Kreta – Hari ke-1

Oke, koreksi dulu. Kota tempat gue berada saat ini ternyata namanya Hania, atau sering juga ditulis Chania, bukan Hanya. Dan minggu depan kami akan berada di kota yang namanya Rethymno.

Nah,…setelah puas tidur pagi di hari pertama ini akhirnya sekitar tengah hari kami jalan kaki menuju kota. Maksudnya mau cari makan siang di sekitar hotel tapi ternyata kok susah bener nemu tempat makan yang buka. Hania ini segitu laid backnya sampe-sampe tokonya buka tutup semaunya. Gitu kali ya.

Setelah jalan sampe kaki fegel-fegel akhirnya kami berbelok menuju arah pantai, eeehh…ternyata disana banyak restoran berderet-deret. Kayanya ini salah satu pusat turistik di Hania sini, makanya suasana sekitarnya rame bener.

Gak pake lama kami masuk ke Zapos, salah satu resto di daerah itu, karena tertarik iming-iming “ruang bermain buat anak”. Yang begini-begini penting nih buat yang punya buntut, kalo anak rewel tinggal angkut aja ke ruang main, biasanya langsung pada anteng.

Kalo menurut lonely planet restoran di daerah sea-front ini harus dihindari karena mahal, kurang authentic, rasanya standar, banyak trik-trik bulus yang bikin kita bayar lebih, dan annoying karena para pegawainya suka banget nyamperin dan maksa-maksa kita untuk makan di restorannya. Setelah duduk dan pesen makanan baru suami bilang soal ini semua. Lhaaaa…gue yang pilih restonya kan jadi merasa bersalah.

Tapi untunglah menu yang gue pilih luar biasa enaaaaaaaakkkkkk. Entah apa namanya ikan satu ini tapi yang jelas gue makannya sampe merem melek.

Kalo suami pesen stuffed veggies, khas makanan yunani banget ini. Dan ternyata enak juga

Ujung-ujungnya sih tetep bayar lumayan mahal, tapi karena makanannya enak gue mencoba untuk tidak menyesal. Malah sebenernya mau balik lagi makan si ikan yang enak tadi itu.  😀

Tapi buat gue juaranya adalah es krim dan dessert manis-manisan dari kafe dan bakery yang bertebaran di kota Hania ini. Asli eskrimnya uenaaaaakkk bangeeeeet. Selama di Finlandia gue jarang banget nemu es krim non-brand yang enak (apalagi yang murah), jadinya di sini gue agak-agak kalap.


Bisa dipastikan program diet gue gagal total selama disini. Menyedihkan. Sungguh menyedihkan.

Biasanya kalo liburan sama suami pulang-pulang badan gue pasti kurusan karena “disiksa” jalan kaki berkilo-kilo meter. Tapi di Kreta ini susah, jalan dikit nemu es krim, mengkol ke kanan…ehh…ada bakery. Sementara di pojokan tukang crepes sudah menunggu. Aku tak kuat menahan godaan suamiiiiiiii……

Selain makan-makan tapi tentunya banyak jalan-jalan juga. Hari ini jalannya santai-santai aja. Banyak istirahatnya dan banyak keluar masuk toko. Pokonya hari ini gue pegang kendali kalo kata Mikko. Mumpung ada kesempatan gue ajak doi muter-muter leather market dan keluar masuk toko-toko suvenir.

Kalo ngomongin handcraft, jewelery, dan pernak pernik lucu lainnya…..duuuh, jangan tanya deh. Kece-kece bener. Dan harganya masih masuk akal, gak kaya di finland yang ada tulisan “handmade” dikit harganya langsung meroket.

toko karpet dan barang-barang tenunan lainnya

the leather market yang mirip-mirip pasar baru itu

eh, dapet bonus dibeliin topi sama Mikko

Maab, yang terakhir poto colongan mau pamer topi baru, hihihihi. Soalnya gue suka banget sama topi baru gue ini.

Makanan oke, (window) shopping memuaskan, kotanya sendiri gimana? Ooooh, pasti indah cencunya.

Seperti yang gue bilang Hania ini sangatlah nyantai sekali (terjemahan dari laid-back). Penduduknya gak padat, turisnya pun gak terlalu berjibun. Pokonya jalan-jalan disini rasanya tenang dan relax banget. Buat bulan madu cucok sekali ini. Dan pastinya buat yang bawa anak juga enak karena dorong-dorong stroller jadi gampang, gak pake acara nabrak sana sini.

Pusat turistiknya pasti di daerah kota tua yang dikelilingi sama city wall. Di dalam kota tua ini banyak sekali lorong-lorong sempit yang cantik dan asri. Banyak juga yang naik turun dan bertangga-tangga bikin gue ngeliatnya jadi makin syahdu.

Daerah pinggir lautnya juga lumayan spektakuler. Ada mercu suarnya dan sepanjang jalan rame oleh restoran warna-warni.

salah satu bagian city wall yang ketangkep kamera gue

Restoran yang tersembunyi di dalam lorong-lorong kecil.

mercu suar

the sea-front area

sea-front area tempatnya banyak restoran berderet-deret

Sempet naik bukit sedikit dan menghasilkan foto-foto ini:

Wooii..Kai..sini dong foto sama aiti..Wooii...

Selesai acara naik bukit disempetin makan malam dulu di kota. Kali ini makan di Tamam, tempat yang direkomendasikan Lonely Planet karena enak dan murah. Setress keluar banyak uang buat makan tadi siang, malam ini gue ngotot ke suami harus pilih tempat yang murah. Lumayan…bayarnya setengah harga makan di Zapos. Walopun yaaah….chicken souvlakinya biasa ajaaaaaaa.

Chicken souvlaki yang B aja rasanya. Besok niat mau cari yang lebih enak

Selama makan malam Kai udah mulai bertingkah. Rewel bukan main dan kerjanya lempar-lempar makanan. Udah mulai capek doi. Setelah makan terburu-buru langsung aja kami jalan balik ke hotel. Acara hari ini harus disudahi karena si bocah harus segera tidur.

Sepanjang perjalanan Kai ngamuk dan nangis meraung-raung di strollernya. Lagi sibuk nenangin Kai begini gue liat ada cewe dateng mendekat tampaknya mau menawarkan sesuatu. Namanyapun lagi panik ya ngurusin anak tantrum, gue gak liat apa yang ada di tangan si cewe. Setelah dekat gue liat….JRENG JRENG JRENG….yang ditawarin ternyata ular sanca buat foto bersama. Asli gue langsung teriak sambil loncat!

Segitu kagetnya gue sampe jantung gue sakit banget rasanya. Coba kalo sempet kesentuh itu si ul*r, bisa nangis-nagis pasti gue. Setelah kagetnya lewat gue kesel setengah mati. Rasanya pengen maki-maki ala kebun binatang. Bagus gue kagak punya sakit jantung. Kalo gue mati mendadak apa cewe tadi itu mau tanggung jawab? Hah?

Sungguh akhir yang kurang sempurna buat hari yang awalnya girang gembira ini. Makasih loooooooh mbak ul*r!!!! Besok-besok saya gak mau lewat situ lagi. Nehi-nehi deh pokonya.

9 comments

  1. motauaja · · Reply

    Iya jadi nyesel dulu honimun ga ke Greece aja…. *NGAYALDOTCOM*, bisa ke Bali aja dah sukur secara bangkrut abis…

    Rika, topinya baguuuuuss!!!! Daann… perut loe masih rata, crazyuniverse!!!!

    1. Yunani dan Bali…mirip2 lah…kan sama2 negerinya para dewa.

      Itu perut udah mancung kali bebbb, gak ketangkep aja ama fotonya. Udah naik 9,5kg ini. Crazy Universe!!!

  2. motauaja · · Reply

    Btw, ular sanca-nya bener2 highlite of the day yah… HAAHAHAHAHA..

    1. Masih kesel sampe sekarang loh gueee. Pengen gue pancung si melati itu trus kasih buat tukang sate di rumah putri, hoahoahahahaha

      1. motauaja · · Reply

        bwahahaahahaaa…. bisa buat stok sate berapa minggu ituh? yuuuckkkkkk hihihi

  3. Ya ampun Rik, lo ke YUNANI?? Masya Allah, I’m so jealous deh! Itu kan negeri (ceileh) idaman eikeh neik. Secara zaman kuliah dulu ikut mata kuliah Mitologi Yunani-Romawi, jadinya gue lebih nepsong disuruh ke Yunani ketimbang ke Emrika. Sayang sampe sekarang kagak ada yang nyuruh gue, ihik..

    1. Kalo suka mitologi Yunani gitu kayanya lebih sip kalo ke Athens. Di Kreta banyakan wisata alamnya daripada wisata mitologinya. Ada Knossos Palace, tp ternyata Knossos itu dibangun jauh sebelum Yunani menyembah 12 Dewa-nya yg terkenal itu. Jaman-nya Knossos berjaya ternyata Yunani masih menganut monotheism, nyembah satu dewi namanya Mother of Nature.

      Kali2 ya, Ra, suatu hari dapet assignment ngeliput apaan di Yunani, kan asik banget tuh ibarat liburan gratis dibayarin kantor. Atau jalan2 bareng satu keluarga…lebih asik lagi tuh. Amin.

  4. Faizah · · Reply

    Mbak, kisahnya bagus-bagus yak. Jadi ketagihan baca nih. Wuih, nama kotanya Hania, seperti nama anakku.

    1. waaaah..salah buat Hania. Namanya cantik, secantik kota Hania

Leave a Reply

