selintas berita dari rumah burung hijau

Komputer

Masiiiih aja bertahan sama komputer bapuk kesayangan ini. Udah gue format ulang dan masalah lemot yang dulu bikin kesel banget akhirnya hilang juga. Tapi sekarang dateng penyakit baru. Suka panas dan mati tiba-tiba, apalagi kalo lagi nonton film. Gue jadi banyak ketinggalan nonton serial deh.

Komputernya Mikko pun ikut bermasalah juga. Power cordnya cuma bekerja kalo dipegang dalam posisi tertentu, jadinya kalo mau komputeran sebelah tangannya harus sambil megang kabel. Tangan bergerak sedikit langsung mati deh komputernya. Halah..halaaahh..kok bisa komputernya rusak berjamaah gini ya?

Rencananya kita mau beli dua komputer baru sebagai hadiah natal buat diri sendiri. Baru aja paginya liat-liat komputer di toko online, sorenya dateng tagihan ratusan euro yang harus dibayar. Jadi di depan rumah ada pohon besar yang harus ditebang, dan ternyata biaya nebang pohonnya itu ribuan euro dan harus ditanggung rame-rame satu gedung. Berhubung di gedung gue ini cuma ada tujuh apartemen langsung mejretlah kita bayar tagihannya.

Nasibmu Kom(puter)…harus digeber terus sampai kami dapet duit ya. Tolong jangan mati dulu sebelumnya.

Sekolah

Gue belum pernah cerita ya tentang sekolah gue?

Begitu pulang mudik dari Indonesia, besok harinya gue langsung mulai sekolah bahasa di Keravan Aikiuslukio (Keravan School for Adults). Judulnya doang sih Aikiuslukio tapi program gue ini sebenernya ditujukan untuk remaja bawah 18thn. Jadi kelas gue isinya 50% remaja dan 50% dewasa.

Mungkin karena tujuannya memang untuk menyiapkan remaja-remaja itu ke jenjang pendidikan yang lebih lanjut jadinya penekanan belajarnya pun lebih ke arah gramatik dan text understanding. Sementara penekanan buat kemampuan oralnya sendiri sedikit banget padahal justru itu yang gue perlukan.

Kalo liat situasi di kelas memang jomplang banget, sih. Yang muda-muda itu kalo ngomong bener-bener udah was wes wos. Lancar malih biarpun umumnya pake puhekieli (bahasa lisan yang bisa jauh sekali bedanya dengan bahasa tulisan) dan secara gramatik belum tentu bener. Sementara yang tuir-tuir macam gue ini kebanyakan ngomongnya masih gagu blukutuk blukutuk doang bunyinya.

Hasil sekolah selama tiga bulan ini baru sampai tahap ujian aja. Dalam artian kalo ujian nilai gue bagus tapi kalo disuruh praktek, entah itu menulis cerita atau ngomong langsung, pasti keluarnya ya blukutuk lagi blukutuk lagi. Kaya tadi sore waktu ada orang yang nanya arah jalan ke stasiun kereta. Haduuuuhh…mau bilang jalan lurus terus belok kiri aja otak gue langsung berasap. Padahal baru juga kemaren belajar di kelas. Akhirnya ya bahasa tubuh lagi yang keluar.

Asli gue hopeless banget belajar bahasa sini. Kalo dipikir-pikir proses gue dalam belajar bahasa memang selalu lambat. Emang kagak bakat kayanya (salahkah bakat). Apalagi sekarang udah berumur matang begini (telor kali mateng), makin susah aja dipake buat belajar. Entah apa nasib gue kalo sekolahnya udah selesai nanti? Jangan-jangan gak ada bedanya sama sebelumnya…tetep plonga plongo kalo diajak ngomong Suomi.

Birthday(s)

Menjelang akhir tahun begini ada banyak perayaan ulang tahun di rumah burung hijau. Ulang tahun Sami di bulan September. Ulang tahun gue sendiri di bulan November. Dan Desember ada ulang tahun Kai. Seru rasanya karena ada banyak yang ditunggu-tunggu.

Ulang tahun Sami kemarin tumben-tumbenan sekali gue (akhirnya) punya waktu buat bikin kue. Kue muffin doang sih karena bisanya cuma itu. Niatnya pagi-pagi mau tiup lilin dan foto sekeluarga. Selesai bikin muffin udah hampir jam 8 aja, gue pun langsung pontang panting lari ke sekolah. Pulang sekolah sibuk masak capcay, kesukaannya si dua bocah, maksudnya abis makan mau tiup lilin…lha tapi abis makan tau-tau udah jam 2 aja. Mikko pun langsung pontang-panting pergi kerja. Lhaaa…batal mulu sih acara tiup lilinnya?

Karena Kai tiap hari berkicau terus setiap hari “Kai mau tiup liliin aitiii…Kai mau tiup lilin”, hati gue pun trenyuh. Suatu akhir pekan gue ajak beberapa temen makan di rumah. Sekedar ngerame-ramein aja buat nyanyi sebelum lilin ditiup. Setelah perut kenyang makan bakso, gue keluarin deh kuenya (muffin lagi), pasang lilin, dan setelah itu tersadar…gak punya korek api!!!!!

Yaaaaaaahhhhhhh…pegimana tiup lilinnya iniiiiiiiiiiiiiii????

Gue coba-coba bakar kertas di kompor, tapi ternyata kalo pake kompor listrik kertasnya gosong doang dan sama sekali gak berapi. Acara tiup lilin pun kembali gagal! Kurang diridhoi kali ya?

Demi menghibur Kai, temen gue menginstall aplikasi tiup lilin di iphonenya dan Kai pun cukup senang bisa tiup-tiup lilin bohongan. Padahal mah yang ulang tahun kan Sami yah???

Di bulan November gantian gue yang ulang tahun. Pagi-pagi kasih instruksi ke suami buat beli Daim Cake ukuran besar kesukaanku, beli lilin dan tentunya beli korek api juga. Tapi pulang sekolah lagi-lagi gue berkutat sama masakan dan akhirnya Mikko keburu pergi kerja sebelum lilin ditiup.

Jadi acara tiup lilinnya diundur satu hari, pas banget Mikko libur waktu itu. Sebelumnnya gue masak nasi uduk lengkap dulu buat nyenengin diri sendiri. Setelahnyaaaa…..mari kita makan Daim Cake si perusak diet itu, tentunya setelah Kai nyanyi selamat ulang tahun untuk Aiti

Tapi si bocah kok lebih konsen makan ayam goreng daripada nyanyi ya? Itu nyanyinya sampe kelebihan begitu.

Hari Sabtunya gue kencan berdua Mikko makan di restoran Turki kesukaan di Helsinki. Awalnya mesen starter set dulu sambil rencana sambelnya mau diirit-irit buat main course nanti. Eee tapiii sebelum main course ada pelayan yang asal ambil sambel yang belum habis dimakan itu. Langsung deh gue memble sepanjang masa. Mana enak dijeee makan kofte gak pake sambel tomatnya? Namanya pun orang Indonesia, ya. makan nasi gak pake sambel rasanya sama kaya abis kawin terus LDR. Birthday lunch pun jadi berasa kurang sukses.

Tapiiii…kalo untuk soal kado…wuhuuuuuuuu…gue dapet kado paling spesial tahun ini.

Reuni RIPI

Beberapa bulan lalu temen gue Putri pindah ke Belgia ikut kakaknya yang jadi diplomat di sana. Tepatnya di Brussel. Nah, kebetulan bulan Desember nanti temen gue lainnya, April, bakalan ke Belgia juga, jadi gue pun bilang ke Mikko kalo gue mau ikutan ngumpul juga di Brussel barang dua atau tiga hari.

Oke, tentunya diizinkan sama Mikko. Bagian luar biasanya adalah waktu Mikko bilang “Maybe you can leave the boys with me so you can go there alone and have fun” MAAAAAAKKKKK, gue langsung kelojotan saking senengnyaaaaaaaaaaa.

Rencana ini gak banyak dibahas lagi karena Mikko sebenernya agak susah ambil cuti di akhir tahun begitu, pas koran lagi sibuk-sibuknya. Tapi tepat di hari ulang tahun gue ada email masuk, bookingan tiket Helsiki-Brussel. Untuk satu orang aja. GUE. Tanpa Sami. Tanpa Kai. Ya ampuuuuuuuun…beneran ini bakal jadi girls’ night in Brussel. Duuuh, nulis ini aja gue rasanya udah mau loncat-loncat.

Jaman kuliah dulu gue, Putri dan April pernah satu kos-an di RIPI, kos-kosan gawl di daerah Barel. Gak sekedar satu kos-an, kami bertiga ini malah tidur sekamar. Demi pengiritan, dan kamar di Ripi emang gede banget. Niatnya sih ngekos biar gak telat lagi kalo kuliah pagi. Tapi gak terbukti tuh. Kalo lagi ngekos malah makin sering telat dan makin sering cabut, bareng temen-temen lainnya yang malah ikutan ngendon di kamar kos kami.

Masa-masa ngekos di Ripi itu biarpun sebentar tapi penuh kenangan banget. Isinya kejadian kocak-kocak semua, salah satunya waktu kita denger tetangga sebelah ngomel ke temennya “What’s wrong are you, man???”

Nah, bulan depan, selama tiga malam, tiga serangkai ini bakalan tidur sekamar lagi. Gak di Barel, tapi di Brussel. Gak nyangka banget yaaaaa…
Definitely will be one of the best trips of my life.

Berburu jaket idaman

Musim gugur tahun ini dingin banget, udah sampe minus 5 segala dan salju pun udah beberapa kali turun sejak bulan Oktober. Becanda lo, Cu(aca)?

Makanya banyak yang meramalkan winter tahun ini bakal parah dinginnya. Pas pula down coat andalan gue mulai brodol. Bulu-bulunya mulai keluar menyelip dari sela-sela jahitan. Udah beberapa minggu ini gue sibuk cari down coat pengganti, malah sambil merepotkan Rifi di Arkansas sana buat cari-cari down coat keren di Ameriki. Abisnya koleksi down coat di sana memang jauuuuuh lebih banyak, lebih keren dan lebih murah daripada di sini. Setelah berminggu-minggu mantengin internet akhirnya gue menyerah pada diskon. Lands End lagi diskon lumayan gede beberapa hari yang lalu, jadiya gue beli aja satu jaket panjang yang reviewnya bagus banget. Katanya luar biasa hangat dan materialnya bulu angsa kualitas tinggi.

Bulunya sih oke. Tapi modelnya….ampun dijeeeeee…itu jaket apa bantal sih?

Asli kagak ada keren-kerennya. Apalagi kalo dibanding sama selera gue yang sangat suka feminin cut sementara ini jaketnya menul-menul kaya pisan molen.

Jaketnya belum dateng aja gue udah ilfil duluan. Tapi katanya kan kalo udah kedinginan ke laut aja tuh gaya, yang penting mah anget maliiiih. Alhasil sekarang masih aja gue obses cari-cari down coat lain yang lebih sesuai sama selera hati. Tapi ya dokunya udah abis maliiihhhhhh.

40 comments

  1. Mbak Happy belated B’day ya…
    Smoga impian komputer baru terwujud 🙂

    1. aaaaaaaaaahhh, penting banget ini doanya. Harus diamini sepenuh hati
      Amiiiiiiin

  2. Motauaja · · Reply

    Ga sabaaaarrrr!!! Makasi Mikko, makasi Kai, makasi Sami….
    Ripi re-united, wakakaakaka….

    1. jangan lupa soundtracknya: lagu-lagu kla project

  3. Asyikkk bisa dapat waktu cuti buat Girls day out… HAPPY bday Aiti.. panjang umur , sehat dan sukses selaluuu mwah mwah

    Oiya happy belated bday juga buat Sami

    1. makasiiiihhhhhhhh

  4. ah kamu rika, mengeluh ga bisa belajar bahasa tapi bisa bahasa macem2, mulai dari bhs inggris, indonesia, batak (hihi), sampe jerman…gimana itoooo

    1. bahasa batak gue cuma tau nangadong hepeng aja noviii. Bahasa Jerman gue asli cuma ngerti sedikiiiiit banget. Bahasa Inggris ya gini..pas-pasan

  5. randompeps · · Reply

    selamat ulang tahun ya mak, terus itu kompi coba deh sering-sering lo doain 😆 kosan RIPI yang barel sebelah mane sih? kok sound familiar yak 😆

    1. Eh, Lo tau RIPI, Pep? Ripi Depok atau Ripi Raihan yg di Yu Es E itu kali maksud lo? Hihihihih
      Tapi kos Ripi emang terkenal kok di Depok. Terkenal hedon dan bebas. Mau cowo cewe sekamar satu kos juga gak papa di situ.

  6. eriyani · · Reply

    Kai lucu bgt, ngerti diajak ngomong bahasa:-) mbak rika juga cantik…

    1. Iyaaa, Kai nyanyi pake bahasa sini tapi ngomong sama aitinya tetep ngerti

  7. happy belated birthday ya rik!!!
    hahaha jaman sekarang ya, tiup lilin aja pake app di ipad… 😛

    1. embweeerrrrrrr…untung kuenya beneran, Man.

  8. Ahahahahaahah… jadi beli ga yang kemarin? emang tuh kalo jaket winter kenapa harus michelin guy mode sih ya? mentul2 tebel gitu.. 😦

    Soal ngomong, kayaknya gw mirip elo deh Rik, suka tiba2 panik trus kagok kalo diajak ngomong tiba2. Makanya gw lebih demen dengerin aja deh. Jangan suru ngomong balik.. 😛

    1. jadi boooooo…warna ungu tua alias blackberry.

      Beee…samaan ya kita suka panik kalo diajak ngomong. Lha, terus gimana kalo ngelamar kerja ini ya???

      1. Pake bahasa tubuh aja gimana??? lol

  9. Happy belated Birthday Rik!! Enjoy birthday giftnya yang RUAR BINASA itu hehehehe…. Eh, gue kira yg down coat itu elu mau beli yang di yu es e. Yang waktu itu kita liat2. Soalnya Land’s End itu modelnya kan emang kayak orang kempingan bangetttt! (but to be honest, Land’s End pny product itu comfi hehehe).

    1. Abisnya belon nemu2 juga down coat yg sesuai di hati Leee. Dan pastinya sesuai di dompet. Sementara diskon lands end menggoda-goda terus, manapula reviewnya bagus2. Tapi kurangnya ya ituuuu, modelnya emang agak-agak kamseupay, hahahahahah

  10. Happy belated birthday Rikaaa!!

    Jaketnya yang kayak kue bantal atau michellin man itu ya.. Tapi kamu kurus, jadi ngga papa lah… hahahaha..

    1. embweeeeeeeeeeeer….jaket michelin!

  11. Chelle Handojo · · Reply

    happy belated bday :DD
    semoga bisa cepet dapet komputer baru ^^
    enak deh kadonya dapet girls night out 😀 haha

    1. Makasih Chelle.
      Alhamdulillah kado tahun ini menyenangkan, tahun depan lagi ya suami *lhaaaa*

  12. Happy Birthday Aiti.. Semoga cepet dapet duit yang banyak biar bisa beli komputer baru dan beli jaket baru yang keren.. Aamiin..

    “Maybe you can leave the boys with me so you can go there alone and have fun”
    Waaah.. Ngiri banget.. Suaminya keren banget..

    1. Amiinn..amiinnn…amiiiiinnn…mudah2an ada gitu komputer sale 70% diskon akhir tahun. Udah makin males nih ngetik di komputer tua ini

  13. happy belated birthday, Rika.
    Kadonya bener2 special yaaaw. Selamat menikmati reuni nya. Pamerin foto2 disini yaa.

    1. Makasih Laaaaaaa…semoga inget bawa kamera ya

  14. ihiyy aseeek pijamas party doong nanti ya…hihihi 😀
    Miko so sweet banget deh..tau2 udah booking tiket aja buat reunian lo… ;))

    once again..hepi besdeii..Aitii..:))

    1. Hahaha, iyaaaaa…so sweet banget doi. Apalagi waktu itu gue udah memble aja kirain gak jadi ke Brussels karena Mikko ga bisa cuti.

  15. met ultah Rika….scorpio juga ya? kadonya luar biasa indah!
    Kai makin keren aja deh!!! Rika juga cantikkkk….gimana rasanya tiup lilin dikelilingi 3 cowok ganteng yang mengidolaimu??

    1. waaahh..sesama scorpio ya? tos duluuuuuu

      Ini kalimat Rika juga cantiknya gue bold dan garis bawahi ya? Hihihihihihii

      3 cowok ganteng itu menghabiskan kuekuuuuuuuuuuu

      1. terima tossnya….banyak teman scorpio di blog deh!
        jangan hanya bold, tapi fontnya juga digedein. emang cantik banget kokkkk!!!

        1. ya amplop si lulu kok hobinya bikin gue geer

  16. horee akhirnya ada apdetan baru jugak *apa aq yg telat buka :p*

    selamat ulang tahun sebelumnya semoga selalu disayang Allah jadi semua permintaanya yg baik2 dikabulkan, amin. 😀

    btw aq tau tuh pondok RIPI yg di barel hihh tapi mba, pas aq kos jaman tahun 2006-2009 itu pondok RIPI itu semacam kosan mesum yg cwo n cwe gabung gt hihihih soalnya pernah ke kosan temen yg di RIPI ya Allah itu sebelahnya berisik amat cwe cwo lg bobok padahal kan kita lg kerja kelompok hahahhahahha yahhh jd gk konsen deh*ketauan nguping* *lah malah gosip* mungkin pas jamannya mba Rika beda yah hihhihih

    selamat girl’s night in brussell yooowww 😀 happy happy

    1. Amin..amiinn untuk doa-doanya.

      Soal RIPI…betulllll bangeeeeeeet. Dari jaman dulu emang udah terkenal tuh sebagai kosan mesum, hedon, dan berisik. Tapi kita gak tauuuuu. Begitu liat kamarnya gede dan boleh bertiga kita langsung ambil aja, pas udah nginep di sana baru berasa…Buseeeeettt…itu jam 2 malem masih pada asik gonjrang-gonjreng main gitar, kadang ada yang mabok sampe berantem. Soal cowok sama cewe sekamar juga udah jamak di jamanku tapi untungnya sih gak sampe bikin suara aneh-aneh, hihihihihi. Kami cuma bertahan dua bulan di RIPI, itupun tiap ada ujian pulang dulu ke rumah soalnya kalo di RIPI mana bisa belajar sambil ribut begitu.

  17. Selamat ulang tahun mba Rika 🙂
    Semoga bahagia dunia dan akhiroh,.. jadi aiti dan istri yang paling bahagia selalu…

    Sukses selalu keluarga dan blog nya…

    1. terimakasih gasana. Amiin untuk doa-doanya

  18. Waah telat, happy birthday Rik! heheheee Kai lucuu banget, ternyata gitu ya lagu happy birthday bahasa suomi 😃 selamat menikmati hadiah yg istimewa itu yaaa… Mikko kerren sekali bersedia ngasih ijin gitu..

    1. Makasih Suci.
      Lagunya itu bener2 sama kaya Happy Birthday To You tapi versi Suomi aja. Tapi memang Kai kalo nyanyi nadanya suka lari-lari, samalah kaya isi sama aitinya, jadinya banyak yg gak ngeh sama lagunya

  19. Happy birthday Rika 🙂
    Aaaak, Kai lucu bener nyanyinya. Akhirnya gue bisa denger Kai ngomong Bahasa Indo. Lumayan fasih yah. *jempool*

    Wahhh senangnya bisa reuinan, di Brussel pula! Anyway, dulu pas kuliah (2001-an), kostan di Barel yg sering jadi basecamp gue dan temen2 angkatan adalah Pondok Ari. Kita kalo ngaso dan ngerjain tugas di situ. Karena ada sekitar 5 orang yg kost di situ. Tp pastinya gue tau dong Ripi yang ngetop itu hihihi. Kalo gue due kost-nya di Kutek (eh lo ga nanya yak. Hahaha).

Leave a Reply

