Istanbul-Muenchen-Prag-Singapore-Kei Islands-Jakarta (7)

Pastinya kisah gue dan Mikko belum berakhir di Kei Islands, masih ada kisah di Jakarta seperti judul cerbung gadungan gue ini.

Singkat aja, gue kembali ke Jakarta sehari setelah di lamar Mikko. Tunangan gue (ehemmm), aka Mikko, memutuskan untuk membatalkan perjalanannya keliling Maluku dan ikut gue ke Jakarta. Namanya juga pasangan baru pastinya dong pengen berduaan terus.

Seminggu di Jakarta Mikko main ke rumah gue setiap hari, setor muka ke bokap nyokap syukur-syukur bisa sok akrab ngobrol-ngobrol, kan ceritanya mau ngelamar. Tadinya gue kepengen Mikko langsung aja gitu to the point ngomong ke ortu kalo dia mau ngelamar gue (sementara gue ngumpet di kamar….takut soalnya), tapi atas saran temen-temen akhirnya gue duluan yang ngomong ke ortu tentang niat Mikko tersebut. Sebagai pembuka jalan, begitu kalo kata temen-temen gue.

Setelah sempat tertunda selama dua hari gue pun meyiapkan diri untuk ngomong ke bokap nyokap di suatu pagi di hari Rabu. Malemnya gue gak bisa tidur sama sekali saking deg-degannya. Pagi-pagi waktu rumah udah mulai sibuk gue pun keluar kamar dan duduk di  meja makan. Bokap lagi baca koran sambil pake kaos kaki sementara nyokap lagi beresin bekas sarapan di meja.

Duhh…gimana mulainya ini ya? Asli gue salting berat.

Udahlah…..ngomong aja langsung gak usah basa basi

BRUKKKK! Sambil mukul meja gue nyerocos “Pah, Mikko mau ngelamar Ika. Boleh gak?”

Kaos kaki bokap berhenti di udara, piring di tangan nyokap hampir terjatuh, entah karena omongan gue ataukah karena gue kelepasan banting meja.

“Ika mau gak? Suka gak sama dia?”

“Ya suka, makanya mau minta ijin mama papa”

“Yaaa…. Ya udah kalo gitu….kalo papa sih asalkan Ika seneng aja”

“Umurnya berapa dia, Ka?” tanya nyokap

“25”

“Ya ampun mudanya. Dia tau gak umur Ika berapa? Dia tau gak Ika udah tua”

“Ya taulah Ma. Masa dibohongin siiiiih”

*facepalm*

Sebenernya udah direncanakan Mikko mau datang hari Sabtu malam dan ngomong langsung secara lebih formal ke nyokap bokap. Tapi Mikko gak tahan nahan deg-degan selama itu jadinya mau dituntaskan saja di hari yang sama. Malam itu juga Mikko nyamperin bokap yang lagi baca koran di ruang makan

“Maaf bapak, saya mau bicara sedikit tentang Rika, boleh?”

Gue saltingnya setengah mati waktu itu, rasanya pengen angkat kaki jauh-jauh.

Mikko pun cerita tentang rencananya ke bokap nyokap.  Mau ke Leiden kuliah, Januari dateng lagi buat nikah, setelah itu katanya dia pengen gue ikut juga ke Leiden nemenin dia kuliah.

“Kebetulan saya dan Rika bertemu pertama kali di bulan Januari. Jadi memang pas kalo kami bisa menikah bulan Januari juga, saat itu tepat 5 tahun saya sudah kenal Rika”

Uuuhh…terharu deh dengernya.

Gak lama setelah itu gue balik ke Singapur, menyelesaikan sisa masa pengabdian gue di kantor. Mikko masih jalan-jalan ke Jawa Tengah tapi seminggu kemudian menyusul gue ke Singapur. Kangen-kangenan sebelum nanti dia harus kembali ke Finlandia.

8 Agustus 2008 Olimpiade Beijing di mulai, hari itu juga gue resmi berhenti kerja. Selesai kerja udah ada Mikko menunggu di depan kantor dengan seikat besar bunga mawar. Congrats for your last day at work, katanya.

13 Agustus 2008 Mikko terbang balik ke Finlandia dan akhir Agustus dia udah mulai orientasi di Uni Leiden.

1 September gue cabut dari Singapur dan kembali pulang ke Petukangan. Jadi pengangguran yang kerjanya makan, tidur, makan, tidur, sambil sekali-sekali ngurusin kawinan. Rencana cari kerja dibatalkan, kan mau kawiiiiiin. Setelah dipikir-pikir kayanya mustahil banget gue kerja cuma beberapa bulan trus cabut ke Belanda ikut Mikko. Bikin repot employernya aja nanti.

28 Desember 2008, seminggu sebelum hari besar kami,  Mikko dan keluarganya mendarat di Soekarno-Hatta.

Dan 4 Januari 2009 digelarlah acara terpenting di abad ini (GUBRAAAKK): pernikahan Rika dan Mikko.

Sungguh keju dan jagung sekali (cheesy dan corny maksudnya) backsound musiknya. Biarpun lagunya oh-so-boysband tapi maknanya dalem buat gue. Waktu di masih di Kepulauan Kei gue pernah nanya ke Mikko, kok mau sih sama gue? Maksudnya biar dia mulai muji-muji gue lagi getooo…gue cakep, imyut-imyut, lucu, baik, pinter dan tidak pula sombong (hueeeeeekkkk), ternyata dia malah menjawab “Being with you makes me wanna be a better person” dan lagu ini langsung bermain di otak gue.

Di acara pernikahan kami Mikko membacakan sebuah tulisan yang dia siapkan sebagai hadiah perkawinannya untuk gue. Tulisan aslinya dalam bahasa Inggris tapi dia bacakan dalam bahasa Indonesia setelah sebelumnya ditranslate oleh seorang teman.

The strait of Bosphorus divides the city of Istanbul in Turkey. In addition to that, it divides Europe and Asia.

Maybe it was fitting then, that it was on a cruise boat on this strait – exactly five years ago tomorrow – that I first cast my eyes on my future wife. I saw two beautiful and happy Korean girls and was especially interested in the smaller of the two, the one that was smiling all the time – although she now denies this and says that she slept during most of the cruise…

So, I made up a reason to start chatting with them on the boat. It turned out that they were not from Korea but from Indonesia, a country that I did not know very much about at that time. When they told that they had a female president, I tried to show what little knowledge I had: Aah, Gloria Arroyo!

We spent a couple of days seeing Istanbul together, but then it was time for them to return to their studies in Germany and for me to continue my trip through Turkey to Iran.
We met only a few times during the following years, but I never could quite erase the impression Rika made on me. Maybe it was her happy attitude to life, maybe it was the many things we shared together despite coming from different parts of the world, or maybe it was her beautiful smile. In any case, I always had her on my mind.

One other thing these two girls did to me was to act as living travel advertisements for Indonesia. I don’t know if the ministry of tourism paid them some kind of bonus, but they told me so many good things about Indonesia that I had to go there and see for myself.
So, in 2005 I went to Indonesia for the first time, planning to stay there for three months to write some stories for Finnish newspapers. I liked the country so much that I ended up staying for nine months.

I have been to Indonesia for many times since, but it was only last June when I first met Rika there. We travelled together to Kepulauan Kei di Maluku Tenggara. We really enjoyed our time together and there, on Ohoidertawun beach, sitting in a magic pohon bintangur that konon binds relationships, I proposed to her.

Rika said yes. It was my birthday and I had just received the best gift of my life.
In Indonesia, it is often said that the water does not divide all the islands from each other but connects them. Maybe that is what I should say about the strait of Bosphorus also.

It does not divide Europe and Asia. It connects them – at least in our case.

Setelah menikah kami tinggal di Leiden hampir setahun lamanya, dan sekarang udah dua tahun lebih di Kerava bersama dua anak lucu-lucu Kai dan Sami. Kisah kami masih panjang. Apakah selalu romantis? Ya gak bangeeeeeeettttt. Banyak berantemnya, ngambek-ngambekannya, sering juga cuek-cuekan, walopun tetep terus ada gombal-gombalan, mesra-mesra-an dan kejutan kecil di sana sini. Gak bedalah sama jutaan pasangan lainnya di dunia ini.

Segala macam perbedaan yang dulu gue takuti ternyata memang muncul berarak-arak. Sebagian dicari persamaannya, sebagian lagi dicari jalan tengahnya, sebagian lain main tutup mata dan coba pasrah. Beberapa perbedaan rupanya memang untuk diterima, bukan untuk diselesaikan.

Sekarang, setiap kali bernostalgia, gue selalu bersyukur waktu itu impulsif beli paket liburan ke Istanbul, gak nyangka penentuan jodoh gue dimulai dari situ. Dan pastinya gue gak menyesal dengan jawaban gue di bawah pohon keramat, di pinggir pantai Ohoidertawun, di sebuah pulau bernama Kei Kecil. Jawaban yang membawa gue ke kota kecil madesu seperti Kerava, tapi tetap penuh romantisme berkat sang suami tercinta.

I, Rika Melissa, love you, Mikko Marttinen.

101 comments

  1. Alhamdulillah.. selesai.. dan akyu senang… hehehehe..
    thanks for sharing your special moments and let us know that that kind of romance does not only happens in the movie.. salam ya buat Mikko.. salam kenal dari Indonesia.. 😀

    1. Alhamdulillah…sesuatu banget ya (lho??)

  2. suit suit.. mantep banget dah ceritanya rik… 🙂
    tadinya kirain pas lagi mau ngomong ama ortu lu bakal ada gonjang ganjingnya.. ternyata gak ya… hahahaha.

    1. untungnya kisah gue gak sedrama itu man…capek nanti gue nulisnya kalo kebanyakan drama

  3. Asli gue merinding bacanya dan mbrebes milliii, kalo jodoh memang gak kemana ya. Akhirnya khatam juga dehhhhhhhh! Semoga Aiti Rika & Isi Mikko bahagia selaluuu, dan dikaruniai kurcaci2 kecil lucu lagiii yaaa, sampe berhasil bikin Lumi Sofia…

    1. Amiiiiiiiinnnnn. Makasih doanya.
      Wuaahhh….harus berapa krucil lagi ya sampe akhirnya Lumi Sofia lahir…et daaaah, merinding sendiri bayanginnya *ngecek dana pendidikan* *loh kok masih kosong?*

  4. Akhirnyaaa !
    Cerita jadian itu mmg keren bgt ya ! Romantis pula ! Dan kisah Mikko-Rika ini memang kaya mimpi. Ke luar negri, ketemu bule cakep,baik,romantis, jadian… Waaaaawww !!!

    (⌒˛⌒) нёнёнё

    Semoga cerita ini jd pengingat kalau lagi berantem 🙂 bikin hati adem lagi… Inget why we love each other…

    Terus awet, sayang2an, sampe akhir !
    Dan makin menambahkan anak2 blasteran yg aduh cakepnyaaa !! ټ

    Btw, yg foto di pohon keramat kok Rika keliatan item bgt ?

  5. motauaja · · Reply

    HAUAHAUAHAUAHUAUAAAHAHAHAAAA… RIKAAAAAAA gw ngakak sampe sakit perut keluar aer mata ngebayangin elo gebrak meja pagi2 buta cuma buat bilang mo kawin ama Mikko. Apa dasarnya pula itu pake gebrak2 meja segala, kecuali kalo emak lo mang lagi masak soto. Krik krik.

    Hwadoh beb, kalo ni jadi buku gue yakin cuma ngebaca bagian ini aja pembaca udah ngerasa duitnya gak terbuang percuma beli buku lo… asli lucu banget….

    1. Itu maksudnya gue mau naro tangan di meja, pril….tapi saking groginya kok malah kelepasan gebuk meja. Hahahahahahahahaha.

  6. aiiiihhh, romantisnyaaa… jadi inget kalo cerita gue gada romantis2nya sama sekali, huh!

    1. pasti romantislah, tinggal liat dari perspektif yang berbeda aja. Gak ada kisah cinta yang gak romantis kalo buat gue mah

  7. aduuhh romantis pisaannn euy…
    Rika, kok edisi yg di Istanbul gak ada ya? Penasaran ih…

    1. tadinya memang yg Istanbul di blog lama, tp sekarang udah ada kok tuh…udah gue susun berurutan 1-7

  8. sekali lg makasih ya rika, akhirnya cerita romantis kalian kelar jg, maksudnya akhirnya kalian menikah dan dikarunia 2 jagoan yg ganteng2, kapan nih lumi sofia lahir? hehehe

    1. fiiuuuhhh, gue yang lega ceritanya udah tamat…berasa dikejer deadline nulisnya. Proyek Lumi Sofia masih belum dibicarakan lagi…mana sanggup euy kalo harus ngurus tiga bayi sekaligus

  9. srooooootttt….*sedot ingus* *lap air mata*……..biar kata cerita yg satu ini sudah tuntas, harus ada postingan seromantis ini lagi selanjutnya. HARUS! *loh kok maksa, silent reader ga tau diri hihihi*

    1. wah gimana ya…sekarang romantis2annya seputar ngelipet cucian bareng atau pilih-pilih daging di supermarket

  10. bubbles · · Reply

    Halo Rika.. silent reader nih. Salam kenal ya. seneng banget ceritanya udah selesai.. sungguh romantis ceritanyaaa makkk.. pas nonton videonya gue sampe berkaca2 (bilang aja nangis gitu) asli.. (maklum gue banci, gampang banget nangisnya) Yg pas bagian Mikko pelukan sama Mamanya terus Mamanya nangis.. muantep deh. Suka baca tulisannya Rika, lucu2 dan menghibur tapi juga bisa bikin terharu. Kapan nulis bukunya nih?

    1. Nulis buku sih udah…buku notes, isinya daftar belanjaan buat suami ke supermarket

      btw, yang dipeluk Mikko sambil bertangis2an itu tantenya! ini kameramennya keder kayanya, yg disorot si tante melulu sementara mertua gue gak pernah keliatan

  11. aku ketagihan baca ini riiiikkkk…

    I, annisa putri, ask you, rika melissa, to post another serial love stories!!

    prikitiieeewww rika, seneng deh baca cerita2 kayak gini.
    semoga kalian bahagia selalu yaaachhhh!! aku doakan 🙂

    1. I, Rika Melissa, mau kabur ajaaaaaaaaa.
      Gak lagi-lagi nulis cerita bersambung, sutris dijeeeeeeee

      Udah kehabisan cerita juga sih, this blog is going downhill from now on.

  12. ah cucok doamu di kawinan.. Minta digombalin terus 😀 !!
    Sepertinya elo banget.. hahaha. Pasti Mikko lega banget, nambah ngegombalin mah ganceeelll buat dia. Kayanya Kris hrs kursus private ke Mikko buat acara gombal-menggombal.

    Jadi jangan salahkan Mikko klo ga kasih kado pas 17 Agustus-an… kan ga diminta juga pas kawinan.

    1. embeeeeeer, La…Kalo gombalan doang mah sambil merem juga dia bisa.
      Gue menyesaaaaaaal. Rumah gedongan, mobil sama emas permata gak kesebut.

      1. ck ck ckkk… cinta, emang bisa bikin ikan asin berasa steak kobe beef.

  13. Ngakak pol pas lo gebrak meja 😀 saking salting ya ka? Kaya mau ngajak berantem bokap gitu sih? Hahaha..

    Seneng ih ceritanya seru bangeeet! Smg langgeng, bahagia selamanya yah 🙂

    1. padahal niatnya cuma mau naro tangan ke meja loh itu…hahahhahaha

  14. Halo Rika, salam kenal ya..
    Seru banget ceritanya, dibikin buku doooong…kayanya bakal laris tuh! 😉
    I’m married to a European man too 🙂

    1. Haloo Fa. Nikah sama WN mana dan tinggal dimana? Di Finlandia juga ga? *ngarep, biar nambah temen*
      Salam kenal juga ya

  15. ahhh koq tamat siiiii..
    tp aq terhura baca kisahnya..

    semoga langgeng ya…

    1. loohh, yang ini malah kecewa ceritanya tamat, hihihihihihihi
      kalo gak ditamatin rasanya ada beban mental. Sekarang lega deh gue

  16. silent reader, akhirnya ga tahan pengen komen..hihi..

    romantisss abiss kaaaa.. suka deh.. smg langgeng & romantis terus ya 🙂

    1. terima kasiiiiiihhhhh
      makin ge-er nih mikko dibilang romantis

  17. *lap air mata* Ah aku terharuuu… Apalagi baca teks proklamasi cintanya si Mikko pas nikahan. Huwoo…

    Mudah2an langgeng terus ya, sama Mikko, sama Kai, sama Sami, sama Lumi Sofia (hiyeee) 🙂

    1. Waktu pembacaan teks proklamasi gue malah grogi bin salting, abisnya kan berasa diliatin banyak orang. Setelah kawin, gue baca2 lagi baru deh..nyesss sampe ke hati

  18. salam kenal yaa, gue baru aja nemuin blog elo dan isinya langsung bikin terharu….kiss kiss buat Sami dan Kai

    1. salam kenal jugaaa…*sodorin tissue*, padahal yang nulis kagak ada terharu-tarharunya acan. Ini kan blog ajang katarsis

  19. I really love love stories 🙂 happy ending ! *and they live happily ever after*
    deg2 ser saat pacaran/deket itu luar biasa yaaaa…
    sesudah nikah masih ‘kesetrum’ gitu ga ?
    Gombalisme walaupun sedikit memang sangat dibutuhkan dalam hidup kita 🙂
    Rika juga cantik banget di wedding day nya 🙂 eh itu tariannya kaya tariannya Aliya-Ibas bukan seh ?

    1. Nyetrum masih ada lah sekali-sekali, gak sesering dulu kaya jaman pacaran tapi cukup buat nge-recharge energi. hape kaliii di charge.

      Itu tari gelombang yang biasa ada di nikahan minangkabau. Aslinya sih yang si penganten gak ikut nari, tapi kan gue banci tampil jadi ngotot mau ikutan, hohohoho, sekalian sih itu kejutan buat Mikko, gini2 eike juga romantis downg.

  20. Riikk.. Kalo besok-besok di tipi tiba-tiba nongol sinetron dengan kisah yang mirip sama ceritalo, langsung dituntut yee.. Soale gue yakin banget nih, kisah cintalo ini berpotensi untuk dijadikan sinetron romantis berepisode-episode dan laris.

    Ah Mikkoooo.. Kamu memang cowok idola!

    1. wettttsss, harus di copy right-ed nih tulisan2 gue, hihihihihihihi. Ge er tu de maks.

      pssssstt…kemaren gue ulang tahun tega2nya Mikko nyuruh gue milih kado sendiri. Halaaahh…mana romantisnya ituuuu?

  21. Rik gue baru nonton video kawinannya, waahh keren euy. And was it you dancing? Huhuhuh.. Cita-cita gue tuh jadi pengantin dan nari pas resepsi. Tapi di adat Jawa nggak ada 😦

    Kira-kira ada gak ya adat kawinan yang ngebolehin mother of the bride nari? Siap-siap buat kalo Nadira merit nanti, hihihi.. *banci tampil*

    1. Suatu hari Mikko pernah berkata pengen liat gue nari, berhubung gue sudah meninggalkan dunia tari menari saat itu jadi gue bela2in deh belajar tari gelombang dan ikut sama rombongan penari menyambut Mikko pas nikahan, padahal harusnya penganten wanita dan pria berjalan beriringan, tapi kan aku banci tampil, hihihihihihi

      Dan gara2 elu gue pun bertekan nanti ikutan nari lagi pas anak2 gue nikah, hahahahaha.

      Btw jaman masih nari dulu gue sering kok jadi penari pengiring penganten jawa, tinggal di modif aja si penganten ikut nari ditengah2. Emang di luar adat aslinya sih, tp kan it’s all about the bride kalo lagi nikahan mah

  22. Bagus…bagusss..bagusss… Sukaaaa!!! Like i said before on the previous post, ceritanya kaya putri negeri dongeng…
    Btw, mikoo romantis ya? Apakah typical cowo bule emang romantis semua ya? (sotoy.com)

    1. Masih jauh dari putri-putrian, masih belum ada kuda, istana megah, sepatu kaca, sama dua pangeran adu senjata memperebutkankyu…gubraakksss

      Kalo referensinya film Eiffel I’m In Love cowo Indonesia juga bisa romantis banget looohh. *Samuel Reza bodymu oke punya*

  23. eka dyana · · Reply

    :___) kereeeeeeeen

    1. Biasa aja kok (sok merendah padahal mah ge-er)

  24. I read all the story, and it’s a nice one. Romantis banget ka, gue suka bacanya *sok ikrib bener, boleh ya panggil nama* *salaman* :p
    Btw ide pengantin ikut nari bagus juga. Gue kebetulan dapet darah minang dr nyokap, cuma nikah pake adat riau. Coba ya dulu gue ikutan nari juga *maksudnya?*
    Smoga langgeng sama mikko ya rik *labil banget manggilnya rik atau ka ya?*, you’re both so lucky each other :))

    1. Hihihih, dipanggil Ka atau Rik sama aja kok, Vy (lhaaaa, ikutan sok ikrib juga) *salaman*

      Padahal yah, gue cuma 1/4 Minang (dari nyokap juga), dominannya mah Batak, tp keukeh pake adat Minang karena menurut gue suntingnya lebih bagus. Padahal nikahan adat Minang itu kan lumayan pasaran. Mending kaya lo gitu, adat Riau, lebih unik.

      1. Hahaha itu karna bokap melayu (riau) tulen dan gue lahir sampe smu dipekanbaru hihii 🙂

        1. Gue hampir nikah pake adat melayu, melayu medan, bokap nyokap dulu pas nikah juga pake melayu, tapi akhirnya pk minang karena ngerasa bakal cakep kalo pake sunting. Asal banget emang gue asal comot budaya demi kenarsisan

  25. waa…ceritanya seru…
    beneran kayak dongeng yah, jodoh emang ga akan lari kemana (tapi harus lari kemana-mana buat daept jodoh #eh)

    btw salam kenal yaa..baru mampir ke blog ini dan disuguhi cerita cinta, suka bener bacanya 🙂
    semoga ttp saling cinta sepanjang usia

    1. Makasiiiihhh….
      kisah cinta emang kayanya favorit banyak orang ya 🙂

      Iya…jodohnya kayanya mah disitu-situ aja…tapi guenya yang harus lari sana sini dulu. Fiuuuuh, cape juga bok

  26. Rikaaaaa…
    I need a shot of romantisism (halah.. susah kali) so I read your story all over again… and as always.. sukses aja gitu buat gw sirik.. hihihihi…
    hope you and Mikko always be together forever….
    ga pa pa yaa gw baca berulang-ulang.. hihihi.. :D..

    1. Silahkaaaaan….baca seribu kali juga boleh, jangan lupa itu kotak sumbangannya….hwahahahahahahhahah
      Gombal2an sih emang jalan terus tapi kan gantinya gue hidup mendusun gini di kota kecil nan madesu.

  27. ga pa pa mendusun, yang penting bareng yang tercinta… halah.. ikutan nggombal gw..
    keep the love alive is probably the most important thing in married life… so I think you two lovebirds will live happily ever after… :D….*semua angkat tangan dan say ‘aaaaamiiiinnnn’*

  28. setelah nyasar kesini karena penasaran sama lasagna tapi malah gw bikin gosong. akhirnya gw baca post lo satu persatu. ahhh lucu2. termasuk kisah lo dan mikko. ngiriiii! pengin punya kisah yang ajaib juga. sementara ini entah nyasar kemana si jodoh, ga dateng2 dan ga ketemu2 (jiaahhh gw malah curcol).

    ditunggu cerita2 lucu lainnya ya, Rika :p

    1. jodohnya gak punya GPS sih ya, makanya nyasar mulu.
      Samalah, kaya jodohku ini, ke kanan ke kiri, maju mudur, depan belakang, akhirnya baru deh ketemu

  29. apple · · Reply

    hi ka Rika mmmm aq jatuh cinta sm cerita2 nya…;( tapi aku juga sedih huhu….seneng bgt ketemu sm Blog kakak ini :D…Salam kenal ya……….

    1. aaah, makasih yaaa. Malu tapi seneng, seneng tapi malu kalo ada yg suka baca2 di sini (Kalo GR sih pasti)
      Salam kenal juga, Apple.

  30. apple · · Reply

    k pengen liat foto2 terbarunya Kai sm sami donk…ih mereka luthu2 deh jd gemes,,,i love baby boy so muaaaaaaaaaaaaaaacccch lolzz….give my regard to kai n sami (SKSD bgt) gpp ya…eh ya langgeng cllu ya kak sm k Mikko ny. 🙂

    1. hahaha, ada banyak nih…tapi blm di upload. Di postingan berikutnya ya

  31. Cantiiik… Asli cantiik.. Ya riasnya, pernikahannya..
    Akhir kisah romantis yang indah..
    *lanjut baca postingan2 selanjutnya*

    1. iiihhh masa siiiihhh? nanti gue ge-er loh, hehehehe

      gue sendiri sebenernya ngerasa muka kaya banci pas kawinan itu, berasa make up ketebelan

  32. mau nangis begitu lihat video aduuh kok nangis alay bgt deeh

  33. Tamat baca cerbung ini baru di Juni 2013, lagi nyasar nih mbak.. 😀
    Me likey your blog!! *fans baru* 😛

    1. Udah Juli ding pas nulis ini *efek puasa* 😛

  34. Salam kenal mba Rika, dua hari yg lalu, iseng-iseng search tentang kisah pertemuan jodoh gitu (ketauan deh galau jodoh hihi), eh nyasar di blognya mba. Seru banget blognya, katam dalam dua hari aja. Cerita the Cute kids, Finland, family, Apalagi love storynya. The best deh, jodoh pasti bertemu ya, Semoga langgeng selalu sama Mr. Mikko. Jadi nge fans sama mba rikaaaa <3. Keep writting ya mba, serius blognya dijadiin novel aja. Pasti laris manis 😀

    1. halooo sherly
      makasih ya udah main2 di sini. Pake bilang seru lagi. Jadi ge er kan nih
      Nulis buku mah belom berani akuuu, nulis blog aja masih senin kamis semangatnya, hihihihihihi

  35. Awal dari iseng cari ttg pernikahan campuran, dan berujung pada blog seru ini..suka banget bagian Mikko ngelamar..kata2nya out of the box..hihihi
    Ga pake lama langsung promo ke temen yg sama2 interest sm mixed couple 🙂
    And she likes it..
    Please keep sharing your story for us..

    1. waaah, sampe promosi aja.
      semoga temennya juga promosi yang kelainnya…biar makin banyak dapet downline *lho, kok MLM?*

  36. Mbak Rikaaa salam kenal 😀 (SKSD mode on! Haha)
    Bermula dr niatan mau browsing2 buat cari data skripsi, eh malah nemu blog ini. Aseli deh ini so sweet sekaleeee kisahmu mbaaaaak ❤
    Dilamar di bwh pu'un pake bawa2 toothbrush segala, aiiih itu romantis tiada tara. Hihi.
    You wroook \m/ God bless Marttinen Family 😉

    1. iya, heboh banget ya lamarannya
      pake bawa sikat gigi sama selimut. Untung gak sekalian ulekan dibawa2 juga.

      Makasih ya Rini

  37. arinkies · · Reply

    What a really nice story sis 😉
    Couldn’t stop to read all of the story since I found this one about 3 hours ago hahaha
    Wish you to be happy with your family until the rest of your life =]

    1. makasih ya

  38. ka rika , selama ini cuman jadi silent reader, tapi nyesel , kenapa ga baca blog ini dari dulu , asli keren deh blognya , lebih keren ini daripada blog raditya dika yang terkenal ituh , kisah cintanya sungguh mengharukan n menghibur pula , so sweet , beruntung banget ka rika punya suami yang romantis abis plus anak2 yang unyunya selangit, suka banget deh, T-O-P B-G-T , dibikin novel or film romantis juga kayanya cocok.

  39. haninurfauziah · · Reply

    Ksah yg sgt inspiratif…sya jdi terobsesi untuk bersuamikan bule 🙂 mksih ya mbak

  40. haninurfauziah · · Reply

    Mbak bsa mnta alamat email mbak?kisahnya inspiratif bgt mbak..sya bcanya aja smpe snyum” sndiri mmbyangkannya…beautiful story 🙂

  41. anisahusna · · Reply

    sumpah kak awalnya nyari blog tentang psikologi nyasar kesini udah 3 jam baca ni blog bentar lagi hatam dah ._. sukses teross kak 🙂

    1. jangan lupa tumpengan kalo udah khatam ya

  42. apa emang sebener y mba rika emang udah jodoh apa sama mas miko 🙂 *salam kenal mba aku silent reader* pengen deh aku di jatuh cintain sama bule ampe kek mas miko gitu *langsung bedoa*

    1. semoga beneran ya aku dan mikko berjodoh dunia dan akhirat.

  43. ima agustina · · Reply

    Di bulan terakhir 2014 ini aku baru baca cerita kakak T.T nyasar ke blog ini wkt iseng search marriage ama bule gitu ahaha (padahal mah cari tips biar dapet bule) anyway suka bangeeet kak, selain ceritanya yg udah bagus, I really love the way u talk to us yg malah bikin ngakak baik dr cerita atau komennya. Hihi salam kenal dari Semarang :p sukses

    1. salam kenal ima. Jadi, udah dapet belum tips2 cari bulenya? 😀

  44. Annisa' Khoirina · · Reply

    lagi nyari kisah cinta org pribumi sm Bule dan malah nemuin blognya kakak ini hihihi. kisahnya kakak ini sukses memecahkan statment yg diberikan sm orang tuaku & org sekelilingku. mereka bilang Orang bule itu cuma mainin cewek Indo doang, paling cuma buat isteri simpanan doang klu gak gitu mah cuma pemuas nafsu biologis saat di Indo doang nanti kalo mereka balik ke negaranya paling jg nikah lagi sm rasnya, sampe” org tuaku gak sudi kalo nikah sm bule suatu hari nanti T.T”hueeee hiks 😥 . Tapi pas baca tulisan kakak ini kayakny masih ada jln buat ngeyakinin ortu suata saat nanti kalo aku bnerean nikah sm bule. Btw aku udah pacaran lama sm orang Italy keturunan india hampir 1 thn lebih yah walaupun putus nyambung (hehe *pdhal aku sendiri yg putusin dia dulu abis dia mesumny keterlaluan u,u). semoga kisah ku sm kayak kakak. Sukses ya kak ngurus anak-anaknya 😀 lucu” deh anaknya gemesin.

  45. Ahhh mba Rikaaa terheru biru nonton videonyaaa..sambil ngebayangin lika liku kisah cintanya..hihi..salam kenal ya mba =)

    1. hwaaa..masa terharu sih? kalo aku cengar cengir gak ada terharunya kalo liat video ini

  46. Halooo ka rika, aku nemu blog kaka di timeline temen ku.
    Pas liat video nya kok bikin aku pengen cepet2 di-ijab-kabul-in yaa hihihiiiyy
    Itu judul lagu nya apa ka, btw? Hahaha

    1. Amiinn..semoga cepet tercapai ya kejadian ijab kabulnya 🙂
      Lagu bekgronnya berjudul Best Of Me oleh Blue. Boyband gitu deh ceritanya, hihihihi, tapi lagunya enak dan liriknya kena di hati

  47. Penasaran sama nikah beda agama, ras, budaya, negara.. ternyata klo emang jodoh gak kemana.. moga langgeng sampe maut memisahkan mba rika.. salam kenal 🙂

    btw mw tanya donk, masalah perbedaan agama gmn solusinya mba?? *masih penasaran*

    1. iya, kalo emang jodoh ternyata memang gak kemana ya. Ilang kontak sama Mikko setahun tau2 orangnya muncul lagi dan langsung diajak nikah

      Kalo untuk kasus aku, Mikko convert sebelum menikah.

  48. Mignonette · · Reply

    Hi mb Rika, aduh aku terharuuuuuuuu bgt denger ceritanya ^^
    Mirip2 kisahnya temenku yg nikah ama bule juga hehe..

    Aku pun skrg lg pacaran sm french guy, hubungan kita sejauh ini serius cuma belum sampe masalah agama. Aku pengen tau dong, waktu Mas Mikko akhirnya mau pindah Islam itu gimana ceritanya kah? Aku sayang sm pacarku skrg tp gak mungkin jg nikah kalo masih beda agama 😦

    Aku tetep pengen ajak dia ke jalan yg benar (cie gitu) tapi aku takut dia tersinggung hehe.. Oya sblmnya, aku mau info klo pacarku ini Atheis –”

    Ada saran gak mba? Hehe makasih ya mbaaa 🙂

    1. Mikko menawarkan diri sih untuk convert. Lebih tepatnya, dia udah tau apa yang harus dia lakukan kalo mau nikah sama aku. Dia tau aku pasti gak mau nikah kalo dia gak convert.
      AKu jadi bingung nih kalo disuruh kasih saran soalnya dulu aku gak ngapa2in. Palingan sih kalo memang udah mau serius dibicarakan terus terang hal-hal yang diinginkan demi mencapai pelaminan

  49. Nice story sampai termehek2 bacanya. Semoga langgeng yaa..

  50. sophi · · Reply

    Uni rikaaa…salam kenaaaal! (Sok akrab euy manggilnya uni, sesama urang awak ini ihiiy…)
    Sukaaaa banget baca cerita2mu un…nyadarin aku (again) betapa universalnya bahasa cinta itu..ciyeeh…seneng liat uni rika dan uda mikko…happily till death do you both apart deh, amin!
    Btw soal finland, sepupu suami dpt hubby org sana jg, tiap tahun msh mudik lebaran si uni ke jambi sambil bawa anaknya yg gantengnya to the moon and back! *abaikan *efek norak liat bule yg ternyata ponakan sendiri :p
    Yakali celenganku bisa ditebok suatu hari bisa jalan2 ke sana dan bisa kopdar denganmu dan family un…hopefully! Salam sayang dari Jambi :*

    1. haiiiiiiiiiih, sepupunya misua tinggal dimana? jangan-jangan aku kenal lagi?
      Ayo celengannya diisi terus buat berkunjung ke sini. Kabar2in aku kalo udah sampe. 😀

  51. chan chani · · Reply

    hai ka, salam kenal 🙂
    g sengaja nih nemu blog kaka, suka bgttttttt sm cerita series inihhhh 😀
    bikin senyum2 sendiri, gemes greget jg, sampe jg di epilog ini 😀 btw ko video.nya ga ada? udh di apus ya? padahal mau liatttty 😥
    aku jg orang minang dari ibu 🙂 ayah sunda *gananya 😦
    mau liat dong video.nyaa plisss *alaymodeon

    1. eh, ada kok videonya, tapi di post lain. Aku lupa nih judulnya apa, tapi cerita-cerita nostalgia tentang hari kawinan. Coba aja diubek-ubek blogku ini.

  52. chan chani · · Reply

    hai ka, salam kenal 🙂
    g sengaja nih nemu blog kaka, suka bgttttttt sm cerita series inihhhh 😀
    bikin senyum2 sendiri, gemes greget jg. sampe jg di epilog ini 😀 btw ko video.nya ga ada? udh di apus ya? padahal mau liatttt 😥
    aku jg orang minang dari ibu 🙂 ayah sunda *gananya 😦
    mau liat dong video.nyaa plisss *alaymodeon

  53. Hi mbak Rika, sebenarnya aku udah lama baca kisah ini meski ga all episodes dari 1-7 hahaha

    akhirnya hari ini aku balik ke blog mba Rika dan baca semuanya dan terharuuuu..

    senang liatnya proses mbak Rika dan suami sampai akhirnya nikah hihihi

    aku jg sebenarnya punya kenalan dari negeri benua sana, udah 2 tahun kenal tapi lebih kearah sebagai teman untuk sharing-sharing cerita aja (dulunya pas awal kenal dia sempat ngajak serius untuk nikah krn dia islami bgt dan anti pacaran tapi aku udah punya pacar dan klarifikasi kalo aku seneng ngobrol ama dia sebagai temen, akhirnya dia mundur dan memperlakukan aku sebagai temen saja hahaha)

    di tahun 2014 akhir dapat kabar kalo dia udah mau tunangan dan rencana menikah di 2015 sedangkan aku udah sendiri waktu itu. (yess aku patah hati tapi sedikit hahaha)

    akhirnya aku urungkan untuk bisa intens ngobrol kayak dulu, jadi ga dipikiran banget. semenjak dia mau tunangan, kami jadi jarang ngobrol krn aku jg menghindarinya.

    dannn di pertengahan tahun 2015 dia mulai chat aku, aku agak males-malesan krn “calon orang” tapi ternyata dia batal nikah sama calonnya dan otomatis mereka jg putus hubungan.

    dan setelah itu mulai ngobrol lagi tapi ga intens krn dia mendadak hilang lagi, tp karena aku udah biasa sama dia yg suka ngilang-ngilang,aku sih selow krn jg anggapnya temen aja.

    nah akhirnya di awal januari ini dia mulai chat lagi ternyata hp dia ilang dan semua kontak jg ilang. dia ga punya backup untuk kontak2 yg udah ilang. tapi dia yakin whatsapp aku karena kode area +62 yg artinya nomor hp orang indo hahaha

    dari situ kita mulai ngobrol dan dia minta aku cerita semuanya tentang aku ke dia selama kita lost contact. (ini kode bukan sih? atau aku yg ke-GR-an)

    terus karena aku gamau kehilangan kontak lagi, aku minta aja akun socmed fb dia,sekalian mau liat kehidupan normal dia sama teman-temannya.

    emang sih perkenalan kami standar aja, jarang ngobrol tapi tetap bisa jalin komunikasi 2 tahun sih hebat krn kebanyakan org yg aku kenal itu kalo org luar pasti cuma niat buat flirting dan kalo udah lupa, ya bakal lupa aja gitu. ga bakal sapa-sapaan lagi hahaha

    dalam hati sih ngarepnya bisa kayak mba Rika, berteman selama 5 tahun sampai akhirnya ke pelaminan hihihi

    itu aja yg mau aku sharing dan minta doanya yg terbaik aja untuk jodoh aku nanti XD

  54. Novita Joseph · · Reply

    Just read your stories, maybe too late to comment but it was amazing. Ga lepas senyum gregetan dan seru bgt sih love line nya. Selamat kak rika atas pernikahan nya semoga bahagia dan langgeng selalu 🙂

  55. Laila · · Reply

    Masyaallah terharu bahagia mba 😊
    Telaten baca dr part 1-ending.

    Akankah saya jg bisa ya..?

Leave a Reply

