Kreta – Hari ke-13

Udah di Kerava sejak hari Senin pagi dan seperti yang udah gue duga, niat gue buat bikin jurnal harian live selama di Kreta gagal maning. Masih ada utang dua hari terakhir di Kreta yang belum sempet (alias males) gue tulis di sini. Tapi udah keburu janji ama diri sendiri kalo sekali-kali mbok ya punya niat dijalankan sampai tuntas. Jadi lebih baik telat jurnalnya, daripada gak sama sekali toh???

Hari ke-13 di Kreta, masih di Anogia,kami bangun pagi dan turun sarapan di lantai dasar Hotel Aris. Lebih tepatnya di ruang tamu si pemilik rumahnya. Sarapannya standarlah, roti, selei dan telor rebus, tapi suasananya itu loh….”rumahan” banget. Gue seneng banget sama hotel Aris ini.

Berpisah sama si nenek baik hati pemilik hotelnya pake acara peluk-pelukan segala, loh. Gak henti-hentinya si nenek bilang kalo kami bertiga ini “bi-yu-ti-ful”. Ah, nenek bisa aja…saya kan jadi ge-er. Tapi pas bayar bon ternyata si nenek gak punya kembalian, gantinya kami terpaksa beli salah satu barang kerajinan yang di jual si nenek. Terbelilah satu helai celemek yang entah kapan akan gue pake. Duuhh, para nenek di Anogia ini membuat gue bangkrut.

Jam 8 lewat sedikit naik ke bis tujuan dan supir bisnya ngomel-ngomel karena semua penumpang gak ada yang punya tiket. Repot kali ya harus ngelayanin penumpang sekian banyak bayar di tempat. Hampir setengah jam perjalanan si supir masih sibuk merepet panjang lebar sambil ditanggapi beberapa penumpang “Ini masih soal tiket?” Mikko jadi penasaran. Asli deh, supir-supir Yunani ini, galak dan ributnya saingan sama supir-supir batak metro mini. Horas, bah!!! Yassuuu!!!!

Perjalanan dari Anogia ke Heraklio ini sebenernya indah sekali, tapi seperti biasa pastinya gue mabok darat. Jalannya berlika-liku naik turun gunung bikin gue pusiang tujuih keliliang. Untung gak pake muntah. Dan lebih untung lagi: Kai tertidur!

Sampai Heraklion disambut matahari yang lagi terang-terangnya, gak mau susah kami langsung naik taksi ke Knossos, gak mahal-mahal banget ternyata taksi di Kreta sini. Sampai Knossos Kai nangis gak mau turun dari mobil. Males panas-panasan, ya, nak?

Ke Knossos ini sebenernya ide gue, Mikko sendiri katanya gak terlalu tertarik mau ke sini. Tumben juga, karena biasanya doi seneng banget ke tempat-tempat yang banyak cerita bersejarahnya begini. Gue sendiri gak bakal kenal Knossos kalo gak ditanya Aini lewat twitter apakah gue akan mengunjungi Knossos selama di Kreta ini? Liat-liat wikipedia ternyata Knossos itu reruntuhan bersejarah,toh. Okelah…bukan Yunani namanya kalo gak liat puing-puingan kan? Jadi inget album fotonya April di reruntuhan mana di Athens sana…wuiiiiihhh, kesannya Yunani banget gitu…gue juga mau dong.

Supaya kunjungan kami menjadi lebih menarik Mikko setuju untuk ikut guided tour mengelilingi puing-puing Knossos ini. Percuma liat puing-puing doang kalo gak tau ceritanya, dan terbukti tour guidenya punya banyak cerita menarik tentang Knossos. Tapi sayang aja, baik gue maupun Mikko gak bisa konsen denger omongan doi, apalagi kalo bukan karena sibuk ngejer Kai yang lari-larian.

Ke Knossos bawa anak aktif dan bosenan kaya Kai gak gampang ternyata. Apalagi sambil dorong stroller….beuuuuuhh….medan di Knossos berat, jendral! Berbatu-batu dan banyak naik turun tangga. Setiap berhenti di satu poin tertentu sudah dipastikan Kai bosen cuma bisa duduk di stroller, akhirnya diijinkan turun dari stroller  yang berakibat isi sama aitinya jadi sibuk lari-larian ngejer si bocah naik turun tangga. Akhirnya kami sibuk membagi perhatian antara gotong stroller, ngejer Kai dan dengerin si tour guide. Refffffoooootttt.

Tiap kali liat anak bayi yang lagi anteng di strollernya gue sampe geleng-geleng kepala. Di kasih makan apa sih bisa kalem begitu?

Begitu tournya selesai kami langsung cabut dari Knossos tanpa menunggu semenit pun. Batal lagi dah rencana gue mau foto-foto. Abisnya Mikko udah kalang kabut ngurusin Kai, ditambah hari itu panasnya emang ampun-ampunan, kasian juga Kai kalo harus terus berpanas-panasan di Knossos.

Kami pun naik bis ke pusat kota Heraklion cari makan. Eeee buseeeeet, Heraklion ternyata ramenya minta ampun. Emang kotanya lebih besar sih ya. Dan di sini juga gue melihat deretan toko berderet-deret bagaikan fatamorgana teramat indah buat gue. Segala macam toko dan merk ada! Baru masuk dua toko gue menyadari uang di dompet udah hampir nihil….yaaaaah, langsung ilang hasrat gue buat cek toko satu-satu. Apa enaknya ngiler doang tapi gak bisa beli?

Gak pake lama langsung cari restoran, makan, trus jalan ke terminal bis buat balik ke Rethymno. Dan sekali lagi alhamdulillah Kai tidur nyenyak di bis. Baik banget sih, nak?

Kembali di Ibiscos hotel langsung gue dan suami bongkar dompet, ngitungin lembaran euro terakhir kami. Masih bisa makan malam sekali lagi di Paggliacio (penting!). Selesai makan tersisa 14 euro, sementara masih ada sehari lagi di Kreta. Oh Em Jiii….

Advertisements

2 comments

  1. Si Hotel Aris itu beneran kayak rumah banget ya? Eh lo gendong2 Kai gitu ga keberatan apa, gue liat si Kai bulet juga itu…

    Gue ketawa baca paragraf terakhir, kayak gue waktu di Bromo bawa cash seadanya ternyata mereka ga bisa pake kartu kredit dan ga ada ATM!!

  2. Itu udah hampir pingsan Ottyyyy…Kai beraaat dan cuacanya hari itu puanas banget. Tp kalo dilepas anaknya kabur terus kaya belut.

    Gue ga mau lagi ih jalan duit pas2an bgt gitu. Asli jadi khawatiran, takut tiba2 butuh sesuatu. Gak bisa enjoy jadinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: