqabbal ya Kariim..moga amal ibadah kita di bulan ramadhan diterima Allah SWT,,Selamat Idul Fitri mohon maaf lahir batin, seneng mb rika baca nya he.. he.. semoga selalu sehat untuk mb dan keluarga ya mb amin. anak2 nya pinter banget .

    1. Terimakasih. Selamat idul fitri dan mohon maaf lahir batin juga buat kamu yaaaa

  15. aq tau rasanya merantau itu seperti apa kak, heuuu rindu serindu2nya tapi giliran udah disono mah kadang malah bosen hehehe.
    mohon maaf lahir dan batin, selamat melanjutkan libur lebaran kak.
    biar ga bosen coba ajak jalan2 ke yogya, klaten dsna lg byk tempat ngehits banget selain candi2.
    kya puthuk setumbu, kalibiru, umbul manten, umbul pongok dll 😀

    1. iyaaaa. kalo lagi rindu sampe nyesek di dada. Tapi emang, pas lagi mudik kadang bingung juga mau ngapain karena rutinitas hidup udah terbentuk di tempat baru. Mau banget ke yogya ya ampuuun. Mauuuuuuu. Tapi kami lagi bokek beurat, stuck di tangerang aja sekarang.

  16. Selamat happy2 di Jakarta bareng keluarga Rik & the boys !

    1. makasih, febbyyyyy. hepi banget memang di sini

  17. Rika…gue jadi langsung nyanyiiiiii….. Rik, lu kenapa gak lebih lama lagi di Indonya Rik? Gak bisa diextend ya, atau mampir dulu ke Auckland (zzz…). Kan jadi pas, lu balik ke Finland, Mikko juga balik dari Rio.

    Gue selalu nggak tahan baca soal Kai yang super melankolis dan romantis gini. Hatinya lembut banget kayak salju yang kena panas dikit langsung meleleh.

  18. Taqaballahu waminna waminkum, Selamat Lebaran untuk Mba Rika dan keluarga.

    Kai so sweet bgt ya

  19. Jauh dekatnya sesuatu adalah relative. Jarak indonesia finland lebih jauh dari jakarta surabaya. Tetapi jarak indonesia finland lebih dekat dari jarak matahari bumi, haha… :O

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: