bukan hari paling berbahagia

Entah apa asal-usulnya, tau-tau aja beberapa hari yang lalu Mikko bilang ke gue

“Sayang, you know how it is when people say that when their kids were born, it was the happiest day of their life. Well,…it’s not for me”

“Oh ya? Kenapa?”

“Iyaaa…when Kai was born they needed to rush him to the emergency room and put the oxygen mask on him. We were worried about his blood sugar level even for days after that”

“And when Sami was born you have all those problems with the bleeding and shaking. I was worried sick about you. Aku stress banget sayang”

“Oh yaaaa? Kasian suami….Well,…I guess they were not my happiest days also, more like…hmm..hari yang paling capek, deh. All I can think about was sleep”

Mungkin memang beda-beda ya pengalaman tiap orang, hari kelahiran Kai dan Sami bukan hari penuh pelangi warna warni buat kami. Perasaan stress, capek dan khawatir malah lebih dominan di hari itu.

But I guess it’s ok. Satu hari itu bukan penentu untuk hari-hari berikutnya. Karena setelah hari tersebut terlewati, perasaan bahagia memiliki Sami dan Kai selalu hadir di setiap hari, setiap jam, menit dan detik dalam hidup kami.

Gak boong, tetep ada juga stress, khawatir, sebel, marah, gemes, dan capeknya….tapi secape apapun gue, sebagaimanapun kesabaran gue diuji, gue selalu bersyukur dan bersyukur dan bersyukur di setiap helaan nafas kedua anak tercinta.

12 comments

  1. hmmmm, begitu ya Rik?
    pengin juga kapan-kapan merasakan (Bukan) Hari Paling Bahagia itu… hehehe…
    *day dreaming*

    1. Amiiiin….didoakan buat emy dari Kerava

  2. Sama!! *hi-5*

    Memiliki anak2 gw adalah hal yang sangat membahagiakan dan gw syukuri. Mereka lah nafas gw.

    Tapi hari kelahiran mereka dan 2 minggu sesudahnya adalah hari2 penuh tangis cemas, stress dan rasa lelah karena anak2 gw pny hyper-bilirubin jd pasti dirawat di nicu.

    1. Aaahh iyaaaa….lo pun pasti meresakan cemasnya pas anak di bawa ke NICU ya, La. Susah mau bahagia kalo lagi kaya gitu

  3. Setuju!
    Waktu Baby Bubbles lahir juga bukan hari yg plg bahagia buat gue Rik. keknya waktu itu perasaan gue lebih campuraduk deh. Ya khawatir (am I going to be good at this whole mommying thing, am I gonna make enough breastmilk,etc).capek (diinduksi 11 jam), laper (ga makan selama 22 jam sampai dia lahir). Wkt itu jg belon punya rumah sendiri, msh ngontrak, jadi selalu ada kekhawatiran soal rumah juga.

    Tp spt yg lo bilang, kebahagiaannya menyusul di hari2 sesudahnya. keknya kalo org bilang “happiness is a definite moment” , I respectfully disagree. Kebanyakan buat gue, happiness itu dirasakan tanpa gue sadari. Dalam hal2 yg dijalani setiap hari. Sampe sekarang aja klo liatin anak gue udh gede, bisa ngomong, gue seneng & masih ga percaya, wah I have a kid now and he’s so big, you know.

    So maybe for us, it’s more like “the happiest DAYS of my life are the days after my child was born.” And you’re so right, it is ok. Because one day shouldn’t be the only determinant of how you feel toward something. Sometimes we need time, and it’s perfectly fine.

    1. Bener banget nih. I have not just one happiest day. I have lots and lots of happiest days and moments with my kids.
      Dan sama seperti lo bilang, happiness itu dirasakan tanpa disadari. Kebanyakan sih tiap hari gue jalanin aja hari2 dimana gue sibuk multitasking masak, ngepel, ganti popok, ngasih makan anak dll. Banyak ngeluhnya juga malah….tp kalo gue diem dan mikir sebentar baru deh gue sadar…tiap nafas anak2 gue itu sebenernya sumber kebahagian gue.

      Well, mungkin gue nulis ini karena ehmm….kadang suka merasa bersalah aja kalo gak ikut mainstream spt itu (nangis bahagia pas anak lahir, ngerasa cakep, glowing dan seksi pas hamil (because i didnt), langsung bond sama anak sedetik setelah anaknya lahir, dll) padahal mah kalo gak mainstream gpp juga ya. Tiap orang toh pny pengalaman sendiri yg (harusnya) gak berarti lbh baik/buruk. Cuma bebeda aja. Titik.

  4. Kalo gue sih selalu penasaran sama orang yang bisa nangis2 bahagia pas melahirkan, udah gue jajal 2x kagak keluar sama sekali tuh air mata bahagia! Gue cuma senyum trus ngomong “alhamdulillah” begitu bayinya lahir.

    Tapi bener yang lo bilang, itu bukan penentu hari2 selanjutnya. Walopun badan ini suka kayak mau remuk ngurusin 2 anak (kebayang elo yang yang pake ART) tetep aja hati ini selalu damai ngeliatin wajah2 lucu mereka.

    1. udah gue jajal 2x kagak keluar sama sekali tuh air mata bahagia!

      Ottyyyyy….gue kok malah ketawa baca komen lo ini. Gue pun sama ty, gak keluar juga air mata bahagianya. Apakah artinya kita harus nyoba sekali lagi, Ty?

      Apalagi kalo ngeliatin anak tidur ya, Ty…indah banget dunia ngeliat muka innocent mereka yg lagi tidur (padahal mah Kai kalo tidur ngangap tapi tetep indah banget buat gue)

  5. Ternyata begitu toh rasanya.. Sama kayak Emy.. jadi ga sabar nungguin saat2 bukan hari paling berbahagia itu.. hihihihi

    1. Didoakeun dari sini

  6. pepipepo · · Reply

    Gue rasa yang paling penting itu saat ngeliat anak anak tumbuh sehat, otomatis sebagai emak pasti bahagia jadi ga adil kalo bahagia cuma dinilai dari satu hari. Gue ngeliat cinta lo buat kai & sami pun gue tau kalo lo bahagia, Rik 🙂

    1. Aaah, jadi terharu baca komennya

Leave a Reply

