sami satriaku telah lahir

Hari Senin, 19 September jam setengah lima pagi mulai kerasa ada kontraksi di perut gue. Aaah, gak mau ge-er. Kalo cuma sekedar kontraksi sih dari berminggu-minggu yang lalu udah sering, tapi manaaaaaa??????? Saminya gak lahir juga tuh.

Jam 5 lewat kontraksinya makin rutin dan astaganagaaa…makin sakit sampe pinggang gue ngilu. Wuidiih, beneran mau lahiran nih. Mulai deh bangunin suami yang nanggepin gue dengan males-malesan. “Beneran mau lahiran?” Iiiih, beneran ini suamiii….

Waktu kontraksinya udah  mencapai 7 menit sekali akhirnya Mikko telepon rumah sakit, kan katanya kalo anak kedua udah boleh ke RS kalo kontraksi udah konstan 10 menit sekali. Ini udah tiap 7 menit loh *bangga*.  Eh tapiiiiii…tetep wae disuruh nunggu di rumah karena ruang bersalinnya penuh. Tunggu beberapa jam lagi, katanya, sebentar lagi ada ruangan kosong. Gigi lo gondrong, sus! Gue kontraksi udah merem melek gini masih disuruh nunggu beberapa jam lagi????? Walopun sakitnya masih dapat gue tahan tapi gue yang cemen ini udah mulai panik dan mendambakan epidural.

Sejam kemudian kontraksinya maju jadi 4 menit sekali. Sekali lagi Mikko telepon RS dan yessss….udah boleh check-in. Gue kira kami tinggal berangkat naik taksi tapi Mikko dapet ide buat nelpon mertua biar sekalian bisa nitipin Kai di mertua. Jangan tanya gimana gue gregetannya nungguin mertua dateng. 20 menit serasa dua juta tahun cahaya lamanya. Udah sakit banget nih perut gue.

Ketika akhirnya mertua dateng, pas semua udah masuk mobil Mikko pake acara ketinggalan entah apa jadi harus balik dulu ke dalem rumah. “Yang sabar, yang sabar”, gue membatin.  Begitu sampe ke mobil Mikko tanya kenapa gue duduk di belakang? Di depan aja biar lebih nyaman bisa rebahan. Dengan napas yang udah pendek-pendek gue cuma bisa jawab sekadarnya

“Udah, gak papa”

“Di depan aja sayang”

“Udah, di sini aja”

“Tapi kan di depan lebih enak”

“Udah, biarin aja aku di sini”

“Di depan bisa rebahan sayang”

“UDAH!!! GAK PAPAAAAAAA!! JUST GET IN SO WE CAN GO NOW!!!!!!!!”

Maaf, kecolongan….saya ngamuk. Pake lama siihhh!

Perjalanan ke RS lancar-lancar aja sebenernya, tapi pastinya berasa seabad buat gue. Berhubung mertua belum pernah ke RSnya, sempat ada acara salah belok yang bikin gue pengen jedot-jedotin kepala. Kapan gue sampe rumah sakit? Kapaaaaaaaannn???? Padahal sih acara salah beloknya ini cuma makan waktu kurang dari satu menit.

Sampe RS , cium-cium Kai trus langsung ngibrit ke bangsal bersalin. Loh tapi…kok…sepiii??? Apa karena masih jam 7 pagi? Mana suster dan bidan siap siaga yang akan langsung memboyongku ke ruang bersalin? Lha…taunya disuruh nunggu dulu booooook! Kamar bersalin masih penuh!

Setelah menunggu tak  berujung (10 menit maksudnya) gue disuruh masuk ke ruang observasi dulu sambil menunggu ruang bersalin yang lagi dibersihkan. Standarlah, dipasangin alat buat CTG ngeliat kontraksi dan heartbeat bayinya.

“Do you want to use any pain killer?”

“Yes, epidural”

“Do you have any special wish on how you want to give birth?”

“Yes, I want epidural!”

Sepertinya sekarang masih terlalu awal untuk epidural, kata bidannya, saya cek bukaan dulu ya.

JRENG JRENG JRENG….seperti mau sidang deg-degannya. Kalo udah sakit gini ternyata masih bukaan satu pingsan aja deh gue. Untungnya sodara-sodaraaaaaaaa……udah bukaan 3! Yeaaaaayyyyyyyyyy!!!!!

“So, can I have epidural now?”

Sayang di sayang, masih ditolak sama si bidan. Lagian siiiiih, kenapa juga kontraksinya jadi turun tiap 6 menit sekali. Tadi aja pas di mobil bisa stabil tiap 4 menit.

Abis cek bukaan itu apalagi kalo bukan di suruh nunggu. Lagi!!!!!! Oh my dijeeeeeee. Ini kok kerjaannya nunggu mulu sih??? Sementara kontraksi gue,yang biarpun cuma enam menit sekali itu, sakitnya makin menjadi-jadi. Tangan Mikko udah gepeng gue remes-remes dan ditengah-tengah kontraksi Mikko ngomong:

“Oh Em Jiii, sayang. I forget my swimming pants. Oh no…I can’t go with you to use the water bath”

“Sayaaaaaaangggg…how can you forget something that important???”

“Abisnya kok istri gak ngingetin?”

“AMPUN DEH YAAAAA.  Istri lagi sakit-sakit gini masih harus inget-ingetin suami cari celana renang? UDAH!! PAKE CELANA DALEM AJA!!”

Kecolongan lagi. Ngamuk ke dua. Ye pegimanaaaa….sakit kontraksinya emang bikin marah.

“Sayang….”

“APA LAGIIII???”

“Gak usah marah doooooong”

Abisnya siiiiiih…suami emang suka ada-ada aja deh.

Untungnya abis itu si bidan dateng dan bilang kalo gue udah bisa masuk ruang bersalin.

“Does it mean I can get the epidural now?”

Epidural lagiiiiiii….epidural lagiiiiiiiiiii yang gue omongin. Tapi masih aja loh gak dikasih.

Dan ternyata gak kejadian Mikko nyebur bak air pake celana dalem. Gue dapet kamar bersalin biasa tanpa  fasilitas water birth.  Namanya juga RS lagi penuh, gak bisa macem-macem minta ini-itu. Dapet kamar aja udah syukur.

Ruang bersalinnya terasa nyaman dengan nuansa pink-putih yang bikin gue jadi lebih rileks. Ada kursi goyang, ada exercise ball dan ada sofa. Semuanya gue jajalin satu-satu mencari posisi enak. Tapi gak ngaruh ya…mau duduk dimanapun tetep aja gue kesakitan teramat sangat.  Lagi sakit-sakit gitu gue jadi kepikiran kenapa juga kemaren gue gak sabar banget mau cepet-cepet lahiran??? Sekarang udah kesakitan begini pengen rasanya nyuruh Sami masuk ke perut lagi. Kapan-kapan aja deh keluarnya, nak. Aiti gak tahan sakitnya.

Tiap 15 menit si bidan masuk untuk ngecek keadaan gue, dan tiap kali pula gue merengek-rengek minta epidural. Atau apa kek, pain killer apa aja gue terima, gue udah gak tahaaaaan. Akhirnya ditawarin pake gas.  Eeeeh, bukannya ngilangin sakit gasnya malah bikin gue pusing. Bikin gue tambah sengsara aja. Langsung deh tuh gas-nya dipensiunkan.

Jam 9an hati bu bidan mulai trenyuh melihat tampang nelongso gue. “You look so tired. Maybe I should check your opening again, let’s hope there is enough opening so we can use the epidural”

Dan…horeeeeeeee……….bukaan gue nambah dan akhirnya gue dapet GO buat pake epidural. Gue senaaaaanggggg sekali sampe bisa senyam-senyum cengengesan.

Tapi beda sama pengalaman di Naistenklinika dulu yang segalanya terjadi dengan sekejap. Di Haikaranpesa kemarin itu prosesnya berjalan cukup lama. Manggil dokternya dulu. Siap-siapin alatnya, tanya jawab dulu

“You mentioned in  your birth plan you want a female docter. What if…”

“Anyone. Just anyone. I don’t care, just give me the epidural!”

Yaaap sodara-sodaraaaaaa…gue udah sedesperado itu.

Setelah akhirnya si dokter anastesi dateng (perempuan!) dimulailah proses penyuntikan. Sakit!!!! Pas pula si dokter nyuntiknya pas gue lagi kontraksi, dobel-dobel deh tuh sakitnya. Selain itu gue juga diinfus oxytocyn untuk memacu kontraksi biar pembukaan berlangsung lebih cepat, tapi karena pake epidural kontraksinya gak bakal terasa sakit. Sayang aja jarum infusnya sakit banget menusuk-nusuk tangan gue, baik bu bidan dan bu dokter kesulitan menemukan pembuluh darah gue, jarum infusnya jadi tidak tepat sasaran dan bikin tangan gue perih ngilu.

Proses pemberian epidural berlangsung sekitar 30 menit dari persiapan sampai kontraksinya mulai terasa hilang. Lama juga ya. Pantes aja banyak orang yang gak sempet pake epidural. Setelah obatnya bekerja sakit kontraksi hilang sama sekali tapi tekanannya masih terasa, jadi insya allah gak akan bingung kalo disuruh ngeden. Dan sama seperti pengalaman lahiran Kai, epidural memberi efek gatel-gatel di dada buat gue, dan kali ini juga plus efek sedikit menggigil. Tapi cincailah…jauh lebih baik daripada sakit kontraksi.

Sekitar dua jam kemudian efek epidural mulai menghilang dan gue mulai panik waktu kontraksinya kembali terasa sakit. Tapi rupanya gue udah pembukaan penuh jadi sama bidannya malah disuruh push. Eng ing engggggg…….ini dia yang paling gue takuti. Inget pengalaman nge-push Kai selama 1 jam 20 menit, pake acara nangis-nangis dan berakhir dengan episiotomi.

“Ok, you can push when the contraction comes”

Lha, pegimana nge-push nya ini? Kok gak dikasih tau?

Tapi toh gue coba-coba juga sambil berusaha inget-inget cerita orang tentang proses nge-push. Katanya pusatkan di daerah perut bawah ya? Leher ditekuk? Eh, apa malah ga boleh ditekuk? Trus ga boleh merem?  Et daaah gue bingung.

Kontraksi berikutnya sebelum nge-push gue tanya ke bidannya

“Gimana caranya? Saya gak tau ngepushnya harus begimana? Any tips?

Dan keluarlah kata-kata bijak sang bidan:

“Just push like when you want to go to the toilet”

Oooooowww…kalo gitu sih gue bisaaaaaaaaa

Jadi ngeden lah gue. Gak lagi pikir-pikir tentang segala macem teori nge-push. Seperti kata bidannya, anggap aja lagi ngendon di toilet.

Nge-push pertama rambutnya Sami mulai keliatan

Nge-push kedua kepalanya keluar (dan asli sakit banget loh ada kepala nyangkut di tengah2 gitu)

Nge-push ketiga Sami Satria Marttinen terlahir di jam 12.18 siang.

PLONG………legaaaaaa banget rasanya. Gue bangga bukan main berasa jadi juara apa gitu. Seneng banget hal yang paling gue takuti ternyata bisa terlewati dengan luar biasa lancar. Kalo dulu nge-push Kai sampai satu jam lebih, kali ini ngeluarin Sami cukup 5 menit aja.

Sampai di situ semua berjalan dengan sempurna. Epidural dapet, nge-push lancar dan IMD pun sukses. Tinggal mandi trus masuk kamar inap maka pengalaman lahiran gue bisa dibilang perfect 10.

Tapi ternyata di tengah-tengah IMD gue ngerasa air ketuban gue keluar lagi. Buanyaaaak. No worries lah ya, sisa yang di dalem perut kali.

Gak lama kemudian keluar lagi. Banjiiiiiiir. Mikko pun memanggil bidan ke kamar.

Ternyata yang keluar darah. Bukan air ketuban. Sedikit tidak normal tapi belum tahap mengkhawatirkan kata bu bidan. Sama doi perut gue dipencet-pencet sampe bonyok. Asli sakitnyaaaaaa. Mana perut abis lahiran kan gendut tapi kopong gitu kan ya, mirip deh sama orang yang lagi ngempesin adonan roti.

Beberapa jam kemudian masih aja  gue bleeding walopun udah dikasih obat sama bidannya, tapi untungnya gue baik-baik aja. Gak pusing, gak lemes, tapi kalo laper sih iya.  Agak sorean akhirnya dipanggil dokter buat ngecek keadaan gue. Dan ternyata dokternya laki-laki! Dan datengnya bersama serombongan intern yang ikutan ngecek gue satu-satu. Mirip banget sama adegan di Grey’s anatomy. Tapi guenya kan tengsin boooooow. Secara yang diperiksa daerah bawah sana gitu loh!!!!

Sama dokternya dikasih pil yang harus gue kulum di bawah lidah gue

“We try this one medicine first, if this doesn’t work then we will take you to the operation room to see if there is something in your uterus. But everything here is under control, so we are not worried and you shouldn’t be either”

Yang bener aja dong,  brur! Seumur hidup gue orang  belum pernah masuk ruang operasi, manalah bisa disuruh gak worry.

Tapi untungnya obat pak dokter terbukti manjur, pendarahan gue berkurang walopun efeknya bikin badan gue menggigil gak karuan. Rupanya kinerja si obat membuat suhu badan gue naik drastis dalam  tempo yang sesingkat-singkatnya. Suhu badan melonjak sampe 40 derajat dan akhirnya badan menggeletar hebat kedinginan.

Ada lima lapis selimut menutupi badan gue plus tiga kantong air panas yang disebar di kaki, leher dan dada, tapi tetep aja gue kedinginan teramat sangat. Kaki gue diusap-usap sama bu bidan sementara Mikko mengusap-ngusap tangan, kepala, kuping, pipi…singkat kata seluruh senti tubuh gue kedinginan sampe akhirnya pecah juga air mata gue di situ. Gue nangis sambil menggigil, tapi juga sekaligus senang  waktu Mikko menempelkan keningnya ke kening  gue. Biar muka gue juga hangat. Ada kali 15 menitan kami beradu kening gitu, pastinya pegel banget buat Mikko sementara guenya kan tinggal tiduran aja. Baik sekali kamu suamiku.

Getaran badan gue mereda setelah 45 menit walaupun tetap demam dan masih aja kedinginan. Udah jam 6 sore, udah bosen juga di ruang bersalin gue pun mandi dan ganti baju biar segeran dikit. Kalo dulu di Naistenklinika gue terheran-heran ada dua perawat yang mandiin dan makein gue baju, sekarang di Haikaranpesa gue malah disuruh mandi sendiri. Kecewa deeeeeh…untung ada Mikko yang bantuin gue pake baju sekaligus mengelap darah nifas yang mengalir di paha gue. Makin cinta rasanya sama cowo satu itu.

Sambil duduk di kursi roda gue di bawa ke ruang  rawat inap. Alhamdulillah dapet family room jadi Mikko bisa ikut nginep. Karena jam makan malam udah lewat yang terisa cuma roti-rotian aja di kantin, tapi berhubung laper yah, gue makannya lahap luar biasa. Cuma roti tawar sama selembar keju aja rasanya kok bisa enak bambang begindang.

Abis makan apalagi kalo bukan tidur dengan selimut berlapis-lapis. Untung banget malam itu Sami masih anteng, tidur semaleman sampe pagi, gue pun jadi cukup berisitirahat. Paginya demam gue udah ilang sama sekali,siang-siang udah lepas infus, I am ready to rock and roll *boong banget, masih meringis-ringis kesakitan karena ternyata kram-kram perut abis lahiran sakitnya sungguh durjana*

Siangan dikit mertua dateng sambil bawa Kai yang tampak ragu-ragu mendekati gue. Bingung kayanya liat gue gendong anak lain. Tapi Kai baik sekali sama Sami dan seharian puas lari-larian di RS. Gue dan Mikko yang malah kewalahan, takut diusir. Esok siangnya kamipun memutuskan pulang ke rumah biar Kai bisa puas main-main tanpa takut mengganggu orang lain.

Sebelum cabut dari RS harus isi angket dulu dan waktu disuruh kasih skor pengalaman melahirkan di Haikaranpesa gue kasih angka 8. Biarpun pake nangis-nangis kedinginan tapi secara keseluruhan kelahiran Sami ini terasa sangat mudah dan lancar buat gue. Iya lah ya…bandingannya sama lahiran Kai sih, yang prosesnya 40 jam, pake induksi, episiotomi, susah ngeden dan jelas bikin trauma. Kalo lancar begini siihhh….punya bayi lagi? Siapa takuuuuuuuutttttttt.

Nah, begitu sampe rumah…baru deeeh, mulai begadang sampe encok pegel linu tiada tara. Tiap malam terkapar KO padahal baru juga jam setengah sembilan. Punya anak lagi? E buseeeetttttttttt, aku tak sangguuuuupppppp.

25 comments

  1. congrats ya rik!!!
    wah perjuangan bener ya…. 😀

    mana potonyaaa.. manaaa….

    1. oh iyaaa…pantes rasanya kok ada yang kurang. Gue lupa naro foto. Besok deh. *biasa…lupa naro kamera dimana*

  2. Selamat tuk kelahiran Sami Satria, selamat prosesnya lancar aja… Sama jg ya? Nglewatin melahirkan lancar ga mslh tuk punya anak ke 2, tp stlh lewati hari2 bersama newborn… OH TIDAK !!!
    Ya, selamat dah jd ibu 2 anak 😀
    Tambah seru pastinya kalau jalan2 😉

    1. Si ibu dua anak ini sudah teramat sangat mendambakan liburan. Udah bosen banget terkungkup di rumah dan rutinitasnya. Tapi gak tau deh…mikirin jalan bawa dua anak kecil2 gitu rasanya seperti gambilng 50% seru 50% refooottt

  3. HAHAHAHA, TIDAAAAK!!! (ketawa tapi setres!)
    Selamat datang baby Sami, kapan kita bersua?

    Duh baca cerita yg sungguh apa adanya ini makin ngelus-ngelus IUD deh, mikir sejuta kali kalo mau lepas..
    Gue ngga peduli deh omongan ibu yg berbunga-bunga anaknya banyak,
    begadang dan capeknya itu lho yg rasanya males bgt ngulangnya lagi..

    ENJOY RIKAAA! DOAKU BERSAMAMUUU!

    1. Emveerrrrr….masa-masa newborn emang paling berat. Gue males banget nih keluar rumah karena lagi newborn gini kan dikit-dikit nenen, dikit-dikit nenen. Baru juga jalan semeter udah oek-oek, langsung kelabakan cari kursi trus bret-bret-bret buka kancing baju.

      Tapi nanti dong tiga tahun lagi, anak dua udah pada masuk daycare, gue tinggal ongkang-ongkang kaki aja di rumah. Hoahahahahahahaha. Syedaaaaap

  4. *peluuuuukkkk*
    entah kenapa cuman pengen peluk aja.
    ya nambah komen deh… selamat tengkurepan lagi… aku mendambakan bisa tengkurep.

    1. teletubbiiieeeeeeesssss

      gue masih susah tengkurep, La. Baru juga mau tidur Saminya bangun minta nyusu, tidur miring lagi deh

  5. Gue kebayang lho adegan Mikko dimarah2in, abisan gimana ya dia ga ngerasain sakitnya kontraksi eh masa kita yang kontraksi masih disuruh ngingetin bawa celana renang 😀 Tapi dia baik lho, tetep pasrah walopun dimarahin istri hahaha… AKu terharu baca bagian dia nempelin keningnya.

    Mana nih fotonya Sami, dipajang di sini dong. Selamat ya, Rik, mudah2an bisa cepet liburan ber4 🙂

    1. Hahahaha, drama-drama lahiran.

      Biarpun di awal-awal suka bikin gue sewot tapi ternyata Mikko sungguh berbakti selama nemenin gue di ruang lahiran.

      Iya nih, rencana mau masang foto di sini tapi kok maleeeesss.

  6. Congrats ya Rika 🙂 Bacanya terharu sambil meringis ikut ngerasain deritamu, tekad gw makin bulat deh buat caesar ajahhh nanti2.klo hamil lagi hihihihi. Btw knp Kai blm msuk daycare ya? Anak gw dah resmi sekolah nih di umurnya 13m 😀 nikmat dunia deh bener hihi

    1. Udah daftar, Joan. Daftarin Kai ke daycara daaaaaan….ditolak aja looooh. Gue sampe mau pingsan pas denger penolakannya, waktu itu udah pede aja Kai mau masuk Daycare sebelum Sami lahir.

      Katanya daycare di sini lg pada penuh, waiting listnya panjang dan mereka memprioritaskan anak2 yang kedua ortunya bekerja. Yang IRT kaya rumah gue gini mah kelaut aja.

      Jan-Feb tahun depan mau coba daftar lagi, walopun kayanya bakal ditolak lagi 😦

      Disini gak bisa minta cesar sih, kalo bisa kayanya gue udah daftar dari pertama tau hamil

  7. Rik, gue terharu baca Miko nempelin keningnya di keninglo. Jadi inget laki gue yang merem melek pas gue tonjokin perutnya saat gue lagi kontraksi. Ah biar kadang-kadang suka nyebelin, mereka suami-suami yang tangguh ya! 🙂

    Btw samaan sm Gemma, gue mau elus-elus IUD dulu deh yee.. Tak sanggup aku menghadapi 2 krucil sekaligus kayaklo. Setreesss…. *peluk Rika*

    1. Nadira kan udah lebih gede dari Kai, Ra. Pastinya udah lebih gampangan. Kalo kaya gue sekarang yang masih ganti popok dua anak, pakein baju dua anak, dllnya emang refooootttt

  8. Ah, gw baru baca. Ngakak baca yg lo ngamuk. Emang ya kl udah gitu rasanya susah jadi ‘wanita manis manja’. Tapi thumbs up buat Miko.
    Dan setuju, menurut gw gas itu ga jelas gunanya, malah bikin bingung. Pokoknya epidural pilihan yg ga bikin menyesal. Hahaha..
    Sekali lagi selamat datang ya Sami.. Bilang sama aiti suruh upload more photos!

    1. Ternyata kalo lagi kontraksi susah buat tetep jaim. Senggol dikit bacok.

      Temen2 gue yg pake gas juga bilang gak ada ngaruhnya tuh. Jadi penasaran, ada fungsinya gak sih tuh gas? Bikin repot aja.

      Pokoknya HIDUP EPIDURAL, ya Lan?? 😀

  9. Gue bacanya jadi jipeeeeeeeeeeeeer, hoahahahahahaha. andai bisa nyuruh SN aja yang hamdun, wkwwkwkwk

    welcome to the wild world Sami…

    1. Auuuuuwww, gue kalo bisa pengennya gantian deh Mikko yang hamil dan ngelahirin.

      Tapi tetep sih, sakit-sakit kontraksi ini ternyata gak seberapa dibandingkan perjuangan setelah anaknya lahir. Paling gak sakit kontraksi cuma sehari, ngurus anak seumur hidup booo. Bagian begadangnya aja bisa 1-2 tahun.

      Nanti pun lo bakal mengurus dua anak sekaligus ya, si bebi dan Dex.

  10. Ahihihihi, kenapa aku selalu ketawa tiap postingan yang berbau drama ya..
    Karena ceritanya dari sudut pandang penderita yang pake ilustrasi lucu..
    Nice story rika… 🙂

    1. gue pun selalu suka cerita2 yg dramatis. Terbukti memang, manusia emang suka drama …halaaah…

  11. hwoaaaa baca ini kok gw jadi sedikit berharap punya anak kedua lebih gampang prosesnya. gw kontraksi 56 jam rikaa. aih matiiiii… sama persis sis sis sampai ngeden 1 jaman sendiri. padahal tiap hari nonton video persiapan persalinan *pungutinotak

    1. 56 jam Shin? Ampun Dijeeeeyyyyy….trus gak pake epidural pula ya? Jagoan neon sungguh! Gue udah pingsan kali kalo tanpa epidural.

      Tapi ngeden gak sukses2 itu ternyata stressnya ngalahin sakit kontraksi ya.

      Banyak yang bilang kalo anak kedua bakal lebih cepet dan lebih lancar. Alhamdulillah kejadian ke gue. Coba lo praktekkan juga. Hihihihih

  12. harnasta · · Reply

    Antara ketawa sm terharu bacanya. Inget waktu lahiran si kunyil, anak pertama tp lumayan cepet prosesnya. Mulai dari kontraksi smp brojol cm 2,5 jam aja dan 3x ngeden.
    Perjalanan dari rumah di pamulang smp ke eka bsd pun dijabanin naik motor sambil kontraksi krn kl naksi bakalan brojol di taksi saking itu jalur macet yg dilewati

    1. waaaw, seperti mejik, anak pertama proses lahirnya 2,5 jam aja. Itu kan ibarat mukjizat. Iiisssh, aku iriiiiii.
      Lahirannya pas lagi rush hour ya? Emang daerah victor situ macica moechtar amaaaaat

  13. harnasta · · Reply

    Sore mbak rika hari sabtu pula. Krn pembangunan jalan ciater yg tak kunjung kelar waktu itu. Di perjalanan malah suami yg bawel nanya2 masih kuat gak? Mau beli minum gak? Mau berhenti dulu?
    Eeeeerrrr….mau cepet sampe ekaaaaaaa

Leave a Reply

