yay or nay? keep it or toss it?

Mau minta pendapat yaaaaaaa…biasalah, manusia labil paling gak bisa bikin keputusan sendiri.

Udah berhari-hari ini gue susah tidur mikirin gorden. Ceritanya kan mau menghias rumah pake gorden, lanjut cari-cari ide di pinterest, dan akhirnya diputuskan buat bikin gorden ala-ala roman shades buat dapur. Kainnya pun udah nemu yang cocok di hati. Di Ikea lagi banyak kain lucu-lucu jadi gue beli lah 8 meter kain buat gorden dan 2 meter kain buat proyek decoupage meja. Ada niat mau melapis meja makan yang cetnya bocel-bocel dengan kain cantik. Lagi-lagi idenya dapet dari internet.

Tapi ya gitu deeeeeeh…yang terlihat indah di pinterest, begitu bikin sendiri kok hasilnya letoy? Masalah skill sih sebenernya, tapi saat ini lagi kesel sama tutorial ber DIY yang ada di Pinterest. Aku ini korban!. Korban pinterest.

Anyway, 8 meter kain Sofia dari Ikea gue bikin jadi (fake) roman shades buat dapur. Pas udah dipajang gue labil sendiri liat hasilnya. Kok gak seindah seperti yang diharapkan?

Kadang gue ngerasa hasilnya cukup ok. Tapi seringnya sih sedih liat gorden yang terlihat peyot-peyot. Mau dipertahankan tapi suka kesel sendiri kalo diliatin. Mau dibuang, terpikir 8 meter kain seharga 40 euro. Manusia medit (tapi juga boros) kaya gue ini mana bisa tenang hatinya mikirin uang terbuang percuma.

Udah tanya pendapat Mikko sih, tapi tipikal lah…doi gak pernah punya preferensi apa-apa kalo soal dekor rumah. Katanya gorden atau tanpa gorden kagak ada bedanya. Padahal dalam hati pengen juga loh dipuji-puji “Astaga,…bukan main indahnya gorden dapur kita. Beneran ini istri yang bikin sendiri?”

Mari kita liat penampakan si gorden dapur

tampak jauh sih agak lumayan ya, keliatan rapih

tampak jauh sih agak lumayan ya, keliatan rapih

di liat dari dekat keliatain deh peyat peyotnya. Mana pula itu ada gap di tengah macam gigi ompong

di liat dari dekat keliatain deh peyat peyotnya. Mana pula itu ada gap di tengah macam gigi ompong

nah, ini yg paling menganggu. Kalo diliat dari samping lipatannya terlihat gak rapih banget. Bikin gue jadi males duduk di sofa karena pasti terlihat pemandangan ini

nah, ini yg paling menganggu. Kalo diliat dari samping lipatannya terlihat gak rapih banget. Bikin gue jadi males duduk di sofa karena pasti terlihat pemandangan ini

satu lagi penampakan gordennya. Berikut jendela ruang tamu yg belum bergorden.

satu lagi penampakan gordennya. Berikut jendela ruang tamu yg belum bergorden.

Nah, kalo liat foto terakhir ini, kegalauan gue tambah satu lagi. Buat ruang tamu mau pake gorden macam apa yaaaa? Abisnya railing jelek banget sih, panjangnya menuhin dinding. Beda sama railing di Indonesia yang dipas-in sama lebar jendelanya. Trus juga, buat ruang tamu mendingan pake gorden yang sama kaya dapur atau beda?

Awalnya gue mau bikin gorden beda2 untuk tiap ruangan, biar macam ada temanya gituuu. Tapi yaaa…secara rumah abdi kecil begini, ruang tamu sama ruang makan mah udah nyatu aja gitu. Kok kayanya jelek kalo gordennya dibeda2in?

Intinya sih kakaaaaaaaaaak….saya nulis ini sekalian mau konsul gratis masalah design interior. Kali2 dapet inspirasi darai man tereman semua. Silahkan dishare loh kalo ada ide-ide mendekor rumah yang ciamik. Apalagi kalo tentang pergordenan.

O iya, satu lagi, ini dia kain-kain yang gue beli di Ikea:

(Ki-Ka) Helsinge, Majken, Sofia

(Ki-Ka) Helsinge, Majken, Sofia

Manis-manis banget ya kainnya? Dan lumayan murah pula.

Niatnya kain Majken itu yang nantinya mau gue pake buat proyek decoupage meja. Kalo dipaduin sama si Sofia hijau-putih kok terlihat cantik sekali ya? Sementara kain Helsinge warna-warni mau dipake buat coba2 bikin keranjang tempat naro koran bekas. Tapi masih maju mundur nih, takut gagal.

Kalo nanti proyek-proyek ini sukses, akan gue pajang di sini hasilnya. Kalo gak sukses ya gue diem-diem aja. Paling cemberut seharian di rumah.

47 comments

  1. Itu bikin sendiri rik? hebat euy… Not bad lah buat 1st timers. Kl jendela ruang tamu dejetan gitu mending disamain aja…

    1. gampang banget beb bikinnya. Jait lurus2 aja. Tapi bagian ngelipet2nya itu agak tricky, di gue hasilnya peyat peyot gtu.

      Bener, gue juga ngerasa ruang tamu gordennya sama aja. Tapiiii…gue pengennya gorden ruang tamu harus putih. Kalo gorden dapur di putihin juga, trus yang sekarang dibuang dong? Hikksss…gak tega mikirin dana yang udah gue pake buat bikin gorden ini

  2. ya udah rik, bikin putih gpp di ruang tamu. kan ruang makan ijonya juga stripe ada putihnya. di ikea ada gak yg kayak gordyn gitu tapi oranye…kan bagus buat sarung bantal seperti yg kamu tunjukin gbrnya di twitter

    1. di ikea sini lg gak ada oranye-putih Nov. Adanya hijau, merah, biru sama item.

      Iya nih, daripada sayang duit gordennya kupertahankan dulu, tp bakal hati2 banget pilih gorden buat ruang tamu nih

  3. kalo menurutku sih bagus ya. diliat dari surabaya sih apik2 wae rik😀

    1. Hwaahahahahha…emang ini jauhjenik gordennya

      1. hahaha JAUHJENIK…. oke dicatet istilah barunya😆

  4. komen sebelumnya belom masuk ya. direvisi deh. hehehe.
    hasilnya bagus ah Mba Rika. kalo bikinan sendiri suka ga yakin ya. pake putih bagus jga. bayangin hasi jadinya swmua buat di meja sama tempat koran kok sepertinya bagus.

    1. iyaa…kalo masih pemula gini masih suka gak pede sama hasil karya sendiri. Ya emang masih jelek sih karyanya.

      Doakan proyekku berhasil yaaa, biar gak tambah galau

  5. bemzkyyeye · · Reply

    Bagus rik, aku suka sofia, hijau putih gt🙂

    1. makasih ye. Si sofia ini warnanya mmg seger ya

  6. rika utk orang yang pertama kali nyoba udahlah keren banget itu🙂. ayooo semangat

    1. iyaaa yaaah..harusnya semangat yaaa…tapi ini malah melempem

  7. Rik.. Kok gw malah fokusnya sama yang lagi makan yaaaa.. Hahahaha.. Btw yang sofia suka deeeh.. Nanti itu mau dibikin apa Rik? Doucopepu.. >___<..

    btw, yang udah ngegantung hasil bikin sendiri? Sembah guruuuu…

    1. Iya, be…proyek decoupage meja. Lagi nunggu lemnya dateng dulu nih baru bisa dimulai proyeknya.

  8. menurut gua gordennya bagus kok rik. masa sih kayak gitu lu bilang gak rapi? gua ngeliatnya sih rapi lho! sumpeh… bukan cuma mau nyeneng2in lu…😀
    trus buat living room, menurut gua kudu pake kain gorden yang sama ya. soalnya kan ruangnya jadi satu ama dining room (gak tersekat gitu), jadi ngeliatnya jadi satu kesatuan. ya itu menurut gua sih ya…😀

    1. makasih, Man.
      Kalo di foto hasilnya keliatan lebih rapi man. Kalo liat langsung, apalagi sering2, keliatan deh semua jelek2nya. Makin sering diliat makin banyak keliatan salah2nya. Gue jadi stress sendiri.

      Gue juga prefer sama semua sih gordennya, tapi jadi mikir.. yang udah terlanjur dibuat ini mau diapain. Kalo dipindahin ke jendela lain ukurannya gak pas

  9. Chelle Handojo · · Reply

    waaaa, bagus lho mbak :O
    kirain ada gap itu emang disengaja lho hehehe

    suka deh yang majken xD yang sofia juga bagus~ kaya hiasan stall es krim di komik2 donal jadul wehehehe~

    1. makasih chelle.
      Sekarang jadi teringat juga sama stall eskrim berdekor garis2. Bener ya…mirip

      1. Chelle Handojo · · Reply

        iya😀 heheh
        eh tapi seriusan itu bagus lho mbak, ruang makannya berasa kaya rumah di kartun😄

        1. makasih yaaaa

  10. owhh, Rikaaa, hebatttt😀 i say: keep it!

    masalah peyat-peyot, udh coba disetrika? it usually helps, apalagi kainnya kyknya kain katun tebel ya? biasanya sih sebelum dijait disetrika dulu (semacam di-press deh, disetrika pas di bagian yg akan ditekuk atau dijait) jadi biar setelah dijait juga keliatan lurus gitu, tapi menurutku masih bisa dilakukan setelah terjait kok. coba deh, kalau memang belum dicoba.🙂

    trus juga boleh tanyakah itu digantungnya pake cara apa, jepitan (nipistin) atau pake kait yg dicantolin di smocking tape (pita yg biasa dijait di bagian atas gorden itu loh, rypytysnauha…. apaan ya bhs Indonesia-nya, haha..)? anyway, klo pake jepitan, mungkin cuma perlu diatur jarak antar jepitannya aja supaya gordennya jadi lurus & ga tampak lecek lagi. soal gap di tengah2 2 gorden itu menurut gue sih ga masalah kok.

    good luck yaaa… dan ayo tetap semangat menjait!!

    1. Puni, my savior. Gue gak kepikiran sama sekali tuh tentang nyetrika kain. Mungkin karena gak punya setrika juga sih ya. Langsung nih, jadi niat mau beli setrikaan.

      Salah satu yg bikin peot itu, mungkin karena:
      1. Gue bikin gordennya dobel, bolak-balik, dua kain gue jait dari satu biar gak ada back-sidenya. Dan yaaa…itu kartun tebel ala Ikea itu loh. Trus, ngelipet gordennya pake jarum pentul di beberapa point, gak gue jait lurus, karena gue pengen sewaktu2 jarumnya gue buka dan gordennya bisa dipake buat tutup jendela. Thus, di tempat2 yg ketusuk jarum terlihat peot. Ini gue gak tau gimana betulinnya. Tutorial yg gue liat juga pake jurus jarum ini, tp punya doi kok rapih banget. Apa mungkin karena kain doi tipis ya?

      2. Bener banget, Puniii….gue pake nipistin. Dan lagi2, di tiap bagian yang terkait jadi ada efek peyotnya. Mungkin harus lebih rapet pake nipistinnya ya?

      1. hiyaaa, beli gih setrikaan, amat sangat berguna klo udh mau mulai jait2😉

        mm, soal jepit/nipistin, bisa juga geser jepitnya aja (di railing-nya) biar jadi lebih jauh satu sama lain, supaya kainnya jadi lebih ketarik, kan jadi lebih lurus tuh kainnya, betul ga ya? cobalah, ntar pasti nemu solusi terbaiknya, hehehe….

        oo, pantesan kain 8 meter abis buat bikin ginian ya.. tadi gue mikir, masa’ sih fake roman shades begitu bisa abisin kain 8 meter??? ternyata lo bikin bolak-balik…bener2 deh, rajin sekali dirimu, nak😀 keep it up!

        1. sekarang menyesal sih Pun. Kalo tau kan beli 4 meter aja, gak usah bolak2 balik.
          Waktu itu pikirannya buat kasih pemandangan ke tetangga biar yang keliatan motif yang bagus. Padahal mah…sapa juga yang mau mandang2 ya?

  11. betchul mbaa, disetrikaa aja, ditariknya ke arah yang ketutup kayu railing, jadi bagian yang nekuk-nekuk otomatis ketutup kayu😀
    daaann, menurutku keren deh mba aku aja mupeng, bikin dapurnya keliatan lebih berwarna:D

    1. aku beli setrika dulu yaaaaaaaaaa

  12. Rikkk… menurut gue sih udah bagus! Tricky-nya itu bukan soal lipet2nya, tapi soal bahan lu yang garis2! Kalo garis2, mencong dikit lgsg keliatan. Jadi kayaknya triknya mah cari bahan jangan yg geometris lagi. Mendingan polos atau motif2. Good job Rik!!

    *Eh, yang bener elu kagak punya setrikaaannnn?? Yang benerrr??*

    1. bener juga sih Le, kalo pilih corak yang rame atau rapet2 pasti peyot2nya ini tersamarkan ya…kemaren pas bikn gak penasaran.
      bu jendral lele ini selalu punya solusi jitu deh buat problem2 sayah, sekalian deh saya minta setrikaan boleh? hahahahahha.
      Gue gak pernah gosok leeeeeee…malesssssss…baju lecek langsung pake aja, ntar dibadan jadi lurusan dikit kok

      1. Baca jawabannya rika jadi ngerasa selama ini perjuangan gw ngegosok baju rasanya sia2.. mending langsung pake aja kali yaaa..

        1. iya beee….coba deh pake baju kusut…lama2 jadi rapihan kok selama dibadan…
          (besok bub kerja bajunya keriting)

  13. Keep it rik!!! Bagus begituuu…. Not only keep it, tapi lanjutin rik!!! Lanjutin bikin buat living room!! Bagus kok…. Tapi mesti kain yang sama sih kalo menurut gw. Ntar kalo udah tau apa yang salah, posting ya. Gw juga suka model gorden kaya gini soalnya. Kali aja ntar kapan mau bikin hehehe…

    1. siipppp….banyak yg bilang keep it, gue jadi mulai suka deh sama si gorden.
      tapi masih belum sreg kalo ruang tamu gordennya begini juga. Udah ada GIL soalnya. Gorden Idaman Lain

  14. bagus Rik, kerennnn….pertahankan!
    iya deh, kayanya kalau gak karena salah jahit, disetrika bisa bantu
    jadi itu gak yang ditarik pake tali ya, mesti pasang2 jarum gitu ya!

    1. makasih lulu…kayanya memang akan gue pertahankan, tapi masih ragu aja nih cari kombinasi yang cocok buat ruang tamu

  15. mbaaak, model yang lagi makan itu sami ya????? unyuuuuu😀

    proyek decoupage mejanya udah belum mba? penasaran kek gimana.
    untuk goredennya, cantiiiiikkk banget kok mbak.

    1. iyaaaa, itu Sami.

      Proyek decoupagenya masih harus menunggu lem khusus decoupagenya dateng. Aku beli online dan katanya baru dateng akhir minggu ini

  16. Bagus kok🙂 Seriusan ga boong. Semalem pas pertama liat gue ngebatin “si Rika ini nanya pendapat ato mau pamer siiiihhh” haha berburuk sangka sekali diriku.

    Gorden yang beda motif yang udah terlanjur dibuat, mending disimpen aja. Buat diganti2 misal pas kapan gitu, jadi gorden lo ada 2 macam lumayan buat ganti suasana. Oya, gorden ruang tamu dibuat sama motifnya kayak sofia dong supaya mecing soalnya ruang makan dan ruang tamu lo kesannya jadi satu (ga ada sekatnya). BTW gue malah suka lho railing kayak gitu.

    1. ottyyyyyyyy…kamu suhuzoooon….hahahahahahahhaha. Beneran kakaaaaaaaaak…pas nulis ini lagi labil kakaaaaaaaaak
      tapi terus banyak yg bilang oke lantas gue jadi seneng. Tipikal!

      Iya sih memang pengennya punya dua gorden, atau bahkan banyak biar bisa gonta ganti suasana rumah. Tapi investasinya itu yang suah mulainya, harga kainnya mahal neiiiikk. Mana kalo buat gorden kan butuhnya bermeter2.

      Kok malah suka sih Ty railing kaya gni? Gue lebih suka tipe Indo yg sesuai sama ukuran jendela. Kalo lo punya railing begini punya ide gorden apa, Ty? Dibagi dong temennyaaaaaa

      1. Gue malah mikirnya, buat railing kayak gitu pake gorden model biasa aja. Yang digeser ke samping, tapi ga usah pake lipit2 macam gorden andalan umat Indonesia. Biasanya di hotel yang pake begini. Syaratnya, kainnya harus tebel dan berat. Pasti bagus deeehhh🙂

        1. aiiiii, gue benci sekali gorden lipit2 itu. Pernah beli sekali trus bawa ke sini, jeleeeeeeeeeeeeek.

          Gue pun suka liat gorden yang tebal dan kokoh. Lekuk2nya jadi mantap banget. Tapi ya gitu…mihil

  17. bagus banget gordennya.. ciyuuus..
    setuju sama komen yg lain,cobain dulu disetrika mba,siapa tau berhasil. aku punya setrika dua ni mba,sini sini ambil. :p
    trus bagusnya emang sama gordennya yg ruang tamu. kalo udah ada GIL,ya buat ganti kalo gordennya lagi dicuci dong mba. hihihi…
    aku suka kain yang tengah. cantiiik…

    1. iihhh kamu nanti aku ge er sama pujiannya. Tapi di foto ini memang gordennya keliatan lebih rapih. Harus liat langsung baru bisa keliatan bagian peyot2 yang aku keluhkan itu. Jadi belum sampe bagus banget kok gordenku ini. Tapi memaaang…kainnya manis yaaaa

      Si GIL itu mahal sekaliiii harganya. Biarpun bikin kepikiran terus tapi aku masih belum tega belinya

  18. Bagus kok mba.. Atasnya berkerut dikit
    gpp lah, buat variasi.. Kan jadi kyk drapery..😀

    1. bukan sekedar kerut tapi gorden ini sebenernya peot2 ndah. Tp kalo di foto ini kurang keliatan sih peotnya

  19. Aku bukan orang seni, rika, tapi rasanya bagus tuh gordennya, gak seperti biasanya gorden🙂

    1. makasih fetyyyy
      bikin seneng aja deh

Leave a Reply

