salmon panggang bumbu miso

Penampakannya memang gak bikin ngiler tapi beneran deh, bukan sihir bukan mejik, salmon panggangnya ini enak luar biasa.  Dapet resepnya dari Anggi, temen gue di sini. Anggi sendiri kabarnya sih diajarin sama Nadya, nah, gue gak tau Nadya belajarnya darimana.

Masaknya? Beuuhhh, gampang banget.

Siapkan salmonnya. Olesi parutan jahe (kira-kira seukuran jempol jahe), olesi bumbu miso (miso paste), kucuri sedikit minyak wijen dan terakhir tumpahi kikkoman all purpose soya sauce banyak-banyak sampe kira-kira sepertiga salmonnya terndam (atau soy sauce ala jepang merk apapun, ga harus kikkoman). Setelah itu masukin kulkas dan diamkan 2-3 jam.

Pas jam makan, panaskan oven 200 derajat celcius.  Siapkan penggorengan dan goreng salmonnya dengan sedikit sekali minyak, 1 menit untuk masing-masing sisi atas dan bawah. Pindahkan salmon ke loyang atau pinggan, taburi sedikit fresh black pepper, dan panggang selama 10-12 menit (atau tergantung besar-kecilnya salmon yang dipanggang)

Sementara salmon dipanggang, kuah kecap bekas rendamannya tadi dipanaskan di penggorengan yang tadi dipakai sambil tambahkan satu sendok makan mentega.

Salmon yang selesai dipanggang dimakan bersama kuah kecap-menteganya.

Enaaaaaaaaakkkkkkkkkkk…….

Gue makannya pake salad tomat-mentimun dengan sesame dressing, belinya di toko jepang di helsinki. Hasil ajaran Anggi juga ini, dan ternyata…endang bambang itu salad dressingnya. Penampakannya seperti ini:

Segitu enaknya salmon panggang ini sampe-sampe tadi gue todong suami buat beli salmon lagi. Besok makan ini lagi ya, sayaaaaanggggg……

10 comments

  1. istrinyabayu · · Reply

    miso paste itu opo seh? trus soy sauce kecap asin maksutnya? direndem gt jd asin metis ga?

    1. Itu loh, paste buat bikin sup miso ala jepang itu. Di toko asia atau toko khusus makanan jepang biasanya ada.

      Iya, gue pakenya soy sauce kikkoman yang multipurpose itu (bukan yg dibotol bulet2 buat sushi itu…kayanya yg buat sushi lebih asin deh). Soy sauce ala jepang atau cina ini rasanya ga se-asin kecap Endonesah.

      Yang asin nanti cuma saosnya sama pinggir2an salmonnya aja kok, dalemnya mah gak samsek.

      1. istrinyabayu · · Reply

        serius yg soy sauce kikkoman itu ga se-asin kecap indo? baru tau gue. Itu aja asin ya bow. Nanti iik cari2 deh di oriental store. Lumayan buat ganti menu yg mulai tu lagi tu lagi 😛

  2. bener tuh…kecap asin abc itu mah asiiiiin bener, satu sendok makan aja udah bikin lidah melintir. Yah, kalo mau aman sih dikurangi aja nanti kecapnya, gak usah ditumpahi sampe salmonnya mandi berendem dalam kecap.

  3. Gue pasti suka sama salmon ini!! Waktu itu gue nyoba ngerendem salmon pake saus tiram + minyak wijen, trus dioseng sebentar. Gila anak gue makannya lahap bener 😀 Makasih resepnya, gue nyari bahan2nya dulu deh.

    1. dicoba kakaaaaak……

  4. hai..hai….
    Aku jg penggemar miso paste……
    Tp slama ini cm dipake buat sup ataupun menumis udon/soba dll…..
    Tp klo buat marinate blm pernah, ntar aku coba deh……
    Btw kliatannya salmonnya overcooked, sayang kalo salmon yg muahal( di indo) rusak krn slh masak…hehehe

    1. iya, ini memang agak overcooked. Tricky sekali masak salmon ini, kalo kurang lama masih suka mentah-mentah, kelamaan sedikit overcooked.

  5. scr buk…..
    Di Palembang skilo fillet salmon ampe 289rb……..
    Makanya aku agak hati2 masaknya
    Hehehe

  6. […] resep dari sini dan akhirnya coba bikin deh. Ini udah kali kedua bikin. Yang pertama agak-agak gagal saking asinnya […]

Leave a Reply

