obat tjantik

Biarpun bukan beauty blogger, muka juga standar, kulit pun sedikit bolong-bolong, tapi tetep loh gue terserang demam skin care. Mikko sampe bingung kenapa komputer gue isinya puluhan tab membahas krim ini, krim itu, serum ini, serum itu. Padahal mah muka cuma sebiji.

Sebenernya gue ini telat banget kenalan sama yang namanya skin care. Masa baru di umur 30an baru mulai pake-pake yang namanya pelembab lah, serum lah, toner lah, dkknya. Sebelumnya mah cuci muka aja belon tentu. Padahal jaman muda dulu gue lumayan sering berkunjung ke JSC ataupun Erha. Gue ini penderita cystic acne yang mukanya suka dihinggapi gunung meletus. Oleh dokter pegunungan tersebut disuntik biar kempes (sampe keluar air mata) dan dokternya mewanti-wanti supaya gue berhati-hati dalam memilih produk perawatan wajah karena katanya kulit gue ini sensitif sekali. Ngikut sarannya para dokter jadilah gue gak nyentuh skin care sama sekali. Daripada salah ‘kan?

Waktu hamil Kai kulit muka gue tiba-tiba membaik. Kencang, lembab, cerah dan empuk boink-boink. Akhirnya yaaa….hormon-hormonku berhenti berulah di umur 30 tahun. Waktu hamil Sami kejayaan muka sedikit terganggung karena muncul jerawat kecil-kecil di sekitar dahi. Berhubung Erha versi negara kulkas mahalnya selangit jadi gue mulai cari-cari produk perawatan yang bisa gue beli bebas di pasaran. Waktu itu kenalan deh sama SKII dan Hada Labo. Muka gue jadi bersihan dan hati ini langsung kepincut sama segala macem produk skin care. Mulai deh gue jadi skin care junkie. Segala macem produk rasanya mau dicoba. Sayang aja dokunya pas-pasan.

Sekitar setahun lalu kulit gue mulai berulah lagi. Terlihat kusam dan cystic acne kembali muncul di wajah, khususnya di masa-masa menjelang menstruasi. Gue jadi baca-baca deh tentang adult acne. Ternyata kulit gue sempet bebas jerawat berkat hormon-hormon kehamilan yang ada di badan gue. Setelah menyapih Sami hormon-hormon tersebut luntur dan sekarang malah sudah hilang tak berbekas makanya masalah gunung berapi gue muncul lagi. Zebel.

Berbagai macam produk gue coba untuk mengatasi masalah gue itu. Sempet panik yang berujung gue membeli banyak sekali produk-produk perawatan wajah. BUANYAK. Dari yang murah sampai yang mahal. Berhubung gue orangnya gak sabaran dan selalu berharap hasil yang instan, kebanyakan produk tersebut gak gue pakai sampai habis. Palingan gue coba beberapa minggu dan lantas gue beralih ke produk lain.

Setelah uji coba produk sekian lama, sampai hampir-hampir frustasi, akhirnya ada beberapa produk yang berhasil memberi perbaikan untuk kulit gue dan sampai saat ini masih rutin gue gunakan.

OLAY microdermabrasion and Alpha-H Liquid Gold

Katanya exfoliation is the key buat ngatasin kulit berjerawat. Ini gue juga baru tau setelah baca post ini. Membacanya bikin gue teringat kalau gue punya satu pot microdermabration peel set di kamar mandi. Produknya ini jongkok aja tak terpakai karena gue anggap cuma membawa perubahan sementara. Abis dipakai memang kulit berasa lembut, mulus dan cerah tapi dalam beberapa minggu kulit gue kembali lagi ke kodratnya yang kusam dan berjerawat. Setelah baca petunjuk produknya baik-baik gue baru tersadar kalau produk OLAY ini digunakan untuk pemakaian seminggu dua kali, bukan sekali per dua bulan. Ternyata selama ini gue salah baca petunjuk.

Setelah rutin digunakan dua kali dalam seminggu kulit gue jadi jadi jauh lebih bersih dan cerah. Cinta banget lah sama produk ini. Harganya juga gak mahal. Gue beli dari amazon.com seharga 20an euro, sudah termasuk ongkos kirim.

Tapi, berhubung akiks kan orangya gampang kabitaan kalau abis baca review-review bombastis, jadilah akiks tertarik juga untuk beli Liquid Gold biarpun OLAYnya masih setengah penuh. Setelah menjajal Liquid Gold yang katanya femes sekali ini, gue gak bisa memutuskan mana yang lebih gue suka. Dua-duanya bikin kulit lebih bersih dan cerah ceria plus bekas-bekas jerawat juga lebih cepat hilang.

OLAY lebih lembut karena gak memberikan rasa tergigit (tingling) ketika dioleskan ke wajah dan setelah dipakai kulit jadi sedikit merona kemerah-merahan. Cintah!

Sementara Liquid Gold sepertinya lebih setrong. Terasa menggigit di kuliat wajah dan pertama kali dipakai gue mengalami sedikit break-out, mungkin karena waktu itu pakainya kebanyakan. Setelah belajar untuk memakai Liquid Gold dengan jumlah diirit-irit, efek pemakaiannnya adalah kulit yang lebih mulus dan glowing. Silky smooth kalo menurut reviewnya beauty blogger kondang. Selain itu produk ini juga lebih mudah dipakai ketimbang OLAY Microdermabrasion karena cuma perlu diusap ke muka aja sementara OLAY microdermabrasion melibatkan proses scrubbing, massaging dan rinsing. Tapi aku cinta kedua-duanya.

Yasmin

Bukan Yasmin-nya Aladdin. Ini Yasmin si pil KB.

Waktu lagi putus asa menghadapi jerawat gue baca-baca tentang penggunaan pil KB untuk mengatasi jerawat hormon. Some people swear by it. Ada beberapa jenis pil KB yang juga terkenal sebagai obat jerawat, tiga di antaranya Diane, Yasmin dan Yaz. Kalo gak salah, Diane memiliki jumlah hormon estrogen sintetis terbesar, diikuti dengan Yasmin dan kemudian Yaz. Gak heran kalau Diane memang sangat tersohor sebagai obat pelicin muka.

Tapi pemakaian pil KB juga bisa menimbulkan efek-efek sampingan yang tidak menyenangkan. Dari mulai extreme mood swings, sakit kepala, migren bahkan juga blood clot yang bisa berujung pada kematian. Efek ini gak muncul di semua orang dan kejadian blood clot karena pil KB juga termasuk langka. Tapi ‘kan tetep, yaaa…so skeriiiii. Apalagi mengkonsumsi pil KB ‘kan berarti memasukkan hormon-hormon sintetis ke dalam tubuh kita. Apapun yang sintetis kok kedengerannya gak baik untuk dikonsumsi.

Tapi gimana dong kakaaaaaak? Aku udah desperado banget ngadepin jerawat. Waktu gue lagi di Jakarta awal tahun ini, adek ipar gue cerita kalau dia memakai Yaz. “Bikin kulit mulus, kak”. Dan katanya lagi, dia gak mengalami efek samping apa-apa selama mengkonsumsi Yaz, malah masih lancar menyusui. Ya udah deh, demi muka yang tidak lagi geradakan gue beli juga sekotak Yaz dari apotik.

Dua minggu minum Yaz jerawat gue mulai berkurang. Setelah satu pak habis gue pun mantap untuk naik level ke Yasmin berharap kulit mulus idaman bisa jadi milik gue. Setelah minum  Yasmin….wooooww, jadi teringat masa-masa hamil dulu. Kulit jadi lebih cerah, kencang, glowing, jerawat pun menghilang. Errr, masih suka muncul sih satu atau dua di masa PMS. Tapi aku udah puas banget.

Selain itu Yasmin juga menghilangkan mittelschmerz gue. Buat yang juga menderita mittelschmerz, tau dong ya gimana durjananya sakit perut yang dialami? Amit-amit pake banget! Berkat Yasmine gue bisa bilang BHAY sama mittelschmerz.

Masih ada lagi! Sejak minum Yasmin sakit menstruasi gue juga jauh berkurang dan satu bonus lagi….estrogen dalam pil Yasmin menghalangi pertumbuhan bulu-bulu di muka gue. Sebagai mahluk berbulu (eerrrr….) gue suka sebel kalo lagi ngaca. Ini orang apa rambutan sih? Berkat Yasmin bulu-bulu halus di wajah gue tampak berkurang dan pertumbuhan kumis serta jenggot Judge Bao gue juga lebih terhambat. Tetep harus gue wax tapi gak sesering dulu.

Efek negatif Yasmin ada gak? Ada sih. Awal-awal pake Yasmin gue sering sakit kepala dan jadwal menstruasi juga jadi gak teratur. Tapi setelah dua bulan semuanya kembali normal.

Apakah Yasmin bikin gendut? Kayanya ini pertanyaan yang paling sering ditanya orang. Bikin gendut sih gak, ya, tapiiiiii… gue curiga Yasmin bikin gue  susah kurus alias udah diet berhari-hari timbangan gak juga bergeser ke kiri. ‘Kan katanya pil KB seperti Yasmin memang punya kecenderungan untuk menyimpan air dalam tubuh.

Nah, karena selain pusing karena jerawat aku ini orangnya juga sering pusing karena masalah berat badan, gue akhirnya memutuskan untuk berhenti minum Yasmin. Aku kepingin kurus kakaaaak. Mosok ramadhan udah puasa 21 jam tapi timbangannya gak turun barang sekilo pun. Kan kzl.

Dengan perlengkapan segudang skin care, gue pun berhenti minum Yasmin. Apakah trus berat badannya turun? Iya dong. 700 gram. *EAAAAAAAA*

Urusan muka alhamdulillah masih under control sampai sekarang. Jerawat memang jadi lebih sering muncul tapi belum parah-parah banget dan tentunya langsung gue hantam dengan berbagai produk anti jerawat. Tapi, sebanyak apa pun krim muka yang gue pake, tetep aja ada glow yang hilang dari muka gue. Glow yang kayanya cuma bisa didapet dari estrogen. Kulit muka juga gak sekencang dulu lagi waktu masih pakai Yasmin, kantung mata membesar, pori-pori kembali mangap dan yang paling bikin sebel nih: muka gue kembali kaya semak belukar, kebanyakan bulunya. Dan pastinya gue kembali mengalami mittelschmerz setiap bulan. Beginilah derita wanita yang kepingin langsing. *Sigh*

I miss you banget deh, Yasmin. Haruskah kita kembali bersama?

Kose Sekkisei Lotion and Cream

Perkenalan gue dengan skin care diawali dengan SK-II facial treatment essence yang ngetop membahana itu. Produknya sih oke tapi mahalnya gak ketulungan. Dan mungkin, karena udah dipake lumayan lama, kulit gue juga udah bosen sama SK-II. Produknya udah gak kasih efek apa-apa lagi buat gue.

Karena udah kadung percaya sama produk jepang, gue cari alternatif yang lebih murah tapi masih sama-sama dari Jepang juga. Hence, Kose. Dan kalo bicara tentang Kose, line Sekkisei tampaknya yang paling terkenal, terutama sekali lotionnya.

Dua minggu pakai lotionnya sudah terasa ada perubahan. FYI, sekkisei ini katanya line pemutih kulit tapi hasil yang didapet bukan kulit yang putih seperti tip-ex melainkan kulit yang warnanya lebih merata dan setelah beberapa lama pemakaian juga akan tampak lebih cerah. Seperti itulah hasil yang gue dapet dari sekkisei lotion.

Pernah juga gue coba menggunakan sekkisei lotion sebagai masker. Lotionnya dituang banyak-banyak ke cotton compressed mask dan terus maskernya dipakai selama 10-20 menit di muka. Hasilnya….SIMSALABIM…..muka cerah berkilau seketika. Aaaw, ini Rika atau Putri Salju sih? Eciyeeee…

Tapi sekali dua kali aja gue maskeran dengan sekkisei lotion. Terlalu mahal soalnya mengguyur lotion seperti itu.

Yang perlu diingat, kadar alkohol di lotion ini cukup tinggi. Bau alkoholnya bahkan cukup menyengat tapi anehnya gak memberikan efek negatif buat gue. Biarpun harusnya masuk ke dalam kategori hydrating lotion tapi buat gue lotion ini bikin kulit terasa sedikit kering. Mungkin karena kadar alkoholnya yang tinggi tadi itu. Kompensasinya gue harus pakai banyak produk pelembab lainnya.

Kalau tentang creamnya, gak banyak review yang yang gue temui di internet. Memang sepertinya kurang tenar jika dibandingkan sama lotionnya. Tapi sungguh aku sayang sekali sama cream satu ini.

Krimnya berbentuk gel yang ketika dipakai terasa sedikit lengket-lengket di muka. Beda sama, misalnya, stempower SKII yang langsung menyerap sempurna  ke dalam kulit. Kadar kelembabannya juga termasuk ringan, despite the sticky feeling. Yang jelas cream ini gak termasuk dalam kategori “rich moisturizer” tapi juga gak bikin kulit gue kering. Dan yang paling bikin gue suka, sekkisei cream bikin jelek-jeleknya muka gue tersamarkan. Semacam ada satu lapisan baru yang  mulus licin di atas muka gue. Pori-pori lebih tersamarkan, kulit keliatan lebih halus, warna kulit lebih merata. Seperti ada efek instagram filternya gitu deh.

Di pagi hari muka juga terlihat lebih segar, pori-pori lebih mingkem dan kantung mata mengecil kalau malamnya gue inget untuk pakai sekkisei cream. Gak lagi muka bengep-bengep sehabis bangun tidur.

Tapi, berhubung sekarang gue bergeser dari skin care jepang ke skin care korea yang lebih murah meriah, 40an euro untuk sebotol sekkisei cream/lotion  jadi terasa mahal luar biasa buat gue. Ada gak ya alternatif yang lebih murah tapi sama-sama kece badai seperti Kose sekkisei?

Untungya sih gue udah saying goodbye sama SKII. BHAAAAY to you and your overpriced products.

OST Vit C 20 Serum

Ini serum vit C dari Korea yang murah meriah tapi ampuh buat bikin muka cerah, kenyal dan kayanya juga menahan laju pertumbuhan jerawat. Serumnya agak sticky dan sedikit jelly-ish tapi gue suka karena justru bikin sensasi dingin-dingin empuk di muka.

Gue gak perlu cerita panjang-panjang tentang serum ini tapi yang jelas vit C penting banget dalam mencapai cita-cita punya muka bening seperti soun. Dan OST Vit C 20 adalah salah satu serum yang paling murah sekaligus paling efektif yang ada di pasaran. Gue beli dari ebay cuma seharga 15 euro aja. Jadi inget dulu beli essence-nya stempower (yang katanya juga kaya akan vit C) seharga 120 euro. Gilingan padi! Pasti waktu itu gue lagi kurang waras. Dan beneran deh. I see more result from OST than the stempower essence.

Sayangnya serum ini cepet banget oxydized. Belum juga habis dipakai warnanya sudah berubah jadi kekuning-kuningan. Untung murah, ya. Kalo mahal pasti keselnya bikin mau tebalikin meja.

Eucerin pH5 Skin Protection Washlotion (for body and face)

Gue harus terimakasih sama beauty blogger yang berbaik hati mau berbagi ilmu tentang pentingnya pH rendah dalam memilih sabun muka. Suatu hari gue sedang emergency jerawat plus muka kering, jadilah gue cari-cari low pH cleanser yang bisa gue beli di Finlandia sini abisnya kalau harus beli dari Korea atau Jepang harus nunggu dua mingguan hingga barangnya sampai. Muka keburu jadi padang pasir nanti.

Untuk skin care barat, gue lebih nyaman pakai produk-produk yang dijual di apotek karena biasanya lebih lembut dan lebih sesuai untuk kulit sensitif.  Eucerin termasuk salah satu produk yang bisa ditemui di apotek bareng sama merk-merk lain seperti Sebamed, La Roche Posay, Vichy, Avene dll.

Setelah pakai sabun Eucerin komedo gue berkurang drastis. Kulit juga terasa lebih beradab dan tahan banting jadi kalau mau coba produk-produk skin care baru mukanya gak gampang berontak seperti dulu (baca: jerawatan). Yang paling enak, sehabis cuci muka kulit terasa tetap lembab without any tightness. Begini toh rasanya cuci muka pakai low pH cleanser. Dari dulu, kek.

Gue rasa ada banyak lainnya low pH cleanser di dunia ini, mungkin yang lebih bagus dari Eucerin juga banyak. Tapi kalau lebih murah belum cencuuu… Sebotol Eucerin washlotion isi 400 ml harganya cukup 10 euro saja. HAH! Bisa sekalian buat mandi!

Palladio Rice Powder

Ini termasuk kategori make-up, ya. Katanya manusia berjerawat harus menghindari compact powder makanya bertahun-tahun nyokap mengirimkan bedak taburnya Erha dari Indonesia. Tapi makin lama Erha makin mahal aja ya, sis. Biaya kirimnya ke Finlandia juga bikin emak gue tekor. Jadilah gue harus cari penggantinya.

Seperti biasa, masukkan keyword best loose powder di google dan setelah itu tinggal cari yang paling murah. Begitulah perkenalan gue sama si Palladio.

Harganya cuma 5USD (belum termasuk ongkos kirim), ukurannya kecil tapi tahan lama karena gak perlu pakai banyak-banyak. Bedaknya ampuh menyerap minyak, halus di wajah, menutup pori-pori tapi gak cakey, tahan lama dan yang paling penting bedaknya memberikan sedikit warna dan coverage buat kulit gue tapi tetap terlihat sangat natural.  Buat yang gak suka pakai BB cream/foundation, jerawatan kalau pake compact powder, bedak Palladio ini mungkin bisa jadi jawaban.

Essence Shimmer Pearls

Alkisah April mengenalkan gue sama Guerlain Meteorites Voyage dan gue langsung terpukau melihat muka gue yang berkilau-kilau di cermin. Gue beli deh tuh travel set-nya di bandara seharga 90 euro. Masya Allah….pasti waktu itu gue lagi kurang waras (lagi!).

Herannya si Voyage ini efeknya angot-angotan. Kadang kulit jadi cantik berkilau sehabis dipakai, tapi kadang gak terlihat ada efek apa-apa. Kayanya sih tergantung gue lagi dimana, ya, karena ‘kan memang meteorites pearl ini fungsinya merefleksikan cahaya yang ada di sekitar kita. Gue pake banyak-banyak di dalam kamar gak ada hasilnya tapi keluar rumah Mikko bilang muka gue kaya lampu disko.  90 euro lho iniiiiiiii!

Merasa kurang berhasil dengan Meteorites Voyage gue penasaran sama Meteorites Pearls. Tapi tetep pake mahal ya, jek. Kalo gak sukses lagi pegimana? Mulai deh cari-cari dupenya dan ketemulah sama Essence Shimmer Pearls. Sayangnya merk ini gak ditemui di Finlandia, dan setiap kali si suami bistrip ke Jerman tetep aja bilangnya gak pernah ketemu sama produk-produk Essence. Pasti deh karena doi nyarinya di lapangan bola, bukan di emol. Waktu gue ke Jerman bulan Juni kemarin, langsung aja gue sabet satu Essence Shimmer Pearls in fun fair shade dari Rossmann. Harganya cuma tiga euroan dan kebetulan pula lagi diskon 30%, jadi gue bayar di kasir cuma 2 euroan. Haloooooooh Guerlain????????

Dibandingkan Guerlain Voyage, Essence Shimmer Pearls (ESP) sedikit lebih glittery jadi pas dipakai hasilnya pun lebih kelihatan, bikin wajah jadi bersinar. Siang-siang kalo gue udah mulai keringetan, ESP memberikan efek dewy and glowing di muka gue, jadi muka gak keliatan demek-demek banget. Paling gak ini perasaan gue aja, ya, karena sebenernya efeknya ESP ini samar-samar tapi tetap nyata. Gak bikin muka ngecrong mengkilat tapi tetep berasa ada beda. Yang jelas untuk produk seharga tiga euroan gue puas banget sama ESP. Sayang banget di Finlandia gak ada yang jual sementara punya gue udah hampir abis. Bukan karena boros dipakai tapi karena bola-bolanya sering jatuh ke WC *le sigh*

 

Efamol Evening Primrose Oil

Tahun lalu, waktu belum berani pakai Yasmin, gue minum Efamol yang katanya bisa meniru efek estrogen ditubuh kita. Alternatif yang baik buat yang butuh sedikit estrogen kick tapi gak mau minum pil KB. Sebulan minum efamol gak ada perubahan di muka gue, jerawat tetap tumbuh subur. Mungkin karena katanya Efamol baru bisa memberikan hasil maksimal setelah rutin diminum selama tiga bulan. Tapi ‘kan aku udah keburu pundung dan trus cari-cari produk baru.

Sekarang gue malah udah berhenti minum Yasmin dan kembali pada Efamol dengan harapan doi bisa memberikan efek-efek baik yang dulu gue dapat dari Yasmin.

Terus terang hasilnya buat kulit muka sih gak ada, atau tepatnya, gue gak tau apa efeknya buat muka gue karena gue juga memakai sejuta perawatan wajah lainnya. Sebesar apa peran Efamol untuk kesehatan kulit muka gue masih belum dapat dipastikan tapiiiii…..ada efek lain yang gue dapat dari efamol: gue jadi tahan dingin. Dan ini penting banget dalam menghadapi musim dingin di negara kulkas Finlandia sini.

Inget kan kalo lagi hamil bawaannya kepanasan melulu? Begitulah waktu gue hamil dulu. Di luar badai salju guenya tetap shantay macam di pantai. Eh, waktu anak-anak udah brojol, belon juga suhu minus tapi gigi udah gemelutukan.

Setelah rutin minum efamol efek-efek badan hangat seperti waktu hamil bisa gue dapatkan kembali. Saat ini gue masih bisa bertahan keluar rumah tanpa thermal under garment biarpun suhu sudah mencapai 2 derajat. Tahun lalu, baru juga 8 derajat celana gue udah dua lapis. Masalah jari tangan dan jari kaki yang sering kedinginan juga sekarang berkurang jauh. We’ll see nanti kalau suhunya sudah sampai minus belas-belasan tapi beneran deh, I will never be without Efamol during winter time.

Yang sedikit negatif, Efamol juga memberikan efek gampang ngantuk buat gue. Mirip deh kaya orang hamil yang bawaannya ngantukan melulu. Pagi ngantuk, siang ngantuk, malem molor sempurna. Naik kereta 20 menit aja perjuangan banget buat gue supaya gak ketiduran. Memang katanya evening primrose oil bisa membantu mereka yang ingin tidur lebih nyenyak. Cocok buat yang punya masalah insomnia atau light-sleeper.

Segitu dulu aja review abal-abalan gue ini. Sebenernya masih banyaaaak banget produk skin care yang gue pakai. Kebanyakan produk Korea yang harganya murah meriah, dibawah 20 euroan. Tapi karena belinya banyak ujungnya ya tetep tekor juga. Abisan sih, baca review sedikit bawaannya mau langsung bela-beli. Apalagi kalau udah baca-baca https://www.reddit.com/r/AsianBeauty/, rasanya semuaaaaa mau dibeli. Saking hobinya coba-coba produk baru jadi bingung juga buat nentuin yang mana yang paling efektif buat kulit gue. Tapi sampai saat ini alhamdulillah belum ada yang kasih efek negatif.

Pasti ada pertanyaan. Dengan segitu banyaknya produk yang gue pakai, secakep apa sih muka gue saat ini? Hiiihh…masih belum jadi Dian Sastro, sis. Masih begitu-begitu ajaaaaa. Bekas jerawat masih di sana sini, kening udah mulai berkerut, pori-pori bisa buat nadah hujan. Tapi kalau dibandingkan tahun lalu waktu muka lagi kusem-kusemnya dan tiap bulan rutin panen jerawat, kulit wajah gue jauuuhh lebih baik keadaannya sekarang ini. Anehnya, bukannya puas, gue  malah makin penasaran mau coba-coba produk lain. Ketagihan! Maafkan aku suamiku *elus-elus dompet suami*

So, what’s your holy grail skin care/ make-up products?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

61 comments

  1. bemzkyyeye · · Reply

    Setelah gonta ganti ini itu, skrg hatiku berlabuh pd produknya Hedtutu. Udahlah krim siangnya cuma 2 bijik, krim maLam nya cuma sebijik. Ahh senang. Gw soalnya suka yg simple2, Rik. Pk Hedtutu ini enak banget 🙂

  2. aduuuh, hedtutu ini juga bikin gue penasaran abisnya banyak review positif dari banyak blogger kondang

  3. Rik, untuk mencuci muka coba deh Clarisonic Mia. Aku punya Mia 2 sudah beberapa tahun dan suka sekali. Katanya supaya product lebih menyerap ke kulit, kita harus bersihin muka dulu dengan maksimal. Pakai Mia 2, kulit terasa bersih dan lembut sekali. Untuk orang yang punya acne juga bagus. Aku pakai yang brush untuk sensitive skin.

    1. Aku udah lama banget naksir sama Clarisonic, Merry. Belum kebeli karena mahal aja dan juga karena ada yang bilang mechanical exfoliating gak bagus buat yang punya banyak broken capillaries. Berhubung aku memang punya broken capillaries yang tiap tahun kayanya tambah banyak aja, jadi takut nih mau pake clarisonic. Tapi kepingiiiin…. dilema deh

      1. Punyaku karena yg untuk sensitive skin sepertinya lembut sekali ngak berasa. Malah sama Cosmetician-nya di suruh pakai sehari dua kali. Aku sih setiap dua hari sekali karena kadang malas hehe… Brushnya aku buka dan rinse setiap kali pakai takut nanti jadi seperti sikat gigi clarisonic yang suka banyak gunk. Ada yg lebih murah sih yg mirip tapi menurut teman-teman ngak sebagus yg Clarisonic bahkan mereka jadi ngak mau pakai sama sekali. Asli beda sekali rasa muka kalau cucinya pakai ini. 😄

        1. Aaaaaaa, Merry. Aku jadi browsing2 clarisonic kan niiiih.
          Yang Olay Pro X itu gak bagus ya? Liat review2nya lumayan juga di amazon.

        2. Katanya sih beda dengan yang asli. Disini juga banyak yang merek lebih murah. Aku pakai sikat giginya sudah bertahun-tahun dan kalau pakai yang beli dari supermarket, beda sikatnya. 🙂 Cobain aja di Sephora 🙂

  4. Seru banget reviewnya.
    Kalo gw mah setia banget ama Loreal, mulai dari skin care ama kosmetiknya.
    Waktu umur 20-an pake Loreal White Perfect. Menjelang 30 udah pake Loreal Revitalift.
    Gw cocok sih pake produk ini. Jadi kalo udah cocok, gw malah males coba-coba yg laen.
    Tipe kulit gw kombinasi.
    Tapi kalo lagi winter, gw pake lip balm dan pelembab dari Palmer.

    Btw jadi penasaran ama ESP. heheh

    1. halo, vey. kebetulan banget gue baru baca review2nya loreal revitalift. katanya mengandung sedikit retinol jadi bagus banget buat anti-aging. tapi gue takut euy pake merk barat, umumnya kerasa berat di muka dibandingkan produk asia yg ringan2.

      Gue lagi nunggu misua bistrip nih buat nitip ESP, mau coba shade yg lainnya, biarpun katanya karena ini subtle banget, hasilnya bakalan tetep mirip sh

  5. Ya ampun Rika.. Udah jarang blogwalking eh sekalinya baca2 kok nemu post yang cucok di hati? Gawat iniii..

    Gue sekarang masih dalam fase ngabis2in skincare gue yang segunung itu, kayaknya kita ga boleh dilepas di toko skincar bareng deh bisa2 ntar kita borong 1 toko.

    Lo ga pake acid toner? Yang pertama gue coba itu mario badescu glycolic toner, so far cocok tapi lagi ganjen jadi gue sekarang nyoba pixi glow tonic. Hmm selain itu mungkin gue recommend lo pake retinol, gue pake paula’s choice 1% retinol tapi masih banyak merk lain yang bisa dibeli bebas dengan kadar retinol beda2 jadi lo bisa baca2 review dulu sebelum beli (kalo ga salah paling tinggi di kisaran 1%). Abis itu apa lagi ya.. Facial oil? Gue udah ngabisin trilogy rosehip dan rosehip antioxidant+, lebih oke yang antioxidant+ karena lebih stabil. Antipodes divine face oil kurang nampol di gue, lebih oily tapi ga keliatan jelas efeknya ke kulit gue. Daaan sekarang baru buka botol pai rosehip, teksturnya beda sama oil lain yang gue sebutin di atas, we’ll see deh gimana hasilnya. Last but not least: jangan lupa pake sunscreen ya kakaaa.. Lanjut di whatsapp aja kita? Kok comment gue kayak blogpost saking panjangnya.

    1. Udaaaaah. Udah punya retinol. My skin loves retinol tapi masih pake yg rendah banget sih kadarnya. Gue pake Philosophy Help Me yang kadar retinolnya cuma 0.15%. Berhubung udah mau abis gue lagi cari gantinya tapi sayang Paula’s Choice gak ada yg jual sih di sini. Lagi melirik retinolnya Alpha-H sama Sunday Riley Luna. Tapi Luna mahalnya kebangetan banget nih.

      Oil juga ada.Rosehip oil trilogy punya tapi ternyata lebih enak yang rosehip oilnya A’kin. Maracuja Tarte juga ada. Tapi gue kok ngerasa kulit gue lebih cocok sama krim ketimbang pure oil begini. Kalo pake oil ditahap terakhir paginya pori2 gue malah lebih mangap.

      Sekarang ini gue lagi suka banget sama sheet mask dan sleeping pack. Duh, bangkruuuut.

    2. eh iya. Gue punya pixi glow tonic tapi kayanya malah jadi over exfoliate gitu deh. Bikin muka kering, kusam dan pori2 gue membesar drastis. Udah dua minggu gue berhenti pakai dan pake AHA pun sekarang cuma 1x seminggu, lumayan pori2nya mingkem lagi. Jadi sekarang gue balik pake lotionnya kose sekkisei aja dan menghilangkan step acid + hydrating toner.

      Merk2 Korea katanya acid tonernya lebih gentle. Malah ada kategori exfoliating toner yang juga sekaligus hydrating toner. Gue penasaran tapi skincare masih segunung nih. Yang belum dibuka dari kardusnya juga banyak 😀

  6. doh….. banyak banget peralatan lenongmu mbak 😆

    1. yang ditulis di sini mah belum apa2 sama yg ada di lemari kamar mandiku…hahahahahha. Barang2nya Mikko kegusur semua

  7. Kak rika. Tanya-tanya sedikit boleh kak?
    face cleansernya itu aman utk kulit remaja kah (20th-an) maksudnya kak) hehe atau kak ada rekomendasi gak buat mencerahkan kulit wajah kak? Warna kulit wajahku gelap kak, pengen bgt punya yg cerah. Mau coba skin care tapi takut salah. Kulit wajah sih gak sensitif2 bgt kak. Cuman kalo lagi jarang cuci muka+banyak pikiran pasti timbul jerawat deh kak. Ada saran yg tepat gak kak bagusnya cleanser sama cream buat aku apa? Thanks before kakk

    1. Face cleansernya aman kok buat remaja. Buat balita aja aman. Kupakein juga buat anak2 mandi dan cuci muka.

      Kalo untuk kulit cerahnya….hmm, bingung kasih saran buat remaja karena seumuran kamu dulu aku belum kenal skincare samsek. Mungkin bisa coba Kose sekkisei lotionnya itu ya. Atau coba cuci muka pakai konjac sponge, itu juga membantu bikin kulit lebih cerah.

      1. Kose sekkisei sama konjac spongenya bisa di dpt dimana ya kak? Maaf kak kalo banyak tanya

        1. konjac sponge di watson kayanya ada deh. Kose sekkisei di swalayan seperti metro, seibu, debenhams gitu. Bisa juga coba vit C OST 20. Itu juga berfungsi bikin muka cerah, biasanya sih di jual di olshop

        2. Emm oke kak. Aku coba dulu deh recomend dari kak rika. Thanks before ya kak buat recomendnya hehe

        3. semoga sukses ya. akunya malah jadi deg-degan nih takut salah kasih saran

  8. Review masker dong kakaaak~
    Gw jarang2 pake masker, baru mulai rajin pas hamil trimester 3. Mulai dr mask sheet Taiwan dan Korea sampe masker bubuk bengkoang Mustika Ratu. Rajin bgt deh dan ternyata terbukti ngefek jd diterusin sampe skrg :))

    Akuh pun mupeng SKII tp ga kuat jd pake Secret Key yg konon katanyaaa dupenya. udh habis sebotol, skrg galau mau nyoba yg mana lagi, mau riset dulu cari review :))

    1. Aku baru kenalan nih sama masker beberapa minggu lalu. Sukaaaa banget pake mask sheet tapi sayangnya mahal. Aku beli mask sheet yang kosong trus kubuat sendiri cairannya pake toner/serum yang ada dirumah. Suka bikin juga ramuan madu+green tea+ susu, abis dipake muka lengket-lengket karena madu tapi gak aku cuci, langsung aja aku timpa pake krim malem dan sleeping pack. Besok paginya baru cuci muka dan muka jadi cerah, lembab, empuk, pori2 mingkem.

      Terus terang SKII FTE sekarng ini udah gak ada ngaruhnya di muka ku. Aku udah beli dupenya COSRX Galactomyces95. Tapi baca2 review dupe SKII yg paling bagus tuh Missha FTE. Aku pernah pake dan lumayan bikin muka kinclong

  9. Astaga, Rik..😱 Banyak kali eksperimen kamu.. Sejak 6 tahun yg lalu saya mah memantapkan pilihan ke the BodyShop utk skin care dan Jane Iredale utk make up..

    1. Yang gak ditulis di sini lebih banyak lagi, Emmy 😀
      Duluuuu banget waktu masih muda (ciyeee) gue pernah cobain bedak compact-nya Body Shop, eh terus bikin kulit gatel dan jerawatan. Gara-gara itu jadi takut sama body shop kecuali untuk body butternya

      1. Udah pernah nyoba minum vitamin E? Saya mah mujarab pake itu, jerawat berkurang banyak.. Udah sekitar 10 tahunan rutin minum itu..

        1. waw, gue malah baru tau ada pil vit E dan bisa dipake buat mengurangi jerawat. Halooo…kemana aja nih gue? Harus banget gue coba. Makasih, Emmy

  10. Woooooow keren banyak nyoba nyoba ya..
    sekarang ini lagi booming boomingnya exfoliator serum. Lagi nyoba bravura london yang salicilic acid dan gycolic acid.. ga terlalu mahal sekitar 10gbp. Sebener nya pengen nyoba Kypris karena embel embel green skin care nya.. tapi mahal ciiinnn…

    Begini ih yang umur 30an tapi tetiba di kunjungin sama jerewi jerewi. @_@

    1. Halo Christina. Ayo tos dulu. Kesel banget ya udah umur 30an gini tiba2 dapet bonus jerawat.
      Exfoliation toner gue punya si Liquid Gold itu. Trus gue beli juga yang merk Korea Mizon AHA 8%, cuma 13 euro kalo ga salah harganya. Murah amat lah. Trus ada juga COSRX BHA. Semuanya oke sih tapi kalo mau hasil yang cepet si Liquid Gold yang paling efektif.

      Iyaaa…Kypris itu menarik tapi mahaaaal. Gue juga kepingin nyobain Sunday Riley, tapi itu lebih mahal lagi. Halah!

      1. ini merk korea kok namanya lucu2 sih..ada mizon (kayak air minum ) dan secret key..baru denger jg..yg di korea malah ga pernah liat haha

  11. Pake Yasmin emang ampuh ya mba. Dulu sempet pake juga cuma setelah tambah montok jadi berenti deh ahahaha. Wah biasanya kalo orang hamil malah jerawatan, mba Rika malah glowing ya? 😀

    1. Mayaaaa….ktia senasib ya. Pake Yasmin muka mulus tapi kepingin kurus. Dilemaaaaa. Walaupun kalo baca2 di internet, seharusnya Yasmin gak bikin gemuk. Tapi setelah berhenti Yasmin berasa sih aku lebih sering pipis, lumayan ngeluarin beberapa gram kan 😀

      Banyak kok orang yang pas hamil malah glowing. Tergantung kadar hormon di dalam tubuh kayanyanya. Aku sepertinya memang kekurangan estrogen jadi pas hamil dapet estrogen tambahan malah bagus buat kulitku

      1. Iya iya bener mba Rika. Aku biasanya beser an eh pas minum Yasmin malah ga beser padahal banyak minum. Udah ga minum ya beser lagi hahahaha
        Enak mens juga lebih teratur dan gak sakit. Bebas jerawat. Yaaah akhirnya berenti gara2 tambah montok aja sih 😆
        Iya, tergantung hormon emang. Katanya ya udah lewat umur 30 jerawat pada bye gone tapi ternyata masih aja meraja lela. Terakhir nih, pasrah pake cream dokter mba. Baru deh mendingan. Kalo pake cream yg di jual bebas, langsung deh jerawatan lagi 😀

        1. Udah coba exfoliating toner belum? Kalo ke dokter kan biasanya juga krim/lotionnya mengandung exfoliator, atau bisa juga ikut proses peeling di ruang dokternya. Buatku sih peeling-peeling-an ini membantu banget mengontrol jerawat.

        2. Oya? pernah disaranin sih untuk peeling sama dokter tapi belum berani coba.
          Nyokap tuh udah pernah nyoba kok hasilnya kayak korban KDRT ya :lol:, hitam hitam gitu walaupun 2 minggu kemudian jadi kinclong. Wah kalo bantu boleh juga tuh ya di coba. Sekarang lumayan sih jerawatan kalo udah mau mens aja

        3. nah, memang kalo sama dokter suka dikasih peeling so strong yang bikin muka merah2 itu. Peeling lotion yg dijual bebas malah banyak yg lebih lembut. Hasilnya sih gak sedrastis kaya hasil dari dokter tapi udah oke banget kok.

  12. E bujut rika lo bisa buka toko ini euy hahaha!! Gue males bgt ganti2 skin care selaen medit, suka sakit ati klo ga ada perubahan. Jadilah dr dulu pake Kiehl’s aja sama facial scrub nya kalo ga Lush ya Dermolin, pokoknya yg ga ada paraben dan se mild mungkin. Serum gt jg ga pake krn suka break out. Yg khusus paling gw facial aja dua bulan sekali. Cm semenjak hamil dan skrg menyusui gw anti sama pemakaian produk2 gt, gatau napa gw takut aja ada racun masuk ke ASI (parno) Intinyaaaa ga punya HG skin care hahaha panjang kali pun komen loe piii!!

    1. Hobi gue di sini ngasih sample ke temen yang lagi cari2 skin care, abisnya banyak banget sih yg gue punya, hahahahahaha
      Gue pernah tuh pake Kiehl’s midnight recovery serumnya jaman baru kenalan sama skin care, lumayan bawa perubahan signifikan banget loh ke kulit gue.
      Gue justru kenalan skincare karena pas hamil jadi jerawatan, seinget gue yang waktu itu gue hindari cuma AHA sama BHA aja sih. Sekarang udah gak hamil acid products gue mah bejibuuun 😀

  13. Gilaaa… Rik, lu bilang ini cuma sebagian kecil alias yang lu pake belakangan? MAKJAN! Sudah berapa banyak yang lu makan selama ini?? Gileeee… Segini aja kayaknya gak sampe seluruh produk yang pernah gue pake seumur hidupkuuuu….

    Gue sampai sekarang juga suka ada masalah jerawat-jerawat kecil di dahi kayak org biang kringet, lalu di bawah mata, flek-flek hitam sudah mulai keluar tipis2 samar. Tapi kemudian gue berpikir, kalau gue pakai produk, gue malah serem malah nanti begitu gak pakai, malah jadi parah. Jadi gue maju mundur utk pakai produk kecantikan, termasuk mengkonsider juga rasa malas gue yang menggelora. So for now, let me stick with air keran and pelembab murahan untuk daily routine.

    1. Iya sih, Le. yang namanya skin care memang sebenernya buat pemakaian terus menerus karena intinya memang maintanance, bukan instant repair. Dulu gue juga kaya elo, males mikir harus make terus2annya itu eh, ternyata malah ketagihan, HAHAHAHAHAHA.
      Tapi kalo kulit gue kaya elo sih gak usah pusing-pusing mikirin skincare, Le. Gak pake apa-apa aja kulit lo bisa kinclong begitu. Bikin gue sirik deh

  14. wah jadi tertarik ama sekisei,,tp produk jepang di korea jadi mahal…trs pengen olay jg haha
    racun ini mbak rika
    idan reviewnya komplit plit…
    eh tapi sebagai orang yg tinggal di kroya kok ga pernah denger merk OST yak,..jadi penasaran hihi..
    tp emang banyak produk korea yg suka aku denger namanya dari orang yg ga di korea haha

    1. aku malah terakhir ini beli sekiseinya dari korea – testerkorea.com. Lumayan murah2 produknya di situ.
      Heeeii, orang Korea…jadi di sana yang ngetop merk apa aja? Bagi2 info dong. Merk-merk macam mizon, cosrx, benton itu katanya memang merk kecil, dan ada sejuta lagi merk-merk seperti itu. Tapi heran juga ya kok bisa terkenal dan terkenalnya pun malah di luar Korea. Ada yang bilang kalo di Korea yang terkenal tuh (mungkin maksudnya yang banyak tokonya) innisfree, etude sama nature republic. Bener kah?

      1. Klo macam face shop nature etude dan innisfree emang tiap pengkolan ada tokonya…yg terkenal apa ya..yg suka di review ato dipake artis kali ya
        Yg terkenal itu kayaknya sekarang iope laneige sk2 l’occitaine jo malone (2 terakhir sering banget liat ada ug nenteng)
        Dan kata temen ada jg merk yg emg dibuat khusus ekspor
        Tp emang merk kosmetik di sini banyak banget nget..berhubung orang2nya jg gemar merawat diri

  15. Mbak Rika, cream atau sejenisnya yg ampuh buat ngilangin kantong mata apa ya? Ada rekomendasi nggak? Thank youuu 🙂 🙂

    1. Kantong mataku juga bermasalah nih. Gelayutan 😀
      Aku sih gak pake eye cream samsek karena ada yg bilang eye cream itu sebenernya gak beda sama pelembab muka, jadi aku sih semua yang kutaro dimuka, kutaro juga di sekitar mata, terutama moisturizer.
      Dan perasaanku pake mask sheet juga membantu mengurangi kantong mata deh

      1. Oh gitu ya Mbak.. Iya sih bisa jd begitu. Oke deh aku coba jg aplikasiin moisturizer di sekitar mata. Lumayan lah ya menghemat beberapa ratus ribu soalnya kan eye cream mahal juga 😦 Thanks Mbak! 🙂

  16. Aku masih setia pake SK II (bikin glowing, tapi sayang gak acne preventive!), honey & milk body cream Oriflame (cocok dan murah!), nivea lip care, Avene eau de thermal/bodyshop vit C spray. Baru nyoba kiehls moisturizer tapi lg jerawatan parah (awalnya cuma satu dua, terus jd banyak), jd terpaksa ke dokter deh 😦 Next share peralatan lenongnya donk mbak :p

    1. SKII FTE aneh banget efeknya di kulitku. Kalo makenya di Indonesia hasilnya pasti maksimal, muka jadi glowing dan bersih tapiiiiii…begitu dibawa ke finlandia khasiatnya langsung hilang. Gak ada efeknya ke mukaku, pelan2 muka pun jadi kusam.
      Heran banget deh, udah beberapa kali kubuktikan.

      1. eh iya, kalo buat lenongan aku masih amatir banget. baru sekedar pake bedak sama lipgloss/ lipstik aja. yang lain2nya masih gaptek 😀

  17. Halo Mbak Rika, share donk step skin care yg dipake AM dan PM 🙂

    1. aduuuh, maluuuuu 😀

      kira2 gini:

      AM:
      – cleanser: Eucerin
      – Vit C OST 20
      – Toner Sekisei
      – Hydrating toner Laneige Power (kalo rajin)
      – SKII FTE
      – Scinic AIO ampoule
      – Emulsion: Naruko Lupin
      – Moisturizer: Kose sekisei cream/ Skin Ceramic donkey milk and yoghurt
      – Sun screen: Wardah spf30

      PM:
      – double cleansing #1: cleansing oil sulwashoo
      – double cleansing #2: Eucerin washlotion
      – AHA lotion liquid gold/ OLAY microdermabration (seminggu sekali)
      – Toner: sekisei lotion
      – hydrating toner laneige power (kalo lagi rajin)
      – SKII FTE
      – Scinic AIO ampoule
      – mask sheet (dua atau tiga hari sekali)
      – Emulsion: naruko lupin
      – Moisturizer: Kose sekisei cream/ skin ceramic donkey milk and yoghurt
      – sleeping pack: mizon good night white sleeping pack/ cosrx nourishing rice face spa
      Tambahan: kadang kalo lagi kepengen pake face oil, kadang2 juga pake retinol cream dan lumayan sering pake spot treatment buat ditotol-totol ke jerawat

      Wuidiiihhh, panjang juga ya. Tapi pas dijalanin sih gak berasa. Malahan enjoy 😀

      1. waaaa bener2 ngejalanin 10 step skin care routine ya, mbak… aku juga baru mulai nih. Ada beberapa merk di atas yg belum tau, kayak Naruko Lupin sama Scinic AIO. Biasanya beli yg produk korean lewat toko online apa mbak? Yang gampang dikirim ke Eropa.
        Makasih mbak Rika udah share 🙂

        1. kadang2 suka males juga sih dan trus tidur cuma dengan pake moisturizer.
          Naruko aku juga baru kenalan, ini merk Taiwan dan harganya sangat bersahabat. Aku coba emulsionnya ternyata enaaaaak banget. Suka deh.
          Kalo scinic AIO lagi naik daun banget nih. Dia dupenya sharashara AIO tapi harga jelas lebih miring. Aku coba yang honey enak banget untuk melembabkan muka.

          OLshop yg kirim ke eropa udah banyak banget kok. Untuk produk2 korea ada: testerkorea, roseroseshop, beautynetkorea, alphabeautyuk, jolse.com.
          trus ada juga bonjourhk, cosme-de.com, sasa.com yg basenya di hongkong dan jual berbagai macam merk skincare/kosmetik mulai dari merk2 korea, jepang, cina, taiwan dan barat

  18. saya masih setia ama eskaduwa, tapi cuma ftcl ama fte-nya doang.. karena katanya aman buat bumil.. apa sama di yurop juga mahal banget??

    1. di yurop adanya di UK aja dan harganya masya allah, dua kali lipat. Aku sih dulu beli dari hongkong di website bonjourhk.com. Harganya lebih murah dari di counternya di Indonesia.

  19. Bookk wooww gileee… tahap skincaremu bener2 bak korean yaa.
    Gue dulu juga sempet banget pengen gituu… tapi ternyata cuma cita2, jalaninnya kok malay…

    Tapi ini skincaremu kayaknya pengen aku jajal deh… behubung kayaknya kulit kita sejenis (kulit guwah sensitif kelas berat dan gampang banget jerawatan)
    Waktu di Indo dan coba Good Genesnya Sunday Riley merasa kulit mendingan, tapi pas pindah ke enzet hasilnya beda berat dan malah bikin keluar jerawat kecil-kecil di jidat (walopun curiga sunscreenku yang bikin begini jugaa)

    Dan baru-baru ini mau nangis gara-gara lagi nyoba obat jerawat clearasil, dan bukannya clear, di hari kedua muka malah merah rata semuka, bruntusan, dan gatel2. Dan ini udah lewat 2 minggu gatelnya masih ada, walopun merahnya udah ilang. Neraka!

    Jadi merasa bersalah ke kulit dan ingin memupurinya dengan krim-krim penuh gizi.
    Makasih postingannya maakk… very insightful yet bakal bikin bokek!

  20. […] pake skin care-nya juga gak ngerepotin koq. Cepet karena semuanya cepet menyerap. Kayak yang Rika bilang, sekalian bisa me time! […]

  21. Itu bedak Palladio kok gambarnya sama bangettt dengan bedak Fanbo? Saya kaget, kirain Fanbo hebat bener ampe dijual di Finland. Ternyata gambarnya doang yang sama.

    Mb rika masa sih mukanya banyak bekas jerawat? kayaknya saya tiap lihat potonya selalu terkagum-kagum dan penasaran rahasianya apa mukanya muluss. 😀 Bekas-bekas jerawat saya di poto mah keliatan banget, apalagi kalo ada temen yang bawa SLRnya. Dih, pingin dibanting tuh kamera rasanya. Dulu saya juga bolak-balik E*ha, tapi akhirnya saya berhenti karena kok muka kayaknya lama-lama kebal ya.

    Suka iriiii dengan yang bisa pake produk OTC, kalo saya yang ada jerawatann. Baca review mb rika cuma bisa pengen doang, nyobain gak berani. Tapi saya seneeng post inii lucu banget. Makasi lo mb atas postingan yang menghibur ^^

  22. Skincare ku cuma Sunday Riley yang ceramic slip, habis itu pake good genes.. Kelar ga pake apa-apa lagi hahaha (super pemalasss).
    Tapi kayaknya dua produk itu udah cukup mumpuni deh di aku, soalnya cuma pake itu aja tapi pori-pori mukaku mengecil dan jadi ada efek glow nya gitu.

    Pas aku baca postingan ini terjawab sudah kenapa mukamu kinclong kece mba….. Banyak banget yang dipakeeee hihihi. Ga shanggup aku mengikuti jejakmu. Btw mba Rika reviewnya enak dibaca dan bahasanya lucu deh, jadi pengen ikutan comment padahal biasanya daku silent reader loh..

  23. imavandam · · Reply

    halo mbak, salam kenal dari aku…mampir ke blog ku ya, hehe aku baru bikin gara2 baca2 blog mu dan akhirnya saya memutuskan untuk bikin blog jg gtu…

    1. halooo, wahh selamat ya buat blog barunya. nanti aku baca

  24. emang reddit AB bikin bokek!! aku juga daku termasuk salah satunya yang suka kepo berakhir bokek hahaha.. Kmaren2 sih yang ngetrend LJH tea tree essence, sama beauty of joseon dynasty cream.. ayo mba bagi racun lagi dong hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: