berubah!

Tahun lalu setiap gue suntuk liat rumah yang berantakan si suami cuma melempar pandangan sambil bertanya “Apanya sih yang berantakan? Biasa aja kok”. O Em Ji O My DiJe!!!! Langsung mau marah-marah rasanya. Apanya ini yang biasa aja kalo sofa ketutup koran semua? Baju kotor numpuk di lantai? Piring dan gelas bertaburan di dapur?????

Tapi kemarin pagi waktu bangun tidur dan keluar kamar liat hamburan koran dan onggokan piring kotor gue diem aja. Pasrah. Rela. Soalnya Mikko udah membiarkan gue tidur sampai jam 9.30 sementara dia bangun dari jam 6 nemenin Kai yang pagi-pagi udah ceria aja. Gak lama kemudian giliran Mikko buat tidur siang, ngumpulin tenaga karena dia harus kerja shift malam hari itu. Sebelum ke kamar dia cium pipi gue sambil bilang “Maaf ya sayaaang for all the mess. I promise I will clean the house after I sleep”

Aaaaaaaah, ternyata manusia memang bisa berubah. Biarpun gak secepat kilat tapi sedikit demi sedikit menjadi bukit (gak nyambung!!!). Yang jelas sekarang Mikko udah lebih perhatian sama kerapihan rumah. Hari ini waktu gue tidur siang (iyeee…sekarang ini kerjaan gue tidur muluuuuu, ngantuknya kaya abis disengat nyamuk tse-tse) rupa-rupanya Mikko membuang sampah keluar. Semua tempat sampahnya pun sudah dilapisin dengan plastic liner yang baru. Ditambah piring-piring bersih yang sudah terlepak rapih di tempatnya dan piring kotor yang sudah masuk dishwasher. Senaaaaaaang.

Gue sendiri juga berubah kok. Dulu-dulu mah mana bisa gue ngurus rumah barang seujung kukupun. Selalu rasanya gak ada waktu. Tapi ternyata urusan beres berberes ini emang harus dengan memaksa diri keluar dari kemalasan. Kalo dulu bangun tidur langsung ngenet barang sejam-dua jam (atau malah tiga). Sekarang cukup cek email sebentar trus langsung giat beres-beres dapur, loading-unloading dishwasher dan sapu-sapu rumah sedikit. Tentunya sambil melayani bos kecil makan, minum susu dan ganti popok.

Benda ini juga jadi penyelamat hidupku:

Vax S2 Steam Mop (pic from direct.tesco.com)

Awalnya urusan bersihin lantai jadi tanggung jawab Mikko tiap minggu. Tapi yaaa..gitu deh. Banyakan lupanya daripada dikerjainnya. Gue gemeesss sama lantai rumah yang kotor dan lengket-lengket tapi juga males bener ngepel basah sambil bawa-bawa ember. Akhirnya minta (memaksa) Mikko untuk beli steam mop. Setelah proses bimbang dalam pilih-pilih merk (yang asli memakan waktu lamaaaaaaaa sekali) si steam mop dateng juga di depan pintu. Setelah dijajal, seperti janjinya memang mengepel pake steam mop itu lebih gampang, lebih cepat, dan lebih bersih. Rasanya pengen guling-guling di lantai yang setelah di steam-mop jadi bersih dan gak lengket-lengket lagi.

Sekarang gue bagaikan ketagihan aja sama lantai bersih. Kotor dikit harus disapu, harus di pel. Jadilah gue nyapu 2-3 kali sehari dan ngepel tiap 2 hari. Untung rumah gue kecil banget ya bok, jadi encoknya gak seberapa. Mikko? Ongkang-ongkang kaki aja terbebas dari kebebasan vakum dan ngepel. Tapi sebagai gantinya gue minta dibeliin karpet biar rumah gue ada warna-warninya sedikit gak cuma putih abu-abu aja seperti standarnya rumah kontrakan di negara kulkas sini. Lampu hijau sudah diberikan, tinggal bergerak aja ke toko buat beli karpetnya. Tapi seperti biasa dong, milih karpet aja bagaikan hidup dan mati buat gue, bimbangnya bisa sejuta tahun. Tiap hari ke toko buat liat karpet yang sama tapi gak dibeli-beli juga. Tiap hari buka-buka website Ikea, Ellos, Hobby Hall dan lain-lain tapi tetep aja bingung mau pilih yang mana. Kesannya kalo salah pilih karpet langsung kiamat dunia ini.

Yah, rumah ini masih jauh dari rapi. Coba liat lemari baju kami, begitu pintu dibuka baju-bajunya langsung berjatuhan. Udah ada niat buat bebenah lemari tapi masih belum kesampean sampe hari ini. Mudah-mudahan sebelum Sami lahir baju-baju kami semua udah lebih rapi tersusuh. Dan gue juga punya satu obsesi lagi: beli garment steamer.

Sori-sori ya, gue paling ogah nyetrika! Benci beneeer gue sama kerjaan satu itu. Katanya pake steamer jauh lebih gampang dan lebih cepat. Biarpun gak bakal tiap hari dipake tapi rasanya gue butuh banget buat ngerapihin baju-baju bahan katun gue yang sekali dipake trus nganggur sampe sekarang karena kusut masai setelah dicuci. Dan kasian Mikko juga, tiap hari pergi kerja bajunya keriting begitu. Dia sih gak peduli, tapi kan kadang-kadang pengen rasanya gue beromantis ria dengan cara nyetrikain baju suami 😀

18 comments

  1. istrinyabayu · · Reply

    garment steamer adalah penyelamat bangsa!

    Eh tapi yah, skrg kan full pake dryer, yg gue setrika cuma kemeja bayu. Gue setrika pake setrikaan biasa, rasanya kok kaya remedy kalo lagi bosen yah. Duh, gue dah jd cinderella sekali, remedynya nyetrika

    1. gak direstui sama Mikko beli dryer. Padahal gue pengeeeeen banget. Tp emang di rumah sekarang ga ada space-nya sih, mudah2an kalo pindah rumah bisa pake dryer. Eh, tp pake dryer baju2 bahan katun gitu tetep kusut kan ya? Dulu kemeja2 gue, apalagi yg pake renda2, tetep kusut abis di dryer.

      Btw, lo pake steamernya yg handheld apa yg full size gitu? Sbnernya yg handheld lbh praktis sih buat gw yg butuhnya kadang2 doang, tp sapa tau kan absi pny steamer gue kesurupan sampe pengen nyetrika gorden segala. jd bingung nih mau yg mana

      1. istrinyabayu · · Reply

        kalo pas kering langsung dikeluarin ga kok. tp kalo renda2 mungkin iya yah. kan keplintir2.

        yg kaya di gambar lo itu lah

  2. Aaahhh kamu racuuun. Makin pengeeen punya dryer. Kalo perlu taro di balkon!

    1. istrinyabayu · · Reply

      kalo pake dryer, lo mengurangi kekhawatiran baju lecek 😀 *kipas2 pake kipas sate*

      Di apartemen di SG dulu yah, dyernya ditumpuk diatas mesin cucinya loh (front loader)

      1. disini juga rata2 tumpukan gitu mesin cuci sama dryer tp sayangnya gue beli yg top-loader, yang kecil ramping semampai itu karena kontrakan lama kamar mandinya mini.

  3. istrinyabayu · · Reply

    jual aja top loadernya di ebay. trus beli front loader *kaburrrr*

  4. huaaa rajin banget, nyapu nya 2-3 kali sehari? mau nyapuin rumah gua sekalian gak? huahahaha

    btw gua udah pake setrika steam kok berasa gua sama aja ribetnya ama setrika biasa ya? hahaha
    gua sih prefer beli baju2 yang wrinkle free aja, jadi gak usah nyetrika. hahaha

    1. Yaaah, gue jadi ragu lagi deh mau beli apa gak. Apalagi yg ada di sini cuma satu dua merk doang yang kalo baca reviewnya 50:50 antara puas sama kecewa. Kalo di US kayanya banyak banget deh merk2 garment steamer ini.

      Gue udah sengaja pilih yang anti kusut, tp berhubung di lemari bajunya uwel2an akhirnya tetep keriting juga 😀 😀

  5. waduuh.. jd pengen punya steam mop! ada ga yg disini?
    seumur2 gw ga pernah ngepel.. ntah kenapa gw geli huek-huek gitu klo liat pel kotor. hehehe *lebaay* daripada ngepel mendingan gw nyetrika yg mana gw jg ga suka2 bgt sebenernya.. tp mendingan nyetrika d drpd ngepel setidaknya gw berurusan sama yg bersih dan wangi 🙂 Jd selama ini bebersih lantai dll msh urusan Kris. Nyonya ini bagiannya nyuci baju (pake mesin cuci tentu.. hohoho), masak (seadanya, klo kepepet ga sempet ya beli di warung). nyetrika ya klo lg sadar liat Kris ngepel kok gw ga ngapa2in… Aaaaah pencitraan diriku buruk sekali yak. Cita-cita yg tidak mungkin di realisasikan di sarang burung adalah punya dishwasher. Tp one day, benda itu hrs hadir di dapur rumah masa depanku.

    1. cuman mau nambah crita.. setlh baca ttg steam mop gw lsg nafsu dong cari tahu.. trus nanya2 ke adik gw.. debat ngobrol panjang lebar.. ujung2nya dia bilang “merk inem aja.. palingan 20rb sehari”

      iye juga yeeee… untung eke masih tinggal di indonesia.

      1. Hwuahahahahaha, ini persiiiiiis kaya yg dibilang Mikko. Gue kan sering mengeluh2 kalo nanti pindah ke Indonesia gak bisa pake dishwasher lagi (asli enak bgt ya punya dishwasher), eh Mikko bilang…di Indonesia lebih canggih, ada yang bisa nyuci piring sekaligus ngepel, nyapu, masak, bahkan bisa diminta jaga anak juga. 😀

    2. Iiih, bener banget, La. Gue juga geli liat kain pel yang umumnya butek abu2. Apalagi kalo manual pake acara meres2 segala kan. Mikko paling ga mau tuh meres2 pel, jadilah kalo dia ngepel rumah langsung kaya kebanjiran. Makanya gue beli si steam mop.

      Eh, lo di Jkt gak pake ART, La? Giat gitu nyuci, nyetrika dan ngepel.

      1. dulu pertama kali ngontrak rumah setelah nikah gw ga pake ART krn kontrakan kita kaya “studio townhouse” 2 lantai tapi mini dan lantai atas pratically bedroom tanpa pintu, jd ya ga mkgn pny ART. Dan gw sebenernya jg udh nyaman ga ada ART.. ga perlu jaim2 dan jaga “norma2 kesopanan” klo di rumah. hehehe

        setlh pny anak gw balik ke rumah ortu, dan akhirnya ngikutin nyokap gw yg sejak anak2nya pada mencar dia ga punya live-in ART lg tp punyanya ART yg pulang-hari. Jd gw pun ambil ART/babysitter yg pulang hari gitu tujuan utamanya sih buat jagain Raissa tp dia jg yg nyetrika dan bersih2 quarter gw/kris/raissa.

        nanti di sarang burung, gw rencananya mau ambil ART yg pulang hari juga sih, soalnya ya ga ada tempat juga buat yg live-in. paling tugasnya ya buat setrika dan bersih2 sama jaga adiknya Raissa kalau sdh lahir nanti.

  6. Ih sama dong gue juga bercita2 punya setrika steam yang berdiri itu, kayak di mall buat nyetrika baju-baju yang dijual. Apa daya listriknya gede bener… Dryer juga sama deh, gede banget. Tapi di Surabaya nan terik ini ga butuh dryer 😀

    Eiya, dishwasher itu membantu banget ya. Gue pernah pake waktu lagi business trip, hidup serasa lebih indah tinggal masukin piring2 kotor dan abis itu bersih deh. Penasaran listriknya seberapa ya, patut dipertimbangkan. Eiya lagi, di sini ada ga sih?

    1. Iya, Ti. Garment steamer gitu rata2 wattnya 1500 an, apalagi kalo yg skala profesional kaya di toko2 ya, lbh gede lagi kali. Steam mop juga sama, kecil2 gitu watt-nya 1600. Padahal gue pengen banget beliin dua barang ini buat nyokap (buat mbak di rumah sih tepatnya), lha tapi pasti listrik di rumah ngejepret-jepret nanti.

      Nah, soal dishwasher gue juga penasaran banget, ada ga sih di Indo? Setau gue watt-nya sekitar 1-2kWH. Nah, gue kurang ngerti tuh. 1kWh = 1000 Watt bukan??? Gue seumur hidup blon pernah liat dishwasher di Indonesia tapi temen gue sampe bersumpah2 katanya ada. Entah dimana tapi yaaa???

      1. gw pernah liat dishwasher kok.. tp emg bukan di toko electronic. jd waktu ada yg buka stand di mall trus jual dishwasher mini. ukurannya lebih besar dikit daripada microwave gitu.. gw ga beli krn watts nya gede bgt.

  7. Iya prasaan gue bolak-balik masuk toko elektronik ga pernah liat dishwasher deh, di mana ya. Soalnya emang di sini si inem lebih murah hihi… Gue aja dulu waktu baru melahirkan blom dapet ART, ambil aja yang pulang pergi per hari gajinya sekitar 30rb bisa nyetrika, bebersih rumah, nyuci piring.

Leave a Reply

