tips taps tips

Belajar dari pengalaman wisatanya tiga oma gue jadi kepikiran untuk menyampaikan tips berikut, terutama buat yang mau berwisata di musim dingin.

  1. Yang utama banget: usahakan istirahat sebelum perjalanan jauh. Hindari capek dan stress sebisa mungkin. Sebelum terbang ke Finlandia Omi kejar tayang menyelesaikan pesanan rendang dari langganan-langganannya, akhirnya sampe sini doi malah kolaps. Kan kasian jalan-jalannya gak bisa maksimal. Selama di Finlandia lebih banyak golek-golek di kamar aja jadinya.
  2. Sesuaikan pakaian dengan cuaca setempat. Penting banget ini loh. Rajin-rajin cek ramalan cuaca daerah yang akan dikunjungi, kalo mau berwisata di musim dingin harap diingat musim dingin itu ada tingkatannya juga, dari lumayan dingin, dingin, dingin banget sampe dingin beku. Pada umumnya di Finlandia bulan Februari gini cuacanya masuk ke dingin beku, minus belasan bahkan minus 20an derajat celcius. Tapi kebetulan banget global warming lagi menunjukkan giginya tahun ini, winter tahun ini lemes-lemes gak niat. Masa bulan Februari suhunya sekitar 0 sampai plus 2 derajat? Jadi bagus juga, sih, buat para oma yang perlengkapan winternya gak bakal mumpuni untuk menghadapi cuaca dingin beku.
  3. Sebisa mungkin cari nasehat dari orang yang udah kenal sama cuaca di negara tujuan. Emang sih udah beli jaket, udah beli sarung tangan, udah beli boots, tapi jaket seperti apa? Boots seperti apa? Cocok gak untuk cuaca di tempat tujuan nanti? Pelajari material barang-barang yang akan dipakai, kalo perlu perlengkapannya itu di foto dan ditunjukkan ke orang yang bisa ditanyai pendapatnya, udah cocok belum untuk cuaca di sana?Iya sih udah beli down coat, tapi down coat yang tebel atau tipis? Down coat tipis kurang paten untuk winter di negara kulkas seperti Finlandia sini. Down coat pada umumnya juga gak cocok dipake ke negara yang sering hujan (misalnya ke London) karena down coat gak water proof dan bisa basah kalo kelamaan kena hujan. Kecuali belinya canada goose yang katanya punya lapisan anti air. Begitu pula jaket wol kurang cocok dipake kalo tujuannya mau main salju karena wol bisa basah. Sepatu juga sama, udah beli UGG boots, tapi seandainya ke Finlandia di musim salju, UGG boots bakal gampang basah terkena salju, sebelum dipake harus disemprot pake water proof spray dulu kalo gak mau kakinya basah.
  4. Menurut gue, suhu minus satu digit masih lumayan “anget”, dalam artian masih managable, masih bisa disiasati dengan perlengkapan yang tepat. Insya Allah bisa tahan jalan-jalan di luar dalam waktu lama tanpa terlalu kedinginan kalau kita properly dressed. Jadi kalo di suhu segitu terlalu sering mengeluh kedinginan, maunya keluar masuk toko terus biar anget, jari-jari mulai beku sampai terasa sakit….artinya cara berpakaian kamu salah. Beda kalo udah masuk minus belasan, apalagi dua puluhan, udah pake down coat paling tebel dan leggings dua lapis pun gue masih suka kedinginan. Gue bilang begini karena sering baca blog perjalanan dimana penulisnya suka kedinginan di suhu -6 atau -8 derajat. Kamu salah pilih jaket, lady. Keren doang tapi bukan untuk winter!
  5. Nah, ini nih yang suka gue perhatiin. Banyak turis yang milih perlengkapan winter lucu-lucu yang keliatan keren banget buat foto sesyon tapi kualitas dan kehangatannya sungguh minimalis. Sekali lagi, penting banget untuk mempelajari material perlengkapan yang akan kita beli, jangan lupa untuk nanya ke orang yang udah pengalaman dengan cuaca dingin, jangan bergantung sama rekomendasi penjualnya, mereka belum tentu jujur, belum tentu juga mereka paham bener soal kebutuhan musim dingin.
  6. Gue tau beli perlengkapan musim dingin untuk acara jalan-jalan yang cuma sesekali sungguh berasa gak worth it kalo tinggalnya di Indonesia. Untungnya di Indonesia banyak FO. Gue sering nemuin perlengkapan musim dingin yang bagus di FO Rempoa dan Parade BSD. Di sini kita harus jeli milih barang mana yang cocok untuk dibawa ke negara tujuan, gak selalu kok jaket winter yang anget harganya pasti mahal. Misalnya jaket wol yang keren-keren itu selalu dijual dengan harga mahal, 500 ribuan ke atasbahkan sejutaan. Tapi gue nemu jaket tebel (polyester) merk Napapijri yang harganya dibawah 200 ribu. Yang tinggal di Skandinavia pasti tau merk ini deh. Ini merk perlengkapan outdoor terkenal dari Norwegia tapi masih jadi underdog di Indonesia, kalah sama Jack Wolfskin yang kayanya udah naik pamor dan harganya semakin mahal di FO Rempoa.
  7. Jangan meremehkan perjalanan bareng travel yang sekarang ini makin hilang pamornya. Dianggap kurang menantang. Tapi kalo jalannya sama oma-oma begini jasa travel akan sangat membantu sekali. Kan kasian oma-oma kalo harus disuruh ngejer kereta, lebih enak kalo mereka tinggal duduk di bis dan diantar jemput setiap saat. Kitanya pun juga gak pening ngatur-ngatur itinerary dan ngurusin segala perlengkapan oma. Belon lagi kalo ketinggalan kereta kaya kemarin karena oma-oma gak bisa diajak lari. Phewwww. Travel mana traveeel? Take my money! *Kibas-kibas uang*

Segini dulu deh tips taps tipsnya, mau nidurin anak-anak. Yang punya tips lain boleh dong nambahin di kolom komen. Makasiiiiiih….

Advertisements

29 comments

  1. wah tipsnya mantap
    jadi ingat temen yg ngeluh kakinya kemasukan salju ngerembes padahal udah pake UGG hihi
    eh tapi mbak rika, yg penting buat banyak turis kan emang foto2, soal nyaman gak nya itu urusan no 2 hihi

    1. aku tuh….susah2 beli boots dari amrik, pas dipake saljunya ngerembes…iiiggh kesel!

      kadang foto tuh suka menipu ya…kesannya jalan2nya seneng banget, padahal senyumnya cuma pas foto doang, sisanya kedinginan teruuus.

      1. jadi ingat pernah bilang ke temen mending beli yg sekalian tahan air daripada beli sepatu model ugg gtu, tp biasanya harganya lebih mahal sih πŸ˜€
        dan pernah tuh ditanya beberapa kali ama orang pergi ke korea pengen lihat salju pas winter padahal salju disini kadang turun kadang gak, turun tiap minggu aja termasuk udah sering πŸ˜›
        kalo pengen lihat salju kenapa gak sekalian ke finlandia, rusia atau beijing atau hokaido gitu yang jelas lebih utara πŸ˜€

  2. oma oma ikut travel jalan jalannya, sampe Indo masuk RS πŸ™‚

    1. oiya ya, katanya ada travel yang berasa ikut bootcamp. Jam 5 pagi udah harus siap2 berangkat ke lokasi baru dan malem banget baru sampe hotel. Tapi semuanya gitu gak sih? Apa gak ada yg lebih santai acaranya?

  3. gakk boleh ambisius pengen kesana sini karena cuaca berubah2 trus hehehe. Pengalaman pas kemaren itu ke US, pagi2 udah niat mau ini itu gak taunya suhunya ngedrop sampe minus , mau keluarin mobil aja udah susah, gimana mau pergi2 hehehe.

    1. betul…gak boleh ambisius. Harus pasrah sama kondisi cuaca apalagi gara2 global warming cuaca jadi susah ditebak begini

  4. Iya, bener banget soal stamina itu, mama dan papa pas ke sini, jetlagnya seminggu dan emang ngga bisa jalan-jalan lama mesti banyak istirahat dan sama juga, ngga bisa jalan cepet.

    1. temenku juga ada yang cerita, pas ortunya berkunjung jalan-jalannya harus diselingi pake bobo siang dulu….hihihihihi

  5. Soal jetlag itu Rik, kadang2 itu terjadi karena kita itu ga memaksakan diri juga untuk tidur dan bangun tepat waktu. Biasanya karena terlalu excited, di pesawat jadi kagak tidur. Padahal tidur di pesawat itu penting banget supaya pas sampe tujuan lebih segar. Di pesawat itu kan jadual tidurnya disesuaikan banget sama nanti di tempat tujuan sampainya kapan. Jadi ya walaupun excited, jangan terus2an nonton film atau main game during the flight.

    1. bener le. Penting banget tidur di perjalanan biar nanti pas sampe bisa langsung jalan2. Apalagi kalo liburannya singkat, kan rugi kalo harus berlama2 istirahat dulu memulihkan kondisi. Tapi katanya sih memang gak semua orang bisa tidur di pesawat. Setelah punya anak gue pun gak bisa juga, tapi kalo pergi tanpa anak sih…pesawat masih parkir gue malah udah ngorok

  6. Napapijri di bawah 200 ribu itu di mana Riiikk?? Murah beneeerr O.o

    di Bandung di daerah Sarijadi (sebelum PVJ kalo dari arah pasar) ada toko perlengkapan Winter, kayanya lumayan lengkap tuh. Sepatu boots pake winter rubber boots aja, dalemnya juga bisa ditambahin macam bulu gitu biar lebih hanget, bisa main salju tanpa kebasahan deh

    1. di FO Parade di BSD jeng.
      harga aslinya si 400an. tapi kayanya tu jaket gak laku makanya didiskon.
      di parade juga ada tuh winter boots bagus2 tapi ukurannya 35-37, kecil amat maliiih

      1. tapi Kakak, ukuran kaki gue emang 36 :p

  7. wahh ternyata rempong juga kalo mau jalan2 ke negeri ber salju ternyata dinginnya ada beberapa level yaaa….kirain cuma satu ….. kalo gitu mending kesananya pas summer saja kali yaaa

  8. Asri Hidayatulah · · Reply

    Duh gmna klw gw kesana ya..negri kulkas bgtu asma gw apa kabar?ada yg jual napacin ga?

    1. secara gue gak asma jadi gue gak tau
      ke sininya kalo lagi spring-summer aja dong. Asmanya malah berkurang loh soalnya udara di sini bersiiiiiiiiih

  9. Swastika Nohara · · Reply

    Iya bener, harus survey cuaca dan memperhitungkan jet lag sebelum bikin itinerary jalan-jalan sama Nyokap!

    1. bener! dan gak boleh ambisius itinerarynya secara beliau gampang capek

  10. Selain coat yg pas dan boots yg nyaman plus anget, memang paling penting menyesuaikan waktu sebisa mungkin. Gue tipe orang yg paling gak bisa tidur di pesawat secapek apapun, jadi kalau mau pergi sebisa mungkin gue atur waktu sesuai wkt lokal negara tujuan seminggu sebelum berangkat. Ngebantu banget krn kl udh jetlag itu bawaannya bloon kuadrat dan kaya sleepwalking aja πŸ™‚ Rugi waktu aja kalau sampai drop pas sampai di destinasi.

    1. gue pun setelah punya anak di pesawat gak bisa tidur…hiks hiks hiks. Sama juga kalo naik mobil, kereta, kapal atau apapun lah.
      makanya paling males liburan yang cuma secepat kilat satu dua hari. Lha istirahat abis terbangnya aja bisa sehari penuh.
      Dan bener bangeeeeeet. Kalo udah jetlag emang jadi bloon kuadrat.

  11. waaah tips nya bener banget tuh..!
    Klo travelling bener2 musti tau lokasi nya kemana, activity nya ngapain, n suhu sedingin apa, angin nya kenceng ngga…

    kmrn ini sempet pertama kali nya nyoba ikutan travel, ada tmn di travel, anak ABG yang kekeuh pake pants n legging + mantel karena pgn tetep “cantik” pas di foto, padahal lagi winter n suhu nya sekitar -6, n kita lagi trekking ke gunung which is udah pasti di atas sana suhu nya lbh dingin n angin nya lebih kencang.

    Nyokap nya dah nyap2 gitu, tapi si ABG nya blg jaket tebel dia ada koper gede *duh*… pasrah.
    Pas setengah perjalanan, blom sampe ke area trekking, si ABG ini menggigil sampe loncat2.
    untung nya gw bawa heatpack n jaket ultra thin nya uniqlo, jadi gw pinjemin ke dia bwt dobelan.
    *tepok jidat deh*

    anyway, salam kenal yach πŸ™‚ hehe

    1. itu anak ABG kemakan iklan2 winter coat kali yaaa. Kalo di iklan mah emaaaang coatnya dipake cuma bareng lengging tipis, sepatunya malah yang ber-hak tinggi. Kalo beneran keluar pake baju begitu ya menderitaaaaa. Cakepnya cuma di foto aja, sisanya menggigil kedinginan.

      Duuuh, itu ABG…kan jadi nyusahin satu grup ya

  12. wuih, tipsnya lengkap! kalo saya sih di setiap perjalanan, yang paling penting adalah bawa perlengkapan seminimal mungkin. Paling nggak suka kalo di jalan ribet bawa barang bejibun. haha πŸ˜€

    1. aku pun juga gitu, tapi setelah ada anak2 bawaanku kok jadi banyak beneurrr

  13. Rik, jack wolfskin di Indo murah gak? tau sendiri di DE Jack Wolfskin itu jaket pilihan dan harganya mak! Gue jadi inget, punya fleece jacket utk spring beli pas lagi diskon (aja udah 100€), eh pas gue ke Indo dan nitip di rumah temen, dibuang aja gitu πŸ˜€

    1. dulu 400an sefa, sekarnag makin mahal bisa sejutaan. Tapi ya masih lebih murah dibanding di DE yang 300an euro

      gile ituuuu temen lo. Jack wolfskin kok dibuang. Nangis deh gueee

  14. Zanni · · Reply

    Mbak aku cowok lho, kasih dong tipsnya buat bisa lihat aurora borealis, umur mmg sdh tuwir tp keinginan jl tinggi cuma bodi kalo sdh kena dingin trus mimisan, di arab yg panas gitu juga suka mimisan

  15. Mba, beli waterproof spray kalau di Indonesia dimana ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: