seperti ibuku

Sepertinya bener kata orang yang bilang anak perempuan kalo udah dewasa bakal mirip sama ibunya, khususnya dalam hal sifat dan tingkah laku. Makin gak kepingin makin mirip sejadi-jadinya si anak dan si ibu.

Dulu waktu masih kecil gue sebeeel banget sama nyokap yang kasih komando beresin rumah setiap mau ada tamu. Pokonya rumah harus cling sampe ke kamar-kamarnya. Emang tamunya bakal masuk ke kamar? Ya, siap-siap aja. “Kenapa sih mah harus repot-repot? Emang tamunya peduli apah?” Mama malu kalo rumah berantakan. Mau taro dimana muka mama nanti? Begitu pasti jawab nyokap gue.

Iiiih, asli deh dulu itu gue sampe bersumpah-sumpah gak mau kaya nyokap gue yang suka jaim dan panikan itu. Gue mah mau santai ajaaa. Selowwww. Anak-anak gue nanti hepi gak banyak diperintah-perintah.

Et dah borokokok.

Sejak tinggal pisah dari orang tua ternyata gue berubah jadi nyokap gue. Apalagi sejak kawin yah, plus tambahan buntut dua bijik yang bikin rumah gue kaya bantar gebang. Berantakan dijeeeeeeee.

Jadi setiap kali nerima kabar ada yang mau dateng gue langsung kebakaran jenggot. Yang tadinya selow selow santai tiba-tiba jadi enerjik sekaligus retorik. Pastinya suami dikasih perintah ini itu. Yang buang sampah lah, yang cuci piring lah, yang ngecet tembok lah (ehh…gak ini mah), pokonya bikin kesel si suami yang maunya santai-santai di sofa sambil internetan. “Kenapa sih harus repot beres-beres? Tamunya juga gak bakal peduli lagi” kata Mikko berulang kali. ‘HAAA?? Mau taro dimana mukaku kalo rumah berantakan begini?”

Percis kaya jawaban nyokap dulu. Percis cis cis cis!!!!

Hari ini kejadian lagi nih kerja bakti nyapu rumah, ngepel, ngelap-ngelap meja dan tak lupa berkarya di dapur bikin risol. Eeeeeeehhh…taunya si tamu gak jadi datang.

Wak waawwwwwwww

Jebakan betmen

Yah gak papa deh,…toh gue tetep seneng rumah bersih dan rapih begini. Sekarang tinggal santai-santai sambil makan risol.

Untungnya sih gue gak separah nyokap yang kalo nginep ke hotel tiap bangun tidur harus rapi-rapi dulu “malu mama kalo ketauan kita berantakan”

Oke deh mama…..

……tapi tetep ya mah ke hotelnya bawa rice cooker :p

Advertisements

20 comments

  1. huakakakkakakakakak…

    ituh namanya KAAAARRRR……MA!

    1. mandi kembang tujuh rupa

  2. hahahhaa
    tapi bener lho… kita baru bisa memahami dan memaklumi kenapa ortu kita itu dulu kok gini gitu tuh setelah kita sendiri jadi ortu! iya gak? 😀

    1. bener banget, man!

      jadi sering nyebut sekarang “panteeeeeeessssss dulu si mamah begini begitu”
      langsung pengen sungkem rasanya

  3. This is so my hubby !!
    Kebalikan yah kita.
    Suami tiap mau ada tamu jd sigap beberes, alhasil, banyak brg yg pindah tempat…
    I hate it…
    Ga berantakan, cm byk brg terlihat krn minim space nyembunyiinnya-spt lemari berlaci byk yg didlm dinding… Mau satu yg gede…
    Kalau nginep hotel jg gt, kt mau cek out, hubby balikin kasurnya (yg kt turunin), seprai, selimut n handuk. Pokoknya ke posisi awal meski ga serapi awal.
    *Istri malas*

    1. Ya ampuuuuuun…terharu ada cowo suka beberes.

      Mikko juga sering sebel sih kalo gue abis beres2 barangnya dia mencar kemana2. Namanya pun lagi panik ya, mana sempet mikir ini taro mana itu taro mana. Asal lempar aja.

      Kalo keluar hotel kamar guepun pasti berantakannya ajegile banget lah. Terus terang malu jgua sedikit, tapi ogah banget gue beresinnya.

  4. wakakakak kirain yg nginep hotel bawa rice cooker cuma mertua eike doang, ternyataaaaa mertua eike ada temennya

    1. Banyak loh ternyata cyiiiiiiin. Temen2 gue yg masih muda juga suka kok. Cowo2 malah. Soalnya menurut mereka haram banget makan KFC gak pake NASI!!!!!!

  5. Hihihihi… Ibuku (plus Bapakku) juga gitu loh… Kalo ada sodara or temennya mo dateng subhanallah, tegangnya tuh udah mulai hari sebelumnya. Semua-semuanya di beresin, printilan-printilan dilempar ke gudang. Nanti kalo tamunya pulang, pintu gudangnya dibuka isinya mleduk keluar hahahahah.. Sukurnya sekarang mereka udah nyantai, nggak heboh kaya dulu-dulu. 😀

    1. HWAUAHUAHUAHUAHHAU…sampe tegang segala ya, Chik.
      Gue malah kepengeeeeeeen banget punya gudang, untuk alasan yang sama kaya nyokap bokap lo. Dulu waktu anak gue masih tidur bareng2, kamarnya dijadiin gudang, jadi kalo lagi beres2 tinggal lempar aja barang2 ke kamar dia. Tiap ada tamu dateng gak boleh banget tu kamar di buka. Maluuuuu.

    2. #nyamber
      ahahahhaa, ini bener juga Chit. kadang kalau lagi panik gitu, semua dimasukin satu tempat ga karu-karuan. ahahahaha.

      Jadi, moral of the storynya, jangan langsung takjub ya Bo ngelihat rumah orang bersih, rapi jali. Jangan-jangan itu cuma proyek “Roro Jongrang” Beres cuma malem atau hari itu doang. Besoknya? ga janji yaaa. Buahahahaha

      1. Hwahahahahha. Proyek Roro Jonggrang. Rumahku sekarang ya kaya gitu, bersih2nya ala roro jonggrang terus

  6. nyokap gw lg liburan pun menyempatkan masak lengkap dan kudu cuci baju tiap hari. Untuuunngg gw beda bgt sama nyokap gw.
    Bedanya nyokap gw malah ga serapih gw sama barang2, gw dpt instinct beberes justru dari bokap.

    Gw dateng sejam lg. Buruan berkarya bitterbalen yaw.

    1. ih emak gue jugaaaaaa…kalo mau liburan rendang berkilo2 pasti udah siap sedia. Pulang liburan malah mabok rendang. Jarang banget ngerasain makan2 di luar. Mahal bok soalnya.

  7. Ahahhaa, i feel you. Ih emak gue banget ituh yang kalo ke hotel mesti ya itu tempat tidur jangan sampe lecek2 banget. Malu kalo ketauan berantakan hihii. Ternyata ya, emak gue gak sendirian :p

    1. Ya ampuuuun, ada juga lainnya yang kaya emak gue. Padahal mah esensinya nginep di hotel kan biar gak usah beberes. Pegimana sih emak-emak kita ini.

  8. edun..bikin risol! bagi gw itu makanan paling rempong sedunia, pnh nekat bikin 1x dan janji ga akan pnh bikin lagi hihihi..

    glek, ibuku pun spt ibumuuu! a total cleanfreak! aku sedang berusaha keras untuk tidak sepert itu.. *menahan diri ga nyamber lap* :))

    1. Repot banget, Leeeeei. Tangan berasa keplintir gak sih abis bikin risol?
      Tapi ilmu perkuehan gue gak banyak-banyak amat, andalan ya cuma si risol ini. Maklumlah, gue ini kan jaim sekaligus narsis, jadi rela merepotkan diri dengan harapan tamunya terkagum-kagum, bwahahahahhahahaha. Ternyata gak dateng doi…..naseb naseeeeeeb

  9. Ahhh Rikaaa…. nyokap lo sama banget sama nyokap gw!
    Kalau ada tamu dateng atau ada arisan. Kita semua ikut2an dibikin panik suruh beresin rumah, termasuk kamar sendiriii! Pas gw tanya, “Kenapa kamarku ikut2an harus diberesin?” Dia jawabnya: “Siapa tahu aja ada yang mau numpang sholat” Errr.

    Tapiii curangnyaaa, kalau giliran gw ada acara. Trus di bawah rada berantakan gara2 barang2 nyokap, dia ga mau gw ajak beresin. Kata doi “Loh, kan temen2 emy mainnya di atas.” Curang memang. Doi cuma mentingin kesan dari tamu-tamunya -___- nyehhh.

    1. Ih persiiiiiiissss…persiiiiiiiisssss….dulu nyokap jawabnya juga sama. Kalo ada yg mau sholat ya ke kamar gue. Padahal kan kita2 remaja nan belia gitu sebel amat yak kalo kamar di invasi sama orang lain. Apalagi di tengah2 sesi teleponan sama cem-ceman.
      Apalagi kalo udah acara keluarga…buseeeedd, yang punya rumah kagak punya tempat istirahat karena semua kamar dipake sama tamunya. Trus pas tamunya pulang, balik lagi deh ke acara beres2. Iiiihhh….pokonya acara2 nerima tamu di rumah itu bikin gue setreeeees

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: