satu lagi resep dari mertua – lihapullat alias bakso a la finlandia alias the finnish meatballs

Alkasih 12 tahun lalu waktu gue mulai merantau ke Jerman, gue berkenalan dengan Ikea. Selain jalan-jalan liat perabotannya yang oke punya pastinya dong tak terlewatkan kunjungan ke restorannya Ikea yang terkenal itu. Kata orang-orang sih makanan andalannya berjudul Swedish Meatballs. Tapi apa daya, yah,…meatballsnya pake ibab, ane jadi kagak bisa makan.

Makanya, setelah Ikea buka cabang di Indonesia, bisa dipastikan gue pun langsung ngebut ke Alam Sutra demi ingin merasakan si bakso swedia yang terkenal itu. Ngeeeeeng….mobilku melaju. Eh, gak ding,…wong waktu itu gue naik angkot, trus diturunin di tengah jalan karena sopirnya mau muter balik ke BSD, trus keujanan, trus harus manjat pagar untuk bisa masuk ke trotoar dan trus jalan kaki sampai ketemu halte shuttle bus alam sutra. Ternyata bisnya cuma sampai Mall Alsut! Ya, udah deh, terpaksa gue mampir dulu dan makan sate padang Mak Syukur di sana. Abis itu baru lanjut naik ojek ke Ikea.

Wuaaah, perjuangannya panjang sekali ya demi bakso doang?

Di Ikea gue bertemu Tami, temen gue yang lagi renovasi rumah dan sekarang sibuk cari-cari perabotan. Satu putaran di sana, baru deh kita masuk ke restorannya. Yesss…bakso swedia gak pake babi, aym kaming!

Pas udah dimakan…..lho, kok? KAGAK ENAK, MALIH!

Ih, kecewa! Aku kecewa! Penantian 12 tahun langsung dimentahkan sama bakso yang rasanya malah bikin gue eneg.

Selama ini kan gue udah sering bikin meatballs sendiri hasil menimba ilmu sama mertua. Dan rasanya enak, tuh. Gue berharap yang punya Ikea harus lebih enak lagi dong, secara populernya mendunia gitu loh! Tapi di lidah gue kok rasanya seperti lilin playdoh? Ini pasti karena gak pake babi!

Di Finlandia sendiri meatballs seperti di Ikea itu memang banyak ditemui, sama lah dengan di negara-negara nordik lainnya. Memang udah jadi makanan sehari-hari-nya orang utara sini.  Daging yang dipakai bisa bermacam-macam tapi kalau di Finlandia sih paling banyak pakai daging sapi. Yang juga lumayan terkenal adalah meatballs pakai daging poro (reindeer), tapi gue gak suka karena bau dagingnya yang mirip kambing.

Nah, berikut resep lihapullat alias the finnish meatballs hasil ajaran mertuaku yang pinter masak itu. Resep ini gue copy paste dari blog lama yang sekarang udah ditutup. Sekarang gue tulis lagi di sini buat gue bagi-bagi ke kalian semua, wahai pembaca yang budiman, biar gak usah jauh-jauh ke Ikea kalau cuma mau makan baksonya orang bule doang. Bikin sendiri di rumah pasti lebih enak deh!

LIHAPULLAT (aka the Finnish Meatballs)

BAHAN-BAHAN:

800 gr daging cincang
4 butir telur
2/3 cup tepung roti
2 pak bubuk onion soup instan (gue biasa pakai merk Knorr)
garam dan black paper

CARA MEMASAK:

panaskan oven 200 derajat
– campur bubuk sup bawang dan telur di mangkok/baskom besar, kocok dengan garpu/whisker
– masukkan tepung roti
– masukkan daging
– gunakan tangan untuk mengaduk-ngaduk adonan daging tersebut
– tambahkan garam dan merica secukupnya
– gunakan tangan untuk membulat-bulatkan adonan dan letakkan di atas loyang yang udah dilapisi bakpapier supaya gak lengket-lengket (bakpapier itu apa ya bahasa indonesianya? yah..bahasa inggrisnya gue juga gak tau…bake paper? parchment paper?)
– ukuran baksonya terserah aja. Gue biasa bikin dua ukuran, sebesar bakso tenis dan yang kecil-kecil seperti di Ikea
– panggang di oven 20-30 menit
Selesai deeeeh. Begitu keluar dari oven wanginya bener-bener bakal bikin ngeces.

Lihapullat ini biasa dimakan dengan kentang rebus atau mashed potato sambil diguyur dengan saus jamur. Gue sih beli yang instan aja untuk mashed potatonya. Kalau saus jamurnya ada lagi resepnya, masih dari mertua.

SAUS JAMUR

– 3 sendok makan tepung terigu yang dicampur dengan setengah gelas air sampai merata
– panaskan campuran tersebut di panci kecil, kalau adonannya jadi terlalu kental dan susah diaduk tambah lagi airnya
– masukkan 200gr jamur segar, terserah jamur apa saja
– tambahkan 100 ml cooking cream
– tambahkan 200 ml susu segar
– tambah kaldu (blok/bubuk/cair)
– garam, merica, gula secukupnya
– tambahkan satu sendok makan mentega

Kekentalan saus jamurnya silahkan atur sendiri, tinggal tambah atau kurangi tepung, air dan krimnya. Berapa banyak jamur yang dipakai juga bisa dimodifikasi sesuka hati.

Kalau mau lebih simple lagi pakai aja saus jamur instan beli di supermarket, biasanya dijual di sachetan seperti sup instan. Sup krim jamur instan juga bisa loh dipakai sebagai saus jamur, tinggal kurangi aja pemakaian air dari biasanya biar hasilnya kental seperti saus.

Begini umumnya penyajian lihapullat. Gue sendiri gak suka saos longanberry yang ada di gambar tersebut.

Gampang banget kan resepnya? Gak sampe satu jam jadi deh tuh. Jangan lupa makannya pake sayur mayur. Setup wortel dan buncis misalnya kaya makan bistik jawa. Atau asparagus, atau sayur-sayuran seger, wortel, timun, selada, dll.

Dengan resep ini kita bisa dapetin sekitar 25 bakso tenis yang aman disimpan di freezer kalau makannya mau di bagi ke beberapa hari. Kadang gue cuma bikin setengah adonan untuk sekali makan aja sekeluarga.

Trus… dimakan gitu aja jadi cemilan juga enak loh. Begitu baksonya keluar dari oven gue gak tahan untuk gak nyomot dua-tiga biji dan dimakan bulet-bulet.

Dan seperti biasa, resep mertua ini pakai banyak jalan pintas, makanya simpel banget. Kalo resep tradisionalnya kita harus pakai roti tawar yang disobek-sobek trus dibejek-bejek ke adonan daging, sama mertua diganti jadi tepung roti. Di resep asli harusnya pakai motong-motong bawang bombay, bawang putih, parsley, dsb tapi di resep mertua tinggal pakai bubuk sup bawang instan. Pokonya cepat dan gampang lah. Sekali kedip jadi deh tuh bakso finlandia. Selamat menikmati!

Knorr onion soup mix. Salah satu bahan penting dalam resep.

51 comments

  1. Wah enak kyknya, mau coba ah, kebetulan ada tepung roti nganggur. Makasih resepnya mbak.

    1. kalo udah jadi kirim ke sini ya, tik…hihihihhi

  2. sakti mertua lo, dari resep lasagna kilat (yang pas gue bikin dibilang penampilannya mirip kari sama laki gue *rajam*) sampe resep bakso super cincay ada semua! cintaaaaaa…..

    *bookmark* 🙂

    1. doi dulu koki di sekolah bo. Bayangin kan masak buat ratusan anak gitu. Makanya doi tau resep2 gancil yg banyak jalan pintasnya

  3. *screencapture*
    Thank you mba rika :))

  4. Nggak enak ya? Yawes aku makan Bakso Sayang Bu Etik (spesial pake jeroan) sajah, hahaha.

    1. Mem, kenapa baksonya harus disayang mem? Enak banget ya jadi makannya disayang-sayang? 😀

  5. Ya ampun udah di bela-belain gak enak pulak. Iya daging poro gue jg gak gt doyan deh, tp suami gue doyan bener. Disana mahal ga rika daging poro? Menurut gue yg bikin enak meatballs ikea itu adalah saus cranberry nya (itu cranberry kan yaaa?) Suami gue suka banget bikin meatballs ini, emang bener bikinnya kalo yg tradisional musti pake roti tawar ya, cm sama dia diganti sama dry biscuit/rusk di bejek bejek yaaa sama lah kaya tepung roti jadi nya.

    1. Gak mahal-mahal banget sih daging poro, lo pernah makan ya? Gue pernah sekali, gue kira kambing. Langsung gak suka. Hiiiiiyyyy

      Kalo di Ikea sini sih bilangnya lingonberry sauce. Tapi kayanya emang mirip2 sama cranberry

  6. Halo mbak rika saya slama ini baca2 blognya. Resepnya mo dicobain nih (meski saya sering coba resep masakan tapi sering gagal 😉 tersipu malu)

    1. yang ini resepnya super gampang, semoga berhasil yaaaa

  7. Baksonya Ikea Indonesia emang cuma gitu doang. Beda banget sama yg di luar plus yg di sini kurang gendut2 kayak diirit2. Mendingan bikin sendiri dah. Btw kertas yg lu maksud namanya kertas roti.

    Gue doyan loh saos lingonberry. Malah suka gue mnt extra. Ehhh di Ikea Indo kagak ada jg tuh si Lingon jd kerasa ga sempurna. Ud ga pake B2 ga ada Lingonnya. Kekiiihhhh…

    1. Gue memang masih lidah indonesia nih. Masih gak kena makan selai pake daging, harusnya kan pake roti, hahahahahahaha.

      Jadi kalo di Ikea lain lebih enak ya le? Ah, sudahlah…gue bikin sendiri aja daripada penasaran lagi

  8. lucu deh itu ceritanya mau ke ikea aja harus perjuangan dulu ya, sayangnya udah pake perjuangan kesana malah baksonya gak enak, hehe
    btw resepnya gampang,baiklah kalau lagi rajin akan saya coba,terima kasih resepnya mb Rika 😉

    1. iya, resep ini gampang banget. cobain deh. rasanya juga enak

  9. Aku juga cuma bisa ngeces Rik klo ke Ikea gak bisa makan si bakso ini. Akhirnya buat sndiri juga tapi slama ini digoreng gak di masukin oven n gak pake telur .lingonya gue beli jadi aja di Ikea hihi. coba ah resep mertua mu ini. Makaciii buat resepnya mamak Rika 😉

    1. oh iya, ada juga yg bilang kalo digoreng lebih enak tapi sama mertua gue disuruh pake oven aja biar gak banyak minyak, hahahahhaah.
      kalo gue gak pake lingo euy, abis aneh makan selai kok pake daging, gue kan konservatif, selainya pake roti

  10. emang mertua lu paling cihuy urusan resep praktis deh rik, salut mamiih..
    dulu gw sebelum tau resep lasagna praktis itu selalu males bikin lasagna karena mikirin nyuci pancinya, sekarang mah cangcing lah.
    Palingan PR nya adalah : harga daging yang gak murah 😀

    1. wah etty…sekarang jago bikin lasagna dong ya? ciyeeee etty…bentar lagi jagoan bikin bakso bule, hihihihihi

      1. Mertua lu ga punya resep Bakso wonogiri Rik? *kemudian dijejelin panci*

        1. etttyyyyyyyyyyyyyyyyyy…..

  11. Ini sih 11-12 sama resep meatloaf yak…cuma bentuknya dibulet2in dan dikasih saus/kuah. Bahasa Indonesian parchment paper: kertas roti…he..he.

    1. iya ya, kok baru kepikiran…meatloaf kan begini juga hanya saja gak pake dibulet2in. Lebih gampang malah.

  12. Hi Rika.. Berarti aku ga salah orang ya.. 😉
    Iya, sekarang tinggal di Amrik ngikut suami.. Seneng deh baca blog Rika dan kisah-kisahnya, serasa baca enid blyton versi emak Indonesia.. Hehe..
    Sipplahh, makasih resepnya, ntar kapan-kapan di coba.. Sering-sering update ya.. 🙂

    1. halo shintaaaaa…aku langsung kirim link blog kamu ke vera, hihihihih

  13. untung belum berduyun2 ke Ikea…

    Tfs ya mba rika

    1. ini pendapatku pribadi loh ya, barangkali aja kamu malah suka sama baksonya ikea

  14. makasih resepnya kak rikaa :*
    aku pernah makan bakso ikea sekali, pas di singapore.. awalnya ngerasa aneh sama lingonberry nya, tp lama2 malah suka ahahahaha :p tp aneh yah, lingonberry sampe Sg loh, kok ngga sampe alam sutera hehehe

    1. masih banyak barang2 yang sepertinya belum masuk ke alam sutra, tapi dugaanku sih nanti2 bakal dateng juga kok

  15. wah,resep2nya selalu menyenangkaaan… makasih mbak.. 🙂

    1. terimakasiiih

  16. enak mana sama bakso urat? hahaha … lagi mikirin loe ngepack bakso yang 200 biji sajah!

    1. ya enak bakso endonesaaaaaaaaaa laaaaaaaaah 😀 😀 😀 😀

  17. makasih resepnya mbak rikaa….:D
    pengen nyobain meatball ikea nya swedia tapi pasti ada babinyaa…
    eh orang finland masih makan reindeer, kirain udah masuk binatang langka disana jadi gak dimakan..maaf kalo saya sotoy

  18. makasih resepnya mbak rikaa….:D
    pengen nyobain meatball ikea nya swedia tapi pasti ada babinyaa…
    eh orang finland masih makan reindeer, kirain udah masuk binatang langka disana jadi gak dimakan..maaf kalo saya sotoy
    maaf salah nulis ID dan komen..yg atu nya diapus jg boleh 😀

    1. reindeer lumayan banyak kok di sini, terutama di daerah utara. Ada juga suku Saami yang kerjaannya beternak reinder. Tapi aku gak sukaaaa

  19. mbaa…resep lasagna kilatnya dimanaa????ngeces liat resepnya….btw di indonesia emang ada ya knorr french union soup??pengen bikiiiin

    1. nah, aku sendiri kurang tau di Indonesia ada ga ya onion soup mix ni? gak harus merk knorr sih, merk apa aja bisa.
      Mungkin adanya di supermarket kaya food hall atau ranch market kali, ya?

      o iya, resep lasagna ada di sini: https://seerika.wordpress.com/2012/03/02/resep-lasagna-dari-mertua-now-with-pictures/

  20. Onion Mix nya di sini ndak ada Rik, akhirnya gue nodong Ibu gue yg lagi ke Perth untuk ngider di supermarket sana. Nie barusan datang lsg gue beli daging. Tadaaa sudah jadi. Gue pernah nyoba resep swedish meatball dari arahan temen gue di JoCooks dot com, tapi kok ndak ciamik rasa sausnya, tapi yg resep mama mertua mu sumpah kece banget Sausnya. Rik kalau ada resep lainnya macam puree bayam atau ravioli, gue mau dong yaaa.

    1. Eh, beneran gak ada ya? Tiga tahun lalu temen gue pernah bilang kalo memang gak ada di Indonesia, tapi gue berharapnya sekarang udah ada, paling gak di supermarket premium macam foodhall atau ranch market.

      Gue dah lama banget nih gak berguru ke mertua, malah gantian sekarang gue yang ngajarin mertua bikin karedok, sate sama soto ayam. Padahal…masak sotonya pake bumbu instan

  21. Aku elrica.. Salaaaaam kenel 🙂
    Nemu blog mu dr Leony, dan langsung either senyum2 ndiri ato ngangguk2 pake senyum pas baca entry dikau.

    Dan makasih resep bakso ini, gw demeen banget ma bakso nya ikea 🙂

    1. salam kenal juga elricaaaa….ayo dicoba resep baksonya

  22. Mbaa, onion knorr nya kira2 bs diganti apa yaa..ngga yakin bs nemu di spm lokal, soalnya tinggal di bogor neh..maaci yaa

  23. Mbaa si knorr onion nya bs diganti apa ya? Ngga yakin nemu di spm sekitaran tempat tinggalkuh di bogor euy..maaci yaa

    1. aduh, maaf ya baru liat komennya. Aku gak tau nih onion sup instannya bisa diganti apa, palingan diganti bumbu2an seperti bawang putih, bawang bombay, thyme, rosemary, garam dan merica kali yaaa

  24. Mbaa Rika… Kalau di jerman mix onion french ada kah? Sepertinya ga pernah nemu di Netto. Itu beda ya dg zwiebel suppe?
    Pengen cobain bikin meatball ini, soalnya di jerman ikea pakai babi.

    1. Sama kok putriiii. Zwiebel suppe itu sama kok dengan si french onion soup ini

  25. Hai mbak Rika, thank you buat resepnya! Saya lagi browsing2 resep meatballs ini, terus dari beberapa hasil, di resepnya ada yang daging sapinya di mix sama daging ayam giling. Pernah nyoba bikin kayak gitu gak mbak? Sama kalo menurut mbak Rika, lebih enak kalo pake roti tawar utuh apa tepung roti?

    1. gak pernah coba tapi banyak yang bilang bakal lebih enak kalau dagingnya dicampur ayam dan sapi. Hasilnya bakalan lebih empuk dan juicy.
      Kalau tepungnya sih aku pakai yang udah jadi aja tepung roti beli dari toko

  26. Klo daging diganti sm daging kucing gmna ,boleh ngak?scr dging sapi kn maahal!!

Leave a Reply

