cerita-cerita pulang kampung

Lamanyaaaaaaaaaaaaaa….gak cerita-cerita di sini. Niatnya selama di Indonesia mau rajin menulis dan mengambil foto buat mengabadikan momen-momen bahagia pulang kampung, ternyataaaa…seperti biasa ya cyiiiiiin, rencana tinggal impian, bulan madu cuma mimpi. Tau-tau udah balik aja ke Kerava, kembali ke rumah si burung hijau.

Selama di Indonesia gue jaraaaang banget bergaul sama komputer, secara kan  ya si komputer bapuk raksasa gue tinggal di Kerava karena niatnya di BSD mau pake laptop adek gue aja. Taunya laptop si adek malah lagi rusak. Babay sudah niat mau rajin ngeblog.

Kalopun ada laptop nganggur rasanya gue tetep gak punya waktu buat berlama-lama di depan komputer. Beda banget ternyata hidup di sini sama Jakarta, di sana gue lebih mobile dan aktif. Mungkin karena ada mobil ya, jadinya tiap kali ada perlu ke sana kemari gue langsung set, set, seettt tancap gas. Dalam sehari gue bisa pergi ke pasar, ke dokter, ketemu temen, plus ngemall. Kalo di sini kan baru pergi ke satu tempat aja rasanya udah cape bener…jalan kaki molo sih. Makanyaaaaaaaa….beli mobil dong.

Kalimat terakhir chusus ditujukan untuk suami tercinta. Terima kasih.

Sisa waktu gue ya apalagi kalo bukan merawat dengan penuh kasih dua anak  tercinta…eciyeeeeeeeeee.

Nah, jagain anak di rumah Kerava sama rumah BSD juga beda jauuuuuuuuh. Rumah burung hijau di Kerava ini kan sungguh kecil mungil, gue bisik-bisik di kamar aja yang di dapur bisa denger,  jadinya gampang banget mandorin anak-anak kalo lagi di dalam rumah. Dimanapun mereka berada pasti keliatan sama gue atau minimal kedengeran suaranya.

Kalo di rumah nyokap di BSD…ondeeeee….capek gue naik turun tangga dan keluar masuk rumah ngekorin dua anak lincah-lincah itu. Lagian sih, anak-anak gue kok hobi banget goler-goler di halaman atau ngepel garasi…..pake badan sendiri? Apalai Sami tuh, entah kenapa anak ini suka sekali masuk ke  kolong mobil, makin gue larang makin cepet merangkaknya dan hooopp, ngolong di bawah mobil sambil ketawa. Keluar-keluar badannya udah item.

Karena itu juga gue jadi sibuk banget harus mandiin Kai dan Sami, elap-elap muka, tangan, kaki mereka seratus sekali sehari, atau ganti baju mereka, juga seratus kali sehari, yang selalu kotor masai setiap hari. Huuuufff….capeknyaaaaaaa.

Apalagi yah, cuaca di Jakarta kemarin fuanasnya amfun-amfunan bikin badan berasa capek dan lemes setiap saat. Baru bangun tidur aja gue udah esmosi kepanasan, padahal belon  juga jam 7 itu. Pernah sekali gue masak selama di sana dan amfuuun dijeeeeee keringetnya saingan sama kuah sop. Berliter-liter. Cukup sekali itu aja gue masak, gak kuat deritanya, bok. Kalo nanti pindah ke Jakarta lagi gak usah punya dapur aja sekalian apa yah? Masalah makan mah percayakan saja pada yang ahli, abang somay dan abang bakso misalnya.

Jadinya yah, kalo gue sempet ngerasa hidup gue di sini berat banget karena gak ada asisten atau baby sitter, ternyata gak ada apa-apanya sama kehidupan di Jakarta tanpa asisten. Paling gak di sini kerjaan rumah terasa lebih simple. Rumah kecil, lingkungan bersih, gadget banyak. Rumah nyokap di BSD harus di pel dua hari sekali karena letaknya di pinggir jalan dan suka debuan. Mau cuci piring harus manual karena gak ada dishwasher. Setelah selesai nyapu dan ngepel masih ada garasi, teras atau halaman yang juga butuh diurus. Buset dah itu kerjaan rumah kagak ada abisnya.

Selain ngendon di Jakarta sempet juga 5 malam melancong ke Bali. Iyeeeeeeees. Baliiiiiiiiiiiiiiii. Bali yang kuidam-idamkan. Di sana kami tinggal 3 malam di Sidemen dan 2 malam di Sanur. Gue seneng suasana rame dan turistik di Sanur, jalan yang penuh restoran dan toko, turis yang berjubel, pokonya berkesan  “penting banget nih tempat”, padahal mah sebenernya nothing really special juga sih di sana.

Nah, kalo Sidemen….tempatnya sepi, ayem, dan tenang. Tapi pemandangannya….jeweweeeeeeng….spesial pake telor. Cakep banget dah!!!!!! Di Sidemen sini lah akhirnya gue ngeliat sawah padi bertingkat-tingkat seperti yang sering ditampilkan oleh iklan pariwisata. Kemana mata memandang yang terlihat hijau-hijau sawah, ladang atau pepohonan. Bener-bener masih asri banget. Nanti lah kapan-kapan gue cerita lebih lanjut tentang Sidemen ya. Udah janji ke beberapa orang, tapi apa daya mood menulis cerita belon muncul.

Tahukah anda setelah 5 malam di Bali Mikko lanjut berkelana ke Flores seorang diri? Tentunya berakibat yang mulia ratu harus balik ke Jakarta sendirian bareng dua bocah.  Untungnya penerbangan Mikko telat jadi bisa nemenin gue menunggu waktunya boarding. Kai lari-larian sama Mikko sementara Sami dipinjem sama serombongan mbak-mbak di ruang tunggu. Mbak-mbak itu suka sekali sama Sami, saling giliran menggendong dan ngajak Sami main. Saminya senang banyak dapat perhatian, aitinya lebih seneng lagi….bisa duduk santai ongkang-ongkang kaki.

Nah, waktu boarding baru agak repot. Harus gendong Sami, bawa tas  dan gandengan sama Kai. Eeeh, pake naik tangga pula ke pesawatnya. Dan ngantri lumayan lama di tangga. Pegel aku rek.

Sebenernya di pesawat Kai tumben-tumbenan bisa duduk dan  gak banyak lasak, tapi suaranya doi yan gak nahan. Pake toa.

“ITUUU ADA SEPAWAAAAT. ITU LAGIIIIIIIIIIIII. ITU SEPAWAT PARKIIIIIIIIIIIIR.”

“Iyaaa, ada pesawat. Ngomongnya pelan-pelan aja nak”

“KAI NAIK SEPAWAAAAAT. KAI NAIK SEPAWAT SAMA AITI”

“Iya, Kai naik pesawat sama aiti sama Sami. Tapi pelan-pelan aja dong ngomongnya”

“HOREEEEEEEEEEE KAI NAIK SEPAWAT. KAI NAIK SEPAWAAAAAAAAAAAT”

Ampun Kaaaaaaaai. Sampe pengang kuping aiti dengernya. Dan mungkin kuping orang lain juga.

Beitu udah take off gak ada pemandangan pesawat parkir lagi dari jendela. Jadi Kai mulai ambil aksi nyapa bapak-bapak di belakangnya.

“Haloooooooo…Haloooooo..Halo ooom. Ini Kai”

“HALOOOOOOOOO. OOOM…HALOOOOOOO. INI KAI”

“Sssshhh…Kai…jangan ganggu oomnya. Oomnya gak mau ngomong tuh”

“Tapi Kai mau oom. KAI MAU OOOOOM”

mulai lagi deh

“HALO…HALOOOO…HALOOOO OOMM. KITA NAIK SEPAWAT”

Tapi si oom tetep cuek. Malah kemudian pasang kacamata item dan (kayanya sih) tidur. Bikin Kai makin penasaran aja, kejadianlah Kai berhalo-halo sampe Jakarta.

Yang di luar kebiasaan justru Sami. Si anak anteng ini gak mau duduk tenang di pangkuan gue. Maunya manjat-manjat kursi atau rebutan jendela sam Kai. Akhirnya gue taro  Sami di bawah, dan anaknya seneng bisa bebas bergerak sambil mainan sepatu (Sami lagi suka banget masuk-masukin kakinya ke sepatu sendiri atau orang lain)

Nah, di tengah perjalanan mulai tercium bau-bau acem menusuk. Yaaah…Samiun pupu. Karena Kai gak mau ditingggal terpaksalah gue bawa dua bocah masuk toilet pesawat yang sempit itu. Dan bener aja…gak bisa bergerak, bok. Dengan tega gue paksa Kai keluar dari toilet, untungnya di luar ada pramugara baik yang ngajak Kai ngobrol. Langsung deh anaknya lancar bercerita

“KAI NAIK SEPAWAAAT. INI SEPAWAAAAT PUNYA SIAPA? INI SEPAWAT KAAAAIII. SEPAWAT AITI JUGA. SAMI JUGA”

Harus ya, suaranya tetep pake stereo.

Selesai ganti popok Sami niatnya sekalian mau ganti popok Kai juga yang pasti udah penuh. Tapi anaknya langsung  mencelat lari begitu gue bilang “ganti popok juga yok”. Terpaksa deh kejer-kejeran sama Kai yang larinya udah sampe ke row paling depan.

Balik di kursi gue penasaran. Masa sih Kai dari pagi belon pupu? Gue intip celananya. Masya Allaaaaaaaaaah…itu pupu udah meleber-leber. Gue bawa lagi deh dua bocah kembali ke toilet. Gak pake babibu langsung aja gue titipin Sami sama si mas pramuara sementara gue sibuk ngurusin Kai. Pas gue buka celananya itu yang namanya pupu udah meleber sampe ke punggung-punggung. Bukan main Kaiiii, betah amat sih duduk pake popok kotor? Sekarang harus sekalian ganti baju juga, kan.

Karena toiletnya sempit jadi gue buka pintunya supaya legaan dikit biar gampang makein baju Kai, ternyata begitu pintu terbuka anaknya langsung mencelat lari telanjang bulat. Sukses jadi tontonan satu pesawat. Kaichu, Kaichuuu seneng banget bikin aiti elus dada, nak.

Setelah ambil Sami, kembali ke kursi, dan makein baju Kai ,tau-tau udah mau mendarat aja pesawatnya. Ada hikmahnya juga dua bocah pada pupu, waktu jadi kerasa berjalan cepet.

Abis mendarat langsung menuju bagasi dan koper gue langsung keluar. Setelah itu jajan-jajan sedikit, nunggu taksi dan cuusss meluncur ke BSD. Belum juga keluar bandara anak-anak udah tertidur dan pules terus sampe BSD. Lalu lintas pun super lancar gak pake macet. Alhamdulillah,  dimudahkan banget perjalanan gue kali ini.

Sampe rumah BSD anak-anak lansung seger, orang rumah lagi pada pergi semua, jadinya gue yang tadinya berharap mau ngaso-ngaso sedikit terpaksa sibuk ngemandor lagi  liatin dua anak yang asik ngecap badannya pake debu-debu di lantai garasi. Aaaahhh….this is life.

Masih banyak cerita-cerita selama di Indonesia. Tapi gue udah capek nulisnya. Insya Allah dilanjutkan lagi kapan-kapan.

 

Dan seperti biasa…mau masukin  foto kok males yaaaaaaaa

Advertisements

42 comments

  1. ayo dong.. upload foto2 dong… 😀

    lu sih hebat lho berani sendirian naik pesawat bawa 2 anak gitu… plok plok plok deh rik! 🙂

    1. Kapan ke Indo Man? Biar merasakan kehebohan yang sama terbang bawa 2 anak. Tapi mungkin Andrew sih udah lebih gampang di ajak jalan ya. Udah gede, udah lebih tenang pastinya

  2. Saluuutt deh Mba Rika bisa handle Kai sama Sami sendirian di pesawat!

    Kirain bagian Kai ngajakin ngomong si om udah yabg oaking heboh, ternyata ada bagian lari-lari vak pake baju. Hihihi. Kebayang aja hebohnya.

    Ditunggu poto-potonya Mba Rika… 😀 terutama yang lagi pada sembunyi di garasi. Hehehehe.

    1. Hmmm….gak seratus persen bisa kehandle sih, buktinya Kai masih lari-larian bugil gitu di pesawat, hahahahahaha.

  3. hahahahaha…kocak banget anak2mu Rik. aku salut banget kamu naik pesawat sendiri bawa 2 toddler begitu. ceritain juga dong gimana kemaren yg dari jakarta ke kerava sendirian.

    1. Yang ke Jakarta-Kerava gak pake acara lari bugil sih nop. Tapi lebih bikin stress sampe kebawa mimpi

  4. salut euyyy
    mbayanginnya aja udah rempong abis
    apalagi bagian 22nya pup gitu
    top dah

    jadi kapan gak males aplot foto? Hehehe

    1. pertanyaan susah nih yang terakhir. Sampe gak bisa ngejawabnya…emang males mulu sih, hihihihihi

  5. Ini dia ibu macho 2012, dengan gagah berani ngeboyong 2 bocah aktif sendirian *tepuk tangan sambil tebar bunga* 😀 Aku padamuuuu, aiti!

    Gue ngakak ngebayangin Kai manggil2 si om, tapi ga asik ah si omnya kok diajak ngomong diem aja. Kalo ada gue di pesawat itu, mungkin gue umpanin Nara aja supaya Kai dan Nara asik saut2an 😛

    Sayang kita ga jadi ketemu, ampun dije gue 24 jam di jalan dong mana bisa abis itu langsung cuss ke giggle.

    1. gagah berani sih gak banget Ty. Sepanjang perjalanan hotel-airport manyun mulu bawaannya, pas mo boarding pun deg-degannya setengah mati. Tapi apa mau dikateee? Terpaksa!

      Gue pun kesel, Tyyyy sama si Oom. Mbok ya dilayanin dikit anak gue nape? Cool abis gitu oomnya gak ngejawab sepatah kata pun. Gileeeeee….gue juga jadi penasaran loh.
      Semoga tahun depan kalo gue lebaran di Indo lagi kita bisa ketemuan ya, Ty

  6. Salut deh, bisa-bisanya bawa 2 toddler sendirian di pesawat pake acara pupun berjamaah hehehe. Ditunggu nih kelanjutan ceritanya, udah lama banget tengok-tengok kesini gak ada postingan baru 😀

    1. Iyaaaa…itu kenapa pupunya bisa berjamaah begituuuu ya? Modaaarrr gantiin popoknya

  7. Huwaaaa.. hebaatt.. bawa dua toddler sendirian.. dan ya ampun kaaiii.. kamu lucu sekaliii.. sami juga ngepel garasi pake badan.. hahahahhaha… *kisses

    1. Kai dan Sami emang lagi lucu2nya, hihihihihihi

  8. Yaaayyy…ada sambungannya
    Saya sampe khawatir loh *lebay, soalnya belum pernah blog ini lompat bulan tanpa posting satu pun.
    Eh aduuuhhh Kai kocak benerr…ramah banget ya mbak, Kai *jawil2pipiKai
    Hebat lah mbak, saya kagum sama semua ibu yang punya anak tanpa babysitter maupun pembantu. Apalagi sampe 2! Dihh, gak kebayang capenyaa…apalagi pas liburan, hadehhh…
    Eh, saya jadi candu blog ini, hahahaha…kenalin penggemar baru ya mbak 🙂

    1. 2 mah belum ada apa-apanya ini. Ada yang sampe 4 loh anaknya. Itu tuh..ibu yang terkenal itu.

  9. alhamdulillaaaaaah… selama naik sepawat bareng anak2 doang gak pernah sedrama elo begini riiiikk…. *crossing fingers*

    1. eerrr…tukeran anak yuk Ran….

      uuuppppppsssss

      hihihihihihih

  10. gue tadi pagi baca ini sampe ngikik-ngikik sendiri bayangin kai lari-lari di pesawat sambil bugil, hoahhahahaahahah.

    1. ini emang GONGnya banget selama terbang Denpasar-Jakarta itu

  11. Fotonya dong biar makin menghayati *padahal sendirinya paling males ngupload foto*
    tapi bener banget tuh ditulis disini biar kalo kai udah gede dia baca, kamu pernah loh kai lari-lari bugil di pesawat.
    Kalo gw bawa 2 anak kicik sendirian begitu kayaknya mesti pake suplemen anti stress sama anti panik seliter deh, salut buat rika, mana jarak jauh pula.

    1. kenapa yaaaa upload foto itu malesin banget. Harusnya ada uploader langsung dari kamera biar gue gak males. Trus tinggal nunjuk aja langsung masuk blog fotonya.

      Hahahaha….ini bakal jadi kisah yang bakal gue ulang2 terus buat Kai. Inget ya Kaaaaiiii…dulu pernah bikin aiti panik Kai lari2 bugil di pesawat.

  12. Salam kenal, Rika! Nggak sengaja nemu blog ini, langsung nempeeellll….pengen baca terus! Haha… Menghibur bangets :)) – vera

    1. Halo Vera…senangnya kalo ada yang seneng baca blog ini. Makasih ya

  13. Waaahhhh bandara di Indonesia emang jahanaaaaaaaammmmmm…. Benci banget, udah naek non budget air pun, tetep dipaksa naik turun tanggaaaa… Gue aja yang bawa perut repot banget Rik! Apalagi elu kali ya, bawa anak2, bawa gembolan… Gak Soetta, gak Ngurah Rai, semuanya menyebalkaaannn (Anyway gue baru balik dari Bali, tar gue cerita deh). Tapi gue glad, kayaknya anak-anak lu dua2nya senang2 banget di Indonesia yah hahahaha…

    1. Bumiiiiiiiillllll….bawa perut aja udah pegel ya…tunggu nanti sambil bawa anak. Apalagi kalo anaknya udah 9 kiloooo.
      Kenapa ya belum digalakkan sistem children first buat urusan check in sama boarding, kan kasian loh yang gendong anak gitu disuruh ngantri. Aseli refooot

      Anak2 memang seneng banget Le, banyak temen dan makanan enak di Indonesia.

  14. Mama Rik…. Betapa sedihnya gw bolak balik ke rumah elo tapi kosyong mlompyong pake ga bisa di kasih komen lagi tu tukang odzek. Ku tunggu carito lengkapnya Rik! Etapi di BSD kaga macet2x amat ya Rik, seharian elo bisa produktip pake ep kesini kesitu… Gw kalo mudik ke daerah Barat rasanya pegi ke 1 mol aja dari rumah perlu perjuangan sampe titik darah pengabisan. hahaha lebay dot com.

    1. BSD ya jelas lega banget jalannya kalo dibandingkan Jakarta. Ada sih macet2 dikit di lampu merah kalo lagi jam sibuk, tapi sisanya masih OK, gak tau ya 5 tahun ke depan…makin rame aja nih Serpong soalnya.

      Gue masih main2 ke Jakarta juga sih kalo ngemol, tapi paling ke PIM yang deket sama tol Serpong, hihihihi, makanya masih mungkin banget dalam sehari gue ngurus ini itu, termasuk ngemol

  15. yah berharap ada foto gue!

    kangen Kai!!!

    1. nantikan di edisi selanjutnya tante Gemma.

  16. huaaa heybat bener nih aiti bawa dua krucils superaktif!! *10 jempol naek keatas*

    gila ngikik banget pas baca si kai lari-larian bugil di pesawat! gedean dikit bisa ditangkep tuh Kai berbugil ria dipesawat!

    1. ditangkep FPI…hahahahhahahaha

  17. nuky jaya · · Reply

    huaaah batal deh rencana gue mau liat Kai & Sami
    hihihi Kai lucuk banget sih, ngomong sepawat sampe ngikik ngikik ini baca blogmu

    1. Selain sepawat Kai juga kebali kalo nyebut taksi, kesebutnya TASKI

  18. si om itu belum punya anak atau emang gak suka anak kecil ya? kok yo bisaaaaa gak gemes liat Kai yang cakep itu!

    1. boookk…sampe masang kecemete item itu si oom. Segitu dinginnya doi!!!!

  19. keyrani_faisal · · Reply

    Salam kenal…
    Asli lucu bgt nih cerita, waktu nunggu antrian di bank jd ga berasa, pke acara ngikik sndirian lagi 
    Salut bwt aitinya…. Slm wt kai n sami ya say…

    1. Halooo….salam kenal juga Keyrani.
      Makasih udah baca2 di sini

  20. hai Rika, lama tak bercuit2 disini 😀
    lo naik pesawat apa bo sampe Sami bisa main2 di lantainya? gue dah bbrp kali naik pesawat sama Kirana, tapi tetep deg2an dengan alasan yang tiap kali berbeda. Terakhir kemarin Jogja Jakarta, dia udah lupa naik pesawat kali yeee…jadi pas take off (sialnya kebagian duduk di ekor dan tau dong bunyi mesinnya kayak apa)…dia histeris berat, minta udahan naik pesawatnya -_- hihihihihihi gue sih biasa aja nenanginnya, tapi bapak dan ibu di sekitar gue yang terganggu kayaknya karena dia teriak2 plus nangis.
    tenang juga akhirnya abis udah boleh berdiri dan diajak jalan2, akhirnya anaknya tidur -_-
    yah yah, saran gue satu, cobain deh para bapak2 terbang solo sama toddlernya, biar ngerasain, ya gak? 😀

  21. tampang omnya kaya gimana mba? biar saya cariin. berani2nya dia nyuekin anak selucu kai.. hehehehe..
    beneran ngakak ngebayangin kai lari2 bugil di pesawat. heboh banget pastinya ya mba?

    salam kenal buat mba rika, kai, n sami.. 🙂

  22. Ya ampun rik, kai lucu banget teriak sepawat muluk. Gemes ih!
    Hebat lo ngurus bocah 2 orang sendirian di pesawat. Gue kok jiper ya ngebayanginnya? Mana sempet pup lagi dua2nya, ondeee disini yang lap kringat haha :))

  23. mbaaa kaii lucuuu bgt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: