percakapan tentang karir

Dalam suasana catching up cerita dan gosip dengan April dimulailah cerita-cerita seputar temen sekampus.

“Jadi si X sekarang udah di luar negri loh, jadi expat. Manajer apa gitu jabatannya. Emang pinter tu orang”

“Si Y sekarang lagi di Amrik, ambil PhD. Si Z juga…kalo gak salah dapet beasiswa juga di sana”

Hening sejenak…. sampai akhirnya gue bikin pengakuan

“Kalo denger ada yang dapet beasiswa, ada yang promosi, jadi ekspat dan lain lain gitu, suka sedih tapi sirik juga loh. Pengen juga gitu sukses di bidang apa kek.”

” Iyaaaaa…..gue juga masih suka mikir. Harusnya gue juga bisa begitu. Dapet beasiswa, bikin riset, ambil PhD, atau apa kek”

“……”

Kembali hening, yang ada cuma desahan nafas penuh penyesalan

“Tapi….terus terang kalo liat suami pagi-pagi pergi kerja, dalam hati seneng sih gak harus ngantor, bisa lanjut tidur lagi, tanggalan merah semua”

“Iyaaaaaaaaaa…. Karir? Apa itu? Ke laut ajeeee”

Dan akhirnya April mengeluarkan kalimat pamungkasnya:

“Gue ini sebenernya udah merasa bersalaaaah bangeeet, Rik. Bokap nyokap nyekolahin sampe gue S2, tapi terus sekarang ngapain? Di rumah ajaaaa!!! Untungnya gue inget masih ada elo. Sekolah S2 jauh-jauh sampe ke Jerman sana, tapi akhirnyaaaa? TETEP DI RUMAH JUGA! Hahahahahahahahahah”

Dan gue pun….

36 comments

  1. Mengutip kata2 dian sastrowardoyo yg konon jg sedang pendidikan S2, berkarier atau gk itu adalah pilihan, namun menjadi ibu yg cerdas adalah hal yg mutlak untuk menghasilkan/mendidik anak menjadi penerus bangsa berikutnya🙂 jd S2 tetap terpakai kan mbak rik😉

    1. hahahaha beneeeer. Sekolah apapun pada akhirnya gak akan sia2, pasti ada ilmu yang bisa diterapkan walopun cuma di rumah aja.
      tapi begitulah…manusia suka ga ada puasnya. Males kerja tapi sirik juga liat yang karirnya gemilang. hihihihihihi

  2. Wkwkwkwk…enjoy ajalah kalian, ai aja sangat mendambakan bisa bangun siang…#apalagi kerja di jkt inih yg brkgt subuh pulang gelap

    1. bener tuh beb yang u bilang. kerja di jakarta tantangannya memang berat banget. Kalo di sini kayanya masih lebih seimbang ya kehidupan karir sama personal. Makanya kadang gue suka pengen banget bisa kerja di sini. Tapi tetep sering juga sih senyum2 sendiri kalo bisa tidur siang

  3. book..daripada ngantor jadi budak orang lain. mending di rumah…
    jadi budaknya anak!
    ..
    ..

    1. BWUAHAHAHAHAHHA…….trus kapan kita bisa jadi bos rifiiiiiiiiiiii????

  4. Rika……aku jg ngerasa gitu apalagi sejak berenti kerja🙂 koq kayaknya gak “berguna” gitu tapiiii juga males nyari2 kerja lagi sejak beberapa kerjaan yg ada ditolak si Matt hehehe

    1. wah kenapa tuh non pada ditolakin si matt?

  5. hehehehe gw jg selama resign happy bgt, tp ketika bosen melanda, gw pun buka2 lowongan kerja trs apply2, trs ada panggilan trs nego gaji trs mrk deal trs gw yg bengong hahahahaha soalnya berat ke millie *lebay yeh*

    1. hahahahahaaaa…
      ada kepuasan tersendiri ya ye kalo masih dipanggil interview, berasa masih laku

  6. rikaaaaa…. gue ampe bela2in cuti bok demi bisa keluar seharian sama anak2!!

    …..

    boong deng, demi bisa ngemol siang2 pas weekdays sebenernya.. :p

    1. ini dia salah satu luxury gak kerja ran,
      bisa ke mol siang2
      kosooooooooong

  7. Aku di sisi lain sirik gitu Mbak Rika kalau ada teman-teman yang sibuk ngejar karir tapi di sisi lain…aku pengen banget ada di rumah aja. Kalau kerja pun maunya di rumah. Karena biar gimana pun…enakan di rumah hahahhaa…

    1. nah sama kaya aku….satu sisi sirik…pengen juga rasanya sukses berjaya gitu. tapi sisi lain aku juga tau kalo aku kerja pasti bakalan sirik sama yang di rumah aja.
      emang manusia gak ada puasnya yah

  8. aku malah pengen di rumah. tapi gaji tetep ngalir krn kan ada cicilan yg harus dibayar. hihi..

    1. ini aku juga kepengeeeeeeeeeen
      gimana caranya?

  9. Hahaha, again, pilihan hidup mau ber-karir atau mau jadi stay at home mom itu pilihan. Emang society lebih ngeliat wanita karir itu lebih super drpd stay at home mom, but again, bisa bayangin nggak psikologi si anak kalo mamanya lebih mentingin karir drpd si anak.
    Gue pribadi dibesarkan oleh orang tua yang nggak punya banyak waktu di rumah and not that I complain about how my mom rasied me, I kinda wished she spent more time with me.
    However, gue sndr skrg ber-karir di luar negeri, dan not wanting kids anytime soon but I would love to turn my life upside down for my kids someday. =)

    1. sebenernya pas percakapan ini terjadi omongannya gak menyinggung tentang hubungan ibu-anak atau masalah khas ibu2 lainnya karena temen gue ini belom punya anak, jadi hal2 kaya psikologis anak dllnya belum jadi pertimbangan doi.

      Jadi bener2 waktu itu omongannya tentang santai vs karir, pilih yang mana? yah, kalo bisa pilih sih maunya yang santai tapi banyak duit, hahahahahahhaha

      Dan gue pribadi suka ngerasa, gak selalu kerja atau stay at home itu sebuah pilihan, kadang memang keadaan maksa kita utk kerja atau utk di rumah aja. Gue sendiri ngerasa keadaan gue sekarang yang stay at home adalah suatu keterpaksaan, gara2 ga bisa bahasa sini jadi gak bisa cari kerja. Tapiiii, untungnya akik orangnya asik2 aja plus pemalas, ya jadi enjoy2 aja bisa bobok siang di rumah.

  10. Muahahaha.. Mak Jlep banget ya Rik?
    Tapi sama lah.. Gw juga kalo inget ga perlu siap2 dari pagi buat kerja itu rasanya bahagia.. Wong siap2 sekolah aja rasanya udah males bener kadang2..😛

    1. tapi kan elo sekarnag ada hobi yang bisa dijadikan usaha beeeee
      gue ini nih….hobinya masih seputaran tidur siang

  11. deziiig… sama kita… Haduh kalo gitu, pas gue lagi down lagi, inget elu aja ya Rik hihihi… (kabuuur)

    1. gue kalo down inget eloooo ya vicaaaaaaaaaa, hahahahahahahhaha

  12. Haha sial bener itu komennya si april

    1. tepat banget perasaanku begini nih nov

  13. dhira rahman · · Reply

    So you inspiring others rikaaaa hahahahahahaha…
    kagak nganggur kan yang penting, urus anak, suami, mesin cuci, grup wasap… aku juga sebetulnya pengen2 kuliah lagi tapi pas mikir gak bisa tidur2an siang2 jadi males :p

    1. apalagi bagian bangun pagi trus bersiap2 dirinya itu dhir yang bikin males. Lebih enak tetep kemulan di selimut

  14. Bener banget kata Nina diatas ya, yang penting jadi Ibu yang cerdas…gak masalah mau kerja diluar apa engga…

    1. setuju. jadi ibu memang harus cerdas. makanya sekolah itu tetep penting biarpun ujung tetep “cuma” di rumah doang

  15. Kl gw buat kerja kantoran lg udah nggak minat Rik.. tp gw juga pengen punya penghasilan sendiri, tp nggak mau MLM…

    1. lebih pengen lagi kalo bisa gak kerja tapi uang masuk terus tiap bulan (dan terus dipukulin massa)

  16. Hi, nyasar2 kesini trus mampir ke post yang ini.
    Gue banget ini dilema hahahahah.. Udah S2 trus pas hamil kerja, udah kerja trus maternity leave yang rencananya mau berenti kerja. Pas berenti malah ngamuk2 karena merasa useless, akhirnya kerja lagi. Pas kerja maunya di rumah hahahah..
    Labil bgttt.. Emang orang gak ada yg puas ya..
    Eh orang? Gue kaliiii..

    Salam kenal btw!

    1. Salam kenal juga, Amy. Gue silent reader blog lo loh.

      Gue pun sekarang kebayang2 pengen kerja. Tapi pastiiii banget kalo kerja pengennya di rumah. Kayanya libur sabtu minggu doang itu gak cukup
      Kerja part time kali ya penengahnya?

      1. Gue pun juga part time kok, soalnya mertua gue udh jompo *lgs dapet tembakan dari sniper* ahhahahah gak kuat ngurus anak gue seharian. Jadi gue pilih yang cuma 25 – 30 jam seminggu, dan emang susah bener nyari kantoran tapi part time T_T
        Musti sabar ngeliatin lowongan tiap hari deh..

        Kalo part time tuh enaknya brangkat jam 9 pagi, trus jam 3 sore udh capcus ke rumah, masih ada waktu sm anak, dan less stress gitu. Ayo ayo part time hihi..

  17. Hi Rika, salam kenal yaah🙂
    Aku cekiikikan sendiri baca post yg ini. Tapi kl lagi kerja bawaannya pasti pengen stay di rumah santai2, bobo siang cantik, kalo lagi di rumah pengennya kerja karna ngerasa ga ada kerjaan. Kalo aja bisa santai2 tapi juga banyak duit. Hahaha ;p

    1. atau kerja kalo lagi bosen di rumah, dan bisa di rumah pas lagi bosen kerja. Kantor mana nih yang boleh gini ya?

      1. hahahha mauuu donk kl ada kantor yg bisa kayak gitu. jd masuk kantornya sesuai mood aja. kantornya siapa ya tapi? lagi pengen bgt santai2 di rumah :p

Leave a Reply

