matsuzaka dan tokuro: langit itu penghubung hati

Ada yang doyan baca komik Crayon Shinchan? Gue doyan banget. Diulang seratus kali juga gak bosen baca komik-komiknya. Salah satu favorit gue kisah cinta ibu guru Matsuzaka dan dokter tulang Tokuro yang terjalin sejak  jilid 20 hingga 47.

Ibu guru galak, bermake-up tebal dan jomblo abadi di kisah Crayon Shincan itu suatu hari terkilir kakinya hingga harus masuk rumah sakit. Ternyata dia malah lantas jatuh cinta sama dokter tulang yang merawatnya, dokter Tokuro. Setelah berbagai alasan palsu untuk ketemu pak dokter, ibu Matsuzaka berniat untuk mengungkapkan perasaannya, tentunya dengan dukungan Sinchan dan Misae.

Untuk mengurangi rasa gugupnya Matsuzaka berlatih bicara dulu di pintu RS, “Saya suka kamu, dokter. Ajaklah aku kencan”. Gak nyangka saat itu Tokuro ada tepat di belakangnya dan menjawab “Aku juga suka kamu”. Ibu Matsuzaka segitu kagetnya sampai terjatuh dari tangga dan harus masuk rumah sakit lagi. “Tapi aku sangat bahagiaaaa…”

Hubungan mereka gak selalu berjalan mulus. Banyak berantemnya, banyak salah paham dan sering putus-nyambung. Sempet ada isyu kalo Tokuro sebenarnya gay, yang akhirnya terbantahkan setelah Tokuro mencium mesra ibu Matsuzaka sebagai bukti. Sempat juga mereka pacaran jarak jauh karena Tokuro sedang dalam ekspedisi pencarian fosil futabanasaurus di Afrika. Selama masa LDR itu ibu Matsuzaka selalu lemah letih lesu sepanjang hari, beda sama tabiat aslinya yang galak dan gak sabaran sama anak-anak TK Aksi.

Di jilid 47 kembali hubungan mereka didera masalah. Akibat gosip yang disebar Nana, si anak kecil biang gosip di TK Aksi, hubungan bu Matsuzaka dan dokter Tokuro kembali retak. Padahal orang tua ibu Matsuzaka sudah mendesak anak perempuannya itu untuk segera menikah. Karena patah hati teramat sangat akhirnya Matsuzaka menerima perjodohan dengan Roppongi, lelaki pilihan ibunya.

Anak-anak TK aksi tentunya gak tinggal diam, terutama Nana yang merasa sangat bersalah. Mereka tau sebenernya Matsuzaka dan Tokuro masih mencintai tapi terlalu gengsi untuk mengakuinya. Suatu malam crayon menemukan si ibu guru yang sedang mabuk sake di sebuah kios, dengan telefonnya Crayon merekam ibu Matsuzaka yang mabuk sambil menangis “Sebenarnya aku masih cintaaa…huhuhuhuhu”

Video tersebut kemudian ditunjukkan ke dokter Tokuro yang saat itu juga sedang patah hati dan bersiap-siap hengkang dari Jepang, mau memulai hidup baru di Gets Abobo untuk mencari futabanasaurus. Dengan dukungan anak-anak TK Aksi Tokuro muncul di pesta pertunangan Matsuzaka dan Roppongi.

“Saya ingin Ume kembali ke pelukanku” Tokuro berteriak dengan gagah.

Setelah sedikit adegan bak-buk-bak-buk basa-basi  dengan Roppongi, Matsuzaka dan Tokuro pun kembali ke bersatu. Matsuzaka yang tau benar kecintaan Tokuro akan pekerjaannya kemudian melepas kekasihnya menuju Gets Abobo .

“Ini kepergianku ke Afrika yang terakhir, kalau sudah bertemu Futabanasaurus aku pasti akan kembali. Lalu,…”

“Lanjutkan nanti saja kalau kau sudah pulang” jawab Matsuzaka sambil mengecup Tokuro

Emberrr….idung gue mulai meler di sini

Ternyata ceritanya masih berlanjut dan semakin mengharukan.

Siapa yang bisa menduga kalau kemudian ada aksi terorisme di Gets Abobo dan Tokuro pun tewas dalam sebuah ledakan bom.

Matsuzaka yang merasa sangat kehilangan berpura-pura tegar di depan semua orang padahal sebenarnya dia sedang melaksanakan aksi bunuh diri dengan cara bekerja terlalu keras dan diam-diam banyak minum alkohol. Gak lama kemudian dia malah bertemu seorang pelatih tinju dan setuju untuk mengikuti ajang Girl Fight.

Setelah melalui proses berlatih ala-ala karate kid alias latihan menangkap ayam, ditimpuk kacang dan berlari sambil dikejar sepeda oleh gurunya, Ume Matsuzaka siap masuk arena pertandingan, alias siap bertanding sampai mati. Crayon and de genk yang sempat menyaksikan ibu Matsuzaka berlatih akhirnya menyadari kalau pertandingan Girl Fight sebenarnya dijadikan ajang bunuh diri oleh ibu guru mereka tersebut.

Benar saja, di arena tinju Matsuzaka tidak memberikan perlawanan sedikitpun terhadap lawannya yang ganas. Memang benar ia ingin mati.

Untung saja….di hari itu juga sepucuk surat sampai ke TK Aksi. Surat dari Tokuro untuk Matsuzaka yang ditulis beberapa saat sebelum Tokuro meninggal. Nana yakin setelah membaca surat tersebut ibu Matsuzaka mau menghentikan pertandingannya.

Tim TK Aksi langsung berbondong-bondong menemui ibu Matsuzaka di arena pertandingan. Ditengah-tengah baku hantam yang sedang terjadi Crayon membacakan suratnya keras-keras untuk ibu Matsuzaka dan demi mendengarkan surat tersebut Matsuzaka akhirnya mulai bertahan dan memberi perlawanan terhadap musuhnya.

Ume sayang, apa kabar? Di Gets Gebobo selatan ini panas sekali. Kami sedang dalam persiapan akhir untuk ekspedisi ini. Aku tak tahu akan makan waktu berapa lama. Tapi aku pasti akan menemukan fosil Futabanasaurus tersebut!
 
Ngomong-ngomong…Ekspedisi sebetulnya adalah pekerjaan masa lalu. Sedangkan pekerjaan Ume, yaitu mendidik anak-anak, adalah pekerjaan masa depan. Aku iri sekali.
 
Andai kau tahu, betapa menariknya dirimu saat sedang mengejar anak-anak dan bermain dengan mereka…lalu kau memancarkan kekuatanmu, itu yang ku kagumi darimu.
 
Oleh karena itu, sesulit apapun aku ingin kau meneruskan pekerjaanmu sebagai guru. Jika kau sedang sedih, lihatlah ke atas langit. Aku pun begitu saat menggali. Langit itu menghubungkan dunia, jadi saat kita melihat langit, hati kita juga terhubung.
20131117-001148.jpg 20131117-001200.jpg
 
Berkat surat Tokuro tersebut semangat ibu Matsuzaka pun kembali. Manusia harus tetap hidup karena kehidupan tetap berjalan dan masa depan senantiasa menanti.
20131117-001133.jpg
*snif snif*
44 comments

  1. meleleh bacanya 😦

    gw ga gt suka sinchan sih tp pernah punya dvd nya episode 1-10 dlu. Msh awal bgt, blm ada adenya malahan hehehe

    1. makin ke belakang makin banyak tokoh2nya. Makin beragam juga cerita2nya

  2. Aku juga suka cinta2 an yg mengharu biru gini, mbak…hehehe
    Btw, co itu emang ga bisa membaca perasaan ce ya? Kl bu guru ga ngasi tau duluan, si pak dokter ga akan ngaku gitu?? *lg galau krn kondisiku sama hiks hiks*

    1. mungkin karena waktu itu bu matsuzaka udah mau tunangan sama Roppongi makanya Tokuro gak enak ati kalo mau ngajak balik. Tapi toh akhirnya Tokuro juga kan yang minta Matsuzaka balik lagi.

      Tapi nih, emang katanya cowo kurang peka kalo utk masalah hati. Suka gak sensitif. Jadi gak papa kalo misalnya si cewe aja yang duluan untuk ambil langkah. Ngomong duluan ke si cowonya, misalnya, daripada cuma bisa nunggu tanpa ada hasil.

  3. gw ga tau sinchan ada cerita beginian lho .. maklum bukan penggemar sinchan ..

    1. kisah2 sinchan banyak jg yang bikin terharu sebenernya

  4. samakkk, akupun kl baca bs berulang kali, kompllit lagi haha. aku dulu bercucuran air mata pas tau si pak dokter meninggal kena ledakan bom hahahaa, sedih banget huks

    1. aku jugaaaa…masa udah baca untuk yang kesekian kalinya masih tetep loh pake nangis pas bagian surat tokuro dibacakan

  5. saya penggemar berat sinchan juga cuma tak pernah beli komiknya, dulu semester awal kuliah lagi ngeboom-ing di RCTI tiap pagi jam 9 saya selalu nonton, tapi saya tak tahu bagian ini yaah maklum cuma nontonnya dari TV. wah ternyata ada bagian kisah cinta ibu Guru yang saya hafal cuma seluk beluk keluar sinchan dan teman-temannya….

    1. aku pun dulu tiap hari minggu rela bangun pagi demi nonton sinchan tapi abis itu lanjut tidur lagi sampe siang.
      Tapi aku lebih suka bukunya sih. Kalo di film kanyanya banyak percakapannya yang diperhalus jadi gak selucu bukunya.

      Selain kisah cinta matsuzaka kan ada juga kisah cinta ibu yoshinaga sama cowok yang akhirnya jadi suaminya (lupa namanya)

      1. iya saya cuma baca satu atau dua bukunya itu pun dulu kadang kalo ada teman kampus bawa, kayaknya memang seru bukunya deh,lebih dalam dan pasti lebih gila lucunya…saya ngakak deh baca postingan mbak Rika… 🙂

  6. Hah? Rik, Crayon Sinchan tu ada adegan yang “ga lucu” kaya gini ya?? Aku bukan pembaca seri dia sih. Kirain 1 buku isinya lucu-lucu doang.

    1. kebanyakan memang isinya lucu2an doang, tapi sering loh juga kisah2 lucunya punya pesan moral yang mengharukan.

  7. AHHH iya.. iyaa… adegan ini bikin gw sesenggukan juga. Tapi sesenggukannya karena tepo seliro sesama jomblo saat itu, kasian sama matsuzaka, kok hidup kayaknya kejam banget.. tapi matsuzaka emang sebenernya baik meski suka galak, dia pernah nolak surat cinta dari cowo yg lebih muda supaya cowo itu fokus sama sekolahnya *makin diseriusin ngebahasnya seolah2 beneran ada orangnya 🙂

    1. hahahahaha…sesama jomblo. Gue juga suka kasian sama matsuzaka yang pengen banget punya pacar tapi gak dapet2, makanya dia jadi suka sensi sama orang lain yang hidupnya lebih bahagia. Dan gue juga inget tuh kisah matsuzaka sama cowo berondong itu. Emang sebenernya si ibu matsuzaka ini baik hati ya, tapi ketutupan aja sama bedaknya yang tebel, hihihi

  8. Mbak Rikaaaaaaaaaaaaa!!! *usap ingus*
    Ternyata ada juga yang ngikutin sinchan kayak gue. Banyak yang bilang sinchan itu vulgar dan nggak mendidik, tapi aku udah cinta matiii! Gue sebenernya sebel sama Bu guru Matsuzaka abis annoying banget kan dan sukanya makan gratis di supermarket hahaha. Pas dia pacaran sama cowok seganteng Tokuro gue pikir nggak akan lama lah, ehhh ternyata bertahan donggg jadi deh gue berharap mereka bakal married dan live happily ever after kayak gurunya sinchan (lupa namanya yg rambutnya selalu dikuncir) ehh ternyata tokuro matiii. =(((
    Postingan lo bener2 bikin gue =) hari ini dehhh

    1. Mayyyyyyy…sini pelukan dulu sesama penggemar Sinchan. Gue pun cinta matiiiii sama sinchan. Dan menurut gue ya, biarpun banyak perilaku sinchan yang konyol, bodor bahkan vulgar, tetep loh banyak kisah2nya yang mengharukan dan penuh pesan moral.

      Ibu guru yang baik hati itu namanya Yoshinaga, kebalikan dari sifat2nya Matsuzaka yang galak, menor, sinis, dllnya itu. Tapi gue selalu mikir Matsuzaka galak begitu karena gak bahagia, karena sebenernya dia pengen banget punya pasangan tapi gak nemu2. Makanya gue seneeeeng banget pas dia ketemu Tokuro.

  9. Baru tau ada cerita kayak gini di crayon sinchan. Dulu sih suka bgt bacanya, tp skr uda jarang ngikutin. Jadi pengen beli komiknyaaaa..

    1. aku juga udah gak rutin ngikutin lagi setelah pindah sini, tapi setiap pulang ke indo selalu nyetok beberapa buku buat dibawa. Dan pas waktu baca buku ke 47 ini agak kaget juga loh kisah Sinchan bisa sedih banget kaya gini

      1. iyaa, ceritanya sweet bgt. baca suratnya itu loh bkin mewek *cengeng*
        cobaa ah mau cari yg nmr 47. tp ceritanya masih lucu kyk dulu ga sih?

  10. Haiks.. ga nyangka di Shinchan ada cerita yang mengharu biru gini Rik… ketutup sama tingkah konyolnya kali yaaa..

    Aaaaaa.. jadi kangen pingin baca shinchan lagiiii

    1. ini memang kisah yang paling mengharukan dari crayon sinchan, tapi sebenernya ada banyak juga loh kisah2 sinchan yang lumayan bikin terharu walopun kemasannya konyol

  11. entah karena hati gw yang batu atau apa, tapi teteup kalo baca sinchan enggak bisa terharu karena inget sinchan kan bocahnya konyol bener ya jadi kalo mau sedih jadi enggak bisa kalo inget tingkah polahnya

    1. udah baca yang bagian ini belum? kali2 aja jadi ikut terharu juga. Walopun, tetap banyak adegan konyolnya sih di cerita sedih macam ini

  12. Rikaaaaa…. keren ya ternyata cerita Sinchannnnn…. kompleks banget, penulisnya manteb!

  13. Rikaaa gue sukaaaa sama love story dua orang ini! Dan bener banget, meski komik Sinchan itu selalu identik dengan mesumisasi etc, tapi ada beberapa bagian yang bisa bikin terhura. Kayak komik Doraemon juga sih. Kayaknya emang semua komik Jepang pasti menyisipkan sisi sentimentil yaa.. Bahkan si detektif cabul, City Hunter, juga suka ada bagian yang bikin hidung ingusan :’)

    Ah jadi pengen baca Crayon Sinchan lagi deh jadinya. TFS ya Rik, baca postingan ini aja hatiku meleleh :’)

  14. mamarik ya ampuuuun… km kok pintar sekali sih story tellingnyaaaaa, kene kene tak jawil dl dagu ne. berkat elo gw jadi ngerti rik cerita sinchan selain dia ingusan dan ngomong pake suara si jin dan jun itu. hahaha.me want moreeeeee 😀

  15. Gue juga baca Crayon (awal debutnya kan Crayon yah bukan Sinchan, hahah #penting).
    Dan cerita yang ini bikin gue sedih banget, karena emang org Jepang itu beberapa masih pemalu gitu. Dulu di perusahaan gue yang lama, ada orang Jepang yang juga blum nikah (udah kepala 4) dan katanya memang dia terkenang2 mantannya sudah meninggal. Jadi pelampiasannya kerja mulu..
    Segitu setianya yah. Aku terharuuu..

  16. Buset ka sedih amat siiih, gw udah lama ga baca sinchan terakhir baca pas bu yoshinaga pacaran. Sekarang udah ga bis anaro komik kayak begini dirumah daripada rempong ngejelasin ke anak gw itu ceritanya apaan (dan terpaksa meng-skip banyak bagian)

  17. hihihi.. berasa baca ulang komik Shinchan.. Pinter banget nyeritainnya, kalo aku meski baca berkali-kali ga bisa ceritaiin dengan lengkap n detai;l begitu 😦

  18. hi hi, suka juga walaupun awalnya sebel ma Sinchan..Bagian yang kisah cinta itu doang yang paling berkesan, selanjutnya gak ngikutin lagi….

  19. eeeeehhh…gw dulu sempet baca cerita bu matsuzaka yang pacaran sama tokuro…ternyata ada sambungannyaa… kasian tapi ga happy ending mereka berdua. Tfs yaa rika, jadi pengen baca shinchan lagi. gw termasuk yang demen crayon shinchan.

    1. sejak pertama kali muncul di jild 20 kisah bu matsuzaka dan tokuro ini muncul beberapa kali des, sampai akhirnya tamat dengan penuh derai air mata di jilid 47. Gue kalo pulang indo selalu beli satu dua biji crayon sinchan. Enak buat bacaan ringan sambil makan

  20. duh meleleh T_T

  21. jadi gimana kelanjutan cinta bu matsuzaka? di film gagal terus,kencannya ga ada yg beres. padahal bu matsuzaka cantik, galak tapi baik hati
    aku suka shinchan soalnya demen liat mamanya shinchan, padahal mamanya cantik n langsing, tapi dibilang jelek ma banyak lemak , aneh

    1. abis ditinggal mati tokuro gak ada lanjutannya deh kayanya

      bener juga kata kamu, mamanya sinchan kan langsing ya, tapi suka diejekin gemuk dan banyak lemak sama sinchan dan bapaknya

  22. ini sinchan volume berapa ya kalo boleh tahu, mbak ?

  23. ada lagi kisah sedih di balik Cerita Crayon Sinchan : yang pertama soal pengarangnya (YOSHITO USUI ) Yg sdh meninggal di tahun 2009 akibat kecelakaan pendakian gunung dan yang kedua adalah CERITA TRAGIS yg menginspirasi Yoshito Usui untuk menciptakan CRAYON SINCHAN INI..
    ada sebuah kisah urban dalam masyarakat Jepang tentang kesedihan seorang ibu karena kematian dua anaknya.
    Ibu itu bernama Misae, ia memiliki anak bernama Shinosuke dan adiknya Himawari. Suatu ketika Shinosuke berusaha menyelamatkan sang adik dari sebuah tabrakan,namun Shinosuke ternyata ikut tertabrak dan keduanya meninggal dunia.
    Sang Ibu (Misae) akhirnya mengalami Depresi berat karena peristiwa ini,dia kemudian menggambar dan menulis cerita kehidupan sehari-hari andaikan kedua anaknya masih hidup di dalam sebuah Diary menggunakan Crayon milik Shinosuke.
    Dikabarkan,Yoshito Usui sebelum meninggal sudah mempersiapkan episode final dari Crayon Sinchan ini.Episode Final ini sendiri adalah Episode yang Tragis karena dalam episode tersebut, Sinchan dan Himawari diceritakan meninggal tertabrak dan dalam Episode juga tersebut kita akhirnya akan mengetahui bahwa ternyata semua cerita kenakalan,kelucuan Shinchan mulai dari Episode Pertama sampai sekarang yang kita nikmati dalam komik/animasi adalah angan-angan/khayalan Misae andaikata Shinosuke/Shinchan serta Himawari masih hidup.

    Yoshito Usui bahkan dikabarkan sudah mempersiapkan episode final dari Crayon Sinchan ini,namun apa daya beliau meninggal sebelum itu terwujudkan.dan akhirnya komiknya terhenti di Volume 50.
    kisah tersebut sempat diperkuat dengan adanya Film Animasi Crayon Sinchan versi Movie yg berjudul ” CRAYON SINCHAN SUPER DIMENSION : CALLED TO MY BRIDE ” yg menampilkan semua teman2 Shin-Chan masa kecil dalam bentuk masa depan mereka sebagai orang dewasa,tapi hanya hanya Shin-chan dan Himawari yg tidak ada tampilan sebagai orang dewasa.
    Adapun Animasi terbaru Shinchan (versi movie ) sekarang yang rlis 2 September 2015 di Jepang bukan lagi Cerita Orisinil dari Yoshito Usui.

    1. O MY GOD! INI SEDIH BANGEEEEEEEET! Segitu sedihnya sampe gak pengen diinget-inget cerita ini.

  24. Haduh, gue baru dikasih tau temen nasib ibu guru Matsuzaka, n pas lagi ngegugel, gue ketemu blog anda………there’s a ninja cutting onions near my eyes now T____T

    1. ninjanya juga ada di sini nih tiap kali baca ulang ceritanya ibu matsuzaka ini. Udah baca di komiknya langsung gak? bercucuran air mata deh

  25. Saya kira ibu guru matzuzaka bakal jomblo mulu. Saya jadi kalah hahahahaha . Udah ga pernah baca komik shinchan lagi setelah ngeliat di blog ini baru tahu

Leave a Reply

