manajemen mudik

Skenario mudik standar yang selalu terulang dari tahun ke tahun:

Beli minuman

– awal mudik: “Jus sirsak. Eh jambu aja. Eh..dua-duanya…tambah es teh manis satu mumpung murah”

– akhir mudik: “Air putih gratis gak?”

Money changer:

– awal mudik: “Males ah jalan ke sana, bedanya tiga puluh ribu doang kok, gak sampe tiga euro. Gak papalah tuker di sini aja”

– akhir mudik:  “Ebuseeeed 30 ribu? Makan hokben juga dapet tuh. Dimana tadi lo kata money changernya?”

Oleh-oleh

–  awal mudik: “Ntar aja belakangan beli oleh-olehnya, sekarang pilih-pilih dulu sampe yakin mau beli apa”

– akhir mudik: “Dikasih foto aja gak papa kan ya oleh-olehnya?”

Dokter gigi:

– awal mudik: “Mumpung di Jakarta mau ke dokter gigi ah mumpung murah. Sekalian aja yg bagus ke Eka Hospital atau RSPI”

– akhir mudik: terlihat sedang antri di puskesmas

karena itu perlu dicanangkan peraturan-peraturan mudik sebagai berikut:

1. Jangan kalap di hari-hari pertama.

Selow aja selooow. Inget isi dompetmu tak sepanjang liburanmu. Diirit-irit mak. Jangan keburu blingsatan. Mentang-mentag di yurep jarang banget ketemu jus sirsak, ngajak miskin kalo makan di luar, daun bawang aja mahalnya setengah mati, bukan  berarti begitu sampe Jakarte mesen makanan langsung tiga piring, minumnya langsung empat macem. Selow ajaaaaa…Belanda masih jauh.

2. Utamakan yang penting-penting

Kapok ah, tiap kali liburan ngasih oleh-oleh ke mertua kemeja batik 20 ribuan. Itupun bayarnya sambil tangan gemeteran sayang disayang make lembaran uang terakhir. Termasuk juga kapok dengan segala macam rencana yang tinggal rencana, gak bisa kesampean karena duwitnya keburu abis dipake berkalap-kalap di ambasador atau ITC.

Jadi liburan kali ini gue udah bikin list hal-hal utama yang harus gue beli atau kerjakan.

– benerin gigi geraham yang patah

– cari oleh-oleh yang bagus buat mertua dan suaminya

– beli buku cerita anak-anak dalam bahasa Indonesia untuk Kai dan Sami

– beli bumbu-bumbu masak dan keperluan lain yang harus dibawa ke negara kulkas demi kemaslahatan hidup bersama

Setelah list di atas terselesaikan baru deh sisa uangnya dipake buat parteh-parteh di pasar modern atau ambasador.

3. Gak usah bikin daftar makanan yang berkepanjangan

Ada beberapa tempat makan yang sebisanya kudu didatengin karena ya masa udah pulkam tiga kali masih aja gak kesampean. Diantaranya:  Bandar Jakarta, Manhattan Fish Market sama Ayam Bakar Ganthari (yang ini kesukaan suamiku!). Di luar itu mau santai dibiarkan mengalir, makan apa yang ada, apa yang dekat. Males juga kepatok sama list karena bikin gue berasa kejar tayang contreng-contreng list.

Termasuk juga makan sesuai kapasitas dompet dan perut. Tahun kemaren gue kapok kebanyakan makan dengan azas “mumpung lagi di Jakarta”. Hasilnya dompet menipis badan menebal. Makannya pun sampe mau termuntah-muntah saking maruknya. Lha masak abis makan seafood langsung dijabanin makan ayam taliwang, semuanya atas prinsip selagi bisa.

4. Jangan kalap beli bebajuan di ITC/Ambasador/Tanah Abang

Kenapa ya susah banget rasanya keluar ITC-ITCan tanpa bawa tentengan. Kenapa?

Biasanya sih kalap belanja dengan alasan harganya murah jadi mau diborong semua biar nanti balik ke Finland gak usah beli-beli baju lagi selama setahun. DUSTA.

Mau belanja tiga koper juga begitu kembali ke sini, begitu masuk Zara, H&M atau Mango tetep aja matanya mupeng liat bebajuan di sana. Seperti dalam pengaruh ilmu hitam tangan dan kaki bergerak sendiri mengambil bajunya dan berjalan ke kasir. Mana janji gak beli baju lagi selama setahun? Manaaaaaa????

Lagipula harga baju-bajuan di Indonesia semakin mahal aja. Padahal belinya udah di ITC loh. Masih seratus ribuan juga kan? Secara di sini saya gadis diskonan, harga barang-barang diskonan di sini mirip-mirip sama yang di ITC. Jadi gak bisa dibilang di ITC lebih murah. Baju anak-anak juga sama ceritanya. Lebih murah beli di sini (asalkan diskon)

Intinya…pengendalian diri. Beli seperlunya saja.

5. Jangan terlalu ambisius ngejer acara

Kalo udah di Jakarta bawaannya mau ketemu temen ini, temen itu, si anu dan si itu, kumpul sana kumpul situ. Bisa deh tiap minggu jadwal padat merapat. Sampe pernah dalam sehari ketemuan sama tiga kelompok teman yang berbeda dan tempatnya berbeda-beda pula. Cafeeee dizeeeeeeeee.

Inget yaaa..usia tak lagi muda. Udah gak bisa digeber seharian. Kalo gak memungkinkan semua acara diikuti kayanya harus pake skala prioritas supaya hasrat nongkrong-nongkrong bisa diredam sedikit. Niatnya pulang kampung kan sekalian mau istirahat dari kesibukan sehari-hari selama di Kerava. Jangan sampe nanti balik ke Kerava bukannya refreshed malah makin loyo.

6. Cari kegiatan yang bermanfaat

Ciyeeee…..manfaat niyeeeeee….

Apa kek, kursus apa gitu kek yang bisa berguna buat kehidupan di sini. Dari dulu niatnya mau ikut kursus masak tapi gak kesampean melulu karena di Jakarta sibuk melancong. Gue pernah loh kursus bikin ayam kodok, and it was fun fun fun. Pengen lagi ngerasain ikut kursus masak.

Trus juga…mumpung pulangnya lagi ramadhan ikut kursus ngaji kek. Malu tuh Qur’annya udah lama gak disentuh. Bacanya juga terpatah-patah gak mulus kaya jalan tol. Maluuuu dijeeeeee. Maluuuuuuu.

Atau…kursus jahit. Dari Januari beli mesin jahit sampe sekarang dibuka dari kotaknya pun belum. Katanya mau bikin gorden???

Mungkin juga ikut kursus reparasi barang-barang rumah tangga. Kesel tau gak kalo ada barang rusak seringnya dibuang trus beli baru karena gak ngerti gimana betulinnya, mau manggil tukang servis biayanya sama kaya beli baru.

Pokonya poin nomer 6 ini penuh dengan ide-ide mulia sekali deh. Tapi liat nanti ya pelaksanaannya….secara ada yang termaha penting dari mudik kali ini yaitu:

7. Perbanyak tidur siang

Secara  kalo di Kerava kagak bisa.

50 comments

  1. point terakhir paling penting kayaknya ya rik… 😀

    btw iya kalo abis kalap2 belanja, selalu trus berjanji gak akan belanja lagi setaun. tapi baru 2 bulan udah belanja lagi ya jatohnya. hauahahha

    1. Poin terakhir itu yang paling ditunggu2.

      Kalo dari Amrik ke Indonesia kalo masalah baju atau fashion items sih malah kerasa mahal kali ya secara di Amrik kayanya semua-muanya lebih murah ya?

      1. gak tentu juga rik…
        di amrik yang murah2 jadi pasaran. jadi waktu pulang indo tetep aja pengen shopping. karena kan baju2 indo banyakan dari thailand atau hk atau korea.. jadi beda ama baju2 yang dijual di amrik… 😀

  2. istrinyabayu · · Reply

    Cah ayu, kesini aja. Kenapa?
    1. Baju murah, smua jg tau
    2. Dijamin ga bs kalap makanan, krn yg masak gw :)))
    3. Melakukan yg bermanfaat: Bs belajar ngaji ama gw (percaya ga?), ato kursus merakit barang ama Bayu
    4. Bs ketularan tidur siang berjamaah berjam2 setiap hari :)))

    1. masakan lo kenapa Fi? ga enak atau terlalu enak? :mrgreen: emang yang namanya janji ga akan belanja lagi itu ‘bantengduduk’ alias bullshit kalo kata dedo sik *ngomong sama kaca*

      1. ga enak! bwahahahaha

      2. banteng duduk…hahahahahahahahah

        janji gak belanja lagi emang sama aja kaya janji gak mau makan lagi…impossibru!

    2. (1) lha, makanya akika pengen banget ngerasain hidup di sana. Biar puas belanja nya
      (2) yakin? ngeliat foto gule ayam lo aja gue udah ngiler2
      (3) ya percaya dong, namanya juga keluarga Samarra
      (4) Kalo gue dateng serombongan bareng Kai dan Sami dijamin elo langsung pensiun dari kegiatan tidur siang, hahahahaha

      1. gue pernah dititipin anak temen sekali, langsung ikut bobo siang tuh :)))

  3. jadi pengen mudik…hehehe

    1. waktu mudik emang selalu dinanti2 ya

  4. wkwkwkwkwk… kocak banget yang aer putih gratis ga ? 😀
    ih iya bok, di ITC juga sekarang mehong2. Udah gitu kadang nawarnya ampe jungkir balik, tetep aja tuh penjual kaga ngasih. Jadi, kayaknya sekarang udah hampir sama deh ama harga baju diskonan di mol2.

    1. gue dong, gak pernah sukses nawar di ITC, lama2 jadi penasaran apa di ITC emang udah harga pas ya?

      Tapi tetep ada sih satu dua yg unik2 yg adanya cuma di ITC, terutama ITC Kuningan tuh

  5. iya ITC emang makin mahal, coba kursus ngebatik aja mba ada di museum tekstil tanah abang; kursus sehari gitu. Siapa tau malah jadi bisa ngoleh-olehin mertua batik karya menantu tercinta 🙂

    1. iya, gak usah beli lagi ya batiknya. Hasil buatan sendiri.
      Tapi si mertua udah bosen belum ya sama batik. Udah rame banget di rumahnya baju batik, tas batik, taplak batik, sepre batik. Ini kok oleh2nya batik melulu

  6. Mak, buat point ke enam dan tudjuh gw tambahin nyuci rambut, krimbat, fesiel dan spa yah. Sekaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii aja buat trip elo kali ini, biar pol gitu rileksasiongnya.
    Balik findland pan kerja rodi, romusha mode on… hahaha.

    1. oh iyaaaa ke spa. Tapi pengennya bareng temen, nah ngatur waktunya itu yg susah karena kan temen2 gue pada karajo kalo wikdey, kalo wiken ama keluarga.
      Kalo nge-spa sendirian gue kok mati gaya ya? Bingung mau ngapain. Belon lagi kalo ngantuk sampe capek nahan2nya…entah kenapa gue malu banget kalo ketiduran lagi nyalon (takut kelepasan ngorok kayanya)

  7. aku terkekeh2 baca ini

    “Tahun kemaren gue kapok kebanyakan makan dengan azas “mumpung lagi di Jakarta”. Hasilnya dompet menipis badan menebal”

    namapun lapar mata ya bok, rasanya semua pengen ditelen.

    1. udah kebanyakan makan gitu pun tetep aja masih buanyaaaak yang belon sempet gue rasain, Nis. Yang iga penyet lah, yang sambel bu rudi lah, yang nasi udang lah…emang daftar makanan di Jakarta gak ada abisnya

  8. gue udah nggak pernah percaya lagi kata-kata di Indo lebih murah, hahahahahah. secara tiap mudik gue langsung tongpes!! belanja disana sama disini sama aja mahalnya. sama lah, gue juga suka pake jurus aji mumpung, jadinya kalap, hihihihihihihihi.

    kadang gue kelabakan sendiri kalo pulang indo. pulang cuma 4 hari, si A ngajak ketemu, si B juga, Si C juga, kalo gak ketemuan dimanyunin bilang sombong. Gustiiiiii…..

    1. Elu kan yang pulkam kalap sampe masuk UGD. HWOAHAHAHAHAHAHAHAHAHA. Semoga gak kejadian di gue ya Tuhan. Ngeri kali pun sakitnya food poisoning itu. Tapi makanan di pinggir2 jalan gitu kan emang yang paling enak yah.

      Iya ya…langsung berasa artes gitu kalo pulang kampung diajak ketemuan sana sini. Sampe bingung pun mau nolak (tsaaaah, sok ngetop). Apalagi kalo lebaran nanti, itu acara keluar ada berapa puluh…siap patah tulang deh gue

  9. Eh kapan balik Jakartaaaa ??? Huahahahah… gue setuju banget tuh, sama yg JANGAN KEBANYAKAN ACARA! Mendingan liburan ya dipake buat santai… mau temu kangen sama semua orang? Tar mulut keburu berbusa, yg ada kita sakit kecapean…

    And bener, ngapain ke Mangdu/ Ambass. I realized, di luar negeri, kalo lagi sale jatuhnya gak mahal, udah gitu kualitasnya lebih bagussss…. Palingan kalo buat elu mah, ke Thamrin City aja kali buat beli hijab yg gampang dipake, yg rada jarang di sono… Sisanya? Mending ke H&M hahahaha…

    1. Minggu depan aku sudah di ibu kota. Iiih, senangnya.

      Iya bok, gue pernah pulang kebanyakan acara sampe sama orang rumah aja jadi jarang ketemu. Balik ke Kerava lagi rasanya badan mau patah-patah, tiga minggu di Jakarta digeber terus. Gak mau kaya gitu lagi, malah jadi berasa gak liburan.

      Bener ya, pada setuju bebajuan di Jakarta gak bisa dibilang murah. Mending di sini aja trus kopernya disipain buat yang lain2 yg di sini gak ada kaya jilbab2an sama bumbu masak… oiya, sama ulekan juga, hwahahahahahaha

  10. ahahaha!! ternyata sama ya, liat postingan ini dan baca komen dari erlia. kl lagi di indo bawaannya mo ini itu, berasa punya duit sekarung, giliran mo pulang bingung bayar airport taxnya gimana. (ih drdulu sebel bgt sama apt tax, kalo ga ada kan duitnya bisa buat beli bakmi GM).
    Tapi satu yang mesti wajib buat gw kl mudik adalah ; PIJITAN!!…aaaah surga duniaa…

    1. Gue pernah loh sampe bandara gak punya uang lagi buat airport tax. Lupa pisan kalo di Soetta ada airport taxnya. Untung waktu itu ada temen yg nganterin jadi terpaksalah dipalak dulu (sampe sekarang blon gue ganti pula, hikhikhik)

      Dari kemaren2 tiap pulang selalu niat pijitan tapi gak jadi-jadi mulu. Soalnya belon pernah ke tempat pemijitan gitu, bingung gimana prosedurnya sih? malu kalo sendirian jadinya.

  11. Wakakak Rika, kamu lucu banget sih !
    Rasanya bisa deh buat novel model diary ngapain aja selama mudik, bisa laku pastinya, ngakak terusss !!! 😀

    Coba de knitting/crocheting, pasti berguna bgt buat di negara kulkas. Buat syal, baju Sami/Kai, topi, sarung tangan, dan mgkn bisa dijual! Kursus dr yutub jg ok, jgn hobikref, mahall…

    1. Udah pernah belajar knitting Susan. Dan gak berhasil. Gak paham mulu guenya. Tiap hari bilang ke gurunya “ini gimana mulainya saya lupa lagi”. Yang lain2 udah jadi satu kaos kaki atau satu topi gue masih aja nyelesaiin satu baris gak becus2.

      Katanya crocheting lebih gampang ya. Tinggal cari yg mau ngajarin murid ndablek kaya gue ini nih

  12. yooo saya setujuuuh
    ITC Skrng udah gak murah2 amat kok jeng, malah prefer sale yang berhamburan di yurop sana, soalnya kerasa banget wkt beli Esprit diskonan di NL bisa dapat harga 100rb dng koleksi yg masih baru, kalo disini 100rb cuma dpt tanktop Esprit model baheula

    1. iya, di sini kalo diskon emang lebih heboh daripada di Indo. Bener2 banting harga. Trus diskonya rutin pula setahun dua kali yg besar2an, udah dijadwalin buat nyetok baju.

      Paling beli di ITC satu dua aja yg unik2 dan susah ditemui.

  13. metariza · · Reply

    Gw setuju klo beli baju mah disana aja Ka, tapi klo jajan? gw ga setuju…gw masih setuju sama prinsip lo sebelumnya, “puas-puasin mumpung disini!” hahaha. Trus klo ketemuan sama temen-temen itu pasti bikin capek sih, apalagi bawa 2 anak…hoshh kebayang capenya.

    Yang paling penting itu nomer 7 ya bok! mudah-mudahan bisa terlaksana, hehe.
    btw klo lagi ke pasmod bilang2 yaa, siapa tau kita bisa nongkrong bareng di depan kios surabi notosuman barang 15 menit gitu, hihi.

    1. Udah gak muda lagi Metaaaaa…makan banyak artinya berat badan naik banyak juga. Abis itu setengah mati nuruninnya. Belon lagi masalah2 lain kalo kalap makan. Yg konstipasi lah, yg asam urat lah, atau yg standar sih…jadi ngantuk mulu, hahahahaha

      Ih, gue rajin banget loh ke pasmod. Beli lontong sayur uni elok sama kue gemblong pagi-pagi buat sarapan

  14. tiap taun kl mau mudik NIAT gue juga sama mulianya sama elo. tapi begitu nyampe jkt mah.. lupa semuanya!!!
    sekarang malah tambah parah, kenal banyak temen2 belon nyampe udah titip titip aje. yg ada duit udah abis, pdhal belom juga tiba di kampung halaman :))

    1. BWUAHAHAHAHAHA…si Fanny! Belon sampe Jakarta udah PO sana sini ya Fan. Gile nih emang, di Indo emang godaannya banyak bener.

      Ini perdana nih gue niatkan begini, soal terlaksana apa gak-nya sih liat nanti ya.

  15. Duh, gue yang baru ngantor ini kehilangan waktu tidur siang yang sangat berharga. Waktu cuti kemaren gue bisa tidur siang sama 2 anak krucil itu sampe 3 jam! Nikmatnya… Begitu ngantor gue ngantuk2 abis makan, sial.

    Bener tuh lo beli jilbab gih, di sana susah kali ya nyarinya? Kursus masak oke juga tuh, gue juga blom kesampean kursus masak. Kalo ke Surabaya bilang2 ya, kita nongkrong di depot2 makanan aja sambil ngobrol (dan tutup mata liat 4 anak cowo lari2an di depot).

    Eh cobain pijet di Bersih Sehat ato Cozy, enak lho. Gue sampe ketiduran (mudah2an a ngorok).

    1. HAH? Sampe 3 jam? Iri todemaks gue.
      Sami dan Kai tidurnya gak pernah barengan nih, Ty. Gimana sih caranya biar dua anak bisa tidur jam yg sama? Gue kan rindu tidur siang juga.

      Gue pernah dua kali dipijit Ty, bawaannya malah jadi stress karena sibuk banget nahan tidur. Biasalah, wanita banyak jaimnya.

      Lo puasa/lebaran ke Jakarta kan Ty? Kita bukber dong rame2. Mana nih Aini yang katanya mau jadi EO?

  16. Ih nama gue kenapa jadi ottyotty? Terlalu napsu pas ngetik kayaknya.

  17. Aduh Rika, setuju banget gue sama daftar lo ini. 150% deh. Ternyata setelah gue ke Tanah Abang kemaren, niatnya mau survey2 buat oleh2 dibawa pulang nanti dan sekalian liat2 baju2 buat beli sendiri dan anak suami.. gue pikir2 beli di amrik juga jatuhnya nggak lebih mahal banyak dan kualitasnya juga lebih okei sepertinya. Gue sempet ke beberapa departemen store dan pas liat harga bebajuan dkk eike terkaget2 sedikit, loh kok mirip ama harga belanja di Target atau Walmart sih? Atau consignment store?
    Urusan makanan gue sempet bbrp kali sakit perut gara2 sok sokan makan sambel super pedes (the only good thing to come out of it is berat badan gue turun haha). Kalap makan sempet beberapa hari pertama, tapi habis itu gue tahan2 dan makan makanan rumah aja, secara duitnya mau disimpen buat beli oleh oleh hahaha.
    RIk, I have a question ttg anak2.. si Kai kalo di Indo perilakunya berubah nggak? Baby Bubbles belakangan ini nakal banget dan susah dikendaliin, apa karena banyak yg ngangon disini apa gimana ya Rik? Makan juga agak2 susah. secara ini pertama kali bagi gue. I understand children take longer to adjust, but I wanna hear other moms experience too. Thanks a lot ya Rik, safe trip and hopefully I get to see you di Indo ya 🙂

    1. Kalo di Indo kayanya jarang banget gue melirik baju-baju di Dep store. Mahal-mahal amat harganya. Tak mampu aku. Jadinya mol memang sekedar tempat makan/nonton aja, belanja mah ke ITC.

      Soal makanan itu ya…emang sih jauh lebih murah daripada di sini, tapi kalo dijabanin tiap hari, belon lagi kalo sehari bisa dua-tiga kali, belon ditambah cemilan macem martabak, kue gemblong atau serabi notosuman….lama-lama ya tongpes juga. Hihhihihihihihi. Aaahhh…pulang kampung ke Jakarta bikin tabungan gue kandas deh. Dan Mikko selalu terheran-heran kenapa kita selalu jatuh miskin sehabis mudik, padahal kan harusnya Indonesia negara yang lebih “murah” daripada di sini.

      Si Kai juga sama kaya Baby Bubbles, Lan. Jadi bebas lepas hilang kendali gitu dimanjain sana sini. Belon lagi pola makan yg berubah saking seringnya dikasih makanan jajanan. yg tadinya sarapan oatmeal jadi bubur ayam. Yang suka makan roti gandum jadinya suka serabi. Udah kenal banget dia sama yang namanya jajanan, masakannya Oma malah gak laku.

  18. Merry · · Reply

    Rika, aku udah beli mesin jahit dan jahit gorden. Gampang pol.

    1. Jadi panas dingin deh nih…kompetitif. Tadi barusan aja liat ada kain gorden dijual 5 euro/meter. Besok liat lagi deh motif2nya.

      Tinggal jait lurus aja ya, Mer?

      1. Merry · · Reply

        Iya lurus aja. Disini ada yang kayak gelang gitu buat gantungan gorden namanya grommets. Jadi tinggal gunting bolongannya dan di cetekin aja langsung bisa digantung. Sebelum ke Indo, mendingan catet semua ukuran jendela. Denger-denger di Indo bisa pesen gorden plus bed cover satu set dan murah. Ngak jelas dimana tapi masnya bisa dipanggil ke rumah sambil bawa bahan-bahan contoh dan gambar-gambar. Ada yang bilang di Tanah Abang juga ada, jadi siap-siap aja bawa ukuran.

        1. Aku pernaaaah, ke cipadu, pusat grosir gorden. Emang jelas lebih murah daripada di sini sih tapi IMO, kalo soal kainnya, masih lebih cantik gorden2 sini. Di sini pattern-nya cantik dan lucu2 banget, jauh lebih beragam daripada di Indo. Kalo beli si mahal tapi kalo jait sendiri bisa lebih nekan biaya harusnya.

  19. haha, stuju ama erlia, jakarta itu ngga murah lagi. org biaya hidup gue di jakarta itu hampir 4x lipat dari di jerman. kecuali kalo mudiknya ke yogya sono baru bisa blanja murah

    1. Jakarta udah termasuk kota mahal ya. Apalagi kalo dalam rangka liburan yang jadinya emang lebih boros dari sehari-hari, gimana uang gak ngalir terus.

      Gak tau deh kalo menetap di sana. Bisa lebih murah dari Eropa gak ya? Tapi yg jelas biaya entertainment dan lifestyle di sana memang jauuuuuh lbh besar dari pada sini.

  20. widih.. sekalap itu ya kalo balik ke Indonesia? semangat Rik! semoga semuanya lancar, terutama nomer 7 :))

    btw temen pernah cerita, suaminya kalo balik ke Bandung bisa beli celana 15 biji, balik ke Jerman ngeluhnya ga punya celana. gubrak! aku kayanya kalo balik kalap makanan deh, pengen ini itu :))

    1. BWUAHAHAHAHAHAHAHAAAAAAAAA
      INI JUARA LUCUNYA! Gue sampe kejengkang bacanya. Kalap beli celana 15 biji, balik Jerman masih ngeluh gak punya celana. OMG, kayanya gue pun begini deh.

      Kalo kalap makanan sih……UDAH PASTI!

  21. Gara2 beberapa kali nemenin si bubu belanja waktu dia ke Indo, trus bandingin harganya sama di Swedia.. bisa gw simpulkan kalo harganya sama2 aja.. malah mendingan di sini bok.. kalo lagi diskon bisa lumayan dapet barangnya..

    Gw belom pernah pulkam, makanya belom tapi nih sensasinya kayak apa.. Tapi pasti bakalan pengen banget spa/pijet/crimbath/teman2nya yang sejenis deh.. Oh.. sama KARAOKE.. nyahahaha.. gw kangen banget ke karaokean.. 😛

    1. Di sini udah mulai summer sale Be. Gue jadi dilema nih ga mau pulang karena berarti ketinggalan sale gede2an. Lha pan mumpung sale harus nyetok baju buat tahun depan.

      Ohh….Karaokeeeeeeeee….udah lama banget gak karaokean gila bareng temen2. Pernah karaokean di Swedia? Dulu waktu di Jerman pernah beberapa kali diajak karaokean, tyt karaokenya di sana (di Finland juga deh) di panggung terbuka di resto/bar gitu. Yg mau nyanyi naik ke panggung ditonton sejuta umat. Ebuseet, mana gue berani

  22. hahhaha.. kayaknya aku mesti ikutan bikin manajemen mudik nih.. soalnya sering banget tekor dan tepar tiap kali mudik 0,0a padahal masih sama-sama di Indonesah.. tapi tiap kali mudik bawaannya mesti kalap

    1. iyaaaa….tiap mudik dompet seperti keran bocor gitu ya. Uangnya mengaliiir terus tak terkendali. Padahal kan mikirnya kalo mudik harusnya lebih murah karena akomodasi toh nebeng sama ortu.

Leave a Reply

