yang baru tentang suami

Ternyata masih ada juga tingkah polah si suami yang gue baru tau. Seperti misalnya hari ini, untuk pertama kalinya Mikko mengundang beberapa teman kuliahnya makan siang di rumah. Jaman masih tinggal di Belanda Mikko lumayan rajin ngundang temennya makan-makan, kadang malah mendadak tanpa woro-woro bikin nyonya ratu jadi kelimpungan. Tapi empat tahun lebih tinggal di Finlandia belum pernah Mikko ngajak temennya main ke rumah. Sampai hari ini.

Seperti biasanya, gue selalu spanneng binti darah tinggi tiap mau bikin jamuan makan-makan. Maunya segala-gala musti perfek padahal mah skill kagak menunjang. Malam sebelum hari H gue bilang ke Mikko kalo kami harus bagi tugas, gue yang masak, Mikko yang beberes rumah.  Rutinitas yang sama tiap kali kami akan kedatangan tamu, biasanya berujung dengan gue tantrum karena ngerasa Mikko terlalu santai sementara gue kerja rodi sampe gobyos.

Tapi hari ini kok beda? Bangun tidur Mikko udah beres-beres, dapur juga udah rapi jali jadi gue bisa mulai masak dengan tenang. Siang-siang gue kekurangan beberapa bahan jadi gue pergi sebentar ke supermarket, balik ke rumah liat pemandangan Mikko lagi ngelap-ngelap cermin di ruang tamu. Eeeh…tumben,bang. Dua tahun tinggal di rumah ini baru sekarang gue liat Mikko nyentuh tuh cermin.

Mungkin Mikko lagi on fire karena doi lanjut ngelap pintu-pintu di rumah kami, lanjut ngevakum rumah DUA kali, lanjut bersih-bersih di kamar mandi dan lanjut lagi beberes mainan di kamarnya Kai. Suamiku kemasukan apa siiih?

Akhirnya gue mengerti. Mikko mau rumah rapi karena yang dateng kali ini adalah teman-temannya. Orang-orang yang dia anggap penting.  Jadi dia juga ngerasa penting untuk menjamu dan menjadi tuan rumah yang baik (alias, menampilkan rumah yang bersih). Selama ini yang dateng ke rumah burung hijau kan temen-temen gue melulu dan kalo sama mereka Mikko gak merasa perlu untuk jaim, makanya minta doi beberes rumah harus pake tarik urat dulu. Sementara hari ini, belum sempat gue minta doi udah gesit bergerak. Hasilnya rumah jadi rapi kinclong bikin hati gue luar biasa senang. Asli deh, rumah rapi itu bikin pikiran tenang ya.

Eniwei, acara makan siangnya sukses alias tamu-tamu suka sama makanannya. Gue bikin salad mangga-udang dan soto betawi- Kedua masakannya dipuja puji terus, katanya enak, restaurant grade food. Terimakasih kuhaturkan untuk bumbu Munik. Kayanya gue perlu buka restoran Munik cabang Kerava.  Dan kayanya acara makan-makan begini harus sering digalang biar rumahku bisa bersih terus.

Terima kasih untuk hari ini ya suami. I had a great day.

(PS: Mikko kerja malam hari ini, dan tadi dari kantor dia nelpon untuk nanya pendapat gue tentang acara tadi siang. “What do you think? Did you have fun? Was it fun?”. So I guess today’s lunch was quite important for him because he cares what I think about it. Cuma ada sedikit sekali  hal-hal yang dipeduliin sama Mikko)

wpid-20140421_140425.jpg

Biasanya susah liat warna lantai di kamar Kai karena lantainya ketutupan mainan semua

wpid-20140421_140157.jpg

karpet melintang lurus, bantalan sofa ADA DI SOFA, batalan kursi gak jumpalitan, no papers or toys on the floor. Rumahku biasanya gak seperti ini.

Hal lain yang juga gue baru tau soal Mikko adalah tentang olah raga lari. Gue gak tau kalo suamiku ini lumayan serius soal lari. Jaman doi masih jadi atlet tentunya dia rutin lari tapi gue kira cuma sebagai olah raga pendamping aja. Ternyata jaman muda dulu Mikko lumayan rajin ikut marathon, dan tahun ini dia mau marathon lagi.

Mulai awal tahun ini dia lari hampir setiap hari dan sekarang udah punya iphone gue ajarin doi pake applikasi nike run. Sebelumnya doi lari gak pake apa-apa. Kalo soal gaya mah canggihan istrinya deh biarpun larinya kaya keong (racun).  Selesai lari Mikko bisa tau berapa kilometer dia udah lari, berapa pacenya per kilomenter. Dulu-dulu mah cuma kira-kira aja, kalo ditanya selalu bilang “gak tau, gak peduli, yang penting lari aja”

Sekarang Mikko lari dengan jarak 10 kilometeran tiap hari, di akhir minggu dia lari panjang 20an kilometer dengan pace kurang dari 4,5 menit per kilomenter.

“Waaaaaaah….suamiku cepet bangeeeeeet. Guess what my pace is?”

“7?”

“Hwahahahhahah…I wish…. sembilaaaaan”

“WHAT? 9? I walk faster than that”

Yah begitulah…makanya sekarang gue gak lari lagi, pace-nya gak pernah naik kelas (alias males)

Jaman muda dulu pace lari doi selalu dibawah 4 menit dan doi bertekad mau mencapainya kembali. Makanya sekarang Mikko lagi program diet degan target turun berat badan 5 kiloan, biar larinya juga makin cepat.

Gue langsung manyun denger kabar Mikko diet karena gue tau targetnya pasti tercapai. Beda banget  sama istrinya yang tiap hariiii niat diet, tiap hari juga gagal. Sekarang ini gue lagi dalam keadaan tergendut yang pernah gue alami seumur hidup. Udah mulai depresi kalo ngaca. Bakal tambah depresi lagi kalo berdiri disamping suami yang badannya langsing tanpa lemak.

Baiklah.

Besok. Harus. Serius. Diet.

Semangkaaaaaaaa!

Advertisements

16 comments

  1. awwww, so sweet soal bersih2 rumah! di rumah gue kebalik Rik, gue yg selalu santai dan suami selalu kebakaran jenggot klo ada kertas/buku yg ga pada tempatnya, hahah. 😀 mungkin suami gue perlu dikenalin sama suami lo? bisa saling menguntungkan nampaknya.

    buset dah, kmaren itu keadaan tergendut lo??? lo klo diet apanya yg tersisa ya? kecil mungil gitu!

  2. Pinggang kebawah. Itu dia titik gendut gue, pinggang ke bawah. Lagi winter sih tinggal pake jaket panjang dan boots tinggi puni. Pas summer…alamaaaakk…pilih celana aja susyeeee.

    Puniiiiiii…cepet…kenalin suami lo ke suami gue…biarkan Mikko berguru padanya.

  3. Oh. Bumbu munik enak ya mba? *salah fokus*. Itu rumahnya lucuu sekaliiii. Bikin edisi spesial tentang rumah doong.

  4. hai rika.. tos dulu dooong.. sama niiih tiap hari diet tapi tiap hari gagal wkwkwkwkw.. gak ada hasilnya, malah rasanya diet kok bikin makin menggendut 😛

    rumahmu keren rik, kayak katalog ikea gitu deh.. 🙂

  5. Ajegilee….. Si Mikko hebat banget. Ini suami-suami kok kalo mo diet rasanya cepet banget kurusnya dibandingin istri2. Btw, rumahlu sangat Scandinavian style. Semua serba garis lurus dan putih bersih. SYUKA! Plus ada aksesoriesnya alias dua bocah nyempil hihihi…

    Rika, lu gak gemuk. *statement ini ga boleh dibantah*

  6. Rikaaa itu so sweet dah yg nanyain did u have fun. Yah Edi kok gag beda ya mau yg dtg dari pihak dia atau pihakku mau sodara atau sahabatku atau dia tak ngaruuuh bebersihnya mentok di nyapu. Ngelap kaca is sexy bang Diiii. Beberapa kali pas rumah rapi kufoto Rik, membuatku tenang bahwa rumahku pernah dalam keadaan TIDAK seperti noah’s ark kok.

  7. mrscat · · Reply

    I was just about to say ur house looks like ikea’s catalog, tapi udah keduluan haha

  8. Rumah rapi itu emang bikin happy ya..tapi punya krucils dan suami yg hobi ngeberantakin, ya diturunin dulu deh standar happy-nya..wkwkwkwk..

  9. Hahaha gw percis bgt sm lo rik soal beberes…br aja nulis postingan bbrp minggu lalu jg soal beginian & inget jg klo loe 11-12 ma gw gitu. Itu lucu bgt sami sama kai manis di sofa hihihi. Huh, betul betul knp cowok klo niat menguruskan badan kok cepet bgt terlaksana ya. Laki gue bniasanya cukup ngomong sekali klo dia mo ngurusin badan trus cussss berenang eh minggu depan dah turun 3-5 kilo…Gueee?!! Ngookk dr jmn firaun niat kurus mpe skrg nihil hasilnya..hiks hiks

  10. qonita · · Reply

    rumahnya cantik 😀 terlihat lapang, dan lega 😀
    emang senang klo semua rapi hihi
    trs emang cowok itu lebih gampang nurunin berat kali ya

  11. Halo halo mbak Rikaaaaa….ih udah lama aku tak mampirr. Rumah mbak Rika keren sekaliii…baru sekali ini liat penampakan lengkap dalam rumah #penguntit bener akoh
    Mbak, sepertimu gendut, lalu..lalu..aku ini apaaa? #meringkuk sedih

    1. ya ampuuunnn…berlebihan ini pujiannya. Rumahnya standar abiiis, ga ada keren2nya. Kalo liat langsung baru ngerti deh. Ini angle kameranya aja bikin rumah keliatan luas

  12. Rika rumahmu nyaman sekali nampaknyaaa… *numpang gegoleran di karpet*
    Eh masalah beberes ini sama banget deh mesti narik urat dulu bahkan cuma buat minta suami buang sampah tisunya ke tong sampaaahhh. Aaaaaaaaaa. Seneng ya pasti liat suami bantu beberes ah coba tiap hari bisa gitu yah :p
    Rik, aku juga tiap pengen diet besoknya cuma tinggal kenangan nungguin esok harinya lagi dan terulang hal yang sama. Miris..

  13. Mb rika, saya aja diet juga ngg kelakon. Berkali kali. Udah niat diet n seminggu trun 3 kg, eeeh mnggu depany udh males diet huhuu. Walhasil gatot (gagal total) kayak yoyo dh tarik uluur 😦
    Anyway, rumahny cakep mb 😀 kliatan adem. Sering” aj suami bantuin beberes rmah, rapi tiap harii hhi

    1. lumayan banget ituuuu seminggu turun 3kg. banyak loh itu..
      tapi emang mempertahankan pola diet memang lebih susah daripada mulainya
      bar turun dikit udah bangga dan terus merasa patut dapet hadiah satu kotak eskrim, hihihihihi

      rumahnya aslinya biasa aja kok, angle kameranya bikin keliatan lebih luas dan rapi

  14. Hehe… Rika…. di sini gw malahan menghadapi kendala suami yang terlalu rajin…. 🙂 Kalau hubby bilang ‘saya mau santai dulu ya…’ eh ternyata malah motong rumput atau beberes di kebun itu sudah biasa, secara definisi santai menurut dianya adalah itu melakukan sesuatu di luar rutinitas, sungguh manusia aneh… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: