Istanbul-Muenchen-Prag-Singapore-Kei Islands-Jakarta (3)

Malu sama Cinta Fitri yang akhirnya tamat juga, sepertinya sudah saatnya gue pun melanjutkan cerbung gadungan gue yang ditulis sesuka-suka hati asal sempat.

Melanjuti kisah sebelumnya dimana Voldermort berhasil merebut the elderwand  dari makam Dumbledore….eh, itu mah Harry Potter yaaaaaaa…..

Melanjuti kisah perpisahan gue dan Mikko di Muenchen, yang ditutup dengan email yang meng-harubiru dari si lelaki bermata biru itu, kamipun menepati janji kami untuk tetap berteman. Email-emailan jalan terus walopun frekwensinya jauh berkurang. Mikko sibuk melanjutkan perjalanannya menyusuri Turki dan Iran sementara gue sibuk dengan kehidupan gue di Muenchen yang, siapa sangka, makin rame aja waktu itu.

Awal Maret 2004 secara agak impulsif gue memutuskan untuk pulang ke Indonesia, mau ceki-ceki aja keadaan pacar di sana apa kabarnya? Gue inget banget, malam sebelum terbang gue telepon Mikko untuk mengabarkan kepulangan gue. Biasa aja sih omongannya (kecewa :p), gak ada lagi acara flirting-flirting romantis seperti dahulu kala.

Sebelum touchdown di Jakarta gue sempet jalan-jalan dulu ke Singapur dan Bangkok bersama seorang teman sekaligus gebetan (astagaaaaaa….jaman jahiliyah itu gue emang nakal banget yah), dan siapa sangka begitu gue sampe di Jakarta ada sebuah paket menunggu. Dari Finlandia! Dari Mikko! Isinya all things Finnish. Coklat Fazer (merk coklat terkenal di Finlandia), buku cerita Moomin (tokoh kartun anak-anak Finlandia), sebuah novel yang backgroundnya di Lahti (tempat tinggalnya Mikko saat itu), dan juaranya: sebuah surat dari Mikko untuk gue. Bukan surat tepatnya, lebih seperti sebuah tulisan, sebuah cerita, tentang gue…atau dalam bahasa Mikko: about a girl from the other part of the world who read the same Astrid Lindgren books as I did when I was a kid. Sungguh tulisannya dia itu mengharukan sekali sampai gue baca berulang-ulang.

Tapi sayangnya perasaan haru itu gak cukup buat gue memikirkan Mikko terlalu lama. Begitu mendarat di Indonesia gue shock sama pacar gue yang minta putus. Gileee lu, Ndro! Gue baru sampe iniiiii! Kagak bisa disimpen dulu berita buruknya???? Eniwei, setelah bertele-tele dan sejuta alasan palsu akhirnya ketauan kalo pacar gue itu dijodohkan orang tuanya dengan cewe lain dan menurut dia sangat mustahil bin mustahal baginya untuk menolak. (Sekarang sih gue menyadari, emang doi juga suka kalee dijodohin ama tu cewe)

Acara pulang kampung gue jadi hancur berantakan. Isinya sedih-sedihan dan tangis-tangisan melulu. Dasar gue naif sekaligus keras kepala gue pun ngotot ke pacar kalo kami gak boleh putus. Kita kan saling mencintai, kalo udah cinta apa sih yang gak mungkin??? (yeaaaaaa…righttttt…makan tuh ulekan).

Niat mudik yang cuma sebulan molor jam empat bulan dengan alasan memperjuangkan cinta. Urusan kampus langsung ke laut semua. Gue jadi ketinggalan pendaftaran tema skripsi, cari dosen pembimbing dan lain-lainnya. Ibaratnya gue lewatkan aja satu semester di kampus demi perjuangan cinta nan maha suci tersebut. Nyokap gue sampe membujuk-bujuk supaya gue balik ke Jerman, nerusin kuliah, mikirin masa depan, tapi si pejuang cinta ini ngotot tetap mau di Jakarta aja jagain pacar. Kali-kali kalo gue tetep di Indo gue bisa dapet kesempatan untuk bertemu nyokap si pacar, merebut hatinya dengan ke-charming-an gue (uhuuuuukk), dan akhirnya live happily ever after sama si pacar. Kenyataannya malah gue dimaki-maki lewat telepon sama di tante…hihihihihihi. Bukannya kapok malah makin ngotot untuk gak balik ke Jerman. Pokonya (saat itu) gue yakin pasti ada cara buat gue dan pacar untuk tetap bersatu asalkan gue dan dia tidak terpisah lautan dan benua.

Tapi setelah berbagai macam bujuk rayu dari nyokap, yang sampe ikut nangis-nangis liat gue depresi gitu, akhirnya gue pun kembali ke Jerman dengan hati yang remuk redam. Berat banget waktu itu rasanya ninggalin pacar di airport, wondering apa yang akan terjadi pada kami? Ternyata gak perlu lama-lama wonderingnya, sekitar dua bulan sesudah itu gue denger dari ORANG LAIN kalo pacar gue udah nyebar undangan. Semua orang udah tau doi mau merit kecuali eike cencunya. Aneh. Padahal paginya barusan aja kami teleponan dan masih bersayang-sayangan, malemnya gue tau kalo doi udah tuker cincin sama cewe lain. Makdikipe memang! Berakhirlah sudah riwayat gue sebagai pejuang cinta.

Setelah dua minggu bertangis-tangisan. Kapan saja! Dimana saja! Akhirnya gue memutuskan untuk menghibur diri sedikit jalan-jalan ke Praha yang indah bersama teman-temanku Uli, Elin dan Fadhli. Tiba-tiba aja, di sebuah email, gue impulsif nanya ke Mikko apakah dia mau ikut? Pertanyaan basa basi doang sebenernya, namanya juga orang Endonesa hobinya berbual mesra. Gak disangka langsung disambut positif sama mas bule.

Bertemulah kami kembali di Praha.

Di sana gue cerita soal hubungan gue yang kandas ke dasar sumur dengan si pacar dan Mikko jadi pendengar yang penuh pengertian sekali waktu itu. Selanjutnya, sesuai yang dia janjikan, dia tetap menjadi teman baik gue. Temen tapi demen kali ya, soalnya kalo jalan teteup dong sambil bergandengan tangan 😀

Gue inget juga sempet terjadi perbincangan soal cinta, soulmate, dan pernikahan di antara kami berlima di ruang santai hostel yang kami inapi. Di situ gue bersumpah-sumpah kalo gak akan banget gue nikah sama non-Indonesia. Susyah bin ribet, jendral! Beda bahasa, beda budaya, masalah tempat tinggal dan sejuta keribetan lainnya. Pokonya sungguh gue mencintai produk lokal kalo urusan cowo. “Owwwhhh, gitu yaaaa?” pikir Mikko saat itu. Sedikit kecewa tapi terima nasib, kan sekarang statusnya cuma temen.

Yang bikin takjub selama di Praha ini adalah kemajuan bahasa Indonesia Mikko yang pesat sekali. Padahal dia cuma belajar sendiri dari buku dan CD yang dia pinjam di perpustakaan, tapi sedikit-sedikit dia udah bisa mengerti omongan kami, empat orang Indonesia, selama perjalanan itu. Pernah suatu kali di restoran empat pribumi ini ngobrol haha hihi tanpa melibatkan Mikko. Si bule makin lama mukanya makin bete berasa dicuekin, tau-tau aja dong dia gebrak meja sambil ngomong, dalam bahasa Indonesia tentunya,  “Kalian bisa tidak berbicara dalam bahasa Inggris?” Bwahahahahha, yang ada kami semua ketawa sampai hampir terguling dari kursi. Segitu hebatnya suami gue ini kalo soal bahasa *bangga* 🙂

hari pertama di Prag ketika Mikko baru bergabung, gue dan Uli udah sempet belanja dulu di pusat kotanya

Komplit! All the crew of the Prague trip

bertahun-tahun setelahnya ini jadi salah satu foto favorit gue dan Mikko

yang ini juga

apa lagi yang ini

Saatnya berpisah lagi. Gue dan teman-teman kembali ke Muenchen naik kereta malam sementara Mikko lanjut ke airport dan terbang balik ke Finlandia

Setelah pertemuan di Prag itu gak bisa dipungkiri kalo kami makin menjauh. Pertukaran kabar makin berkurang, sibuk dengan kehidupan masing-masing tapi untungnya masih saling update tentang hal-hal besar yang terjadi dalam hidup kami. Gue selalu cerita soal cowo-cowo yang gue pacari ke Mikko, dan Mikko selalu laporan kalo dapet pacar baru. Yang bikin gue ge-er teramat sangat, pernah suatu kali Mikko cerita kalo cewe-cewe yang dia pacari selalu membuatnya teringat pada gue. In one way or another, kata Mikko, you are still the girl of my dreams. SEDAAAAAAAAPPPPPPPPPPPPPP. Mungkin karena itulah gue gak pernah menganggap Mikko sebagai temen biasa. Dengan tidak sopannya gue masukan dia ke dalam kategori “fans berat” walopun terus terang, kalo saja waktu itu gue gak kepentok sama idealisme A-C-I gue, pastinya gue pun akan membalas cintanya abis-abisan.

Sampai di sini gue harus undur diri dulu. Baca tulisan ini bikin gue agak-agak gelik sampe rasanya harus berhenti nulis sebelum muntah. Kok kesannya memuja-muji diri sendiri sekali? Tapi begitulah rasanya dijatuhi cinta oleh Mr. Marttinen. Bikin terbang ke langit ketujuh. Berasa diri ini yang paling cakep, paling hebat, paling hebring sejagat raya.

Dan untungnya sampai sekarang masih sering dibikin merasa seperti itu oleh si Mister. I love you full suamikuuuuuuuu.

PS: aslinya diPublished on: Aug 16, 2011 @ 21:39

Advertisements

45 comments

  1. istrinyabayu · · Reply

    Eh ya oloh boookkk, lo tu dah sama2 scorpio, sama2 pernah dimaki2 lewat telp ama mantan calon mertua, dan kemudian sama2 ditinggal kawin [yg ngakunya dijodohin jg]??
    tiba2 gue berasa solmet ma elo. huahahaha.. apa syiiihhh.

    1. wooottttt??? woooootttttt??? pernah kejadian juga di elo???
      *berpelukaaaaaaaaaaan*

      1. istrinyabayu · · Reply

        hooh. mo muntah2 gue kalo inget dulu segitu ngototnya ma dese. huekkkk

      2. Aaahhh, darah muda. Naif dan penuh semangat, sekaligus juga bego setengah mati. Gue sampe kurus kering loh jaman sakit ati itu. Diet mantap, langsung turun 7 kilo.

        Dan ngototnya ituuuuuu…ampun dijeeeee….semua orang sampe geleng2 kepala liat ke-ngototan gue. Tiap ada yg bilang sebaiknya putus aja gue langsung sakit ati ama tu orang. Sekarang mah nyesel kenapa juga kagak gue putusin duluan si doi.

    2. dan gue tunggu ceritanya di blog ya…bwahahahhahahaha

      1. istrinyabayu · · Reply

        kapan2 lah. Bulan puasa nih. Dosa gue udah cukup banyak gara2 bang Ipul seorang 😛

      2. bulan puasa gini bang ipul aja bisa mesra lagi ama DP 😀

  2. istrinyabayu · · Reply

    Eh, ga mo di elaborate tuh ceritanya knp bs dimaki2? huahaha.
    Dulu dong pas jaman2 kelam itu TIAP HARI gue dengerinnya Broken Vow. Sungguh merana aku merana karena cinta durjana

    1. takut dosa kalo gue tulis detil di sini, hahahahah. tapi gue juga sih yang cari mati waktu itu secara gue yg nelpon doi (desperet doi ga pernah mau diajak ketemu soalnya) Iih, asli gue ngotot banget ya, pantes aja doi sebel.

      nah, lo sendiri kenapa dimaki2nya? *penasaran loh eike bowww ama cerita yeeeyy*

      1. istrinyabayu · · Reply

        Puanjaaaang banget ceritanya. Tp kurang lebih anaknya ngamuk ke belio karena gue nanyain sesuatu yg ibunya blg ke gue. si ibu sampe blg loh kalo sampe kiamat ga rela anaknya ma gue. hahahaha. Pedih jendral!!!

        Little that I knew that time, she was actually the one who saved my life 🙂

        Lucunya, setelah si pacar itu diem2 kawin yah, dia masih telpon2 gt blg tayang-tayang. Bahkan merayu2 ngajak kawin lari. HUAHAHAHA… Ga sudi jekkk…
        Bikin gue sadar, dia ga pikir panjang mo nyakitin sapa aja

        [eh ini kok jadi curhat O Mama O Papa sih?]

      2. Gileeeeeee… mantan pacar lo dramaaaa abis. Jadi agak kecewa kok mantan gue abis kawin langsung putus kontak aja, gak pake acara telpon2 gue lagi, minta maap kek gitu, ngajak balik kek biar gue bisa jumawa nolak doi *kecewa* * apaaaa seeeeeeeehhh*

        butuh waktu panjang buat nyadar ya kalo ternyata petaka itu malah nyelametin kita. Kebayang kalo tetep keukeh ama si doi….iiihh, ogah banget. Disiksa mertua sepanjang hidup nanti.

  3. istrinyabayu · · Reply

    Eh gara2 elo nih ya, gue jd mo liat lagi di yutup tuh si Broken Vow. Versi Meteor Garden tentunya. Dan abis itu, gue jd keterusan nonton Meteor Garden lagi. HadeuuuHHHH

    1. ya ampuuuuuuuuuun ripiiiiiiiiiiiiiiiiiii. Jaman patah hati itu penyemangat hidup gue ya petuahnya Sanchai “aku ini rumput liat, biarpun diinjak berkali-kali tetap hidup dan bertahan”

      ampuuuuuun maaaaaak.

    2. istrinyabayu · · Reply

      Hikmah buat gue, untung ga disiksa mertua dan si anaknya itu! HIH!

      Kan gue pernah posting kayaknya deh tu. Si istrinya tnyt nyari2 gue lwt fesbuk, heheheh. Tnyt tetep insecure yah #kirim hansip biar aman

      1. eh, kayanya kok gue belon baca? Mauuu…mauuu…mau baca. Di WP apa di MP?

  4. eh foto building yang berkaca2 itu keren banget buildingnya yaaa… 😀

    btw kayaknya emang buat lidah bule, belajar bahasa indo itu emang gampang ya… soalnya kayaknya emang mereka gampang sekali dah menyerap bhs indo. 😀

    1. itu salah satu landmark kota Praha. Tapi gue lupa namanya. Yang jelas wajib foto lah kalo di situ, hehehehhehe

      Buat lidah bule Finlandia dan negara2 lainnya yang pronounce abjadnya sama kaya kita kayanya sih lbh gampang. Tp gue liat bule2 native english agak susah…biasalah…suka ketuker2 A sama E. E sama I.

  5. idiiiih Rikkk… sama bowww… cerita mantan dan keluarganya yg kurang ajar, gw jg punya. miriiip.. gw pernah dipacarin sama orang yg ternyata udah lamaran dan mau nikah, trus anehnya keluarganya itu ikut bersandiwara di depan gw, menerima gw dengan baik sampai ngajak nginep di rumah mereka segala, sambil nunggu si laki gila itu memutuskan cwe mana yg mau dipilih (idih najis… seperti kata Bang Iwan (Fals) eke pukan pilihan!), akhirnya gw diputusin karena ternyata pihak cewenya udah cetak dan sebar undangan aja bow!

    Eh trus gw ngajak kenalan itu cewe (yg skrg jd istrinya) baik-baik sih.. cuman bilang kalau gw cuman mau kasih tau dia apa adanya dengan segala bukti chatting-an gombalcalon suaminya ke gw. Itu cewe shock beratsss… emang cewenya sebenernya juga baik dan “berkelas” dan dia pun merasa ditipu jadinya.. tapi setelah berbagai pertimbangan akhirnya mereka jadi nikah sebulan kemudian. Dan cewe nya itu menyampaikan beritanya sendiri ke gw lewat sms. Aslinya gw benar ga ada masalah sama istrinya si mantan, masalahnya sama si mantan gila (punya 2 pula gw mantan gila tp beda kegilaannya) dan keluarganya. Gile ajaaa…. niat banget boongin gw dan keluarga gw. Setlh mereka nikah ya, gw pernah sekali ga sengaja ketemuan sama si mantan dan istrinya di supermarket, gw malah cipika cipiki sama istrinya, itu mantan ngumpet dibalik rak minyak goreng.

    Aaaaahh.. masa muda yg penuh warna warni. Untuuung gw akhirnya sama Mas Boy 😀

    1. Bwuahahahahahhaa. Asli Lalaaaaaaaaaaaa……cerita lo lucu bangeeeeeet. Tu cowo dan keluarganya emang sinting ya. Kok bisa ya ada ortu yang jelas2 mendukung “kegilaan” anaknya. Sesayang-sayangnya ortu sama anak tapi tetep toh ada bener-salah.

      Dan si cewe itu, secara dari cerita lo dia keliatannya baik banget, pastinya punya hati seluas samudra apa ya bisa nerima cowonya balik. Dikawinin pula. *sembah sujud* Kalo gue mah udah ambil langkah seribu pastinya.

      Btw, ini bagian kisah lo “hampir ninggalin Kris kawin sama cowo lain” bukan? Hihihihihihi, penasaran loh gue mau denger ceritanya.

      1. whaaaa.. hahahah! ternyata dikau membaca komen gw di blog ny.pandu!

        setlh diitung2.. ternyata ada 3 mantan gila yg gw punya, dan sepertinya ada 3 mantan lagi yg menganggap gw lah yg gila. eh, jd ada berapa mantan gw??! huaahahahaa..jijay, sok kecakepan banget!

        bukan yg ini yg kasus ninggalin kawin.. klo mau denger cerita yg itu sambil makan nasi padang ajaa, klo tertulis nanti bisa dianggap pencemaran nama baik. gw takut dituntut 2m.. ga ada duitnyaa!

      2. Iya, Laaa…gue baca komen lo di blognya Meta dan langsung penasaran sama kisah cinta lo dan Kris (dan bsm mantan2 lo yg gila2 itu juga…hahahhahaha)

      3. Horee nama gw disebut *hidih pengen eksis amat*

        Gw juga nunggu2 loh ceritanya Lala, abis dia komen di blog. Gak nyangka bisa nemu ceritanya disini. Seru abis deh ini postingan&komen2nya…jadi kepancing buat curcol juga :p

      4. Hahaha, kalo dipikir2 komen2 di sini ini bisa dijadiin satu postingan sendiri ya.
        Dipersilahkan loh kalo mau curcol di sini. Atau sekalian tulis di blog biar lebih puas bisa cerita panjang lebar. Pembaca menunggu nih.

  6. motauaja · · Reply

    LIKE THISSS!!!!!

    Mantap boi, kalo dijadiin buku pasti gue beli 10 buat dibagiin ke sodara dan tetangga… Ayo dibuat lebih deytail lagi isi maki2an dan obat2an penunjang “diet”nya (CTM) etc…. hihi… Oya solmet2 yg saat itu sama2 jadi pejuang cinta melawan perjodohan juga kudunya disebut tuuuuhh, yg kalo ketemuan semua matanya bengkak, pulangnya mampir apotik, HIHIHIHIHIHIHI

    1. Ya ampun beb, kasian bener sodara ama tetangga lo baca kisah ala gak penting begini. Kalo dikasih ke Raam Punjabi boleh lah, kali2 diangkat jadi sinetron dan gue dapet royaltinya.

      Btw, kan pernah ai ceritain obrolan mesra di telepon sama si tante itu waktu kita lg nongkrong di Starbak PS. Gue inget banget komen lo waktu itu “Emang tante Tuhan?”

  7. btw ternyata emang ada hikmah di balik musibah ya… untung dulu akhirnya putus ama si pacar di indo, jadinya dapet suami yang lebih baik kan ya… 🙂

    1. iya banget. Walopun baru lamaaa kemudian berasa kalo ini sebenernya anugrah dibalik prahara. Waktu kejadian sih kagak keliatan sama sekali hikmahnya. Tapi gue anggap ajalah ini pembelajaran hidup gue *sok bijak* 😀

  8. OMG ceritanya seru sekali *makan keripik nunggu lanjutannya*

    BTW ya, dari foto2 lo aja udah keliatan kalo kalian itu temen tapi demen!! Dasar gengsian aja lo ga mau ngaku 😀

    1. Hwahahahahahhaha…akyu memang orangnya ge-eran dan gampang suka sama cowo. Tapi kalo masalah ngaku mah gengsi.

  9. *buat popcorn*
    *menunggu episode berikut*
    jadiannya Rika & Mikko !!!!

    serasa nonton dorama 😉

    1. Rika Akana dan Kanji Nagao…eh, itu mah Tokyo Love Story yah. Kisah gue lebih komplikatid, melibatkan lebih banyak kota, hwauahahahhahaha

  10. ini naskah untuk drama2 korea ya rik? hihihi..
    seruuunyaahh!
    diapain sih mikko sampe klepek2 gitu? hebring bener dikau!

    1. itu kan karena bakat gombalnya yang segede umat. Bikin doi terlihat segitu keplek-kepleknya ke gue. Padahal siiihh…*bentar, gue cek dulu*

      hihihihihihihihi

  11. sumpah…
    Critanya mirip banget ma kakakku yg di bremerhaven……….
    Cm jdnya dia balik lg ke indo ma suaminya yg warga negara Jerman, bule celup gitu, org batak yg dah 3 generasi dsn n bhs indony belepotan….
    Hehehehe

    1. duuuh, kakaknya punya blog ga? jadi pengen baca ceritanya. Kalo perlu sekalian kenalan dan berpeluk2an, kok bisa nasibnya mirip.

      Trus si kakak sekarang tinggal di Indo bersama si bule celup (asli, baru denger istilah bule celup dan ketawa ngakak2). Suami gue malah pengen banget nih cepet2 pindah ke Indo.

  12. aku krg tau dia punya blog atw enggak, dia kakak sepupu dr mamaku….
    Suaminya diboyongnya ke medan, eh dianya ngelonyor ngambil spesialisasi neurology surgery di UCLA med, LA, USA….
    Anakny ditinggal gitu aja ama opungn bpkya dsn……
    Hahahahaha

  13. wah lagi seru2nya di cut gt ajah, kecewa 😦

    1. Sengaja, biar makin penasaran, hehehe, gak deeeng. Emang mood nulisnya baru sampe situ doang. Sampe sekarang masih blon ada mood buat lanjutin.

  14. Seruuuu! Lagi..lagi..lagi.. *ubek2 cr part 1 n 2* 😀

  15. Riik.. Koq kita sama sih? Gue juga pernah putus sama cowok cinta pertama yang gue sangka sebagai cinta sejati gue, gara-gara diana dijodohin. Pas putus dia mengelak kalo dijodohin. Eh bulan depan, dia kewong diem-diem. Lucunya lagi, resepsinya baru dibikin setahun setelah kita putus. Nyusun alibi banget gak sih?

    Oh untunglah selama pacaran sama dia, gue punya banyak gebetan, hahahaha… 😀

    1. Ternyata perjodohan masih jamak ya di jaman sekarang ini. Tapi mantan lo itu bener-bener hati kucing beuneeerrr sampe segitunya bikin strategi. Emang segitu malunya ya kalo ngaku dijodohin? Iiihh, biasa aja lagi.

      Untung jaman pacaran sama sama si dia-yang-dijodohkan-ibunya itu, sama kaya elo, gue juga punya banyak gebetan hahahahahahhaha. Lumayan ada yang menghibur2 dikit.

  16. Winkthink · · Reply

    wahh…pasti perasaan itu udah hilang tak berbekas karena gaya nyritainnya bodor abis. Hebat ih, bisa ngetawain dan nyeritain kisah ‘kelam’ (waktu itu) gituhh…
    Mbak…kok posting terakirnya Juli 2012 siihh…*mulai candu blog ini

    1. halooooooooooo…setelah sekian lama akhirnya aku muncul lagi.
      Abisnya sekaran sibuk berat plus komputerku yang makin hari makin gundul keyboardnya. Susah bgt buat ngetik

  17. […] 1 Part 2 Part 3 Part 4 Part 5 Part 6 Part […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: