kalau suami pergi

Entah kenapa setiap suami dinas luar ada aja kejadian yang gak enakin. Dishwasher rusak, WC mampet, heater mati, anak sakit, atau seperti sekarang ini: kombo ibu dan dua anak sakit berbarengan ketika Mikko harus berangkat menuju Winter Olympics di Sotsi. Pas tadi melepas suami pergi baik hati dan badan ini langsung remuk redam.  Keluar dari tempat tidur aja susah, gimana gue bisa ngurus dua bocah?

Untungnya tinggal dekat mertua. Sore-sore beliau dateng masak pancake buat anak-anak, bersih-bersih rumah, main sama Kai dan Sami, sampai akhirnya nyiapin mereka pergi tidur; pipis, cuci tangan, sikat gigi dan pakai piyama. Gue tinggal serah terima aja anak-anak siap taro tempat tidur.

Dan pas gue keluar kamar buat minum obat…WOW…mejiiiiik…rumahku bersih mengkilat! Sakti bener lah memang mertua gue ini. Padahal kayanya doi gak lama-lama banget beberesnya. Jadi ingin melotot ke suami yang tiga hari ini gue minta-minta bersihin rumah tapi hasilnya kok minim banget. TIGA HARI!

Tadi mertua juga sempet ngevakum di kamar gue. Agak risih sih sebenernya ngeliat mertua vakum sementara guenya goleran di kasur. Tapi kamarku penuh debuuuu, aku ingin sakit di kamar yang bersih. Gak nyangka mertuaku aktif sekali, bebersihnya sampe ke kolong tempat tidur segala. Mulai deh gue tengsin secara harta karun di kolong tempat tidur banyaknya gak terkira. Mulai dari mainan, buku, tisu WC sampe kancut dan beha juga ada. Tanya kenapa itu semua ada di bawah kasur?

Baik gue dan anak-anak masih sakit sekarang ini dan Mikko masih tiga minggu lagi balik dari Rusia. Tapi untungnya suamiku yang gak bisa beres-beres itu sangat sayang sama istrinya, didatangkan lah bala bantuan dari Indonesia, a.k.a nyokap gue. Ternyata nyokap kemudian mengajak adek gue si Rima, dan seorang tante, dan seorang tante lainnya lagi. Amboooii…bakal rame deh rumah gue. Semoga oleh-olehnya rame juga,ya. Yang jelas besok pagi-pagi sekali nyokap udah sampe sini. Horeeeeeeee.

Tapi emang deh, kalo ngomong sama orang-orang rumah BSD selalu aja ada miskom. Udah disampaikan kepergian Mikko tanggal sekian sampe sekian karena pengennya kan nyokap nyampe sini sebelum Mikko pergi dan balik ke Indo setelah Mikko kembali ke Kerava.  Kan biar gue bisa mengutus Mikko buat urusan anter jemput di bandara. Yang ada nyokap malah nyampe sini setelah Mikko pergi dan cabut sebelum Mikko balik. Terpaksa kan besok nyokap dan dua tante gue, yang gak bisa keminggris itu, harus cari taxi sendiri untuk mengantar mereka ke Kerava (adek gue baru nyusul minggu depan karena gak bisa cuti lama-lama dari kantornya)

Dan juga nanti ada beberapa hari gue harus sekolah sambil anter jemput anak ke daycare karena nyokap udah keburu balik. Secara sekolah gue sekarang ini bukan main jauhnya, artinya anak-anak udah harus sampai daycare jam 7 pagi. Gimana ceritanya ini yaaaa? Bangunnya aja baru jam setengah delapan.  Dan dari daycare gue harus jalan kaki ke stasiun yang jauhnya dua kilometer. Ampuuuunn….bolos sekolah aja lah!

Karena sekarang ini gue udah bolos sekolah berhari-hari akibat sakit, gue gak berani bolos lagi selama nyokap di sini. Selain takut ketinggalan pelajaran (susah bok soalnya), peraturan dari unemployment office, yang membayar gue untuk ikut sekolah ini, memang gak mengizinkan acara bolos membolos kecuali karena alasan sakit.

Padahal nyokap udah minta ditemenin jalan-jalan ke sana kemari. Aduhh mamaaaaah…aku gak bisaaaaaah. Jadi mungkin nanti gue sekolah dulu pagi-pagi, siangnya lanjut nganterin rombongan ngider-ngider Kerava atau Helsinki. Wiken dipake buat jalan yang agak jauh seperti ke Tallinn. Lha, baru mikirinnya aja gue udah patah tulang. Semoga gak pake acara jatuh sakit lagi.

Sekarang tinggal hitung mundur menanti kedatangan rombongan dari Indonesia. Aku gak sabar mau makan empek-empek (gue juga minta dibawain 200 biji bakso es teler 77 dari pasar modern. Dingin-dingin begini paling enak makan bakso, yes?)

Btw, sekarang suamiku pakai iphone juga, baru aja dikasih sama kantornya. Katanya sih dia kecewa karena menurut doi Nokia Lumia lebih enak dan ada beberapa fitur penting yang ga ada di iphone (misalnya: phone recorder yang sangat dia butuhkan untuk wawancara lewat telepon). Tapi berkat iphone kami jadi bisa facetime-an. Kok seneng banget bisa liat wajah suamiku di layar telepon? Did I tell you that he seems to be getting younger by the day? Sementara kantong mata gue cukup buat nampung air kobokan.

Advertisements

59 comments

  1. semoga cepet sembuh setelah memakan 200 biji bakso! 😀 hihihih… yaaa, pasti cepet sembuh deh setelah dikunjungi mamamu tercinta. oh betapa ngirinya daku padamuuuuh…
    selamat bersenang2 yah!

    1. puniiiiiiiiii
      kalo mau bakso bilang yaaaa…gue bagiiiiiiii. Yah, di toko asia juga ada sih bakso, tapi yg dibawa nyokap lebih enak deh.

      1. mau banget Rikaaaa, tapi ga tega abis lo lagi sakit, mana lagi dapet kunjungan negara segala. 😀 enjoy your bakso yaaa.

        PS. suami2 kita bener2 kyk kembar terpisah gini sih, dia juga ga pernah mau makanan basah apapun yg dibawain orang2 dari Indonesia (atau gue yg bawa sendiri dari sana), karna percaya banget bahwa bakalan rusak klo ga dimasukin kulkas. hmph. alhasil gue selalu makan sendiri deh tuh semua yg dibawa dari Indonesia, hahaha…puwasss…

  2. sakit sambil ngurus anak sakit itu memang semriwing sekali rasanya ya…mudah2an makan pempek & bakso bikin cepet sembuh ya Rik…

    1. eyyyym….rauwis-uwis sakitnya karena gak bisa istirahat.
      Makasih dwire

  3. moga cepet sembuh mbak Rika, Kai dan Sami dan ntar abis makan bakso ama pempek bisa makin fit 😀
    asik banget suami bisa ke Sochi, tapi baca di berita ada gosip kotanya blm siap buat olimpiade gtu, moga gak bener beritanya hehe
    oh iya kalo mertua suka makan bakso ama pempek juga ga? 😀

    1. Gosipnya memang bener Qonita. Kata mikko ini winter olympics yang paling corrupted, padahal dananya gila2an, tapi fasilitasnya memble semua karena uangnya pada dikorupsi. Hotel2 di sana gak beres semua, yang airnya suka gak jalan lah, wifi-nya putus nyambung, padahal ratenya mahal banget.

      1. wah untung pake duit kantor, kalo trip pribadi pasti nyesel abis dapat fasilitas memble

  4. Mertuanya baik banget Rik :)). Semoga cepat sembuh dengan 200 biji bakso.

    1. iya…mertuaku memang baiiiik

  5. Salah fokus, kalo mau kirim bala bantuan dari Indo, kirimnya mbok, bukan emak..ha.ha.ha.

    1. Sama nyokap kan lebih tenang ninggalin anak2 di rumah sementara gue sekolah

  6. gws mbak rika.. memang kalo sakit itu obatnya cuma istirahat (dan 200 bakso kuah pedes yg bikin kringet keluar).

    1. asal makannya gak langsung 200 biji ya…bisa tambah sakit nanti

  7. Ngekek waktu baca nemu harta karun Be-ha di bawah kolong tempat tidur. Hayooo…kenapa bisa disitu coba.
    Semoga 200 biji bakso dan pempek jadi semacam dopping buat loe bisa sekolah, nganterin nyokap jalan-jalan ya, Rik. Semangat !!!!

    1. Eeeerrrrr…..iya, Ndah…kenapa kok bisa di kolong tempat tidur ya? Pantes aja selama ini ngerasa daleman gue di lemari kok berkurang, hahahahahahah

  8. Cepet sembuh ya semua di rumah burung hijau, biar tim hore dari bsd ngga ketularan hohoho

    1. iya nih…jadi khawatir kalo tim horenya ikutan sakit. Kusuruh banyak2 minum vitamin dan suplemen

  9. Semoga cepet sembuh mbak rika dan keluarga. Alhamdulillah kluarga pada datang yah.

    Iphone kan bisa ngerekam juga mbak, pake voice memo bilang sama miko.

    1. voice memo itu cuma ngerekam suara searah aja kan? Yg mikko butuhkan itu pembicaraannya di telepon bisa terekam, baik suara dia maupun orang yang dia lagi ajak bicara. Di iphone gak ada. Akhirnya bisa juga sih setelah beli apps seharga 9 euro, tapi merekam phone call pake nokia lumia jauh lebih simple.

  10. moga2 semua cepet sembuh ya rik…

    1. makasih arman

  11. Semoga cepat sembuh ya Rika dan bisa jalan2

    1. makasih noni

  12. Hahahaa…semoga cepat sembuh ya….
    Wah mertuanya baik banget ya… senang deh dapat mertua seperti itu… 🙂

    1. mertuaku emang top deh
      suka ngambil anak2 juga biar aku sama mikko bisa kencan

  13. Rik, lu lagi sakit aja bisa bikin gue ketawa baca cerita yang ditutup dengan kantong mata kobokan! Gue rasa nanti elu bukan bakalan sakit karena kecapean deh, tapi karena makan baso kebanyakan plus sambel! Eh ga jadi deh, gue doakan elu sekeluarga bakalan sehat selalu !

    1. hahahahaha, mau numpang cuci tangan di mata gue gak, le?
      baksonya makannya dicicil-cicil lah, biar tahan setahun

  14. Moga lekas sehat ya Rika..dapat pleh2 banyak dan bisa jalan2 sama nyokap, adik dan tante2nya..

    1. makasih fitri
      hari ini rencananya mau ke dokter

  15. get well soon, rik!! mejik banget mertua loe yaaaa 🙂 dan bahagia nampaknya menanti basko dan mpek2 😉

    1. ini lagi peluk2 bakso gill…dibawain egg tofu juga selusin buat bikin sapo tofu.senaaaang

  16. mba rika, lain kali kalo mas miko mau pergi jauh dan lama.. boleh loh aku diimpor ke sana. hahaha mau deh bebersih rumah ngasuh Kai Sami. asal diimpor ke sanaaaa.. :))

    1. hahahahahha…dicatet…kali2 nanti ditinggal mikko lagi namamu aku simpen di daftar bala bantuan.
      Gak mau coba program Au Pair? Seru loh

      1. mau banget mbaaa.. pas kuliah pernah nyari-nyari juga. berbekal bahasa perancis pas pasan 😀 ada kakak kelas yang dapet ke swiss, eeeh keterusan lah akhirnya dapet suami di sana 😀
        mau dong Au Pair ke rumahmu aja :))

        1. Ih, aku mah kepengeeen banget punya au pair dari Indonesia, biar ada temen ngobrol2 di rumah. Tapi gosipnya sekarang gak boleh ambil au-pair yang kebangsaannya sama.
          Lagipula….gak ada duitnya juga sih kalo mau punya au pair.
          Kabarin aku ya kalo main2 ke Finlandia, nanti main2 ke rumahku

  17. Moga-moga cepet sembuh mba Rika. Itu 200 biji bakso pasti bisa banget bantu mempertahankan stamina. 😀

    1. makasih daniiii
      kayanya semua komen di sini tentang bakso deh jadinya…ahahahhahah

  18. Kak rika kok mintanya cuma bakso 200 biji? Kenapa gak nitip tolak angin *salah fokus =D

    1. errr…sebenernya aku mintanya 400 biji, nyokapku langsung histeris, kopernya meledak nanti. hahahahahhahahah
      percaya gak sih, aku belon pernah loh minum tolak angin.

      1. Huahaha 400 biji, hahahah =D, Serius kak belom pernah??:o
        Eh ya cepat sembuh ya kak^^

  19. Mba rika aku ada rencana main ke finland..ikut suami training, boleh mainmain dong kerumahnya ketemu sai and kami :))))

    1. kapaaaaaaaan ke sini? asiiiiik….
      boleh dong main-main. Atau kita ngider kota Helsinki juga bisa.

  20. Rikaaaa ahahahaahahaha eh aku ngetawain 200 bakso dan oleh oleh lainnya yaaa, ihihi coba itung beneran nyampe 200 gak tuh baksonyaaa. Yang sehat selalu deh, Rik, pengen bilang minum tolak angin kurang RUM ya, mending jaga kesehatan dengan teratur makan dan istirahat dan banyakin minum air putih.

    1. sondaaaaaaaaang….malah ada 250 biji baksonya. Ada 5 kantong masing2 50 pentul. Pesta bakso deh gueee

  21. dhira rahman · · Reply

    Hahahahahaha.. aiti kamu itu kiyut sekali gimana bisa merasa gak kiyut?!
    Gak apalaaah lumayan kan paling gak ada temennya dan terutama ada bakso dan pempek!

    1. butuh krim mata dhiraaaaaaaaaa….

  22. semoga lekas sembuh ya mbak rika…,, pasti seneng di kunjungin orang tua dan adek trus di bawain makanan dan oleh2 segambreng… 😀

    1. makasih, dan bener loh…rombongan hore ini bawa makanannya segambreeeng

  23. Cepat sembuh mba rika.. biar bisa jalan2 sama keluarga dari indo hihi.

    1. makasih, alhamdulillah sekarang udah mendingan dikit

  24. hyaa…bakso 200 biji. Pernah mau bawa bakso beku dari sini eh sama penjualnya ga bisa karena kata dia kalo baksonya ga di kulkas/dandang cuma tahan 8 jam…masak sih? setelah baca ini aku merasa dibohongi tukang bakso…

    1. hmmmm….sezuzurnya, Mikko gak pernah mau nyentuh bakso atau makanan apapun yang gue bawa dari Indonesia (makanan basah maksudnya, bukan kering). Menurut doi makanan yg gak disimpen di kulkas pasti rusak.
      Dan soal bakso, gue gak pernah nanya tukangnya sih, tapi gue udah berkali2 bawa bakso dari Indo dan begitu sampe sini lgsg simpen di freezer. Kayanya sih baik2 aja, belon pernah ada masalah. Pernah juga menjamu temen2 pake bakso bawaan dari Indo gak terima laporan ada yg sakit perut.

      Apa perut kami udah kebal semua ya?

  25. Cepat sembuh ya Rika dan anak-anak..met makan bakso n pempek sampai mabok, hihihi…

    1. hahahaha…kok pas banget
      hari ini aku memang lagi makan bakso sampe mabok
      udah 4 mangkok nih

  26. Mba Rika ga kepengen bikin buku apa ya, baca blog nya aja udah ketawa2 terus. hehehe 🙂

    Get well soon Mba :).

    1. lebih enak baca di sini kan? gratis. Kalo aku beli buku harus bayar loh bacanya…hihihihihihih

  27. winkthinking · · Reply

    haiii..eh lagi sakit borongan ya…mudahan sekarang udah sembuh yak. Aku baca ini rasanya hati hangat deh…beruntung banget dirimu mbak. Mertua dan keluarga sendiri hubungannya mesraaa…sampe ada satu tim yang mau dateng jauh dari Indonesia untuk bantu. Suami juga romantis benerrr…ah senang bacanya.

    1. sakit borongan, untungnya udah sembuh borongan juga
      dan suami udah pulang
      horeeeeeeee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: