sebelas tentang seerika

Apa kabar duniaaaaaaaaa?

Selamat hari raya semuanya. Maaf-maafan dulu ya…mohon maafnya untuk kesalahan yang ada di blog ini. Maaf juga untuk Pipit dan Tjepi yang udah menggilir Liebster Award untuk gue berbulan-bulan yang lalu. Sekarang mah udah gak jamannya lagi ya liebster-liebsteran ini tapi berhubung gue orangnya demen banget nulis-nulis tentang diri sendiri jadi tetap kukerjakan juga biarpun udah ketinggalan jaman.

Langsung aja yaaa….ini 11 hal tentang gue….

Jreng jreng jreng jreeeeeng:

  • Banyak yang bilang gue makannya banyak tapi gue sih ngerasa biasa aja.
  • Biarpun makannya (katanya) banyak tapi gue ini picky eater. Makan ayam cuma mau dada-nya, gak suka kambing, gak suka jeroan, gak suka durian, gak suka alpukat, gak suka kepiting, dan banyak lainnya yang gue gak suka. Tapi kalo udah suka makannya bisa berbakul-bakul. Ada masanya gue makan manggis tiga kilo sendirian (dan abis itu sakit perut)
  • Suka banget pake topi, liat-liat topi, nyoba-nyobain topi, dan beli topi-topian kalo harganya gak mahal. Malah suka merasa kalo diri ini topigenic alias cakepan dikit kalo pake topi. Sampai saat ini paling suka sama topi jenis cloche karena bentuknya yang pas banget membingkai wajah.
  • Dari kecil udah terkenal sebagai pelupa. Suatu hari gue pergi berenang di bulungan bareng rombongan sekolah, pulang ke rumah nyokap bertanya “Lho, si Remi mana?” Ampuuun dijeeeeeeee…..adek gue ketinggalan. Masalahnya gue bertugas pegang uang sangu dari nyokap jadi si Remi gak punya ongkos buat naik bis pulang. Singkat cerita Remi sempet nungguin gue di depan kolam renang selama satu jam, terus dia jalan kaki sampai berasa capek dan akhirnya nyegat taksi buat pulang ke rumah kami di cileduk, taksinya tentu minta bayarin nyokap di rumah. Tapi nyokap sempet histeris dan nangis-nangis waktu itu. Jaman dulu itu di Cileduk belum ada telepon rumah, apalagi handphone.
  • Anaknya suka gak PD-an, penakutan dan self-esteem nya rendah terutama kalo dalam hal komunikasi dengan orang lain. Ini kayanya yang menghambat gue dalam belajar bahasa. Kalo ujian di kelas mah pontennya bagus tapi begitu disuruh ngomong langsung gemeteran dan yang keluar cuma blukutuk-blukutuk gak jelas. Kayanya gue lebih ceriwis di blog daripada di kehidupan nyata, deh. Gak berarti gue yang pemalu dan pendiem banget gitu sih, tapi coba deh cari jejak gue di sekolah, kampus atau kantor, kayanya gak bakal ada yang inget sama gue karena emang akika orangnya gak banyak ngomong dan hobinya melipir ke tempat-tempat sepi. Kalo ke orang-orang terdekat baru deh gue bisa banyak cerita.
  • Suka banget beli-beli peralatan rumah apalagi kalo ada iming-iming “mempermudah hidup” atau “bekerja lebih cepat” dan semacamnya, biar pekerjaan rumah gue cepet beresnya getooo. Ternyata tetep aja sih…rumah tetep amburadul, masak ilmunya gak nambah-nambah, cucian selalu numpuk. Tapi tetep loh gue sayang banget sama segala macem gadget rumahan yang gue punya.
  • Gak nyetrika! Ini motto hidup gue. Gabungan antara cuek, males dan gak ada waktu. Jangan heran kalo kami sekeluarga sering terlihat bepergian dengan baju kusut kriwil-kriwil. Tapi temen gue, April, pernah bilang kalo baju kusut lama-lama bakal jadi lurus juga asal dipake. Eh, bener loh…coba deh dipake baju kusutnya, sejam-dua jam jadi keliatan agak mendingan kok. (Errr…apa ini perasaan gue aja ya?)
  •  Udah 12 tahun hidup di luar Indonesia tapi lumayan rutin pulang kampung sekitar setahunan sekali. Sekalinya mudik juga lumayan lama, bisa sebulan-dua bulan. Mungkin karena keseringan pulang kampung gue jadi suka krisis identitas karena jadi merasa gak fit-in sama masyarakat di tempat baru tapi juga udah kurang ‘klik’ di negara sendiri. Setiap saat merengek minta pulang kampung sama suami tapi kalo diajak tinggal di Indo aku kok malah gak mau? Kalo bisa sih pengen menggabungkan yang bagus-bagus dari Indonesia dan Finlandia. Keluarga, temen, bahasa, makanan dan pantai-pantai Indonesia digabung dengan fasilitas sosial, pendidikan, kebersihan, hutan, danau, dan koneksi internet dari Finlandia. Banyak maunya deh, yaaaa. Katanya sih ini dilema khas imigran negara ketiga yang sempet nyicipin rasanya hidup di negara maju. Ada lainnya yang seperti ini?
  • Bisa mungut barang dari lantai dengan menggunakan kaki. Mikko pernah terkagum-kagum liat gue ambil kunci (kadang remote) yang tergeletak di lantai pake kaki. Dipuji-puji deh gue, dibilanglah gue punya special talent, malah doi bilang i should join the circus, dll-nya. Sampai suatu hari temen-temen gue bilang ke Mikko “Woi…begitu doang sih semua orang Indo juga bisa, elu aja bule kagak pernah nyeker jadi kakinya gak terlatih”. Gak pernah lagi deh Mikko memuji bakat luar biasa gue ini.
  • Gak suka liat mukena warna-warni, apalagi yang rame bermotif-motif. Menurut gue mukena itu bagusnya putih bersih. Coba liat pemandangan jemaah yang lagi sujud dengan mukena yang putih semua….lebih indah dibandingkan kalo mukenanya belang belonteng.
  • Gak suka dan gak bisa merakit barang, apalagi perabotan rumah. Dasar nasib di sini beli apa-apa harus dirakit sendiri. Kemarin gue terbangun tengah malem keringetan, niatnya mau ambil kipas angin yang baru siangnya gue beli, pas dibuka boxnya…….eyaaaaalaaah….bentuknya masih pretelan begitu. Harus dirakit dulu! Kzl bgt yaaaaaaa! Gak usah ngomongin Ikea, deh…itu sih jelas perusak keharmonisan rumah tangga.

Berikutnya, untuk sesi tanya jawab (cerdas cermat kaleeee):

Pertanyaan dari Tjepi adalah sebagai berikut:

  1. Kalau ketemu Jin Alladin, dikasih 1 permintaan yang akan dikabulkan, mau minta apa siiih? World peace, please
  2. Pilih mana, tempe apa tahu? Tahu, biar banyak tahu (krik..krik)
  3. Kalau jadi superhero, mau jadi siapa? Superman, biar bisa terbang jadi gak perlu beli tiket pesawat Helsinki-Jakarta.
  4. Kalau dapet duit 1 Milyar (jangan banyak-banyak ngayalnya), mau diapain aja? Buat DP beli rumah di Helsinki.
  5. Punya SIM, nggak? Iya, surat izin mengemudi. Kok nanyain ini sih? Ya pan random question… Di Indonesia punya, di sini baru mau bikin bulan depan.
  6. Bisa ngetik 10 jari atau ngetiknya kurang dari sepuluh jari? 10 jari
  7. Lagu favorit apa? Duh,…gak punya yang favorit-favorit banget kayanya. Tergantung mood dan keadaan aja.
  8. Film favorit apa? While you were sleeping. Hati selalu meleleh bahagia nonton film ini.
  9. Destinasi yang pengen dikunjungi saat ini? Indonesiaaaaaaa….pulang ke rumah emak dan menikmati sisa-sisa suasana lebaran.
  10. Pilih mana, punya pintu ke mana saja Doraemon atau mending jadi jumper? Pintu kemana aja biar gampang bolak-balik Fin-Indo
  11. Apa yang akan dilakukan jika seharian hidup tanpa gadget? Baca buku, beresin rumah, bikin kue, main sama anak, dan mungkin kain yang udah dibeli dari 2 bulan lalu itu akhirnya  bakalan dijait juga jadi gorden.

Pertanyaan dari Pipit:

1.  Apa tujuan kalian nge-blog?

Hmm…katarsis kayanya. Dulu malah sempet punya blog khusus katarsis yang isinya curhat sakit hati terhadap pacar. Selain itu blog juga buat nyimpen kenangan indah, cerita-cerita dan foto-foto yang ingin dikenang terus sampai tua.

2.  Bagaimana kalian menjaga konsistensi menulis?

Gak dijaga sih, secara emang gak pernah konsisten. Nulis kalo lagi mau aja.

3.  Apa yang kalian minati untuk ditulis?

Cerita sehari-hari, cinta-cintaan, jalan-jalan, keluarga dan anak-anak.

4. Apa makanan favorit kalian dan mengapa?

Wah, panjang ini jawabnya. Kebanyakan! Salah satu yang gak pernah bosen sepertinya bakso, sate padang dan gemblong.

5. Siapa panutan dalam hidup kalian?

Ini lagi. Susah dehhh jawabnya. Sepertinya sih gak ada satu orang khusus yang dijadikan panutan. Tapi banyak orang yang punya sisi untuk dikagumi dan diteladani. Temen gue April yang taat ibadah dan rajin bantu-bantu temen, Dite yang dulu paling males sama anak kecil tapi ternyata jadi ibu yang baik banget untuk Misya dan Rafa, Putri yang ramah banget dan selalu bisa ngobrol sama orang, Mikko yang cepet banget maafin gue dan gak pernah dendaman, Astri Nugraha yang energinya kaya energizer, dll.

6. Punya penulis favorit? Mengapa kalian menyukainya?

Biasanya sih gue suka bukunya tapi belum tentu penulisnya. Misalnya N.H. Dini, gue suka banget buku-buku autobiografinya tapi untuk novelnya ternyata gue malah kurang suka. Gue juga cinta banget sama Harry Potternya J.K. Rowling, tapi gue belum pernah baca buku-buku lainnya, jadi gak mau bilang kalo doi penulis favorit gue. Suka short stories Roald Dahl tapi beberapa buku anak-anaknya gue kurang suka (BFG: boooring). Mungkin Judy Blume yang bisa masuk kategori penulis favorit, gue baca banyak sekali buku-buku fiksi remajanya dan semuanya gue suka. Cerita-ceritanya sederhana tapi ‘kena’ dan mengharukan.

7. Apa buku yang sangat berkesan di hati kalian? dan mengapa?

Duh…banyak. Salah satunya serial buku Little House on The Praire. Pertama kali baca kelas 3 SD dan setelah itu gue baca berulang-ulang mungkin ratusan kali. Buku yang nemenin masa kecil gue banget lah ini.

8. Apa mimpi terbesar kalian?

Running a charity organisation together with the husband.

9. Kalau diberi kesempatan terakhir untuk menulis, apa yang akan kalian tulis?

Surat buat Kai, Sami dan Mikko. Telling them how much I love them dan pesan-pesan supaya mereka selalu berusaha untuk jadi manusia yang baik.

10. Apakah kalian telah menjadi sesuai dengan apa yang diimpikan sewaktu kecil?

Iya dan gak. Sekolah dan hidup di Eropa, punya suami bule dan anak lucu-lucu sebenernya mimpi masa kecil gue yang sempet terlupakan dan baru teringat lagi belakangan ini. Tapi masih belum punya rumah gedongan dengan banyak binatang peliharaan dan belum punya restoran pribadi biar bisa makan sampe puas gak pake bayar.

11. Apakah pasangan kalian juga membaca tulisan-tulisan di blog kalian? Komentarnya apa?

Iya…doi bilang I’m his favorite blogger😀

 

SELESAAAAAAAAAAAAAAAAAAAI

Gak perlu diteruskan lah ya awardnya….semua juga udah pada dapet kan. Dan maaf kalo logonya gak dipasang. Ma to the Les.

49 comments

  1. Ahaaay…. yess… ada apdet!😀 dikerjain pun pe ernya…hahahahaha
    Selamat Hari Raya Idulfitri ya, Rika & keluarga… maap ngerepotin pake tag2an… dan terimakasih sdh sakses bikin ngikik soal pelupa ituh… minum gibolan gih biar gak pelupa (trus udah beli gibolannya, malah lupa minum)

    1. Errr….pas honeymoon gue niat yaaa minta obat penghalang menstruasi…trus lupaaa minumnya.

  2. qonita · · Reply

    selamat idul fitri, mohon maaf lahir batin buat mbak rika dan keluarga😀
    penasaran soal SIM, bikinnya harus pake test khusus kah? atau itu sim international
    soal gak banyak omong, jadi ingat temenku ampe bikin list khusus pertanyaan kalo dia ketemu banyak orang baru biar gak krik-krik gtu ::p

    1. Maaf lahir batin juga qonita. Di sini khusus SIM Internasional dari Indonesia gak diakui. Untuk bikin SIM sini persyaratannya tergantung latar belakang kita, kalo belum punya SIM samsek harus mulai dari awal (ikut sekolahnya), buat yang udah punya SIM dari negara asal peraturannya juga beda2 tergantung negaranya. Untuk aku yang udah punya SIM dari Indonesia katanya sih gak perlu ikut sekolah, jadi tinggal ikut tes teori dan praktek nyetir abis itu ditambah semacam latihan untuk economical driving, menyetir di saat gelap sama menyetir di jalanan licin (es).

      1. qonita · · Reply

        wah iya nyupir di jalanan es emang beda ya..bannya jg beda,,moga sukses ujian SIMnya😀
        dan sama mbak rika, aku jg gak suka nyetrika, ini udahs etahunan gak nyetrika baju,
        sembah sujud deh ama dryer 100% kering,abis dikeringin langusung dilipet baju-bajunya, gak kusut biasanya :3

        1. tp dryer ku hasilnya kusut masaaaaai😦
          apalagi kalo ngisinya kepenuhan

  3. mrscat · · Reply

    Rikaaaa geloooo itu adikmu Remi dendam ngga ya hahaha

    1. Yang ada gue sama Remi malah cengengesan mulu waktu itu. Remi seneng banget bisa naik taksi, jaman dulu itu kita jaraaaang banget naik taksi soalnya.:D😀😀

  4. samaan juga. gak suka nyetrika dan lihat mukena warna-i gitu. anyway selmat lebaran yaa mba rika dan keluarga🙂

    1. Met lebaran juga Nisa, Chicco dan Bazyl. Enak banget siiiih pas lebaran pas mudik ke Indonesia….huhuhuhu…aku kepengeeeeen

  5. Hahahahah lucu ampe disuruh ikut sirkus. Btw akupun gape banget ngambil barang dari lantai pake kaki …
    Dan pas banget ini lagi lipet2 baju…ga ada mba..malas nyetrikaaaaa

    1. Ayo tos dulu…tos pake kaki, hahahahhahaha
      Kasih ke laundry kiloan ajaaaaaaa bajunya.

      1. Hahaha….tosss
        Selain belom ada yg buka laundry kiloannya…duitnya sayang juga ah…*meditttt* :)))

  6. Minal Aidin walfaidzin rik, mumpung masih suasana lebaran. Btw loe jg gue nominasiin liebster di blog gue cuman tenaaangg…ga diterusin kagak apa apa, fun doang pan yee..hahaha! Ya ampun kasian banget Bulungan – Ciledug tuh kan jauh bgt apalagi buat anak kecil, gue yakin tuh baru nyampe Kebayoran Lama pasti udah tepar adek loe ya…Tau bgt gue dulu pernah jalan juga dari Bulungan ke rumah di Ciledug ujung (ngirit cerita nya) cuma baru aja sampe pasar Cipulir gue dah nyerah LOL. Nah, gue jg punya problem yg sama….kadang kangen setengah mati sama Indonesia, tp kalo udah disono pengen nya balik Amsterdam…Gue rasa jg karena kita punya 2 rumah rik, Dibilang londo ya gak karena masih keIndonesia-indonesiaan. Dibilang Indonesia ya enggak karena udah kebule-bulean🙂 Gw jg ga suka mukena warna warni, sepet mata gue. Paling demen kalo putih atau gak krem lah paling mentok.

    1. Aiiih…maafkan gue, Oppieeeee….gue nyadar kalo di tag sama elu juga.

      Tapi tebakan lo bener banget, adek gue memang ambil taksinya pas di Kebayoran Lama. Waktu itu doi kelas 3SD, lumayan jauh ya buat anak segitu jalan kaki dari Bulungan ke Kebayoran….gimana kalo nyampe Ciledug tuh. Duh..kalo inget ini gue masih miris tapi juga geli.

  7. Taqobbalallahu minna wa minkum kak
    Selamat idul fitri yaa
    Gmn lebaran d finland sama puasa ramadannya?

    1. Puasanya lamaaaaa….tapi untungnya 3 minggu dikasih adem terus cuacanya, baru minggu terakhir aja di sini panas bikin terbayang2 minum air sepanjang hari. Kalo lebarannya rame di KBRI sama wisma aja sih…ngumpul2 sesama orang Indonesia

  8. Pas gue ketemu elu more than once kayaknya elu kagak diem dah! Hahaha. Kalo gitu gue anggap kita dekat ya! Ihiy! Asek!

    Gue juga jadi blogger favorit suami loh. Soalnya blog yg dibaca cuma blog gue doang. Hahahaha.

    1. Abis kalian juga pada rame siiiiiiiih….kalo pun gak ngomong gue juga udah rame ketawa pasti.

      Err…sebenernya blog yan Mikko baca juga blog gue doang…sisanya blog2 tinju dan olah raga gitu. Agak rancu ya disebut blog kaporit, wong emang satu2nya😀

  9. Aku ngakak baca bagian ninggalin adeknya Remy di kolam yaaaa ampun mbak rika he lucu deh BTW met idul fitri ya gimana lebaranan do Kerava Apa jkt nih?

    1. Selamat Idul Fitri juga ya Siti. Tahun ini lebarannya di Kerava, tanpa ketupat, tanpa rendang padang…hiks

      1. wahhhh kirain mudik, posting donk episode lebaran di Kerava nya…. ini nama kota ya aku kok kalo sebut Kerava ingat Guava… *salahfokus

        1. Aku kalo sebut kerava ingetnya kerava muda…hahahahha
          jadi haus

        2. kalo aku ingatnya ikan kerapu bakar enak banget hahaha

  10. selamat lebaran, mba rika!🙂 bacain cerita mba rika sama remi kocak semua deh :))

    1. embeeeer….karena umur kita cuma beda satu taun jadi remi temen mainku banget pas masih kecil. Jadi punya banyak cerita

  11. Sesama pengambil barang pake kaki,
    TOSS!

    1. HUAHUAHUHAUHUAUA…Amyyyyyyyyyy
      Tos kaki dulu kita
      Eh, keluarga suami gimana? Wajar gak sih ambil barang pake kaki di Pakistan?

  12. Selamat lebaran ya rika🙂 Maaf lahir batin… duuuhh 11 tentang rikanya bikin ngakak.. dan kok kita banyak samanya siiihhh.. betewe bilangin ke Mikko, anakku 3,5 taun udah bisa tuh ngambil mainan yang kececer pake kaki… padahal gak diajarin😛 kayaknya dia keseringan liat aku males mungutin mainan pake tangan.. wkwkwkw.. *laludikeplaksuwamikarenangajaringasopankatanya😛

    1. HWUAAAAAAAT? 3,5 tahun udah bisa akrobat kaki?
      Anak-anak gue kok belum ada yang bisa sih yaaaaaaaaaaaa? Bakat ibunya gak ada yang nurunin nih

  13. Selamat Idul Fitri Mbak Rika.. tapi seriusan yah dirimu pendiem? Gak nyangka ih🙂 Btw pernah tinggal di Cileduk ya? sama dong🙂

    1. hahahaha…gak pendiem2 banget juga siiiiiih…kalo cuma untuk ngobrol2 biasa oke lah. Tapi begitu di kantor atau sekolah langsung gak ada suaranya.

    2. Taqobbalallahu minna wa minkum Rika
      Selamat idul fitri yaa

      Tulisan2nya Rika ok bgt deh, pantes jadi favoritnya Mikko ya

      1. hahahahaha….itu kan karena yang dibaca Mikko yang cuma blog ini aja

    3. Selamat idul fitri ya buat Rika dan Pak Mikko dengan anak-anak semua di sana. Akhirnya ada update🙂, gue nungguin melulu nie hihihihi, kirain hiatusnya lama bener🙂.

      1. gue lagi males ngebloooogggggggg
        punya banyak cerita tapi males ngetiknya
        *butuh asisten*

    4. Silent reader di sini *nyengir*
      Selamat idul fitri ya, Tante *ceritanya daku masih anak abege, jadi bolehlah panggil Tante* #lol
      Terharu banget pas baca bagian mau nulis surat buat Sami, Kai dan Om Mikko

      1. dipanggil tante *nangis*
        hehehehheehehhehehhehe
        makasih ya dek rita udah baca-baca di sini

    5. berkunjung, minal aidin walfaidin mohon maaf lahir batin, jangan lupa kunbalnya ya ^_^

      1. terimakasih…maaf lahir batin juga

    6. Saya mengucapkan minal aidin walfaidin mohon maaf lahir dan batin, salam

      1. sama-sama putri. Maaf lahir batin juga

    7. Maaf lahir batin.. Lucu nih blog nya, rame kayak kerupuk hehehe.. Salam kenal yaa.. Lagi Bw nemu blog ketje ini, ikutan nge follow jg, ditunggu kunjungan baliknya🙂

      1. halooo ristin…maaf lahir batin juga ya…..🙂

    8. omaygot adeknya ketinggalan! gw sampe ngakak pas bagian ini.

      1. untung sekarang jadi ibu belum kejadian ninggalin anak sendiri

    9. poin no 5 sama mbak. makanya agak males kalo ikutan reuni2 sekolah, pasti ga dikenaaaal. Hahaha. kecuali reuni kecil2an temen2 deket doang. ^_^

      1. aku sekarng males ikut acara yang besar2, paling ngobrolnya sama orang yang itu2 juga. Paling enak tuh kalo ngumpul sama beberapa temen deket, gak kelar2 deh ngobrolnya

    10. Rik, baru baca tulisan ini… #terharu

    Leave a Reply

