makan mangga

Setiap kali ada sale mangga manis di supermarket sini, gue pasti beli. Dan tiap kali makan mangga, gue selalu ingat sama masa kecil dulu, jaman rebutan mangga sama Remi.

Gue datang dari keluarga yang biasa-biasa aja. Gak tajir tapi juga gak kelaparan. Punya rumah, punya mobil tapi makan seadanya. Termasuk makan mangga. Sungguh suatu kemewahan kecil kalau sehabis makan ada suguhan buah. Biasanya nyokap beli satu atau dua mangga untuk dimakan sekeluarga. Kalau kebetulan mangganya ada dua, gue dan remi dikasih sebiji buat dimakan bersama. Ujungnya mah malah berantem, selalu merasa yang satu makan lebih banyak dari yang lain.

Akhirnya sama bokap dikasih peraturan, yang satu bertugas potong mangga menjadi dua, yang satu lagi boleh milih mau ambil bagian yang mana. Astagaaa….beban mental banget itu potong mangga jadi dua bagian yang sama besarnya. Biar gak ngerasa kecele, timbangan pun dimainkan. Tiap potongan mangga ditimbang satu-satu biar yakin bagian si Remi gak lebih banyak dari punya gue. Kelebihan nol koma nol nol sekian kilo aja bisa jadi masalah banget. Mangganya bolak balik ditimbang sampe malah jadi bonyok kebanyakan dipegang-pegang.

Kadang datang hari istimewa dimana gue dan Remi masing-masing mendapat sebuah mangga utuh. Tetep, harus pake timbang-timbang dulu buat milih mana mangga yang paling besar. Biasanya kami makan mangganya tanpa dipotong. Cukup dikupas kulitnya terus dimakan bulat-bulat.

“Enak ya, makan mangga begini. Nanti kalo kita udah besar kita beli mangga buat sendiri, makannya gak dibagi-bagi.”

“Iya, ya. Nanti kalo udah besar beli yang banyak buat sendiri.”

Kayanya bakal seneng banget kalo nanti bisa sering-sering makan satu mangga utuh buat diri sendiri. Gak harus repot cari timbangan buat membagi-bagi mangganya dengan rata. Makannya juga sesuka hati, mau dipotong-potong, mau langsung dikenyot sebiji-bijinya, atau mau  makan lebih dari satu juga bebas.

Biarpun sekarang tetap bukan manusia tajir  melintir tapi alhamdulillah udah bisa beli  mangga sendiri. Mau beli empat biji supaya semua anggota keluarga kebagian juga bisa. Tapi ternyata yang bikin seneng justru mengingat-ingat kenangan rebutan mangga sama si Remi dengan omelan bokap nyokap di latar belakang.

Advertisements

61 comments

  1. imavandam · · Reply

    Jd ngakak sendiri bacanya 😅 seru bngt tuh rebutan mangga sampe di timbang…kamu beruntung punys kenangan manis bgni…

    1. dulu pas berantem sih sampe nangis2 histeris, sekarang malah jadi kenangan manis

      1. imavandam · · Reply

        Yup begitulah..sebenarnya berantem sama sodara wkt kecil itu bagus jg krn akan jd kenangan terindah…selama berantemnya dlm hal kecil kyk gtu mah…

  2. kenangan masa kecil dengan siblings itu memang sesuatu banget ya mbak rika😍😍

    1. aku baru mo ngomong gitu juga mbak 🙂 meskipun aku n adekku pada akhirnya nggak sedekat dulu jaman masih kecil, tp kenangan main sama-sama itu masih menyenangkan untuk diingat. dan iya, kami juga punya episode mangga 😀

    2. banget! dan selain episode mangga ada juga episode rebutan roti, coklat, donal bebek, dll

  3. Mbak Rika aku ngelakuin hal yang sama dg adik sepupu yg tinggal dg kami. Kalo dapat apa-apa yg kebetulannkami suka musti ditimbang dulu kalo ingat jaman berantem kami suka ngakak sendiri, sekarang kami bisa beli-beli sendiri dan kalo pas saya mudik main kerumahnya kami saling nraktir.

    1. samaaa…sekarang kalo aku mudik kita juga saling traktir. Seneng yaaaa

  4. Wih..makan mangga itu highlightnya biji mangga yang masih nempel daging buahnya tapi ga bs dipotong lagi pake pisau. Jadi di gragotin deh.. 😂
    Disana mangga mahal ya mbak?

    1. dulu aku pun kalo kebagian biji mangga bisa banget grogotin sampe putih.
      Iya, di sini mangga mahal dan kebanyakan mangga yg dijual di sini gak enak, gede tapi keras dan hambar. Kadang2 aja ada dijual mangga manis yg mirip kaya di Indonesia.

  5. Qonita · · Reply

    Paling seneng makan mangga emang klo buat sendiri..g capek ngupas dan puas gigit dahing deket biji..dan makan langsung di pohon hihi..

    Rebutan ama siblings emang seru ya mbak…hihi

    1. IMPIAN BANGET BISA PUNYA POHON MANGGA!

      1. qonita · · Reply

        di daerah jawa tiap rumah yg punya halaman rata2 ditanamin mangga..ayo ke rumah ku yg di solo ampe bosen makan mangga haha

  6. kenangan masa kecil emg ga terlupakan mba rikaa.. apalagi kenangan “berbagi” sama sodara hehehehe

    1. “berbagi” yang pake air mata sama ambek-ambekan ya 😀

      1. hihihi iyaa..tpi pas udah gede baru berasa maknanya wlau dulu berbaginya mesti ambek-ambekan.

  7. Ini salah satu hal yang nggak pernah gue alamin waktu gue kecil. Giliran udah gede, rebutannya sama SN, huahahahahahhahaha

    1. EBUSED! Gue ngakak baca komen ini!

  8. Yaampun ampe ditimbangggg hahahah. Justru nikmatan mangga yang rebutan kali ya mba 😀

    1. Jaman rebutan dulu, mangga tuh rasanya kaya buah dari khayangan deh 😀

  9. bemzkyyeye · · Reply

    Gw sering banget rebutan mangga sm adek gw dulu. Sama ky lu, Rik hehehe cuma duren aja yg ga rebutan krn adek gw ga suka 😀

    1. Kebalikan ama gue. Gue gak suka duren, tapi si Remi gila duren banget. Tenang dia makan duren gak pake ribut sama gue

  10. hehehe sampe ditimbang ya mbaaa, karena maunya harus adil 😀
    seru kalo diiinget2

    1. ada juga giliran dapet bijinya. Ganti-gantian. Pokonya makan mangga aja banyak peraturannya deh kalo sama si Remi

  11. Good old days ya Mbak Rika, hihihi

  12. Paling sering kalo aku dulu rebutan bijinya hehe

    1. aku pun jugaaa….kadang sama ibuku bijinya dikupas sampe putih gak ada dagingnya biar gak terjadi pertumpahan darah

  13. Justru itu tuh yang bikin masa kecil kita punya banyak cerita dan akhirnya bahagia kalo lagi flashback ^_^

  14. Kl aku sama adikku rebutan bijinya mangga buat dikelomotin. Bisa sampe ada adegan jambak jambakan kl berantem. Jadi mama bikin aturan hari ini aku besoknya adik gentian gitu. Sekarang mangga depan rumahku berbuah banyak suka senyum kl inget jaman jaman itu. Kata ibuku doaku terkabul pengen punya rumah ada pohon mangganya

    1. Sekarang rumah ibuku juga ada pohon mangganya dan si Remi kebetulan lagi tinggal sama ibuku. Doa yang dijabah ya

  15. mellyloveskitchen · · Reply

    nyonteeek aaahhh sama aturan bokapnya mba rika hihihi…
    aku sampe baca 2x tuuh, yang satu yang motong yang satu yang pilih duluan, hmmmm iya juga ya *NOTED pake capslock 😀

    1. Trus kata bokap bijinya harus dibuang, biar gak pake rebutan biji mangga juga. Jadi ngupas mangganya sampe bijinya putih tak bersisa

  16. rebutan makanan sama kakak adik pas kecil emang berkesan banget ya mba, selalu pengen yang lebih gede atau lebih banyak.
    kayanya dulu sebel banget kalo udah urusan bagi bagi makanan, tapi sekarang ngingetnya jadi kenangan yang lucu

    1. jaman kecil segala apa juga direbutin. mulai dari makanan, dulu-duluan baca donal bebek, giliran tidur di kasur atas atau bawah….sekarang ingetnya bikin ketawa

  17. Seru yaaa sibling story ini. Aku dan si adek rebutan siapa yg dapat biji mangganya trus diisep2..😃

    1. biji mangga ini juga masalah pelik yang suka menimbulkan perkelahian

  18. Salam kenal mbak rika 🙂
    Aku dulu kalo sama kakak berantemnya ngeri, jambak jambakan kayak di film film ada kali ya ..
    Kadang cuma gegara gak mau sharing indomie, sekarang kalo diinget jadi bahan lucu lucuan hihi

    1. Hahahahahaha….aku puuun…sama si Remi juga berantemnya sampe tumbuk-tumbuk’an kalo menurut kata orang medan. Sampe guling-guling di lantai juga sering

  19. Ngomongin mangga jadi kepengen makan mangga harum manisss deh Kaaa *maapken salaj fokus commentnya* 😆

    1. Bumiiiiiillllll 😀

  20. Sri sundari · · Reply

    Jadi ketawa 2 sendiri aku Mb rika jadi inget dulu mau makan mangga sendiri ngak bisa mesti di bagi ber 3 almarhum kakak dapat bagian paling banyak he..he…kata nenek ku karena anak laki ha..ha.. , jadi kl ke bagian mangga yang masih ada biji nya gembira Bgt .berasa merdeka.hi..hi

    1. Wuidiiih, emang berasa merdeka banget tuh kalo kebagian biji mangga buat dikenyot-kenyot

  21. Sama bgt kyk gue dan Uni gue. Kami selalu rebutan soal makanan. Kl nyokap masak bakso kudu diitung dan bagi rata. Begitu juga kl nyokap masak dendeng, perkedel, dan lain-lain. Kakak gue cuma satu2nya. Meski dulu sering banget berantem, tapi alhamdulillah gue bersyukur banget masih punya sibling.

    1. Eyyym…semuanya harus diitung, trus kalo punya gue jatoh satu pasti deh meraung-raung karena jadinya lebih sedikit dari si Remi 😀
      Sekarang yg berantem kaya gini gantian anak-anak gue, Emyyyy 😀

  22. Dulu gue kalo makan mangga bareng sekeluarga, kita mengundi siapa yang dapet pelok (biji)nya, karena enak banget, daging mangganya dapat banyak dari situ hehehe..

    1. dulu pernah biji mangganya digilir antara gue dan remi, tapi teteeeep aja ujungnya berantem. Jadi sama bokap akhirnya malah dilarang makan biji mangga. Abis dikupas bijinya dibuang biar gak ada rebut-rebutan. Akhirnya ngupas mangganya sedalem mungkin sampe bijinya putih

  23. panicihuy · · Reply

    rika… denger cerita kamu jadi keinget zaman kecil dulu.. kalau aku sama kakak ku kalau ada makanan yang dibagi dua musti mamah ku yang membagi biar sama rata.. karena kalau diserahin ke kita berdua pasti ada yang motong lebih gede, trus ujung2nya berantem, hihihi..

    1. nah, makanya harus pake timbangan 😀 😀 😀

  24. waktu kecil saya mah rebutannya malah biji mangganya yang masih tebel berdaging gitu.. kan enak banget teh ngerowotin biji mangga 😀

    1. kalo kami gak pernah kejadian bijinya masih tebel berdaging. Sama nyokap dagingnya dikupas habis biar gak pake rebutan biji mangga lagi.

  25. pernah rebutan mangga jg sm adequ Kak Rika..nyokap marah trs dibeliin mangga banyak, disuruh 2 2 ny ngabisin tuh mangga smpe blenger :((

    1. Hukumannya enak bangeeeet 😀

  26. hehe iya ,masa kecil itu indah banget yaa kalau dikenang, walaupun dulu mungkin sebelnya nauzdubillah sampe nangis2 gegara rebutan sama siblings.
    rika saudaranya cuma satu, lah aku sembilan aje wkwkwk, kebayang deh pusingnya ibuku ngadepin anak2nya berantem gara2 pembagian satu batang silverqueen yang tidak rata 😛
    oh iya, salam kenal rika 😀

    1. Sodaraku ada dua, tapi Rima lahir belakangan waktu aku udah umur 10 tahun, jadi dia gak sempet ikutan episode rebut-rebutan ini.
      kalo sodaranya sembilang…hadoooh, pusing amat ya bagi-baginya
      salam kenal juga ya, Nyanyu

  27. Ririn Ruby · · Reply

    Rika,
    makan mangga ah, jadi inget jaman masih kecil eh skrg malah anak sy yg pertama suka banget mangga sama deh dgn Mak bapaknya doyan mangga 😃
    Btw, sy baru baca cerbung 1-7 kisah romantis Rika & Mikko wah… Sampe iseng ke YouTube nya lihat pas momen abis akad nikah.. Sy lihatnya sampai terharu sekaligus tersenyum & tertawa campur aduk.. Terharu pas … Mikko salaman sama ayahnya Rika ya..terus ayahnya bilang.. “Jaga anak saya ya..” Oh … terharu juga pas .. Wanita bule berkebaya putih.. Itu mamanya Mikko..? Peluk Mikko sambil menitikkan air mata… Oh… Jadi inget momen momen pas nikahan dulu..
    Ah, Rika.. Sy akan baca baca & komen ya (meskipun itu posting yg udah lama.. Menarik ceritanya!)

    1. Selamat membaca kalo gitu, Ririn 😀

  28. mba rik kalo dlu aku sama adek2ku rebutannya biji mangga yang masi ada sisa daging buahnya setelah dipotong. skg udah pada gede2 and gak satu rumah lagi, jadi kangen

    1. sama kaya aku, sekarang udah tinggal jauh-jauhan bawaannya kangen terus

  29. Kengahkey · · Reply

    Omaygat sama amaaat… Aku sama kakak ku kalo di bagi mangga ditimbang dulu.. Biar ga iri2an.. Sampe ada nyanyian nya segala.. “Timbang timbang yang berat mana”.. Hahahaa tapi malah ada kenangan nya yaa.. Soalnya dua adikku ga ngalamin yg kayak gitu lagi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: