untung ada mertua

Kalo dipikir-pikir sebenernya gue ini beruntung juga, biarpun tinggal jauh dari keluarga sendiri tapi paling gak mertua tinggal 10 menit (naik mobil) dari tempat gue. Kalo butuh apa-apa bisa gampang minta bantuan ke doi, entah gue yang dateng ke tempatnya (mikko masih rutin tiap bulan minta dicukurin sama mertua) atau seringnya sih doi yang dateng ke rumah karena doi punya mobil.

Pernah suatu hari gue keluar rumah lupa bawa kunci, kalo  nunggu Mikko pulang yah pastinya pake lama, bisa sampe malem nanti gue nunggu di luar apartemen. Untung aja kan mertua deket, tinggal di telepon dia dateng sambil membawa kunci cadangan yang memang kami titipkan ke doi. Emang udah bisa dipastikan sih gue dan Mikko yang sama-sama bodor ini pasti bakalan mengalami yang namanya kehilangan/ketinggalan kunci.

Hari ini gue sakit sementara Mikko harus kerja. Sekali lagi, untuuuunggg ada mertua yang tinggalnya deket begini, tinggal ditelepon, sore-sore sehabis kerja doi dateng ke rumah bantuin gue jagain Kai. Maklum aja, kalo lagi teler kan susah bener jagain bocah yang lagi aktif-aktifnya.

Sempet lah sedikit setress karena gue yang pemalas tapi mau jaim ini pastinya malu kalo ketauan mertua rumah berantakan. Biasanya sih tiap dia dateng emang rumah lagi kaya kapal pecah, tapi kan ada Mikko yang bisa disalahkan. Kalo gue lagi sendirian gini gue pengen dong mertua mikir “Waaah, si Rika rajin juga rupanya, rumahnya bersih”. Kejadianlah tadi lagi sakit-sakit gue ngosek WC dan nyapu lantai dulu.

Kai hepi ketemu Mummu-nya, sementara gue bisa istirahat. Kalo sama Mummu-nya anak ini selalu anteng, kalem dan penuh kasih sayang gitu.  Heraaan, kalo sama isi dan aiti kok lasaknya setengah mati.

Kalo lagi kejadian begini gue bersyukur sekali kami tinggal di Kerava. Memang dulu alasan Mikko cari rumah di sini karena ingin dekat ibunya, udah tau banget dia kalo kami bakal banyak butuh bantuan. Mengingat hari-hari ke depan pastinya gue bisa jatuh sakit lagi, ketinggalan kunci lagi, atau kejadian apapun yang butuh urun tangan mertua, rasa-rasanya gue gak mau pindah dari Kerava sini. Kalo beneran nanti jadi beli rumah aku setuju sama suamiku, kita carinya di Kerava aja, ya. Biar Kai gampang dititipin di Mummu-nya sementara kita pacaran. Horeeeeeeee (Dan sambil nulis ini gue yakin bulan depan gue udah merengek-rengek lagi ke Mikko “Kita pindah Helsinki aja yuuuuuuk, aku boseeen di Kerava”)

Sesusah-susahnya gue ngurus rumah dan ngurus anak tanpa asisten, paling gak sewaktu-waktu ada mertua yang bisa diandalkan. Gak kebayang rasanya jadi Rifi yang tinggal di Arkansas sana jauh dari keluarga ataupun mertua. Atau temen-temen gue lainnya di sini yang juga bernasib sama. Pacaran berdua suami kapan dong kalo ga ada orang yang bisa dititipin anak?

Advertisements

11 comments

  1. istrinyabayu · · Reply

    Huhuhu…*nangis guling2 sambil ngosek kamar mandi*… #superlebay

    tp setelah beberapa waku, it’s not that bad sih, cuma yg berat itu kebiasaan kita nonton bioskop yg tadinya bs seminggu 2x jadi tdk sama sekali. Pengen coba baby sitter yg jam2an, tp tnyt belum tega 🙂

    Eh, jd ga minat lg nyusul mbak Chincha? heheheheh

    1. Hahahaha, gue dong, kadang2 masih bisa nonton berduaan Mikko, walopun jarang-jarang sih. *Sombong bin pamer*

      Mungkin lo di sana banyak temen ya, Fi. Kalo misalnya lg sakit bisa minta tolong dikirimin makanan atau bantu2 apalah. Di Kerava sini gue seorangan dewe, jadi cuma bisa bergantung ama mertua. Kalo lagi sakit suka dimasakin, yang seringnya bukan selera gue tapi yaaa…gue telen aja lah.

      Di sini kok kayanya jasa baby sitter kurang populer, gue malah blon pernah denger ada orang yang nitipin anaknya ke baby sitter.

      Nyusul mbak cincha jelas masih minat banget. Di sana byk orang Indo kan pastinya? Bakalan gue gilir buat dititipin anak, Hahahahahaha!

      1. istrinyabayu · · Reply

        Gue baru sekali sakit pas disini, itupun beli makanan dr resto aja. hahahah. Tp pas abis melahirkan temen2 gue pd ngirimin makanan setiap hari. ih sumpah terharu.

        Disini babysitter ngetop bener. Banyakan anak kuliah gitu. Tp pas gue liat foto2nya kok pd cakep2 dan foto ala model gitu deh, bs jaga anak ga yah? hihihihi

        Gara2 abis ngobrol ma temen gue yg terima dititipin anak di Oz (and get paid!) gue jd tertarik jg nerima jaga anak nih. Pdhl ngurus Marra doang aja kadang2 udah bikin pengen jambak2 rambut 😛

  2. Nah, itu dia tuh…gue pengen pindah Helsinki biar bisa lbh deket sama masyarakat Indo di sini, kali2 ada yg iseng ngirim makanan ke rumah kan. Kalo Kerava mah kejauahan. Sementara menurut Mikko gue cari temennya ya di Kerava aja. Tapi gimana dooong, gue tipe Indo sejati yang demennya ngumpul sama sesama Indo juga.

    Temen gue ada yg nerima penitipan anak gitu, keliatannya sante2 aja, malah seneng bisa dpt tambahan uang belanja. Gue sempet niat juga kaya begitu, tapi begitu ngerasain jaga anak sebiji aja langsung menguap niat mulia gue. Mending ga punya duit daripada tekanan batin.

    1. istrinyabayu · · Reply

      Tp temen gue bs nyante gitu juga sejak punya anak kedua, mungkin lo akan gitu nantinya 😀

      1. antara bisa sante atau makin sutris, Fi…hehehehhehehe

  3. tinggal deket orang tua/mertua itu emang enak. dulu pas di jakarta juga kita nyari rumahnya yang deket ama rumah ortu. kalo perlu apa2 gampang banget. mau apa2 bisa nitip. huahahaha. ama mertua juga gak jauh2 amat. jadi gampang juga kalo mau nitip2in andrew. 😀

    pindah kesini jadi berasa banget tuh. apa2 kudu sendiri, apa2 gak ada yang bisa dititipin lagi. berasa banget dah… huhuhu

    1. bener-bener pasti berasa beda banget ya pas lo pindah itu. Mungkin ada bagusnya begitu kawin gue langsung hengkang dari Jakarta, jadi emang ga pernah ngerasain kenyamanan dikelilingi keluarga. Walopun tiap hari mikirnya “kalo gue di Indo gak kaya gini nih ceritanya”. Yang paling repot tuh kalo lagi sakit…aduuuh, langsung berasa sendirian banget di dunia ini.

      Yah, untung deh paling gak gue masih deket mertua.

  4. jangankan dirimu yg tinggal jauh dari indonesia, gw aja kelimpungan skrg mikirin gmn nanti pas gw pindah ke sarang burung yg lokasinya jauh dari rumah ortu sedangkan mertua tinggal di bandung. Nanti klo anak gw sakit siapa yg nemenin di rumah? Atau klo gw yg sakit, ke kamar siapa anak gw hrs ngungsi? Pusyiiing.

    1. Iya, La, kalo soal anak emang paling top tuh nitip ke ortu/mertua, kalo ke orang lain pasti ada khwatir2nya ya.

      Walopun lo dan ortu masih sama-sama di Jakarta tapi gue ngerti gimana repotnya kalo tinggal jauhan dikit. Macetnya itu book. Mau nitip anak bentar aja bisa tua di jalan anter-jemputnya. Makanya nih, gue pengeeeeen banget bisa punya rumah yang cuma selemparan batu dari ortu gue di BSD. Kalo perlu sebelahan. Lha, tapi gimana…Mikko maunya ke Tomohon melulu.

  5. Gue walopun tetep tinggal di Indonesia tapi jauh dari ortu/mertua/sodara alias di Surabaya kagak ada sodara yang bisa dititipin anak, ada sih sodara tapi paling yang cuma say hi pas acara nikahan/lebaran gitu. Untungnya (tsah, masih ada untungnya) di sini kan bayar ART terjangkau jadi sehari2 Nara gue titip sama si mbak.

    Emang agak susah kalo sakit, kalo Nara sakit biasanya gue pasti cuti (alhamdulillah dia jarang sakit). Nah kalo gue yang sakit itu teler juga, soalnya Nara kan liat gue di rumah maunya ngapa2in sama gue padahal gue butuh tiduran, malah pernah gue ditiban2 diajak main padahal lagi demam tinggi hihi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: