serba-serbi finlandia: koran metro

Biar melek dikit sama berita terkini gue rajin baca koran Metro selama perjalanan pulang dan pergi sekolah. Lumayan buat ngelatih bahasa Finlandia gue yang levelnya kok ya gak naik-naik. Dibanding koran lain seperti Helsingin Sanomat atau Ilta Sanomat koran Metro lumayan gampang dibaca. Beritanya suka penting-gak penting seputar kejadian-kejadian kecil di Helsinki dan sekitarnya.

Sekitar dua bulan lalu ada berita tentang beruang di bonbin yang kagak tidur-tidur walaupun udah masuk bulan November. Memang aneh banget winter tahun ini, datangnya sangat terlambat. Udah bulan November suhunya masih seputaran 8 derajat celcius bikin beruang-beruang jadi insomnia. Gagal hibernasi.

Di bulan yang sama ada berita kecil tentang dua cowo yang adu mulut dengan seorang cewe di halaman sebuah bar. Mungkin karena terlalu marah si cewe main lempar asbak ke cowo-cowo tersebut. Asbak mendarat di kepala salah seorang cowo lantas mental dan melayang ke jidat cowo lainnya lagi yang saat itu lagi santai duduk di mobil.  Malang bener nasib cowo terakhir ini, ya. Semua oknum berakhir di kantor polisi.

Berita foto hari ini dibintangi anak beruang yang melambaikan tangannya ke kamera. Sementara ibu beruang sibuk nangkep ikan di sungai, anaknya malah iseng berpose ke fotografer. Hasil fotonya cukup mengagumkan dan dibawahnya ditambahkan juga tulisan singkat dengan judul “Ini bukan manusia berkostum beruang”. Beneran deh bok, ini beruang asli.  (PS: Di koran metro tampaknya cukup banyak berita tentang beruang.)

20140120-183431.jpg

Masih seputar berita foto;  minggu lalu ketika winter akhirnya datang juga, dan suhu turun ke -8 derajat celcius, berita foto menampilkan jemuran pakaian di daerah Vantaa dengan caption:”Di udara beku seperti ini masih ada yang menjemur cuciannya di luar”. Gue jadi penasaran, kalo jemur baju di udara terbuka pas suhu minus begitu apa pakaiannya gak jadi beku kaya papan?

Kembali ke berita hari ini; ratusan cewe pre-remaja kompak melakukan demonstrasi di pusat kota menuntut band terkenal, One Direction, untuk manggung di Finlandia. Tampaknya mereka kecewa sekali Finlandia terlewat dari daftar tujuan konser One Direction tahun ini. Sampe demonstrasi segala.

Dan yang paling unik di berita hari ini (versi metro online) adalah berita dari Aleksanterikatu, shopping streetnya Helsinki. Di pusat belanja yang sibuk itu banyak yang dikagetkan dengan jeritan minta tolong dari seorang pria asing. Tebak apa yang terjadi? Lidah pria tersebut menempel di tiang! “Help meeee….help meeee” begitu teriakan si orang asing. Beberapa orang langsung sigap ambil telepon untuk memanggil ambulans tapi terus,… pria asing yang tadi sibuk minta tolong malah lantas tertawa terbahak–bahak. Malahan ada pria asing lainnya juga yang ikutan muncul dan ikutan ketawa. Ternyata semua cuma pura-pura. Yang tertempel di tiang ternyata cuma lidah palsu!

“Awas aja ya nanti kalau ada yang beneran nelpon ambulans ke sini.  Baru tau rasa deh mereka” amuk salah seorang nara sumber.

Sekian sari berita penting.

Bacalah koran Metro!

Advertisements

46 comments

  1. susah yah bhs finland, kata suami gw juga finland susah bahasanya lebih susah dr Norsk 😦

    1. katanya sih begitu, bahasa sini memang susah, tapi asalkan banyak berlatih bakalan bisa kok. Guenya aja nih yang kurang latihan

  2. Hihihi sama disini ada metro juga, isi berita nya campur aduk. Ada gosip ga penting, berita anak muda, politik, dll. Ada beberapa model koran gratis lainnya sih, gw jg demen baca2 kalo lagi di tram. Daripada ngantuk…Tp itu bear nya sumpah lucu banget siiihhh dadah dadah gitu ^^

  3. iya oppieee…pas kemaren di paris pun gue liat ada koran metro juga. Sayang gak ngerti bahasanya. Pengen tau apa di sana banyak juga berita2 penting gak penting kaya di sini.

  4. itu beruangnya lucu bener XD
    oh iya soal jemur baju, temen ada yg hobi jemur baju di luar meski winter gini, kering kok bajunya tapi jadi dingiinnnnn pas dipegang
    dan saljunya apa diserep amerika semua ya, baru ada salju lagi setelah sebulan yg lalu 😛

    1. di korea gimana qonita? udah banyak belum saljunya?
      hari ini turun salju di sini walaupun sedikit

      1. lumayan banyak saljunya, lumayan bikin kepleset jg hehe

  5. hahaha tapi masih mending lah mba daripada poskota x))))

    1. kadang ada juga berita kriminal di koran metro, tapi ga sebanyak pos kota

  6. sekarang bukan cuma manusia yang narsis, beruang pun juga pengen ikutan narsis, tapi emang unyu banget sih beruangnya mba, tau aja kalo mau di foto..:))

    .

    1. hahahahah
      kalo dikasih kamera mungkin doi bakal sibuk selfie

  7. wah udah bisa sedikit2 dunk bahasanya ya..udah bisa baca korannya…

    1. sedikit sedikit i can laaah

  8. hihihihi jemur pakean di suhu minus, gimana ceritanya tuh orang ya Rik..:D
    mungkin didalem rumahnya udah ga muat saking banyaknya pakean yang blom kering juga..jadi nekat jemur di luar…hihihi

    1. tapi apa jemur pakaian di suhu minus bakalan bisa kering? jadi penasaran kan?

  9. Hahaha, itu foto beruangnya lucu benerrrr! Entah kenapa nggak ada serem2nya ya, beruang di foto itu.. 🙂
    Btw, laki2 yg naruh lidah palsu di tiang itu, bisa dipidanakan, gak ya? Bikin panik orang!

    1. kalo dilaporin ke polisi mungkin bakal digiring sih kayanya
      nyebelin banget ya
      mana orang asing pula…bikin image orang asing jadi jelek kan takutnya

  10. alhamdulillah yah tante *eh* khatam baca isi blog dr post pertama sampai terakhir~~ 4 hari sakit malah baca blog dan ngakak puas 😀

    1. aduh adek kecil…aku dipanggil tante….hahahahahaha
      lagi sakit kok malah marathon baca blog?

      1. soalnya umur tante hampir sama kayaknya sama umur mama aku 😀 nggak ada kerjaan ya udah kejar tayang *lah* baca blog sampai beres

        1. mama kamu masih mudah dong yaaaa

      2. iya.. maklum nikah muda~~ makanya sering d anggap kakak adek kalau lg jalan bedua hahaha

  11. seru juga ya itu yang jemur pakaian meski suhu minus 8 derajat 😀

    1. asal jemurannya jangan rusak aja ya

  12. rik, coba gih jemur baju pake suhu segitu .. gw penasaran!!!!! 😉

    1. hahahahah….coba pake kaen pel kali ya, sayang amat kalo baju gue jadi papan

  13. berita-beritanyaaaa.. :’))

    1. yang gak penting2 gini malah bikin seneng bacanya

  14. cucian kering kok dijemur di winter gini, pernah dibahas secara fisika sederhana di rubrik khusus anak di koran lokal sini :))

    1. naaah, ada yg jawab nih.
      tepuk tangan buat ajeng yang menjawab rasa penasaran kita semua
      jadi makin pengen nyoba jemur baju di luar lagi winter gini.

  15. bagus deh beritanya menghibur, gak kayak disini yang isinya ya gitu deeh.. hehehe. Btw di koran metro suka ada ulasan band macem the rasmus gak mbak? Mau coba demo juga ah di jkt biar the rasmus dateng kesini 🙂

    1. hahahahha adiiiis. Mau bikin demo juga biar the rasmus dateng? Ayo coba sana kumpulin massa

  16. Rik, koran Metro itu sepintas mengingatkan gue sama Lampu Merah, yang sekarang ganti nama jadi Lampu Hijau. Soale beritanya kocak2. Kalo Lampu Hijau kan berhubung Jakarta tingkat kriminalitas tinggi, jadi isinya berita kriminil semua. Coba kalo dia buka cabang di Finlandia yg minim kriminalitas, pasti 11-12 sama Metro deh 😀

    1. Hahahahahhaha…iya Ra. Si lampu hijau ini mirip2 metro kayanya. Penting sebenernya di Jakarta koran yang membahas berita2 sederhana dan ringan gitu, biar hidup rasanya gak setress2 amat (ehhmm…udah ada ya? koran ingpotenmen?)

      1. Dulu ada Rik, nama korannya Halo Sayang cmiiw, grupnya Rakyat Merdeka & Lampu Hijau. Isinya gosiippp hiburan dan hal2 gak penting gitu. Editorialnya, ya beti sm Lampu Hijau.

        Yg kasian wartawan2nya sih. Tiap wwcr trus bilang dari koran Halo Sayang, pasti diketawain narasumbernya. Yaeyalah yaaaaa, wong namanya begitu amat sih 😆

        1. “permisi mbak, kami dari Halo Sayang ingin sedikit wawancara”
          Ampun Raaaa….gue juga udah bakal ngakak duluan kaliiiiii
          Kalo koran metro ini gratis Ra. Terbit tiap hari kerja. Mungkin kalo pake bayar pada males beli karena dianggap kurang nendang beritanya. Emang koran ini hiburan gratis kecil2an lah.

  17. Ahhh gilaaa beritanya minim kriminalitas bangettt hahahahaha!!! Mirip sama koran spore yang beritanya cupu2 begono hahahaha. Anyway cobain gih mbak rika jemur baju di luar pas winter. Penasaran aja

    1. kadang aja juga kok, May, berita kriminalnya. Dulu ada berita soal pelajar yagn nusuk dua teman sekelasnya pake pisau. Iiih, serem.
      Ini banyak yang nyuruh gue jemur baju di luar kayanya emang harus dicoba deh. Gue jadi makin penasaran nih

  18. hahahha..beritanya lucu2 sekali..penting ga penting ya.. lucunya si anak beruang.!!! enaknya berita begini malah bikin senyum2 sendiri, dibandingkan Koran Jakarta yang kalo dibaca bikin merinding, keusel, sampe sakit kepala. 😦

    1. iya beneeer. Berita2 kecil gini kok justru bikin hidup jadi lebih ceria.
      Kalo baca berita buruk mulu aura jadi negatif ya rasanya.

  19. Aku suka beruangnyaaaa!! Soalnya aku kan pengen ber-uang, dan uangnya ga abis2! *ga penting*

    1. aku juga kepengeeeen beruang yang ituuuuu

  20. Sari berita penting 😀
    Aku jadi ingat siaran RRI, harga cabe keriting, kol dan kentang gelar. Sementara bawang merah dan bawang putih terus berantem.

    1. Abis bawang putih ngilangin cucian sih, hahahahhaha

  21. dunia makin tua emang…secara beruangnya selfie eh narsis ding. ya beda tipis lah ya ahahaha

    1. hahahahahah
      ini karena gak dikasih kamera aja beruangnya. Kalo dikasih ya pasti selfi juga trus register account instagram

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: