lebaran 2011

Di sini lebarannya hari Selasa, jadi curi start sehari kalo dibanding sama Indonesia. Kasian juga kalo diperpanjang kali yaaa, soalnya puasanya juga panjang bener karena lagi musim panas.

Sholat Ied di KBRI mulai jam 10 pagi. Untung aje yeee…kalo mulainya jam 7 pagi kaya di Jakarta bisa dipastikan gue gak bakal sampe. Lumayan perjuangan soalnya dari Kerava ke KBRI, harus naik kereta trus sambung naik bis.

Yang niatnya mau memulai hari raya dengan khusyuk ternyata tetep dooooong, seperti biasa penuh hura-hara dan grasa grusu. Pagi itu gue harus tes urine karena di tes sebelumnya ada indikasi protein dan leukosit (??? bener ga ya gue dengernya???) di urin gue. Sama bu bidan udah dikasih segala perlengkapan buat ambil sample urin-nya di rumah, tapi seperti biasalah…petunjuknya pake bahasa sini. Si suami cuma baca sekilas dan menjelaskan secara sekilas juga ke gue…tapi namanya tes urin apa susahnya sih? Tinggal dipipisin doang toh?

Baru gue selesai pipis ternyata ada harus begininya harus begitunya…..huuuuuuh, bikin gemes. Jadi agak salah-salahan deh sama suami. Yang harusnya cuma 5 menit akhirnya jadi setengah jam buat ambil sample urin doang. Abis itu suami jalan ke puskesmas untuk nganterin sample urin gue itu sementara gue di tetep di rumah buat bersiap-siap diri.

Kai nangis-nangis histeris liat isi-nya pergi. Dari bangun tidur dia udah semangat banget dibilangin hari itu mau pergi lebaran, jadi begitu liat isi pergi gak ajak-ajak anaknya langsung ngamuk. Susaaaaah banget diajak mandi sama ganti baju. Begitu Mikko sampai di rumah lagi baru anaknya anteng tapi langsung gak mau lepas dari isinya. Ribet deeeeeh. Tau-tau udah hampir jam 9 aja. Mulai panik bakal ketinggalan kereta. Seperti biasa Mikko langsung keluar jiwa retoriknya, gue diuber dan diburu-buru. Hadeeeh, asli deeeh, gue ini makin diuber makin panikan dan makin lelet sebenernya, hampir gue teriak “Udaaaaahh…biarin aja ga sholat Ied, yang penting aku jangan diburu-buru”

Tapi sayang juga kalo ga sholat Ied kan? Akhirnya sambil terpontang-panting gue pun taro Kai di stroller, nyamber tas dan lari-lari ke stasiun. Bubar jalan niat mau pilih-pilih  tema baju buat sekeluarga. Niat mau bikin foto keluarga samara pun terpaksa dibatalkan juga. Pas di kereta suami pake bilang segala “Aku bawa kameranya tapi ternyata batrenya abis”. Maaaaaakkkkk…..nasibkuuuuuuuu!

Sampai di KBRi 9.40. Masih sepiiiiiii. Jam 10 lewat sedikit sholat dimulai dan tetap keadaannya gak terlalu rame. Padahal kirain bakal sholat sambil berdesak-desakan karena kan KBRI sini kecil banget ruangannya.

Pas banget jam 10 itu jamnya Kai bobo siang, jadilah anaknya rewel dan maunya  nempel ke gue melulu. Gak papa juga sih, dia udah biasa liat gue sholat (biarpun sambil gegulingan di sejadah bikin sujud gue jadi mencong-mencong), gue cuma berharap sholatnya gak kelamaan biar Kai gak keburu bosen. Ternyata sholatnya lumayan singkat. Dan Kai jadi anak baik selama gue sholat itu, tenang berdiri di samping gue sambil terkagum-kagum liat suasana sholat jamaah. Memang baru pertamakali gue ajak Kai sholat Ied, alhamdulillah semuanya lancar.

Abis sholat gue nyadar kalo telepon gak ada di tas. Langsung panik. Masa ilang lagi siiiiiih? Telepon baru iniiiiiii! Cicilannya  masih dua tahun ke depan!!!!!!!!! Jadinya pas Kai meleng sedikit gue lari ke luar gedung buat ngecek stroller. Gak ada juga di sana!! Beneran ilang apa yah? Gak lama kedengeran suara anak nangis keraaaaaaaaaas sekali. Kai!!! Anaknya ngamuk gue tinggal gak bilang-bilang. Biarpun nangisnya sebentar tapi gelegarnya kedengeran satu kelurahan. Ternyataaa…teleponnya ada di kantong suami. Haiiyyaaaaaaa. Pas halal bihalal semua orang komentarnya sama “Naah, ini yah yang tadi nangisnya kenceng banget?”

Jam 12 lanjut acara makan siang. Udah siapin perut dari pagi sengaja gak sarapan demi hidangan lebaran ini….tapi..tapiiiiiiii…saya agak kecewa. Hidangannya jauh dari yang dibayangkan. Ada lontong, lodeh, sambel goreng ati dan opor ayam. Gue gak suka opor dan sambel goreng ati, maklum dooong, lidah sumatra…lebarannya harus pake rendang, gule nangka sama tauco. Jadi kemarin itu gue cuma makan lontong pake lodeh dan sambel. Tapi tetep sih….nambahnya dua kali (lhaaaaa???)

Tahun-tahun kemarin halbil di sini selalu dirayakan di wisma duta dan kalo di sana bisa dipastikan makanannya super meriah. Tapi tahun ini di Finlandia lagi ga ada Dubes Indonesia yang bertugas karena dubes yang lama sudah pulang sementara penggantinya belum datang. Makanya halbil-nya agak sepi.

Pulang dari KBRI gue dan Mikko sama-sama mengeluh kalo kami berdua meresa kecele sama hidangan lebarannya. Jadinya kami berniat hari berikutnya harus makan di resto buat meng-kompensasi kekecewaan hari ini.

Hari Rabu ini, di saat penduduk Indonesia lagi euforia makan ketupat, kamipun makan di Rosso. Makan pasta sama pizza, abis itu  mampir Kulma Konditoria buat beli kue. Gak ada nastar atau kastengel, tapi cukup hepi makan cheesecake, sacher sama tiramisu. Itulah hidangan lebaran kami tahun ini.

Disempetin juga belanja bahan-bahan rendang di Prisma sebelum pulang. Pokonya gak afdol lebaran kalo ga pake rendang, bukan begitu??? Niatnya sih mau dimasak besok tapiiiii…. kalo melihat mood gue yang belakangan ngajak tidur mulu setiap saat….yah, mungkin lebaran haji nanti rendangnya baru jadi.

Eid Mubarak semuanyaaaaaaaaaaa

Berhubung gak jadi bikin foto keluarga di sofa ruang tamu, akhirnya cuma foto2 seadanya di Rosso. Yang kaya begini mah ga bisa dibikin jadi kartu ucapan lebaran yang biasanya bergambar keluarga bahagia plus grafiran kata-kata indah. Kacimaaannn deh gueee. Niat mau poto keluarga kok gak pernah kesampean.

Advertisements

18 comments

  1. istrinyabayu · · Reply

    kasian bener. Nih ya report dr rumah Samarra kmrn :P, menunya ketupat, gulai nangka, rendang dan telor balado. Padang banged dahhhh!! *menebar dengki*

    krn kmrn sore ada halal bihalal, jadi menu kmrn msh bs dimakan hari ini. hihihihi

    1. Gile loooooo. Semua masak sendiri tuh??? Sembah sujud gueeeee.

      Gue sih sengaja gak masak, Fi karena mikirnya mau makan gila di KBRI, hahahahahahhaa!!! Skrg malah jadi panas nih, kayanya besok sekalian dikomplitin rendangnya pake lontong sama gule nangka. Eh ya, gule nangka padang tuh pake buncis atau kacang panjang ya?

      1. istrinyabayu · · Reply

        rendangnya mah masak dr kapan tau, trus masuk freezer.

        Pake kacang panjang sama kol. Bye bye diet

      2. plus sambel balado.
        duuuh, ngences-ngences gue jadinya

      3. istrinyabayu · · Reply

        kmrn bawa gulai ayam ke halal bihalal. Ceritanya mo nyaingin Sederhana gitu loh *KW 10 lah*

      4. Ayam kampung apa broiler? Gue udah lama bgt nih ngidam makan gule ayam tapi kesulitan nemu ayam kampung di sini.

        Btw, lo masak sebanyak itu Marra ditaro manaaa? Kok bisaaaa?

      5. istrinyabayu · · Reply

        yg halal disini ayam kampung. kecil2 gitu deh..
        Emang kalo pake broiler knp?

        Huahahaha…sumpah kmrn gue udah mo jedot2in kepala ke tembok. Marra lagi teething, sedangkan gue dah janji bawa si ayam sama lasagna. Akhirnya gue masak sambil gendong tu bocah.
        Pake acara jatoh dr tempat tidur pula dia kmrn 😥

        Masak gule ayam sama nangkanya mah cepet, tinggal masukin bumbu yg udah di blender aja ma santan

      6. kan biar makin mirip sama Sederhana. Ayam kampung kan legit-legit empuk manis gitu. Trus makannya sampe tulangnya di isep-isep. Sedaaaap. Ayam broiler…yah…kurang oke lah, kegedean di daging dan agak hambar.

        Gileee loooo, masih kuat gendong2 Marra. Sambil masak pula. *Nawarin kalpanax…eh, salah ya….tolak angin?*

        Gue tuh plg males proses nyiapin bumbu2nya itu. Masakan Indonesia kan bumbunya segambreng. Ngupas2in bawang, jahe, kunyit…duuuuhhh…walopun pas udah jadi kebayar semua rasanya semua titik keringat yang keluar.

      7. istrinyabayu · · Reply

        idih lo kaya Bayu deh suka ngisep2 tulang, gue mah ngambil dagingnya doang *kan ningrat 😛

        kunyit sih pake bubuk aja, drpd bikin dekil tangan. Paling bete emang ngupas bawang merah, pake acara nangis2 segala lagih

      8. coba itu ayam gulainya dikirim kemari dong… 😛

  2. met Idul Fitri ya!!
    mohon maap lahir batin!

    sayang ya di kbri gak poto2… lagian kok bawa kamera tapi baterenya abis sih. hahaha.

    1. Makasih, Man. Maap lahir batin juga.
      Niatnya baca kamera emang mau foto2 tapi karena malemnya gak di cek dulu kejadian deh bawa kamera batrenya abis. Bodor emang.

  3. si.tukang.nyampah · · Reply

    nyiahahahahah….kalah lo ama kita disini. kita gak lebaran tapi makan2 ramean di rumah gue. menunya ketupat, sayur godog, sambel ati, ayam goreng……dan RENDANG ala PADANG!!! huahahahahaha *ketawa jumawa*. Errr…ini acara makan2 sebenernya gue aja sih yang banci tampil….mentang2 udah bisa bikin rendang, jadi mo pamer gitchuuuuuuu maksudnyah….. gyahahahahahaha *dilempar wajan*

    eh, gue juga heran deh, kenapa sih para suami ituh demennya ngeburu-buru istrinya yah… bokap gue gitu, SN jugak….haizzzz…bikin tambah stress. trus ntar kalo ada yang ketinggalan….berantem dah, hihihihihihi

    Last but not least…Met idul fitri yaaaaah. maapin eikeh kalo ada salah2 comment, yes?!

    *ketjup*

    1. Ini apaaaaaa iniiiiiiiiiii?????
      Kenapa malah pada pamer makanan sik? Gue makin panas dingin dengernya.

      Dan lo bisa bisa bikin rendang padang? Huuuhhhh….jadi panas gue. *Langsung lari ke dapur dan mengeluarkan bumbu Indofood*. Gue pernah loh bikin rendang from scratch, tapi gak sukses, abis itu kembali lagi ke bumbu Indofood atau Bamboe. Beneran nih lo bisa bkn yg orijinal padang banget? Coba dooong resepnya dibagiiiii. Fotonya dipajang di blog.

      Trus…soal diburu2..embeeeeerrrrrr, cowo2 tuh pd demen banget ngeburu2 cewe. Kaya kita ga nyadar aja kalo udah terlambat, ga usah diuber2 pun udah panik banget itu sebenernyaaaaaa. Dan sama kaya elo, kalo udah keburu2 gitu pasti ada ajaaaa yg ketinggalan. Lebih sebel lagi kalo saltum, lagi winter gue pernah dong salah pake jaket, hasilnya kedinginan dan pundung seharian.

  4. Selamat Belated Lebaran Rika and keluarga. Mohon maaf lahir batin yaah.

    Ga niat manas2in siiih tp gimana ya… kalau lebaran di Indonesia mah udah pasti lengkap.. Jangankan rendang, gulai asam padeh aja ada di menu keluarga bokap. Dessert nya lemang + srikaya… ada jg sih yg bawain devil’s chocolate cake harvest.

    Di Kel. nyokap agak aneh menunya.. sampe bakso dan pempek2 aja ada. Belum keliling2 ke rumah tetua2 lain.. whaaaa… nanti dirimu bisa kontraksi dini lagi kalau diceritain 😀

    1. Aduuuuuuuh, ini lagi yg bkn hidup gue serasa nelongso di sini. Pempek lah. Asem padeh lah.

      Dan itu lemang+srikaya……onde mandeeeeee…rancak bananya itu. Padang banget, La!!! Di keluarga gue juga ada tuh lemang tp makannya pake tape ketan.

      Gue sendiri biasanya cukup sekali aja makan ketupat dan teman2nya, setelah itu pengennya makan yg lain2 kalo bisa non santan. Makanya gue seneng banget kalo hidangannya agak melenceng sedikit dari standar hidangan lebaran. Bakso, pempek, tekwan, lasagna….aaahhh…makin puasssssssssss rasanya.

  5. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin ya 🙂

    Lebaran di rumah mertua menunya rendang, sayur pepaya muda, lontong, gule entok sama entah apa lagi (pokoknya semua ada). Di rumah nyokap menunya tak lain tak bukan adalah soto banjar komplit favorit gue 😀 Karena beda kali ya sama menu2 lain yang bersantan, makanya gue doyan banget.

    Cerita lo seruuu 😀 Gpp lah agak2 heboh gitu, biar bisa dikenang terus (walopun pas kejadian sih mo mewek hihi).

    Pas mo sholat gue juga ada drama dikit, Nara ga mau dipakein baju koko yang udah dibeli khusus buat lebaran *nangis mewek*. Dia malah ke koper dan ngambil celana jeans + sweater pergi, dia pikir sholat Ied di lapangan itu dingin semriwing kayak di mall kali ya.

    1. Sama-sama Otty…mohon maaf lahir batin juga dari Kerava. Titip peluk buat Mas Nara ya.

      Gule entok tu apa ya, ty? Gue baru denger deh. Dan gue juga kaya elo, kalo makanannya bersantan terus jadi eneg, jadi seneng banget kalo ketemu yg seger-seger.

      Buset deh Naraaa…di Jakarta jam 7 udah panas….masa pake sweater sih, nanti sholatnya keringetan loh, hehehhehehehhe. Tapi bawa anak sholat Ied itu bener-bener pengalaman banget ya. GUe awalnya deg-degan abis, secara gue sholatnya indoor gitu, kalo anaknya berisik satu gedung terganggu. Untungnya lancar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: