resep: nasi goreng thailand

Halooooo…..

Kembali lagi dengan resep-resep gembira dari rumah burung hijau. Kali ini resepnya bukan resep super mudah dengan banyak jalan pintas seperti sebelumnya tapi tingkat kesulitannya juga gak tinggi, kok, karena kalo susah ya gak bakalan gue tulis, apalagi dicoba di dapur!

Kalo latihan gamelan di KBRI biasanya ada aja suguhan makanan yang enak-enak, salah satunya nasi goreng yang dibeli dari salah satu restoran Thailand di Helsinki. Gue lupa nama restorannya tapi kalo rasa nasi gorengnya sih terkenang-kenang terus di lidah. Saking sukanya sama nasi goreng ini, gue coba-coba bikin versi KWnya di rumah. Bahannya dikira-kiri sendiri berdasarkan pengecapan lidah. Ternyata hasilnya sangat memuaskan. Satu rumah lahap makan kalo hidangannya nasi goreng ala thailand.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk nasi gorengnya adalah sebagai berikut. Untuk takaran pada pake feeling aja ya, sesuka-sukanya sendiri aja.

– Bawang merah, cincang halus

– Bawang bombay, cincang kasar

– Bawang putih bubuk

– Daun ketumbar segar, iris akar dan batangnya untuk bumbu masak dan iris kasar daunnya untuk garnish

– Cabe rawit

– Kecap ikan

– Saus tiram

– Jeruk nipis peras

– Daging ayam cincang

– Telur, kocok lepas

– Udang besar, kupas kulitnya

– Cherry tomatoes, belah dua

– gula, merica

wpid-20150427_121405.jpg

Seharusnya pakai udang besar seperti tiger prawn, tapi kemarin itu pak suami salah beli udang di supermarket. Untunya tetap enak.

Cara masak:

– Tumis bawang merah, bawang bombay,  dan cabe rawit hingga layu kemudian masukan kocokan telur untuk membuat telur orak-orik

– Masukkan daging ayam cincang, masak hingga ayam matang

– Tambahkan bawang putih bubuk, gula, merica, saus tiram dan kecap ikan

– Masukkan nasi

– Tambahkan bumbu2an (gula, merica, saus tiram, kecap ikan, irisan akar/batang ketumbar dan cabe rawit) sesuai selera sampai rasanya pas di lidah, asin-asin pedas

– Masukkan udang dan tomat yang sudah dibelah dua, masak dengan api kecil atau matikan api sama sekali supaya udangnya tidak terlalu matang dan mengeras. Udang harus terasa lembut dan juicy sebagai hasil akhirnya.

– Bila udang sudah dalam konsistensi yang tepat, segera matikan api dan kucuri nasi goreng dengan air perasan jeruk nipis

– Terakhir, taburi dengan daun ketumbar cincang

– Cepat hidangkan selagi panas, sebelum udangnya mengeras

– Hidangkan dengan taburan bawang goreng biar tambah enak dan, bila suka, bisa ditambahkan juga  dengan taburan kacang goreng

– Makan nasi gorengnya sambil dilengkapi dengan timun dan wortel iris sebagai lalapan

Trus, biar rasanya makin sempurna kaya Andra and The Backbone, nasi goreng ini dihidangkan juga bersama sambal thailandnya.

Bahan-bahan untuk sambalnya (seperti biasa, takarang suka-suka)

– Bawang putih, cicang

– Bawang merah, cincang

– Cabe rawit, cincang

– Sedikit jahe, cincang

– Akar dan batang koriander, cicang

– Serai, cicang

– Gula pasir

– Kecap ikan

– Kecap asin thailand

– jeruk nipis

– Gula pasir

– sedikit air putih

wpid-2015-04-27-12.03.20.jpg.jpeg

Untuk membuat sambalnya gue biasa pakai ulekan yang dalam seperti mangkok tapi teman-teman asli Thailand biasanya bikin sambal seperti ini pakai Kruk, ulekan dari tanah liat yang bentuknya seperti mangkuk besar (atau ember kecil) dan ulekan kayunya

Cara membuatnya:

– Ulek kasar campuran bawang merah, bawang putih, cabe rawit, jahe, akar/batang ketumbar, serai dan gula pasir di dalam mangkok atau ulekan

– tambahkan kecap ikan dan kecap thailand

– tambahkan sekitar 2-3 sendok makan air putih

– tambahkan perasan air jeruk nipis sampai didapat rasa asam yang sesuai selera

Campuran cabe rawit dan jeruk nipis bikin sambelnya ini nyelekit di lidah tapi bikin nagih. Cocok banget disandingkan sama nasi goreng yang rasanya juga senada: asin, asem, pedas. Ceileee, senada seirama nih ye!

wpid-20150427_121422.jpg

wpid-20150427_122231.jpg

Sami si monster ketimun. Anak ini kok suka sekali makan timun. Seperti kancil!

wpid-20150427_125557.jpg

Kai yang sangat picky eater. Gak suka udang, dan gak suka ijo-ijo dedaunan, jadi sebelum makan sibuk nyisir nasi dulu. Tapi kalo makan nasi gorengnya aja bisa satu bakul.

Berhubung anak-anak gak bisa makan pedas, gue masak nasi gorengnya tanpa cabe sama sekali. Kompensasinya, di piring sendiri nasinya gue banjur pake sambel segayung. Walhasil bibir ngejeding sehabis makan. Tapi gak fafah…yang penting enaaaaaaaaaaak.

Kalo mau lebih berasa lagi thailandnya, bisa juga nasi goreng dihidangkan dalam wadah buah nanas kerok. Tapi malas amat ya, malih, ngerok nanas segelondong? Mending juga kita tiru cara makannya Mikko yang nyendok langsung dari penggorengan. “Abisnya enak banget, sayang. Aku gak bisa berhenti makan”. Aih, aiiiih,…istri kan jadi ge-er!

Advertisements

28 comments

  1. Advance sekali sepertinya kalo baca resepnya Mbak Rika. Seger bener ya pake kucuran jeruk segala di nasinya. Ulekan sambelnya menggoda bangett.

    1. ini mah gak advance daniiiiii. gampil banget ini mah

  2. Chef Rikaaa *sungkem*

    1. chefat lafar
      nah, ini baru bener nih 😀

  3. Siap dicobaaa…kapan-kapan. Makasih resepnya mbak Rika 🙂

    1. sip…sip…
      sama-sama desy

  4. Hahaha mantap ni resepnya dapur rumah ijo burung-burung ijo….

    1. rumah ijo burung-burung ijo
      saingan sama cita cita cita citata 😀

      1. Wkwkwkwk…

  5. melihat penampakannya sudah bisa dibayangkan rasanya. Apalagi ada jeruk yang dikucurkan di atas nasi goreng itu, nyammm …

    1. bener…nyam banget
      nasi goreng yang seger, asem, pedes

  6. heuuu, pak Mikko mirp sama ibu aku, kalo masak nasgor sukanya langsung makan di wajannya 😀

    1. lumayanlah, biar cucian berkurang 😀

  7. Pengen praktekin ahh buat akang pacar,kebetulan dia masih bs mkn seafood dan doyan pedes hehehe

  8. qonita · · Reply

    Kai kok gak suka udang..kan udang itu enak banget…
    pengen praktekin tp males ngulek hihi..beli yg jadi aja yak haha

  9. Halo, akhirnya gulung tikar jadi silent reader hehehe
    samiiuuunn lucu baangeet ya ampun rambut berantakannya malah bikin makin emesh 😀

    1. Halo, Rahma. Komennya lama dibales gini jangan-jangan udah bentang tiker lagi ya? Hihihihihih

      1. Demi samiun apasih yang engga *fansgariskeras* hihihihi

  10. Mbak Rika! Aku dulu kayaknya pernah nyontek resep lasagna praktis dr blog ini deh? Jaman blm interaktif sama blogger lain alias SR doang *halahhh interaktif :’)))). Salam kenal yaaah 😉

    1. Dilaaaaaa. Aku juga SR di blog kamu 😀

  11. nayza azzahra · · Reply

    salam kenal mba Rika.. selama ini aku jadi silent reader..
    ehh pas liat resep ini kok ya bikin pengenn juga yaa..
    makasih resepnya mba…

    1. sama-sama, semoga sukses mencoba resepnya

  12. Swastika Nohara · · Reply

    Menarik juga buat dijajal! Kalau udang diganti teri medan, bisa kak?

    1. belum pernah coba sih, tapi kayanya bisa aja ya…jadi nasi goreng teri ala thailand

  13. Sindyta · · Reply

    Silent reader selama ini dan udah cobain bikin 2x dan sukses 2-2nya. Tapi aku ganti daun ketumbarnya jadi daun jeruk mbak. Sampe pacarku komen “nanti kalo udah serumah bawain aku ini yaaa, enak banget” langsung jumawa. Makasih ya mbak resepnya

    1. wuidiiiih, jadi bikin pacar makin kepincut ya. Sukses berat nih masaknya. Aku senaaaang 🙂

  14. Reblogged this on Ichy's Blog and commented:
    Sebelum nyoba, ku reblog dulu ya, mbaakk.. Siapa tau sebulan terakhir di asrama ini aku niat buat bikin 😀 😛

  15. Jadi pengen coba nih,,jadi penasaran dan tambah lapar,,dan mau nyoba nih di kost, ,makasih ya sudah share ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: