serba serbi finlandia: suomalaiset hullut urheilulajit (olah raga gila orang finlandia)

Musim panas sudah di ambang pintu, seluruh negri Finlandia terlihat lebih semarak, orang-orangnya juga keliatan lebih girang. Maklum ya…di sini winternya lama banget, langitnya gelap-gelap melulu bikin tampang penduduknya juga sering keliatan manyun. Tapi kalo udara sedang menghangat dan matahari juga bersinar cerah sebenernya banyak keriaan di Finlandia ini.

Nah, kebetulan gue baca di koran Metro bahwasanya kantor pos finlandia tahun ini mengeluarkan seri perangko terbarunya yang berjudul “hullut suomalasiet” alias orang Finlandia gila. Seri perangko ini berisikan 6 buah perangko yang menggambarkan 6 cabang olahraga gila ala Finlandia.

Jadi nih, kalo menurut Mikko, akibat musim dingin yang sangat panjang di negara kulkas ini, begitu musim panas menjelang banyak orang yang berusaha menjadikan musim panas menjadi spesial dengan cara menciptakan permainan-permainan seru. Permainan ini awalnya dibuat untuk iseng-iseng aja, pesertanya ya warga sekitar aja tapi kemudian mulai terkenal sampai akhirnya diakui sebagai cabang olah raga resmi. Malah beberapa diantaranya dibikin kejuaran dunianya karena banyak orang asing yang juga tertarik untuk ikut serta.

hullutsuomalaiset

Nah, itu dia rangkaian perangko dari seri hullut suomalaiset. Searah jarum jam, olah raga yang digambarkan adalah:

1. Eukonkanto (Wife carrying competition)

 

eukonkanto2

Ini salah satu olah raga gila yang paling penting dan paling terkenal, salah satu yang ada kejuaraan dunianya yang diadakan setiap musim panas di Sonkajärvi. Ini adalah permainan lomba lari dimana laki-laki harus berlari melewati beberapa rintangan sambil mengangkut (menggendong) istrinya. Katanya sih olah raga ini terinspirasi dari sebuah legenda di bagian timur negara Finlandia, dimana jaman dahulu kala penjahat laki-laki suka datang ke desa kecil menculik perempuan untuk dijadikan istri. Biasanya penjahat tersebut membawa perempuan culikan mereka dengan cara mengangkat/menunggingkannya di pundak, seperti gambar yang ada di perangko di atas.

Untuk lombanya sendiri yang ikut gak harus suami-istri tapi mesti pasangan cowo dan cewe. Dulu waktu baru pindah ke Finlandia Mikko sempat ajak gue ikut pertandingan ini, dengan syarat berat gue harus dibawah 50kg. Saat itu gue lagi hamil Kai, apa daya yaaah….abis itu hamil lagi dan terus beratnya kagak pernah lagi dibawah kepala 5.

Ikut lomba ini cukup gampang. Tinggal daftar aja di website resminya. Hadiah buat pemenangnya adalah berliter-liter bir sebanyak berat istri yang diangkutnya.

 

2. Saappaanheitto (Boots throwing competition)

saappaanheitto

Ini lomba jauh-jauhan melempar sepatu bot karet. Laki-laki dikasih sepatu no.43 untuk dilempar sementara perempuan no. 38, gaya melemparnya dibebaskan kepada peserta yang penting harus coba untuk melempar sejauh mungkin. Kejuaraan dunia melempar sepatu ini sudah diadakan di beberapa negara di luar Finlandia. Diantaranya Italia, Jerman, Estonia, Swedia dan Polandia.

Asal muasal permainan ini masih jadi tanda tanya. Diduga jaman dahulu kala ada seorang pria yang lagi bersantai di teras mökkinya (summer cabin) sambil minum bir, tiba-tiba dia liat ada sepatu boot tergolek di halaman mökki…trus…dilempar deh (kriik…kriik). Curiganya semua kejuaraan aneh di sini tercipta akibat kebanyakan minum bir setelah bersauna.

Lomba lempar-lemparan ini agaknya cukup diminati di Finlandia. Kalo udah keabisan sepatu bot  masih banyak lainnya yang bisa dilempar. Ada lomba melempar telepon genggam (tidaaaaaakk….’kekep henpon*), lomba melempar kursi, melempar koin…asal jangan lempar tanggung jawab aja deh.

 

3. Muurahaispesässä istuminen (Ant-nest sitting competition)

Ini pasti kejuaraan paling edan. Lomba duduk di sarang semut! Dengan bokong telanjang! Makin lama makin bagus!

Katanya sih perlombaan macam ini diadakan di banyak daerah di Finlandia sepanjang musim panas. Rekor dunia saat ini dipegang oleh Lyde Lyytikainen dengan waktu 2 jam 10 menit saja nongkrongin sarang semut. Gak tau deh abis itu bengkaknya berapa lama, ya?

Kalo gak mau ikut lombanya, jadi penonton aja udah cukup menghibur. Banyak ekspresi lucu yang bisa diliat dari pesertanya. Ya iyalah…pantat dikerubungi ratusan semut gitu gimana bisa tetep tampil oke?

Baca-baca tips untuk calon peserta katanya yang paling penting adalah membuat bokong kita kebas dan mati rasa sebelum berlomba (tapi tanpa obat-obatan). Bisa coba cubit-cubit bokong dulu seharian sebelum lomba, atau ditampar-tampar sampe mati rasa, atau bisa juga cobain cara ngerendem bokong di air es selama beberapa jam.

 

4. Äijänkärräys (Old geezer carting competition)

äijänkärräys

Ini mungkin balasan dari lomba pertama (Eukonkanto) karena sekarang perempuan yang harus capek mendorong lelakinya di kereta susu. Mungkin karena perempuan udah terbiasa dorong stroller bayi kali, ya? Sekalian ajalah suaminya juga didorong.

Peserta lomba ini harus cepet-cepetan mendorong kereta berisi laki-laki di atas track sepanjang 200 menter sambil melewati beberapa rintangan seperti kolam air, pasir dan tanjakan *keringetan*. Dorong stroller isi bayi aja udah lumayan repot buat gue, gimana ini yang isinya lelaki dewasa? Harus lewat rintangan berpasir pula? Bikin lomba kok susah-susah amat sih?

 

5. Ilmakitara (Air guitar competition)

ilmakitara

Ini juga gak kalah gila ya. Lomba pura-pura memainkan gitar.

Maksud ngana?

Kalo menurut wikipedia:

Air guitar is a form of dance and movement in which the performer pretends to play rock or heavy metal-style electric guitar, including riffs, solos, etc. Playing an air guitar usually consists of exaggerated strumming and picking motions and is often coupled with loud singing or lip-synching.

Masi menurut wikipedia, ada beberapa kriteria penilaian dalam kompetisi pura-pura main gitar ini:

  • Technical merit— biarpun cuma pura-pura tapi main gitarnya harus meyakinkan, harus terlihat real, dinilai dari gimana teknik mainnya, termasuk posisi jari2 saat memegang kord
  • Mimesmanship— mimik dan ekspresi yang meyakinkan, bahwa mereka memang sedang main gitar beneran, bukan cuma pura-pura
  • Stage presence—kharisma di atas panggung. Be a rock star and rock the audience. Salam tiga jari, meeeen!
  • Airness—kriteria paling subjektif, nilai artistik dari performance yang ditampilkan

Dan gue cuma bisa bilang: APAAN SIIIIIIIIIIIIIH????????? *lempar gitar beneran*

Wong edan kalian semua!

Tapi Air Guitar Champioship ini justru yang paling mendunia, kejuaraannya udah diadakan dimana-mana, dan ada computer game-nya juga.

 

6. suojalkapallo (swamp soccer)

suofutis

Tentunya bermain bola di dalam lumpur.  Awalnya kegiatan ini dijadikan ajang latihan buat militer atau atlet profesional untuk meningkatkan kondisi fisik mereka. Secara main bola aja butuh stamina yang jos ya broh, apalagi kalo mainnya di dalam lumpur. Lama-lama masyarakat umum juga ikutan nyebur ke lumpur sambil bawa bola, jadi sekalian ajalah dibikin kejuaraannya.

Kalo di kejuaraan resmi tentunya mereka gak beneran main di rawa berlumpur melainkan di lapangan yang direndam lumpur. Waktu tandingnya juga lebih singkat dari main bola biasa, “cuma” 2×13 menit saja.

Pertandingan ini dibuka untuk lelaki dan perempuan dan kejuaraannya juga udah dimainkan di negara lain seperti Swedia dan Brazil.

 

Selain enam cabang olah raga di atas masih banyak lagi perlombaan aneh-aneh di Finlandia sini. Misalnya lomba petik beri atau jamur, lomba digigit nyamuk, lomba main drum pake meja, sampe lomba buang angin juga ada loh (hueeeeeeeek).

Sempet ada juga berita sedih tiga tahun lalu. Sebenernya di sini juga ada kejuaraan bertahan di Sauna, alias lama-lamaan di dalam sauna yang panas. Tiga tahun lalu kejuaraan ini membawa korban, dua orang terakhir yang bersaing berakhir dengan tragis. Seorang meninggal dan seorang lainnya luka bakar parah. Sejak saat itu kejuaraan sauna di-ban untuk batas waktu yang tidak ditentukan.

Akhir kata, berhubung musim panas tinggal sebentar lagi buruan daftar kalo mau ikut kejuaraan di atas. Tinggal google aja untuk cari official site masing-masing cabang olah raga dan kemudian….Tervetuloa Suomeen! Selamat datang di Finlandia!

Sampai jumpa di Serba-serbi Finlandia berikutnya.

 

 

Advertisements

68 comments

  1. huahahaha kocak banget sih lomba2nya!!!

    itu yang lomba digigit nyamuk itu banyak2an digigit nyamuk ya? kalo itu gua pasti menang dah secara entah kenapa nyamuk demen banget ngegigitin gua. sampe sodara gua pernah bilang, kalo lagi di tempat banyak nyamuk, duduk deket arman aja pasti aman soalnya nyamuknya ke gua semua. 😛

    eh tapi kalo hadiahnya dapet bir sih males ah… huahahaha 😛

    1. kayanya itu juga lomba lama2an dikerubungin nyamuk man. di beberapa daerah di sini kalo lagi summer nyamuknya memang buanyaak ajeeee.
      Gue pun juga didemenin sama nyamuk man, kata orang karena darah gue manis

  2. Hahahaa lempar tanggung jawab!

    1. kalo yang ini mungkin orang indonesia juaranya? hikhikhik

  3. Seru banget, Rik! Bener-bener memanfaatkan situasi musim panas yang pendek, dan itu yang gambar nomer 1, niat banget pake baju Obelix segala hihihihi. Yg istri dorong suami itu, istrinya badannya segede2 menhir beneran, sangar2.

    1. huwahuahuhaha….menhiiiiiir!
      gue juga pas search gambarnya di google kaget le…ebuset yang ikut kaya laki semua badannya. kebayang kalo gue ikutan juga, pasti jadi juara bontot

  4. Terbayang yang duduk di sarang semut uhhhh deritanyaaaaaaaa gak akan tahan…..!!!

    1. embeeeeeeer

    2. apakah mereka gak pakai celana ya?? kan mesti bokongnya di gigit semut toh…………*penasaran

      1. iya siti…gak boleh pake celana. Malah kayanya gak pake baju juga, jadi telanjang gitu deh

  5. ahahahahaa.. lombanya antimainstrem yaak.. klo lomba duduk di sarang semut apa hadiahnya juga cuma bir doang? :p

    1. kalo lomba semut ini aku juga gak tau hadiahnya apa. asal jangan sarang semutnya aja boleh dibawa pulang

  6. hahhaa bener2 edan lomba2nya, ngebayangin lomba duduk di sarang semut itu setelahnya nyut2annya berapa lama itu..

    1. mungkin harus super mabok atau setengah pingsan kali ya kalo mau ikut lomba ini. Orang waras kayanya gak bakal mau deh

  7. Perlombaannya unik semua… yang paling aneh itu yang duduk di sarang semut…serem ah. Yang aneh juga lomba digigit nyamuk…secara aku paling anti sama yang namanya nyamuk….soalnya langganan digigit nyamuk…

    1. gak usah ikutan lomba juga udah digigit nyamuk mulu setiap hari yah

      1. hahahahha…iya bener… ga usah repot2 pake perlombaan. hihihi…

  8. lucu2 banget lomba2nya ya….

    lpma duduk disarang semut..ampyun..gak mau deh ikutan he he he

    1. aku puuun….liatnya aja udah ikut gatel

  9. Seru habis ini orang Finlandia hahahaha… Tapi sama nie Rik, gue gak ngerti dengan Air Guitar competition, pose di foto itu lho sampai menghayati banget ya 😀

    1. Dan pada sampe keringetan loh itu “pura-pura” main gitarnya…ckckckckkc. Gak abis pikir deh gue

  10. Bwuakakakakakakak…
    yang paling menggelikan adalah lomba gigit nyamuk sama… lomba buang angin…?!

    serius tuh…?

    Kriteria-nya apa tuh buat nentuin menang-kalah lomba kentut..? 😀

    1. gue liat videonya jadi buang anginnya di depan tabung gas gitu, trus keliatan deh ada efek asap2 tipisnya, makin kenceng buang anginnya makin tebel asepnya….duh, aneh banget lah ini.

  11. rik!! ikutan gih!! gw siap nyorakin loe sama miko!! ayo donk ikutan!!! ayo ayo ayo! haha ..
    tapi ini sih seru lho!! ntar gw kasih tau remon ah suruh terbang ke sana buat ikutan hahaha

    1. jadi remon ikut yang mana gill? lomba gendong istri? atau elo yg dorong remon di kereta?

  12. Kegilaan musim dingin yg pecah di musim panas… hahahahaha… tapi menghibur banget ya buat yg nonton… Ikut gih yg dorong kereta itu, mana tau ada hadiah spesial buat juara yg paling bontot… namanya juga lomba gila2an… 😆

    1. setelah dipikir-pikir lagi…kayanya gue gak bakal sampe garis finish. Bakal pengsan duluan di tengah2 lomba.

  13. ya ampuuun.. lucu-lucu banget sih lombanya.. itu seriusan banyak yang ikutan? trus bang miko *halah abang* mau ikut lomba yang mana nih?

    1. iya banyak….makanya sampe dibikin kejuaraannya segala. Banyak yang jauh2 dateng dari luar negri buat ikut perlombaan2 ini loh

  14. Lucu-lucu lombanya, kebayang rame dan ceria banget musim panas di sana 😀

    1. musim panas emang selalu bikin segalanya lebih ceria ya

  15. udh banyak buktinya gini, masih aja ada yg bilang klo org Finland tuh kaku dan ga bisa have fun ya. padahal gokil abis sebenernya. 😀

    1. sekilas emang orang sini kan kesannya dingin dan kaku, kalo udah kenal baik ketauan deh lucu2nya

  16. Hahaha ngakak terus sepanjang baca blog ini. Gila aneh2 bangt lomba2 nya ya tapi seru sih 😀
    Jadi pengen ikut salah satu nya hehe

    1. hahahaha…kamu mau ikut yang manaaa? yang duduk di sarang semut ya? hihihihi

      1. Aku mau yg pura2 main gitar aja kak. Kalo sarang semut bisa ga tidur aku 😀

  17. Lucu2 banget siiih, olahraganya.. itu yang duduk di semut ituuh aku speechless.. Pantatnya bentol2 dong abis itu.. Salam kenal Mbak Rika, follower baru nih 🙂 salam dari Genova Italia 🙂

    1. salam kenal juga anggi
      aku belum pernah liat lombanya langsung, jadi gak tau deh…bentol2 gak ya..harusnya sih iya yaaa

  18. ahahahahaa yang duduk di atas sarang semut itu Epic!! 😀

    1. bengeeet!

  19. Buahahaa…pemenangnya berliter2 bir seberat timbangan istrinya? Ada2 aja! Make sense sih hadiahnya. Tp kan ya bokkk…. perjuangannya ga sebanding ;)))

    1. hadiahnya emang gak mentereng, lebih ke olah raga fun aja ini. tapi lumayan bergengsi juga loh kalo dapet gelar juara

  20. yuni · · Reply

    Geleng2 kepala bacanya ahahahah..kl yg gendong pasangan ada syarat berat minimalnya ga?? Mauu ikutan scr aku kan mungil gini *uhuk*, siapa tau menang 😀

    1. gak ada berat minimal atau maksimalnya kok…terserah aja. Biasanya yang ikut perempuannya kecil2 sementara lakinya gede2…biar berasa ringan dan larinya cepet

  21. mrscat · · Reply

    Aku semakin yakin kalo cold weather is not good for your soul and also your mental health hahahahaha….sapa coba yang mau nonton orang telanjang bokongnya ngedudukin sarang semut *crazyyyyy*

    1. HUWHAHAHAHAHA…NOVIIIIIIIIII….
      bentar lagi akupun ikutan gila kayanya kalo kelamaan di sini

  22. qonita · · Reply

    wah ada lomba duduk di sarang semut..gilak-gilak!!siapa sih yg punya ide ini wkwkwkkw 😛
    kayaknya klo kucingku ikut bisa menang mbak rika, dia suka digigitin semut dan ga nyadar ehehhee

    1. kalo kucing sampe ikutan lomba juga resmi sudah ini jadi kejuaraan paling gila sedunia 😀

      1. qonita · · Reply

        eh klo lomba air guitar pernah liat di dorama jepang, jadi ada lomba air guitar gtu trs yg juara dapat hamburger raksasa 😛 dan kayak dorama jepang gtu pada latihan tekun segala dan kostumnya ajaib-ajaib hehe

        1. aku liat foto2 yang disini ternyata banyak juga yang kostumnya azib azib super azaiiibbb…hahahahahha
          apalagi di jepang ya yang lebih gila soal kostum

  23. waaaawww lomba air guitar itu kayaknya seru ya, mungkin kalo di Indonesia adanya lomba “menyapa penonton” kali ya.. secara kalo karaoke kan pada mahir2, “yang di sebelah kanan ayo ikutan nyanyi…” :))))

    1. lomba menyapa penonton!!!!!!!
      yang di belakang…mana suaranyaaaaa?

      duhh…ini boleh bangets loh dilombakan. Makin semarak penontonnya makin tinggi poinnya. Ayo sapa mau mulai bikin lombanya?

  24. ngakak hahaha kocak banget rika,,, aslik ga kebayang gw. Pengen liat lombanya yang asli

    1. err…jadi malu nih gue. nulis begini padahal belom pernah nonton juga lomba2nya. baru denger2 aja ceritanya

  25. Mbak Rika sumpah seru abis!!!! seru dan gemblung abis!!! :)))

    Harusnya lombanya dilakukan sekaligus, abis gotong istri, dudukin sarang semut dilanjut sepak bola lumpur *dan kemudian pengsan* :))))

    1. embeeeeer
      gemblung abis!
      tapi ide kamu lebih gemblung lagi….selesai lomba nyawa ilang setengah pasti…hahahaahhahah

  26. Ngebayangin lomba duduk di sarang semut ga pake celanaa udah geli sendiriii.. Hahaha ada2 aja ya disana lombanya. Yg pura2 main gitar jg kocak banget. Hahahaa

    1. setelah gue pikir lagi lomba2 17 agustus di Indo juga kocak-kocak sih. Cuma skalanya belum dibesarkan aja kaya di sini yang diangkat jadi cabang olah raga resmi

  27. Seneng banget baca tulisan mbak rika, seru2 😀. Wah itu ada lomba buang angin. Klo tinggal d finland pasti eikeu daftarin suami, kentutnya dahsyat gak ada tandingan 😝.

  28. huahahha lucu2 banget sih. sangat menghibur di sore hari. eh itu jadi bermental bully gitu ga sih. ya masa orang fantatnya digigit semut kita liatin rame2 terus ketawain pulak. hahaha atau suami yg susah payah gendong istri yg gendut trus diketawain rame2 juga. kan aiibb. hahaha

  29. Hahaha..Lucu2 ya ga nyangka orang finland yg keliatannya dingin & tertutup itu punya olahraga yg kocak. Jadi pengen nyoba untuk acara keluarga pasti seru. Sayang waktu taun kemarin ke finland ga sempet liat olahraga ini. BTW aku liat foto mba rika loh di kedutaan wkt lagi maen gamelan, suka baca blognya tp blm pernah komen, salam kenal 🙂

  30. Apaan siiiiiihh?? Hahahaha. itu yang lomba semut ga ada potonya? terus lomba buang angin? Eyampuuun, itu jurinya mabok kali yah. Hahaha 😀

    1. hahahahah…harus pake masker kali ya jurinya

  31. Dessy Shanty · · Reply

    Salam kenal mbak…. Lucu-lucu banget ya lomba2nya….. Bisa jadi referensi Agustusan nich…..
    Tapi apa lomba2nya sebanding g dengan orang2 Finland sendiri. Aku pernah baca orang2 Finland tuch katanya pendiam, g banyak omong gitu….. Betul g mbak….

    1. ini yang ikut lomba ya memang orang finlandnya sendiri. Dan bener banget orang sini terkenal pendiam tapi mereka tetap bisa gila juga ternyata

  32. Salam kenal Rika… Kocak2 banget sih kompetisinya… Apalagi yang no 3… Ampun! 😛

    1. salam kenal juga citra. Mau ikutan lombanya juga gak? Hihihihih

      1. Waduuuh… Bacanya aja udah berasa gatel2 haha….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: