Kreta – Hari ke-8

Jatuh cinta adalah Rethymno. Sungguh gue dan Mikko suka sekali sama kota yang satu ini, begitu sampe sini langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Lautnya biru, kotanya cantik, dan beruntung dapet hotel yang bagus.

Dari hotel kami, untuk jalan ke pusat kotanya butuh kira-kira 20-30 menit jalan kaki sambil menyusuri pantai. Panasnya emang ajubile hari ini tapi karena tadi pagi sarapannya banyak badan jadi terasa lebih fit.

Standarlah di pusat kotanya pasti banyak toko-tokoan. Barang-barang yang dijual gak sebagus yang ada di Hania (yang btw, katanya, pusat kerajinan tangan yang indah-indah di Kreta sini), tapi jalan-jalan sempitnya, gedung-gedung berbalkonnya, dan bunga-bungaan di dinding bikin kota ini terlihat cantiiiiiiikkkkkk sekali dan sungguh menarik untuk di telusuri.

 
sddsAda benteng juga di sini, tentunya salah satu objek wisata yang tidak boleh dilewatkan walopun terus terang aja ngiderin bentengnya lumayan bikin gempor. Apalagi kalo pake dorong stroller…. phiuuuhhhh, ngelewatin batu-batuan kasar sepanjang track-nya lumayan bikin gue berotot. Tapi begitu sampai di atas bukit, dimana benteng ini dibangun, pemandangannya asli bikin hati bergetar (tsaaaaahhh). Hamparan laut dan kota Rethymno di bawah sana bener-bener bikin gue pengen ngeklik kamera setiap menit. Tapi seperti biasa…hasil fotonya kagak ada yang bagus. Percayalah sodara-sodara, pemandangan yang ada di sana puluhan kali jauh lebih bagus daripada yang ketangkep kamera gue.

Maab, ada penampakan di foto terakhir.

Lanjut dari benteng, kami jalan lagi kembali ke pusat kota, kali ini sambil lewat the old venetian harbour, yang ternyata cuma pelabuhan kecil aja tapi lumayan cantik. Sekitar sini banyak restoran tapi asli pelayannya ganggu semua. Gak bisa banget kita jalan semeter tanpa dicegat orang-orang yang menawarkan restonya ke kita, agak-agak maksa buat liat menu atau sok-sok beramah-tamah sambil nyodorin meja. Untung ada Mikko yang gue jadiin panser, doi jalan depan menghalau para pengganggu itu sementara gue tinggal ngekor di belakang.

Niatnya kami mau makan lagi di resto itali kemarin, tapi belum sampe sana gue keburu ngeliat resto yang namanya Noodle Bar. Kaya-kayanya familliar deh nama resto ini, kalo ga salah di Helsinki juga ada ya? Ataukah di Jerman? Gue yakin ini pasti semacam resto asia ber-franchise international, harusnya makanannya lumayan standar dong ya, standar makanan asia maksudnya.

Dengan mantap langsung gue putuskan untuk makan di situ aja. Mikko udah ngingetin kalo ini keputusan beresiko tinggi. Inget dong pengalaman makan chinese di Hania kemarin? Siap kecewa lagi?

Tapi gimana dong suami, aku udah kadung kangen banget makan nasi. Namanya juga orang endonesa.

Gak pake lama gue pesen Tom Kha Gai pake nasi sementara Mikko pesen Thai beef salad. Dan…eng  ing eng….yang muncul Tom Kha Gai paling aneh dalam hidup gue. Itu kuahnya asli santen doang ama garem sama sekali gak ada warna kuning kemerahan yang asem-asem pedes khas Thailand itu. Saladnya Mikko pun gak ada bedanya sama salad ala eropa biasanya. Sebelah menongnya yang Thailand sih? Dan lebih aneh lagi, wonton yang kami pesen buat Kai isinya keju!!!! Gott in der Himmel. Kenapa ini orang-orang Yunani salah kaprah melulu kalo soal makanan Asia??????

Sungguh perasaan gue remuk redam oleh penyesalan. Ini namanya kualat sama si resto itali, besok-besok aku tak akan berpaling lagi darinya. No more asian food for me selama di Kreta sini.

Abis makan udah mati gaya ngeliat teriknya matahari. Seperti biasa kembali aja ke hotel yeuukk. Tidur-tiduran sebentar trus ajak Kai main-main dikolam sorenya. Anaknya sueneng bukan kepalang, apalagi pas main perosotan di octopus pool, gak mau brenti!!! Gue liat bibirnya udah gemeteran kedinginan tapi anaknya masih aktif aja, akhirnya mau gak mau pake adegan pemaksaan buat narik doi keluar kolam, heboh deh anaknya ngamuuukkk sejuta topan badai.

Jam 8 malem nidurin Kai dan Mikko jalan keluar cari makanan buat dibawa ke kamar. Gue pesen yang standar aja deh, beef burger, daripada dapet yang aneh-aneh lagi. Pas Mikko balik, lhaaa kok beef burger gue penampakannya seperti ini:
Wahai kalian orang-orang Yunani, kenapa makanan asingnya kepleset semua siiihh?????

Oh iya, pada akhirnya kami memberanikan diri untuk ikut tour ke Santorini besok pagi. Bener-bener  ini kenekatan tingkat tinggi secara finansial, fisik dan mental. Pundi-pundi terakhir harus dikumpulkan untuk bayar tour ke Santorini yang ternyata mahalnya bukan main. Sekarang tinggal banyak-banyak berdoa supaya Kai gak rewel sepanjang perjalanan dan guenya gak mabok laut.

Amiiiiiiinnnnn.

Moral of this story : Jangan makan chinese/japanese/thai food di Kreta. Jangan! Pokoknya jangan!!!!

Leave a Reply

