finlandia yang tiba-tiba terasa ramai

Menjelang natal begini segala pusat perbelanjaan penuhnya gila-gilaan banget. Beneran rasanya semua orang tumpah ruah di mol atau supermarket sampe bikin gue pusing. Apalagi kalo jalannya bertigaan sama Kai dan Sami, ampun dijeeee…repooot bener.  Tangan kiri dorong stroller, tangan kanan pegang keranjang, Sami nangis kepanasan, Kai lari-larian nubruk sana sini. Hancurkan dunia!!!!

Macam tadi waktu ke Prisma, supermarket di Kerava sini, itu gedung isinya trolley belanjaan semua. Dan di supermarket kan gak ada rambu lalu lintas, buset deeeeehh…tubruk-tubrukan, senggol-senggolan trolleynya. Dan Kai seperti biasa lari-lari sampe ilang dari padangan gue. Sutrisno aku.

Ini baru standar Finlandia loh, Kerava pula, yang penduduknya cuma segelintir. Tapi kalo dibandingkan hari-hari biasa dimana keadaannya hampir selalu sepi damai sentosa, keramaian akhir tahun begini terasa drastis banget. Gue yang asli Jakarta aja sampe semaput liatnya. Gak kebayang suasana Natal di New York atau London misalnya….set daaaaaahh..pasti lebih parah lagi. Ataaaaauuu….suasana Metro Big Sale di Jakarta….JRENG JRENG JRENG JRENG….tiarap aja deh gue.

Sepertinya bener kata Rifi, kelamaan tinggal di kota sepi bikin gue jadi gagap sama keramaian.

Sekarang gue ngerti sih kenapa Mikko, dan banyak bule-bule lainnya, gak sabaran banget kalo disuruh ngantri, suka males ke tempat-tempat rame, dan langsung darah tinggi ngadepin macet, lha seumur hidupnya tinggal di tempat yang anteng tenang sentosa begini loh (kecuali menjelang Natal). Begitu dicemplungin ke mall Jakarta, malam minggu pula, langsuuunng maliiih…gegar budaya.

Kata Mikko orang Finlandia itu suka tempat-tempat tenang dan gak banyak orang. Kalo liburan maunya pun ke tempat yang gak padat oleh turis. Macam doi gitu lah, kalo liburan maunya kok ke Papua, Halmahera, atau Tomohon? Bali dong meeen! Baliiiiiiiii!!! (istri yang ngarep dot com)

Beda banget sama mental gue yang anak Jakarta, begitu tau ada keramaian langsung kaki seribu tancap gas menuju TKP. Milih tempat makan berdasarkan antriannya, makin panjang makin enak, makin rame makin gue harus ke sana.

Tapi itu dulu siiiiihhhh….sekarang sihh….jiwa tetep mainstream tapi fisik udah ndeso. Gak bisa lagi diajak berdesak-desakan nerobos keramain, apalagi kalo diajak ngantri berjam-jam…bisa meletus otak gue pastinya. Kagak ada cerita dah gue mau antri-antri buat premiere film kondang atau  bermacet ria demi makan di lokasi ujung berung. Makanya kemaren pas mudik kegiatan gue ya cuma seputaran BSDong lagi BSDong lagi. Bebas macet, bebas keramaian. Aku cinta BSD.

21 comments

  1. kalo bule LA kayaknya sama kayak kita orang indo. udah biasa banget ama macet2, rame2, ngantri2.. hahahaha

    1. oh, LA pake macet2an juga ya? Gue kira NY doang yang pake macet.
      Di Helsinki ada juga sih macet, tp sedikit doang di jam-jam sibuk…itu pun temen gue ngeluhnya udah panjang lebar banget. Suruh nyetir Jakarta mati berdiri pasti doi.

  2. istrinyabayu · · Reply

    Tiba-tiba hidupku terasa begitu damai di Rogers
    ..
    ..
    ..
    mungkin akhirnya ditakdirkan jd gadis ndeso :))

    1. Gimana kemaren di Jakarta? Ngerasain macet gak? Pusing gak nyari parkir kalo ke mol pas wiken?

  3. istrinyabayu · · Reply

    Ngerasain macet? Hedehhh…baru keluar kompleks aja udah macica. Senewen juga yah.

    Ga dong, kan pake supir ato naek taksi. Hahahahaha

  4. Huahahaha… suamiku banget dah.. ga tahan ngantri, ga tahan macet, dkk.. Baru ngantri 5 menit udah misuh2.. bikin aku esmosi kadang2

    1. ihh bener banget, be, kita pun kadang jadi esmosi liat orang yg ga sabaran gitu. Mikko banget nih….semua maunya cepet, buru2 sementara aku (dulunya, gak tau sekarang) rela ngantri demi makanan enak atau barang bagus

  5. nuky jaya · · Reply

    di BSD ada bebek kaleyo, ada bebek slamet, slurpsssss….
    Metro disini gak rame2 amat kok jeng menjelang Natal, kayaknya orang JKT udah pd mudik ke Bandung or ke Jawa, jadi JKT lengang

    1. Eh, warga BSD juga kah?
      Rumah gue, eh….rumah ortu deng, deket tuh sama bebek Kaleyo. Suka bingung deh tiap lewat situ pasti penuuuh terus parkirannya. Akhirnya nyoba sekali dan gue gak suka…yah, emang karena gue ga suka bebek sih, bukan salah si Kaleyo.

      Di Jakarta kebalik ya, menjelang lebaran atau natal malah sepi karena pada mudik. Tapi kalo inget suasana cari meja kosong menjelang buka puasa…..alamaaaaakkk, makan berdiri aja deh!

  6. Aduh, sohib BSD-ku.. Apa-apa yang ada di BSD emang menentramkan hati ya.. Panas-panas jalan di Taman Kota berasa lagi di Central Park NY, amis-amis beli ikan di Pasmod berasa lagi lari-lari kecil di pantai Kuta.. Ini BSD apa surga mini sih! *mulai levhay*

    Tapi tanggepan Mikko terhadap BSD gimana? Butuh bimbingan kah agar cinta juga?

    1. Betul beneeeer, Mikko ini masih banyak butuh bimbingan dan inspirasi, bawaannya mau ngajak gue hidup di pedusunan mulu. Lha masak sih katanya bosen di BSD, gak ada apa2, kurang otentik. Padahal mah serabi notosuman di PasMod kurang otentik apa cobaaaaaaaaaaa?????

  7. Aaaahhh… aku tidak percaya kalau dirimu tidak bisa jadi cewek metropolitan lagi. Once jadi wece kota, selalu jadi wece kota.

    Gw pernah hidup ndeso pas pertama sampe di Amrik krn kota kampus gw jumlah penduduknya cuma 30-ribuan dan 80 persen warganya klo ga mahasiswa ya ngantornya di univ gw itu lah. Pas liburan gw samperin kota2 gede, berasa.. iiih rame bgt..enakan hidup di desa gw yg dikelilingi ladang gandum. Trus gw pindah ke NYC, aaaah.. kemampuan gw utk nyebrang jalan memotong lalulintas ramai ketika traffic light masih hijau dan mobil2 itu lg pada ngebut, balik seketika dan gw tetap jagoan cespleng jaywalking 😀

    Sebulan merasa damai di Aceh… 2 bulan, gw udh menghambur ke Jakarta kangen sushi tei. Kalo gw sebenernya sih kalo pas lg tinggal di kota besar, kangen sama sepinya pantai di Sumba, tapi kalau lagi terdampar di Gorontalo, gw kangen sama hingar bingar Jakarta tercintah.

    1. Heheheheheh, kamyu tau aja deeeeeh.

      Gue pun curiganya begitu. Sekarang ini gue males banget sama yang namanya keramaian, macet dan ngantri, tapi coba kalo ditaro di Jakarta 2-3 bulan, pasti lama-lama balik juga. Yang bkn recovery gue lama tuh karena gue tinggal di BSD yang zaauuhh dari menong-menong sementara mobil dipake sama yang kerja-kerja, jadilah gue ngendon di seputaran BSD doang. Untung BSD segala aya.

      Biarpun gue males sama macetnya Jakarta tapi aselinya sirik berat baca TL twitter orang2 yg ngomongin tempat2 hype di Zekardah. Ngantri makan di sushi tei lah, berkunjung ke brightspot market lah, nonton Timnas di Senayan lah….seru gila cing!

  8. LOL. Gue cuma pindahan jakarta ke jogja aja udah mumet klo macet2. Di jogja pula sengaja cari rumah yg suburb dikit biar kerasa adem dan jauh dari hingar bingar. Tapi namanya anak jakarta yaaaaa, masih sering keluar kelakukan nyetir selap selip, ga kaya orang jogja yg nyetir dgn 40km/jam santai nunggu lampu merah. Weits, asal plat mobil msh B, jd justifikasi deh buat berkelakuan begitu hihi. Tapi gue tetep stress macet klo di jakarta, semanggi – senen di suatu malam bisa 1 jam sendiri. Klo tinggal dan kerja di kota besar ga bisa liat anak kita tumbuh kembang kayake Rik, pulang pergi kantor dari langit gelap jadi gelap lagi seh.

    1. Eh, katanya Jogja pun ada macetnya juga ya, terutama di seputaran Malioboro situ tuh. Tu jalan emang ramenya ajegile yaaaaaa…kalo jalan ke sana gue gak berani bawa anak kayanya, takut ilang.

      Gue suka sedih memang liat temen gue yang ketemu anaknya paling sejam-dua jam sehari, malah kadang cuma ketemu di tempat tidur karena pergi kerja anak masih pules, pulang kerja anak udah pules lagi. Yah gitu deh hidup di Jakarta, kalo gak punya ladang duit mana mampu beli rumah tengah kota, milih tinggal di suburb tapi ke kantor minimal 2 jam aja di perjalanan. Berat banget ya.

      Penuh kontradiksi bgt emang Jakarta in, banyak gak enaknya tapi entah kenapa juga selalu bikin kangen.

  9. 6bulan jadi warga BSD aja udah bikin toleransi gw sama macet bener2 minus ka…klo dulu masih tinggal di Jakarta gw sih pasrah nerima macet, pipis sebelum naik mobil, sediain cemilan&minuman di mobil, batre hp full etc.. Sekarang? Klo mau ke jakarta musti susun strategi lewat mana dan jam berapa berangkat dan pulangnya spy pas gak TERLALU macet (karena klo macet itu PASTI). Laki gw lebih parah, dia udah 9bl kerja di tengah hutan yang gak ketemu macet samsek, balik kesini nyetir di BSD…sekalinya ke Jakarta ketemu macet yaampun galaknyaaa, spanneng doiihh. Gw cuma bilang “bak kacang lupa kulitnya, wong dari piyik tinggal di jakarta jugak”

    Tapi emang iya yah, BSD kaya mini heaven nomer dua setelah bandung buat gw. Klo nyetir di jalan depan Al Azhar berasa gak di indonesiah deh, hihi

    Btw gw punya serabi notosuman sisa beli tadi pagi nih ka, mau?

    1. Hwuahahahahahhahahha….sementara gue selalu sebel sama Mikko yang tiap saat bilang kalo BSD itu Tangeran, bukan Jakarta. Gimana dong yaaaa…mental anak kota gini kan gue, gak terima banget rasanya kalo KTP udah bukan Jakarta Raya lagi.
      Alhamdulillah selama liburan ke Jakarta belon pernah dapet macet yang galak banget, emang sengaja sih kalo mau pergi pasang strateghi biar kena jam2 yang (agak) lancar, tapi kalo cari parkir…..wuaduuuuuhhhhh…malem minggu ke PIM, astagaaaaaaaah Metaaaaaaaaaaa….itu cari parkirnya udah dapet BSD-Pondok Indah bolak balik kaliiiiiiiii.

      Si serabi notosuman itu sesuatu banget ya, Met. Nyokap gue bolak balik loh nyuruh gue nyicipin tapi gue cuekin aja, serabi doang gitu loh, pikir gue. Sekalinya kenaaaaa…pas pula yang masih fresh panas2….I’m hooked! Itu serabi apa buah khuldi sih? Kok menggoda sekali

      1. Emangg najyis banget nyari parkir di pim. Tp gw udah nemu solusi yang jiti ka. Klo masuk pim gw minta Nara berdoa sama Allah supaya gw bisa langsung dapet parkir, yang deket pintu masuk pula *prinsip gw klo minta jangan tanggung2* dan mengingat anak kecil itu belum ada dosanya, jadi doanya (selama ini yaa) SELALU dikabulka ! Yay… Jadi nanti jangan lupa ajarin Kai berdoa minta parkiran begitu masuk pim okeh!

        Btw sama bangettt…dulu gw gak mauuuu ditawarin serabi itu, soalnya serabi yang gw tau adalah yang pake kuah. Itu sih gw doyan banget nget nget, makanya yang ini menurut gw gak asik. Eh tapi suatu hari gw dipaksaaa dijejelin sama Pandu, abis itu ternganga…minta lagiiiii!!! Hahaha enddyessss ya nek!

        1. Haaaaaah? Beneran itu?
          Aduuuuuhhhhh…..jadi pengen nitip doa ke Nara.
          Naraaaaa…..doain ada tiket pesawat banting harga ke Indonesia dong. Business class tapi harga angkot, yah.

          Sama Metaaaaaaa…..gue sukanya serabi pake kuah itu. Dulu pas ke Solo disuguhi lah serabi Solo ini. Heh? Gak pake kuah? Hambar deh kakaaaaak.
          Tapi si Notosuman ini bedaaaaa. Dialah juaranya.

  10. Rikaaa…kunjungan balik dari Leony! Wahhh… Aku baca ke belakang dikit soal kisah cinta bersama Mikko. Prikitiew banget deh hahahaha…

    Gimana di Finland betah gak? Aku ada 1 teman juga di sana loh, tapi gak di Helsinkinya. Btw, betah gak anak kamu dibawa ke Indonesia? Ngeluh debuan n panas kah di Jkt? Hahaha 🙂

    1. Ehh…ehh…siapa temennya? Kali2 kenal. Tiap ada acara macam lebaran/natal/17 agustusan warga Indonesia dr berbagai kota kan pada ngumpul di KBRI.

      Waktu ke Jakarta Kai baru 1 tahun, belon bisa ngeluh dan enjoy2 aja selama di sana. Seneng banget doi soalnya di Jakarta kan byk yg ajak main dan ngasih makanan. Dan paling girang kalo di ajak naik angkot keliling BSD

Leave a Reply

