jaket bulu unggas dan percobaan #jotd yang gagal

Jaket dari LandsEnd udah dateng hari ini dan pastinya langsung gue jajal dengan segera. Seperti biasa gue harus jemput Kai dan Sami dari daycare dan kebetulan hari ini anak-anak lagi dititipin di daycare yang letaknya jauh banget dari rumah. Harus naik bis segala. Biarpun naik bis berarti gak capek dorong stroller tapi nungguin bisnya itu musti pake sengsara kedinginan.

Sebelum jemput anak niatnya mau rebahan dulu sebentar, bisa ditebak jatohnya malah ketiduran dan baru kebangun 10 menit sebelum jadwal bis lewat. Masih dengan iler menempel buru-buru gue loncat dari tempat tidur, robek-robek paket, gunting-gunting label dan langsung pake jaketnya. Niat banget ya booowww….udah telat gitu bukannya mikirin anak, lha ini kok malah ngebet ngejajal jaket baru.

First impression si jaket memang kurang memukau. Bentuknya cenderung boxy walaupun ada drawstring di daerah pinggang yang bisa bikin kesan sedikit langsing. Bagian lengannya juga terlalu lebar tapi bagusnya, biarpun quiltnya menul-menul, si jaket tidak terlihat gendut.

Nah, yang paling bikin gue terkesan waktu gue pake jaketnya…aiiihh…kerasa ringan dan nyamaaaaann sekali. Bener kata review-review yang gue baca, berasa kaya pake selimut. Apalagi pas masukin tangan ke dalam kantongnya yang berlapis fleece…angeeet bangeeeet. Dan walaupun panjangnya sedikit di bawah lutut tapi gak bikin gue jadi tenggelam, mungkin karena penampakan si jaket yang cukup langsing itu.

Sekitar sepuluh menit menunggu bis gue gak kedinginan, padahal gue cuma pake kaos tipis di balik jaket. Dan waktu itu suhunya -1 derajat. Saking tadi keburu-buru jadi gak sempet cari-cari sweater dulu. Tapi begini rupanya kalo pake jaket isi bulu angsa yah? Beneran hangaaaaaattttt. Kalo punya perlengkapan tempur handal begini gue jadi lebih pede menghadapi winter.

Kembali ke rumah gue matut-matut sebentar di depan kaca. Ehh, ternyata si jaket gak sejelek yang gue kira. Walopun memang gak bikin cakep tapi setidaknya gue gak terlihat kaya lemper. Ada satu sih yang kerasa kurang banget di jaket ini, hoodnya kurang gede. Apakah kepala gue yang gede banget tapi kok hoodnya kerasa sempit tiap gue pake? Padahal hood yang gede itu penting buat melindungi muka dari terpaan angin.

Gue juga jadi kepikiran mau nambahin bulu-buluan dipinggiran hoodnya. Gak tau kenapa gue kok suka banget sama jaket dengan trim bulu-buluan?Asal jangan bulu kaki atau bulu ketyek aja.

Niatnya sih mau poto-poto dengan hashtag JOTD, jacket of the day gituuuuuu. Seperti biasa anak-anak ikutan rusuh bikin aiti jadi susah bergaya. Susah bener sih mau jadi poto model sehari aja?

Kembali ke Lands End, ini bukan jaket bulu unggas alias down coat pertama gue. Gue punya satu lagi down coat kesayangan dengan potongan yang lebih feminin, slim, trendy, dan pastinya berbulu-bulu. Sebenernya gue ingin mencari jaket lain yang agak-agak stylish seperti si down coat kesayangan tapi sejak gak hamil lagi rasa-rasanya kok gue kedinginan terus belakangan ini. Makanya sekarang gue fokus cari jaket dengan kualitas bulu unggas (down) yang lebih unggul. Paling gak down-nya harus di atas 60% biar kehangatannya lebih terjamin.

Ngubek-ngubek dunia maya sampe mata pegel susah banget cari jaket dengan prosentase down yang tinggi tapi harganya tetap menginjak bumi. Dari berbagai macam pilihan memang cuma Lands End ini yang paling murah. Down-nya sampai 80% plus terbuat dari bulu angsa yang katanya lebih berkuailtas dibanding bulu bebek (filler down coat pada umumnya). Β Di Finlandia sini ada merk Joutsen yang terkenal dengan jaket bulu angsanya. Harganya dijeeeee…400 euro-an ajeeeeeeee.

Apalagi si Lands End ini hobi banget kasih diskon. Hasil menunggu dengan kesabaran tingkat tinggi akhirnya sampai juga saatnya Lands End diskon 40%. Okelah bleh…kita hajar saja. Dan sekarang, gue gak nyesel sama pembelian satu ini.

Pokonya buat yang tinggal di daerah dingin macam negara kulkas gini bolehlah gue sarankan pake jaket bulu unggas juga, entah bebek atau angsa. Dan Lands End jelas jadi merk yang sangat gue rekomendasikan. Aslinya ya bo abooo…murahnya tiada banding. Walopun memang kurang bergaya dibandingkan jaket wool tapi soal hangat dan nyamannya gak ada yang ngalahin. Dan yang terpenting…ringaaaaaaaan. Abisnya pan kalo musim dingin badan ini udah berat dengan segala macam aksesoris winter, kalo jaketnya berat juga bisa bongkok nanti kalo jalan.

Gak enaknya, kalo lagi di dalem ruangan emang jadi berasa panas banget kalo pake down coat. Bisa sampe keringetan. Tiap kali ke Helsinki pasti gue bau kecut macam belum mandi, akibat di kereta gue males buka jaket dan akhirnya keringetan. Tapi sebenernya jaket ringan begini gak ngerepotin buat ditenteng , misalnya kalo lagi jalan-jalan di dalam shopping mall.

Makin tuir kayanya gue memang makin praktikal. Kalo jaman muda dulu pernah tergila-gila sama jaket wol sekarang gue lebih suka pake jaket berlapis polyester macam down coat ini. Ringan, hangat, dan gampang dibersihin. Mau cuci pake mesin cuci biasa pun bisa, cepat pula keringnya.

Mungkin nanti kalo punya mobil gue kembali ke jaket wol. Yang jadi pertanyaan…punya mobilnya itu kapaaaannnn? Mesin cuci aja udah dua tahun kagak kebeli-beli ini pula mau beli mobil?????

Terakhir buat Lands End…coba dong blog saya dibaca pake google translate. Reviewnya berbunga-bunga gini loh. Boleh banget atuh kalo mau kasih gratisan.

35 comments

  1. jadinya beli yang ga stylish tapi hanget ya rik? btw, jaket stylish yang bisa tahan sampe -35 katanya merk woolrich, tapi harganya 700an euro! mending beli tiket PP ke Indo :)))

    1. beneeeeeer….gue sering liat-liat woolrich di ebay. Sekennya aja masih 300 euroan.οΏ½ Selain woolrich ada juga moncler…itu mah lebih gila lagi. Seribu euro juga bisa… οΏ½

  2. Hi Rika, aku paling ngefans sama jaket bulu angsa Landsend. Apalagi kalo sale disini sampe 75 persen. Malah pernah aku cuci dan rusak, diganti baru gratis. Hangat dan ringan cocok deh di negara bagian kutub. Sekarang banyak yang modelnya bagusan. Punyaku ada yang pake bulu di hoodnya. Kalo shopping lagi, coba deh beli sweat shirt yang dari bahan fleece. Ini salah satu favorite aku juga. Snowshoesnya juga very comfortable.

    1. HAAAHHH? Diskon 75%???? Pink sun!! Murah bangeeet dong jadinya.
      Gue beli di landsend.co.uk, Merry. Harganya lebih mahal daripada di US, tapi less ribet aja karena gak harus ngurus bayar beacukai kalo belinya dari UK. Pas kemaren dia diskon 40% harganya jadi sama kaya di US.

      Ada sih satu model lain yang jaketnya keliatan lebih cakep. Pake bulu2 pula. Tapi kurang panjang, sementara paha gue gampang banget kedinginan, makanya gue pilih yang chalet coat ini. Kalo diskonnya 75% gue beli dua kali…hihihihi

      1. Disini jarang-jarang ada yang beli barang full price karena pasti di sale juga hehehe…. Landsend kalo sale di awal bulan Maret. Semuanya murah banget. Pasti less than $50. Kalo pas di hari pertama sale, pasti dapat size-nya. Makanya jacket Landsend aku udah numpuk di lemari. Ayo beli dari sini kalo ada yang ditaksir…..

  3. Rika, jacketnya keren banget! Sumpah! Boots nya juga keren.
    Aduh tapi gw gak bisa napsir.
    kalo mo dipake cuma ke Curug mah bisa jadi tontonan sepabrik gw… :p

    1. Huwahahahaha…dibilang jaketnya keren gue langsung makin cinta deh sama ni jaket. Padahal mah tadi pagi masih aja gue mikir ni jaket modelnya kok standar amat sih gak ada cakep2nya.

      Kayanya nulis di sini emang salah audience sih ya. Yang baca kebanyakan dari Indonesia yang tiap hari kepanasan mulu. Makanya kagak bakal diendorse sama Lands End, hihihihihih

  4. hayutyas · · Reply

    aduh kai sama sammy, lucu banget πŸ˜€ *gemes

    1. makasiiiihhhh

  5. ah i wish i had those kinda jacket last year. keren buuuu… πŸ˜€
    *salaman dulu hehehe lagi blogwalking

    1. Halo Liaaaa…gue sering baca blog lo. Apalagi kalo lagi ada cerita2 tentang Taipei.
      Kan masih sering berkunjung ke Taipei jenguk suami kan? Boleh loh pake landsend…hihihihhihi. Tapi di China pun banyak juga yg jual down jacket/coat kok, malah modelnya lebih lucu2. Gue sempet kepikiran mau beli dari Cina juga lewat ebay, tapi akhirnya pilih Lands End yang ada return policynya.

      1. ah ah ah kamuuuuuuuuuuuuuu jadi aku kepengen kaaaaaan… gw baru baca lagi neh hihi…. pengen booo cari ah.. alasan hadiah akhir tahun wkwkwkwk

        1.  lagi diskon tuuuuhhhhhhh

          ________________________________

  6. bagus kok rik jaketnya, gak perlu beli sampe yg ratusan euro. eh si sami udah bisa jalan aja…kocak bgt mukanya

    1. Makin seneng deh kalo ada yang bilang jaketnya bagus. Kalo punya uang ratusan euro yah mending beli mesin cuci baru daripada beli jaket. Itu cucian numpuuuukkk

        

      ________________________________

  7. Modelnya unyu kok rik.. Bikin tambah langsiiiing.. Warnanya yang ungu ya? baguuuss.. Jadi pingin juga deh.. kebetulan butuh jaket baru niiiih.. πŸ˜€
    Samiiiiiiii… *cubit2*, Kai.. kamu kok tengil gitu ya gayanya? nurun mamanya yaaa? πŸ˜›

    1. lumayan lah ternyata be. Iya, ini gue beli yang ungu. Agak rancu gitu warnanya, kadang keliatan kaya item, tapi kalo di tempat teran keliatan banget ungunya. Btw, bukannya jaket lo udah BANYAK BANGET ya Beeeeeeeeee? Mau buat apaalagiiiiiiiiii? O iya, gue belinya di landsend.co.uk, shippingnya murah banget bo, cuma 6GBP

      Si Sami tuh emang deh, penampakannya kalem tapi diem-diem tengil juga anaknya

  8. buahahahaahahahahaha… tapi masih kurang rik.. kurang banyak.. hahahahaha
    yang kemarin gw punya warna putih kena apaan tau jadi ada warna kuning ga banget gitu deh di lengannya.. makanya pingin beli baru *bisaaaa banget ga sih cari alasannya* lol

  9. beingine · · Reply

    Hai Rika,
    Salam kenal πŸ™‚
    Baguuss kok dipakenya, kliatan ramping.

    Gw juga milih landsend, kebujuk diskon 40% (abis itu gigit jari krn diskonnya naik jd 50% hahah). Enak banget! Anget, walopun pilihan gw ternyata gembung pas dipake T_T.

    Oya, trus sekarang bingung gimana caranya nyuci down jacket (-.-)?

    1. Halooo sesama penggunan LandsEnd. Gue baru ngintip landsend.com, emang lagi diskon 50% doi yah. Emang kalo udah beli barang mendingan tutup mata dan gak ngecek2 webnya lagi, daripada kecewa liat diskon yg lebih gede.

      Beli yg model apa Ine? (Eh, ine bukan ya panggilannya?) Gue beli yg chalet, suprisingly si chalet ini keliatan ramping padahal di antara yg lain dia yg menul2nya paling banyak.
      Mungkin lo size-nya kegedean kali makanya keliatan gembung?

      Oh iya, soalnya nyucinya…kalo baca2 di internet sih dicuci pake mesin cuci biasa aja bisa, nah, yg penting itu ngeringinnya. Yg paling mantep sih pake dryer trus di dryernya dimasukin bola tenis 2-3 biji. Katanya sih bola tenis ini akan meratakan bulu2 yg basah supaya gak menggumpal.

      Down coat lama gue dijemur biasa aja karena gak punya dryer, alhamdulillah gak papa sih tapi memang down di bagian lehernya jadi berasa menggumpal di beberapa tempat. Munkin karena bagian leher ini gak bersekat-sekat. Kalo bagian lain jaketnya memang sekatnya (quilt-nya) kecil2 jadi bulunya gak nyebar kemana2 abis dicuci.

      1. beingine · · Reply

        Yup2 ine aja :).
        Gw milih yang parka pake belt. He eh, kegedean kali ya, kapan2 kalo beli musti nyoba dulu ke toko.

        And thanks tips nyucinya! ^_^

  10. kalo menurut gw,penampakan jaketnya bagus lho, Kaka. Gw seneng penampakan jaket menul-menul tp panjang sampe ke paha. Bisa ngeles menyalahkan jaket: “gw ga gendut kok… itu bawaan jaket ajaaaa.” Lagian, kapan lagi bisa pake jaket kaya gitu klo ga di kulkas?

    terussss… kenapa gw latah jadi browsing landsend? dasar pe-rem-pu-an!

    1. Tapi kalo abis buka jaket orangnya tetep keliatan menul2 gimana dong La? hihihihihi

      Dulu pas lo di NY kan dingin juga tuh La? Lo gak pake jaket menul2? Gue udah say gutbay nih sama jaket2 wol. Kepakenya sebentar banget kalo di sini. Dan down jacket ini asliiiiiiiii lebih nyamaaaaaaaaan. DIpake tidur enak juga deh kayanya

  11. Jaketnya keren kok Mba.. Lebih keren lagi yang make dong tentunya.. πŸ˜€

    Kaiiii Samiii kalian lucu banget… Sami bulet banget ya Mba? *kiss*

    1. Sami mukanya buleeeeet, padahal badannya termasuk kurus loh

  12. cakep kooq jaketnya, gak keliatan “menggelembung”… asli anget banget yah bulu angsa.. kalau mau tambah anget kekepin aja angsa idup! ;p *wuus kabuur*

    1. Hwahahwahhahaha…tambah anget malah kalo angsanya masih idup. Soalnya lari-lari mulu takut disosor

      1. hahhaha…eh gue pernah lo disosor angsa pas waktu kecil.. dulu kan bokap pelihara angsa di rumah, gak cuman satu pula miaranya, ada 5 kalo gak salah..banyak yee… Nah citanya si angsa itu punya anak,.. Gila yah angsa itu kalo punya anak protektif banget deh sama anaknya, Gue cuman lewat doang aja padahal deket dia dan anaknya, eh malah gue dikejar-kejar sambil nyosor-nyosorin lehernya.. akhirnya kena lah dan gue sukses nangis kejer

        1. Gue pernaaaaah. Disosor angsa sampe kaki gue biru. Padahal maksud hati mau sayang-sayang si angsa gitu. Baru aja gue pegang palanya, kaki gue langsung disosor. Setelah itu gue phobia soan bok

  13. Aaaaa Kai dan Sami lucu banget!!! Dan setuju sama yang lain, jaket lo keren kok πŸ™‚

    1. makasih otty. Dan iya, gue pun sekarang merasa jaketnya keren

  14. Keren kok.. either Jacket dan Bootsnya Kereeen… dan candid muka anak2 bikin ngikik, kayaknya mereka gak rela Aitinya pepotoan sendiri hihihi

    1. hahahah, gue pun suka banget sama ekspresinya anak2 di foto2 ini. Muka2 nakal tapi unyu

  15. Kece Rik kecee.. Kalo Sami dan Kai jadi model iklan, lo cocok deh jadi emak yg stylish kayak emaknya Lindsay Lohan gitu lho. Jangan kayak emaknya artis2 sinetron/model di sini ya. Rata-rata penampilannya beti sama asisten/mbak di rumah.

    1. Ra….ini mungkin gue terlihat kece karena fotonya remang2. Emang gue buremjenik sih

Leave a Reply

