Kreta – Hari ke-10

Hari kesepuluh yang kelabu akibat serangan sakit perut. Pasti ini gara-gara si kerang ijo. Di Santorini gue makan kerang ijo, sampai Rethymno pun makan menu yang sama (lagi). Emang gue suka banget ya sama si kerang.

Too much kerang ijo will kill you, begitu kalo kata lagu. Bener aja jendral, perut gue melilit-lilit dibuatnya. Asli semaleman gue gak bisa tidur. Bangunin suami beberapa kali tapi cuma dibalas igauan dalam bahasa Finlandia. Idiiiih, suami….manakyu mengerti.

Jam 5 pagi sakit perut gue sudah tidak tertahankan, akhirnya nangis sambil meluk kaki suami. Huwahahahahaha, drama abis. Ini sakit perut apa bertobat sampe cium kaki gitu? Tapi ampuh juga acara peluk-peluk kaki ini, Mikko AKHIRNYA terbangun. Nawarin ke rumah sakit tapi gue gak tega bangunin Kai. Belon lagi repotnya cari taksi, cari rumah sakit, apalagi kalo si bocah pake ngambek.

Jam 6an masih nangis-nangis, eh, ditambah pula kok badan berasa gatel? Gue garuk-garuk ternyata malah jadi biduran sampe ke muka-muka. Penampakan muka gue jadi bengkak bin jontor. Udah sakit, jelek lagi!!!

Akhirnya suami buka website travel insurance kami untuk mencari daftar rekanan RS/Klinik di Rethymno sini. Telepon ke sebuah nomer, belon sempet cerita macem-macem udah ditanya aja alamat dan nomer kamar hotel. Ternyata dokternya mau dateng, bok! Lha, gue jadi tambah stress. Ini kamar kan berantakan banget. Beresin dulu apa ya? Tapi masa lagi sakit begini gue harus beresin kamar seehhh???

Bener aja, setengah jam kemudian datanglah pak dokter yang baik hati. Sayang doi gak pake jubah putih biar lebih mirip adegan di film-film. Menurut pak dokter ini serangan alergi. Bingung juga, perasaan gue sering makan kerang kenapa baru sekarang kena alerginya?

Kata pak dokter lagi kerang, udang dan beberapa makanan lainnya memang punya alergen yang bisa menyerang badan kita sewaktu-waktu. Gak harus karena kerangnya kotor, gak seger atau kurang mateng, emang badan kita aja sewaktu-waktu bisa drop dan akhirnya jadi alergi. Kata pak dokter sementara ini hindari seafood, kacang-kacangan dan chips dulu. Yaah, sedih dehhh. Padahal kan niatnya mau makan seafood sampe mabok selama di Kreta mumpung harganya murah.

Setelah pak dokter pergi Mikko ditugaskan untuk menebus resep di apotik terdekat (yang ternyata gak deket juga bikin Mikko lumayan pegel nyarinya). Gak lama setelah makan obat dan oles-oles salep sakit perut dan gatel-gatel gue mereda. Legaaa rasanya.

Seharian itu gue cuma di kamar aja. Mau keluar juga malu dong, muka bengkak begitu, yah. Kai dan Mikko sempet berenang di kolam hotel. Seperti biasa Kai seneng luar biasa. Gue sendiri balas dendam tidur dan tidur dan tidur lagi. Kebetulan obat dokternya emang bikin ngantuk (alesan…padahal emang demen).

Walopun reaksi alerginya udah hilang sama sekali, tetep aja setelahnya gue jadi suka takut pilih-pilih makanan. Kemana-mana bawa obat terus, kan gaswat kalo sakit perutnya kumat lagi sementara gue lagi di jalan. Atau lagi di bis. Rasanya pengen di hotel aja gak jalan kemana-mana biar aman. Tapi kan sayang juga, ya.

Satu yang gue syukuri: travel insurance. Terbukti berguna. Dokternya itu gak pake bayar loh, tinggal isi formulir aja (yang ternyata bisa di dapat di hotel reception-nya), tunjukkin kartunya dan gak pake acara buka dompet sama sekali.

Fyi, waktu mudik ke Indonesia Februari kemari gue sakit beberapa hari sebelum keberangkatan, akhirnya harus undur tiket dan bayar beberapa ratus euro untuk pengunduran tanggal ini. Berkat si travel insurance uangnya bisa kami claim kembali. Lumayan banget, kan?

Leave a Reply

